Hiatus yang Tak Hiatus

Mungkin teman-teman bingung kenapa sudah lebih dari dua bulan ini tak ada postingan baru di blog ini.

Di tulisan kali ini aku ingin menyampaikan kisah tentang seorang blogger yang mungkin teman-teman sudah mengenalnya. Aku pun mengenalnya. Sangat. Awalku mengenalnya bahkan dari dunia nyata bukan dari blog.

Penyendiri akut, begitulah aku dulu mengenalnya. Tertutup, tak banyak bicara, mungkin aku salah satu dari sedikit manusia yang ia kenal. Dulu. Beberapa waktu lalu, ia berubah sepenuhnya.

Ia mengubah penampilannya seperti semacam anggota boyband dan ia sudah berani bertemu dengan banyak orang. Karena blog. Aku bilang padanya agar menulis di surat kabar, di media, di apapun. Dulu ia hanya menulis di catatan sekolah saja. Kemudian pada musim panas tahun lalu ia pun memulai blogging.

Ia bertemu banyak teman melalui blog. Awalnya pun ia takut bertemu langsung dengan teman dunia mayanya. Kini ia pun sudah punya teman dari Sapporo, Nagano, Shizuoka, Yamagata, aku kira seluruh ujung Jepang ia punya teman yang ia temui dari dunia maya, baik yang sudah bertemu langsung maupun belum. Aku sering melihat kiriman paket untuknya dari teman blognya, aku ingat dia pernah bertamasya dengan teman blognya pula hingga ke Seoul dan Bari? Atau Bali? Semacam pulau di Indoneshia?

Langit

Kini ia punya banyak teman.

Kini teman-temannya mencarinya.

Sudah dua bulan blognya tak ada tulisan baru. Aku melihat kolom komentarnya.

"Hiro-kun, kamu hiatus kah?"
"Kenapa tak ada tulisan baru, Hiro? Tumben."
"Pindahkah ke luar negeri? Omiyage ya."
"Kapaaannn kamu kembali dari hiatus?"
"Aku mengirim pesan untukmu. Kenapa tak dibalas, Hiro-nii?"

Komentarnya semacam itu. Aku yang kenal dekat dengannya aku tahu ke mana ia pergi. Ia sedang hiatus, jeda untuk blogging, tapi jeda yang tak berjeda. Hiatus yang tak hiatus.

Aku baru saja menemukan surat terselip di laciku setelah dua bulan ia tidak ada. Tulisannya begini.

Imouto-chan, aku kurang kerjaan ya menulis seperti ini. Aku cuma mau pesan kepadamu kalau aku nanti mati kau tulis sesuatu tentang aku atau kematianku, apapun di blogku ya.
Username: hiroshiyamashita
Password: himitsu


Hahaha, surat ini warisanku untukmu. Oke?


Aniki-mu,
Yamashita Hiroshi
Ah, pasti teman-teman bingung kan? Ini bukan Hiro yang menulis, tapi adik perempuannya. Ia sudah tak ada dua bulan lalu dan aku baru saja menemukan surat itu hari ini. Tepat persis empat musim setelah ia mengawali tulisan pertamanya di sini. Aku akan menyimpan penyebab kematiannya untuk tulisan selanjutnya.

Semoga aniki baik-baik di sana.

Yamashita Erika.


"Aniki, aku hari ini menulis di blogmu. Aku membaca komentar-komentar teman-temanmu. Mereka tentu juga mendoakanmu. Mereka bersedih dan merindukanmu. Kamu punya teman-teman yang baik. Selamat ulang tahun untuk blogmu," tiba-tiba wajah Aniki muncul di bayanganku. Ia tersenyum.

Fiksi

“Tulisan ini diikutkan pada Giveaway Satu Tahun dari blog celoteh .:tt:.

*omiyage = oleh-oleh
*imouto-chan = adik perempuan
*aniki = panggilan untuk kakak laki-lak
*Indoneshia = romaji untuk katakana kata Indonesia

145 komentar:

  1. Balasan
    1. hehehheee,,

      Una keen juga bikin fiksi.
      Dapet sekali nuansa jepangnya... ^_^

      Hapus
    2. keen=keren
      Aih kurang "r" (_ _!)

      Hapus
    3. Huuuuuu... Ga kok. Buruk begitu ceritanya.

