Kambing VS Domba

Haiii, udah pada lihat plushstories terakhirku belum?
Kalau blum liat yaaa...
Ke sini: Plushstories: Korek Kuping Kambing

Emang postingan sekarang ada hubungannya ama cerita plushstories kemaren?

Nggak.

Lha?

Biar pada ngeklik aja wkwkwk :P

Kambing VS Domba...

Bukan berantem kok kambing sama dombanya. Tapi di sini aku mau mengulas, apa sih perbedaan kambing dengan domba. Ada yang protes ngeliat plushstoriesku, "Woi, itu mah domba woi bukan kambing!"

Iya sih. Si Shirley kan domba ya.

Eh, bukan sih...

Boneka.

Sebagai orang Jawa (wiiw chauvinis banget sih), aku selalu menyama-nyamakan domba dengan kambing. Karena, Bahasa Jawanya kambing sama dengan Bahasa Jawanya domba: wedhus. Maka, kambing, domba, Shaun, Shirley, biri-biri, Timmy, lamb, sheep, itu semua sama menurutku.

Ini kambing apa domba tebakkkk?

Mungkin teman-teman dah tau bedanya, ahahaha. Tapi gapapa lah ya.

Awalnya aku kira kambing sama domba itu sama genusnya lho. Ternyata nggak. Tapi sama familia. Apa itu pulak genus dan familia @_@ Jadi kalau di taksonomi, itu ada bagian-bagian yang mengelompokkan makhluk hidup. Gampangnya, ingat KFC OF GS!

Kingdom Filum Class Ordo Familia Genus Spesies. Nahhh, kita sesama manusia, sama tuh spesiesnya. Homo sapiens. Eh tapi ngga tau ya kalau di antara kalian ada yang Meganthropus atau Pithecantropus. Kambing sama domba ini, sama ditingkat Familia. Nama Familianya: Bovidae. Jadi hubungan sodara mereka ya nggak jauh-jauh banget gitu. Karena nggak jauh, jadi mereka bisa menikah. Nggak isolasi reproduksi.

Kalau kambing itu nama ilmiahnya Capra aegagrus. Kambing ini bulunya lurusss nggak kriwil-kriwil. Kadang ada yang jenggotan dan bertanduk. Kadang pula ada yang ganteng. Foto kambing di wikipedia, ganteng juga loh. Ada kambing pedaging dan ada yang menghasilkan susu. 

Cakep yah...
Kalau domba itu yang bergenus Ovis. Biri-biri juga sama kayak domba. Pokoke yang bulunya kriwil-kriwil, kayak Shaun gituuu. Nahhh, domba ini dikenal sebagai penghasil wol. Kasian ya kalau domba dicukur @_@ Foto domba di bawah ganteng juga yah. Bisa aja wikipedia nyari foto domba fotogeniknya...


Persamaan kambing sama domba adalah, sama-sama penghasil bau!

Jadi kesimpulannya. Judul Plushstoriesku salah semua. Hihihi... bennn... Kalau teman-teman lebih suka makan domba atau kambing?

Aku nggak suka semuaaa... *ngeliat Shirley nunduk*


Sumber foto:

93 comments:

  1. Kalo Jawa, domaba kan wedus gibas, ya?

    ReplyDelete
  2. hehehe...
    artikelnya unikkkk
    thannks 4 share

    ReplyDelete
  3. iya cakep yah kambingnya. udah, kawinin aja ma shirley "shirley itu jantan pa betina? :-?

    ReplyDelete
  4. aku bukan pemakan daging Na
    eh makan tp daging ayam duank
    kambing sm sekali tidak :D

    btw ini tulisan keren,
    santai tp ada ilmunya
    coba buku pelajaran sekolah kyk gini
    anak2 itu pasti seneng mbacanya.
    gimana klo Una alih profesi?
    Bikin buku yg isinya ilmu pengetahuan
    tp nulisnya santai kyk di atas? *serius*

    ReplyDelete
  5. panggil Mbe aja na kan sama2 bunyinya mbeee :P

    ReplyDelete
  6. Xixi... Serasa belajar biologi mbak

    ReplyDelete
  7. persamaan kambing sama domba :: sama2 bukan ayam.... iya kan ??

    ReplyDelete
  8. sing genah kambing atau domba podho2 prengus yo un...hihi....kecuali shirley denk....hihihi....