      Hapus
  2. Wohh fiksi kira aku asli wkwkwk... Bagus,bagus,bagus^^

    baru nongol kemana aja kamu? Ahahah

    BalasHapus
  3. Walah tak kiro tenanan, ternyata hanya fiksi.
    Semoga menang mbak Una...

    BalasHapus
  4. Eh fiksi toh..baru kali ini baca tulisan una fiksi hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ehehe emang aku jarang nulis fiksi sih...

      Hapus
  5. Ini fiksi yaaa. Kirain beneran. -_-

    BalasHapus
  6. Fiksi un? dapet ide darimana? sukses deh utk GAnya ya ^^d

    BalasHapus
  7. baguuus una, ceritanya.. kirain tadinya beneran loh sampe pada akhirnya saya baca di akhir ternyata buat GA. moga sukses yaa :D

    BalasHapus
  8. Wuaa.. kirain tadi beneran kak Una*lemparduit
    hha
    menurut gue bagus kak Fiksi nye..
    semoga menang GA nya ..

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah, akhirnya aku bisa menjejakkan di ruangan yg cantik dan segar..., tulisannya bagus banget....
    salam kenal ya mbak...,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loh emang sebelumnya ruangan yang kamu jejaki kotor dan kumuh? Wkwk

      Hapus
  10. pembaca kecewa nih bukan cerita asli :(

    BalasHapus
  11. mpe melotot ngebaca'nya un...hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Merah ga mukanya? Hehehe...

      Hapus
    2. ahihihi...merah padam ngebayangin nyantap sotoji+cabe rawit....kkkkk :D

      Hapus
  12. gue hampir percaya ceritanya.. ujung2nya hahahhahaa...fiksiiiii.!
    tapi jujur bagus lho!

    BalasHapus
  13. tulisannya menarik nih... bagus banget alurnya...

    BalasHapus
  14. Aaahh.. Ceritanya menarik banget kak.. Coba kalau dibikinin novel :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwk nulis pendek aja nih males, apalagi novel...

      Hapus
  15. Tumben telat banget! Kemana aja, ndes! ;-(

    BalasHapus
  16. wuaahh... fiksi to un....tapi oke kok...semoga menang ya kontesnya...

    BalasHapus
  17. aku sampai baca dua kali loh, aku pikir nyata :)

    BalasHapus
  18. Kari mocone serius, kok tibaknya fiksi, hmm, Una berhasil membuat pembaca masuk dalam alur cerita ini hehe

    Sip, mugo² memang Una :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk sabar ya sudah baca. Amiiin~

      Hapus
  19. oLALALAla...tiwas aku arep minta URLnya..mau lht2 blognya...gak jadi deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini kukasih linknya http://sittirasuna.com/

      Hapus
  20. asem ketipu aku.... ujung2nya fiksi.
    sial. udah dagdigdug. malah fiksi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahahaha <- ini namamu ya.
      Kasiaaan deh loowww

      Hapus
  21. untung udah tau, kl tulisan jepang2 itu sekarang lagi musim fiksi, jadi sory ya, aku gak ketipu tuh...
    okeh sukses ya sama GA nya :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. tumben mon, komen lambat.

      Hapus
    2. Huuu ketipu gak ngakuuu wkwkwk.
      Mas Baha perhatian banget sama mas stu @_@

      Hapus
  22. banyak yang ketipu kali ini
    sampai serius mbacanya
    tibak'e malah GA :P

    good luck ya Na

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahaha
      tapi sungguh aku bukan penipu kok.
      Wkwkwk amiiin makasih mbak

      Hapus
  23. Ahhhh mbak una sukses membuat aku bersedih membaca kisah ini. Seorang blogger yang dulunya pendiam, tapi akhirnya mempunyai banyak teman dari dunia maya.
    yang paling sedih, pas dia kirim surat itu. Ane kaget. Jadi dia sudah meninggal. Sedih banget denger kisahnya. Eh terakhirnya fiksi.

    Fiksi kalau bagus ceritanya, dilanjutin aja mbak una. Siapa tahu ada penerbit yang tertarik. Nilai fiksinya 9.5 mbak. Ok bangets...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buakakaka ketipuuu @_@
      Asiik makasih ya :)

      Hapus
  24. sukses ya buta kontesnya :)

    BalasHapus
  25. owh kontes. jadi gini penipuan publik selama ini #opo sih

    BalasHapus
  26. kita lihat apa una beruntung memenangkan kontes ini seperti kontes -kontes sebelumnya hahahhaha

    BalasHapus
  27. eh... @_@
    mmmmmmh.... ^^a
    Sukses ya, Na... kontesnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tumben komen jam segini...