    ReplyDelete
  9. @Susi Susindra Baru tau. Di Jogja bilangnya wedhus wae :D

    ReplyDelete
  10. wew, ternyata begitu ya, hmm ... baru sadar kalau mereka itu semua sodaraan, kalau sama monkey, kira-kira masih ada garis sodara ga ya ?? :P

    ReplyDelete
  11. @nique Lahhh jadi pemakan daging dong :p
    Hihi aku juga kalo kambing udah sama sekali tidak.

    Ahahah emohhh. Biologi ki musuhku jeee mbak @_@

    ReplyDelete
  12. @Anak Rantau Kalau serasa belajar matematik keren tuh :D

    ReplyDelete
  13. @Mami Zidane Hihihi, bener. Shirley juga prengus ding tapi ahaha

    ReplyDelete
  14. @Stupid monkey Masih tapi jauh. Sama di kakek kakek buyut buyut kakeknya lagi :p

    ReplyDelete
  15. Wah! Pelajaran zoologi, nih! Ane narik kesimpulan, akhiran -us pada klarifikasi spesies itu nunjukin kalo beliau hidup di jaman purba. Misal, pithecantropus, meganthropus, wedhus, yesus dsb.
    Sedangkan sheep (domba) dan goat (kambing) itu jelas beda. Liat contoh dalam kalimat, shaun 'n the sheep dan kalimat, oh my goat!

    ReplyDelete
  16. @Unaooo, berarti masih kakek dari buyutnya adik tetangga masih ponakan dari bibi eyang ya, hmmm ... gak ngetri aku :p

    ReplyDelete
  17. @eksak Kamu eksakus ya? Eh, Stumon gak pake us juga dari jaman purba tuh.
    Please yaaa Shaun the Sheep, nggak pake 'n !!!

    ReplyDelete
  18. @Stupid monkey Iya aku gak ngerti. Hubungan kambing sama monkey terlalu complicated :p

    ReplyDelete
  19. Stelah gue cek di lab ane, trnyata klarifikasi akhiran -us itu nunjukin kalo beliau hidup di jaman purba. Misal, meganthropus, pithecanthropus, wedhus, yesus, dsb.

    Sedangkan domba (sheep) dan kambing (goat) itu jelas beda! Coba liat contoh dalam kalimat, shaun and the sheep dan kalimat, oh my goat!

    ReplyDelete
  20. @eksak Masssssss, kamu kok ngulang @_@
    Bukan shaun and the sheep. Tapi shaun the sheep :(

    ReplyDelete
  21. @eksakwew .. salah kok doyan, sampe dua kali malah, wew :p

    ReplyDelete
  22. Bhahaha, ane lagi baek! Komen atu bonus atu! Plis ya, masa sih gk pke 'n, unaus?

    ReplyDelete
  23. beda tipis lah kambing sama domba,

    ReplyDelete
  24. @Stupid monkey Pelupa jangka pendek kayaknya dia mas, ahaha xD

    ReplyDelete
  25. @eksak Plisss masss, gak pakeeeee :(

    ReplyDelete
  26. @Ummi Nabil Beda tebel soalnya kulit domba tebel :D

    ReplyDelete
  27. Lah iku kambinge mirip sama penul.. gak jadi deh

    ReplyDelete
  28. basa jawa :
    kambing - wedhus
    domba/biri-biri - wedhus gibas

    ReplyDelete
  29. @Dinnar Iya mirip apa penulis komen yang aku reply ini.

    ReplyDelete
  30. suamiku juga bilangnya selalu kambing, nanti diprotes pascal itu domba :)

    ReplyDelete
  31. Wah..tulisan una makin keren aja nih..:)ringan tapi informatif #halahhh :D

    ReplyDelete
  32. wedhus terus sek lagi dibahas...:D

    ReplyDelete
  33. heemmm mba una menyajika cemilan yang so delicious..... lebih delicious lagi kalo di bikin kambing guling.. hihihi tapi kalo domba/gibas guling.. nononono..

    kambing lebih oke bagi aku mba daripada wedus gibas, domba di desa-desa nggak semulus, sebersih dan se imut shaun the seep :D

    ReplyDelete
  34. sama-sama penghasil bau, aajajajaja

    ReplyDelete
  35. Sebuah informasi yang disajikan sesuai dengan ciri kas una nich...

    saya ngak suka makan domba or kambing
    tapi kalau dagingnya oke :lol:

    ReplyDelete
  36. Aku gak suka makan keduanya, enakan juga daging sapi atau ayam hehehe :D

    ReplyDelete
  37. wak avatarnya jadi cantikkkkk
    aku juga ganti loh mba una...