      Hapus
    2. Tumben kowe wis tangi :p

      Iya nih,,, nunggu @yankku masak utk sarapan, entar juga jatah shif siang. Ini kontesnya ampe kapan Na?

      Hapus
    3. Ih gak bantuin masak, malah online wkwk. Klik aja linknya.

      Hapus
  28. Ya Tuhan Una. kukira beneran lhooo
    tapi sempet bingung juga sih di kalimat pertama.. hiatus 2 bulan? rasa2nya una masih rajin posting deh..

    sukses ya kontesnya un

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mihihihi aku tak berniat menipu loh ya

      Hapus
  29. Mbak e, Aniki itu bukannya digunakan manggil senior di organisasi yakuza ya? ahaha.. memang sih sekarang kadang jadi pengganti kata niisan atau niichan..

    pas bagian "Aniki-mu" kok ngganjel banget ya hahah.. campur2 bahasane.. tokorode nice post, hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeee @_@
      Udah generalisasi kali.
      Tokorode thanks...

      Hapus
    2. Walah... ini mau pada daftar kerja Rodi-Romusha ya, koq pake bahasa Jepang segalaaaa ^^v

      Hapus
    3. Samaranji san ga baka desuuu yook

      Hapus
    4. Mbuh... ra mudeng
      Tapi koq kupingku langsung panas ya... ^^a

      Hapus
    5. Wuakakaka,
      sensi kupingnya @_@
      Padahal artinya Samaranji itu ganteng yah~
      Wkwkwkkw

      Hapus
  30. nichan.....

    mati yah??
    haduh,,,
    sukses deh buat GAnya :D

    BalasHapus
  31. waaah Una fiksinya baguus... ayo bikin buku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk nulis fiksi aja jarang mas...

      Hapus
  32. pas baca judulnya kirain una hiatus eh ternyata cerita fiksi :D
    good luck ya na ^^

    BalasHapus
  33. apa ini yang ajarin kamu lagu Kokorotomo Un?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha aku malah gak kepikiran lagu itu

      Hapus
  34. Subhanallah menyentuh banget mbak Una, fiksinya keren... ternayat yang punya blog meninggal yah??.. jadi mikir kalau gw yang diposisi itu apa mungkin di rindukan juga hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha, buktikan nanti aja mas *eh*

      Hapus
  35. Una, foto langitnya apik buanget :)

    Fiksi yang kreatif, gudlak GAnya yaa...

    BalasHapus
  36. Awalnya sempet gak ngerti, ini cerita tentang siapa? Oalah, ternyata fiksi toh, hehe... Bagus Una, good luck yah :)

    BalasHapus
  37. KEREN deh. Kirain kejadian betul. Padahal fiksi.
    Top deh, moga menang.
    Selamat yah menang di GA-nya mbak Susindra. Mudah2an kali ini menang lagi.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbaaak aku baru tau aku menang di GA mbak susi dari mbak niar hihi

      Hapus
  38. Cerita yang keren, serasa asli gitu...

    BalasHapus
  39. Ga keren, ahahahaha *songong banget ya gue, na?*
    biariiin emang menurutku ga keren sih, ahahaha.. soalnya udah pernah nemu ide yg mirip gini na. walaupun aku belum tentu bisa lebih keren nulis kayak gini tapi beneran ga keren kok, wkwkwkwk...
    peace yo na...
    Tetep semangaaaaat unaku cayaaaaang, muaaach *ngerayu supaya ga ngambek :D*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk selow aja mbak,
      aku malah ngambeknya karena kenapa sih nih orang muah muah cayang ihhhh wkwkwk

      Hapus
  40. una...fiksi nya sediih bener =(

    BalasHapus
  41. Hironya kenapa meninggal? Ada lanjutannya ya, asiiik

    Good luck GA-nya, Mbaaaak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak ada, ahahaha...

      Hapus
    2. "Kau membuatku mati penasaran." Haha... dramatis nggak?