    ReplyDelete
  38. @Una
    iya, kayaknya bener Mbak Susindra tuh

    ReplyDelete
  39. sy juga nggak suka makan kedua2nya...

    kalau ayam ada nggak mbak una?

    ReplyDelete
  40. aku suka makan daging dua duanya, asal disate atau dipanggang saja

    ReplyDelete
  41. @Juwita Hsu Wihihihi biasanya gak informatif :(

    ReplyDelete
  42. @Nunu El-Fasa Hahahaha domba imut emang cuma Shirley. Shaun gak imuuut!

    ReplyDelete
  43. @Budi Arnaya Buuuu, domba juga gak suma makan daging bli kok :P

    ReplyDelete
  44. @BasithKA Enakan daging kamu Siith... :p

    ReplyDelete
  45. @ascomycotina Thanks ya. Kalo avatar mbak jelek... :P

    ReplyDelete
  46. @Elsa Aku malah baru denger gibas :D

    ReplyDelete
  47. kambing sama domba beda loh, kalo domba lebih banyak bulunya hehe nah kalo bandot itu nama lain dari kambing yang sudah berumur tua. Sama aja ayam sama itik :D

    ReplyDelete
  48. kalo d tmptku domba bhasa jawanya wedhus gibas hehe oya aq udah bs buka blogmu dr rumah, internet d kantor aja yg sensi kynya haha

    ReplyDelete
  49. Nek ning ndesaku, domba malah diarani wedhus gibas...
    Salut tenan dene jek kelingan KFC OF GS.
    Mesti jurusane IPA iki...

    ReplyDelete
  50. Hehe... Kambing emang beda sama domba ya...
    Ternyata yang bertanduk itu kambing :D

    ReplyDelete
  51. Kalau kita genus dan familia apa??

    ReplyDelete
  52. @Seagate Hihihi iya kantormu sensi sama blogku :D

    ReplyDelete
  53. @marsudiyanto Iyaaa. Tapi aku udah apal dari aku SMP kok :p

    ReplyDelete
  54. @Fahrie Sadah Kita genus homo, familia hominini. Masnyaaa homooo @_@

    ReplyDelete
  55. doh, diingetin lagi soal beginian.. ini mah makanan sehari hari jamanku kuliah dulu. hahaha..

    kambing domba apapun itu yang penting bunyinya embeek #eh

    ReplyDelete
  56. shirley apakabaarr??? *ngga nyapa yg punyanya*
    tapi domba itu jelek kalo abis dicukur, kuruuuusssss

    ReplyDelete
  57. @Tiesa Shirley dicukur jadi kurus kali ya...

    ReplyDelete
  58. ehhh... di atas ada tag "Cakep Yahhh" kamu bukan :D? justkiding buuuu... :p

    ReplyDelete
  59. hhaha
    belajar biologi nih gua kak ..
    perbedaannya kayaknya domba lebih cakep ..
    kambing elek ..
    hihi

    ReplyDelete
  60. maap baru mampir una. . . ada satu lagi na perbedaannya. . .klo gambing nu ada kambing bandot klo domba kayaknya belom pernah denger ada domba bandot hehehehee

    ReplyDelete
  61. ngurusin kambing or domba biasanya rejeki2an...kambing bisa di sate, domba bisa di....?
    *komentarngawurtengahmalamyanglapar

    ReplyDelete
  62. Jadi ingat pelajaran biologi waktu SMP. Cuma waktu itu gak ngafalin pake jembatan keledai KFC OF GS, padahal jadi lebih gampang gitu ya, wkakakaka...

    ReplyDelete
  63. Wingi aku komen dawa ning kene jebule ilang to...

    ReplyDelete
  64. @EYSurbakti Hahaha kalo kamu? Lebih cakep apa elek? :P

    ReplyDelete
  65. @Susu Segar Kalo mas susu ada mas susu bandot gak? :P

    ReplyDelete
  66. huwa..
    aku lebih suka shaun..

    ReplyDelete
  67. Saya pengen banget nyobaik daging domba. Kambing udah sering. Biasa aja.
    Katanya daging domba itu lebih enak ketimbang sapi dan kambing. ^^

    ReplyDelete
  68. kambing goat dan domba sheep...
    sheep goat sama dengan domba kambing..
    :P

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!