      Hapus
  42. oalah... fiksi toh... kirain beneran...
    hampir aja aku merasa kalut, soalx aku nggak tahan kalau dengar berita orang meninggal...

    btw, sukses ya GAnya :D

    BalasHapus
  43. tak kira tadi bneran lho jeng ternyata fiksi yaa tapi bngus bnget jeng :D

    BalasHapus
  44. Aiiih...Una chan pinter nihongo-nya ;)
    Met ngontes neng, aku blom dapet pangsit jg neh >_<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuma beberapa vocab ngunu lho mbak

      Hapus
  45. Ujian calon mantu, ya? Bhahaha, post barunya mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ujian calon mantunya Bakrie. Rasah cemburu yo mas, wkwk

      Hapus
  46. Cemunguuudh.. sukses buat Una yaah :D

    BalasHapus
  47. Sek..sek.. mbak, paswordnya ku catat dulu wkwkkwkw...

    Bagus mbak ceritanya, semoga sukses kontesnya :)

    BalasHapus
  48. Tadi aku kira ini beneran dan kalimat pertamanya sukses bikin aku bingung sehingga harus baca ulang, muahahaha....

    BalasHapus
  49. Lagi mikir apa Na, biasanya oneday-onepost... oow ya ya,,, tangannya berkeriput sih ya :P

    Eh Na,,, emangnya kamyu pernah denger beritanya Blog Mysteri Enigma, ya? Kisahnya mirip2 dng fiksimu di atas. Tadinya kupikir sih, masak Una tertarik sih ama berita2 mysteri... tapi beneran fiksimu ini mirip dng itu. Pemilik Blog hiatus sejak Juni tahun 2011, ada seorang gadis yg mengaku sebagai adiknya mengirim e-mail pd teman2 dekat kakaknya bhw kakaknya telah meninggal. Hingga kini masih kontroversial atas pengakuan si gadis itu. Coba deh tanya Mas Wawan Penghuni 60.

    Mikir opo toh Nduk... dengaren jeda postinge koq siki bedo karo wingi2 ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mikir BBM mas. Huahahaha...
      Eh iya? Nggak tau mas, malah baru tau tuh hihihi. Gugling ahhh~
      Postinganku mbok tunggu tunggu po? :P

      Hapus
    2. Gak perlu Gugling, Mas Wawan Penghuni60 keknya lebih paham, wong dia termasuk teman2nya Enigma...

      rasah mikir BBM,,, ya udah abis ini tak ngeklik iklanmu sebanyak2nya... biar kamyu dapet payperclik-nya :D

      Hapus
    3. Hihi aku barusan buka Enigma. Horor ah tulisan-tulisannya wkwk.

      Asiiik makasih ya mas. Tuhan pasti membalasmu ^^
      Ini aku lagi sinau huhuhu makanya repress nafsu buat ngeblog ahahaha!

      Hapus
    4. Buat iklannya yang bisa newtab (otomatis buka tab sendiri),Na. Biar Blognya Una enggak ketutup.

      Sukses ya... ujiannya... ^^

      Hapus
    5. Ora dong je mas, wkwk. Lagian emang boleh diubah scriptnya... @_@

      Hapus
  50. awalnya kirain beneran kamu ada temen orang jepang na :D

    pengen ikutan juga tapi..... 8-|

    BalasHapus
  51. Una, ada repiu di blogku, ditunggu kedatangannya :p

    BalasHapus
  52. kewl! kukira asli, na. ehehe. sukses ya GA nya.:D

    btw, ada kuis ituh, di http://bloggradien.wordpress.com/2012/03/21/1829/ kali aja mau ikutan :p

    BalasHapus
  53. Saya niat ikut ini, tapi lupa...

    BalasHapus
  54. Wah, giveaway yg ini sempat ingin aku ikuti... tapi apakah aku masih ada waktu utk mengerjakannya ya?

    Goodluck Una, semoga berhasil. BTW template blogmu cakep sekali.. :)

    BalasHapus
  55. wow, keren ya ceritanya, hihii..
    aku pikir beneran..eh ternyata buat GA..
    good luck deh ^_^

    BalasHapus
  56. sukses untuk kontesnya ya....

    BalasHapus
  57. bagus mbak ceritanyaa.. :-D

    sukses ya :-D

    BalasHapus
  58. Keren, Una! Tadi udah waswas ... kirain ada orang lain yang nulis di blogmu untuk mengabarkan ..... Ah, sudahlah, keren :D

    BalasHapus
  59. waahh aku kira beneran.. keren :)

    BalasHapus
  60. sipirily....
    thanks ya Unce..

    BalasHapus
  61. Your story have been published!
    http://aomagz.blogspot.com/2012/10/hiatus-yang-tak-hiatus.html

    BalasHapus
  62. aishhh hampir ketipu,,kirain beneran...:D

    BalasHapus

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!