My Name in Japan

As you know, in Japan, they put family name in front followed by the ‘first name’ or given name. The order is reverse compared to name order in English.

While in Indonesia, some people have family name, some people do not. I belong to a race that most people do not have family name but luckily my mom gave me last name same as my father last name. So, I kinda have family name.

I think most friends who read my posts knew my full name but since I feel so weird repeating my own name in the post, just assume my name is: Shirley Rachel Williams. I just made random name with same initial as my name.

After arriving Japan, I got my residence card (在留カード)and from the bank I got my cash card. I also have my insurance card. Oh yeah, and student card. And all are in the different name.

When I arrived Japan, and I went to the immigration counter and there the officer printed residence card for me. The name on my residence card is exactly same as written as in the passport. I think most passports in the world show ‘family name’ separated from given name and Indonesian passport only show ‘full name’. So my name on the residence card written as: Shirley Rachel Williams.


The officer even checked two times and asked me,

“So your family name is Williams right? And first name is Shirley Rachel? I need to check few times because there will be some trouble if it’s written wrong.”

I’m sure there is no wrong spelling. And really there is no.

ANNOUNCEMENT FOR FOREIGNERS IN JAPAN!

I started to have a dream to live in Japan since 2015. But I ended up spending my life two years in Australia and finally I'm here in Japan. When I'm thinking about it, I feel touched I can reach this point.

Back then, I looked for many things about Japan and even thinking to apply for work here. Then I found a website called YOLO Japan which provides job information for foreigners in Japan. I couldn't register since I was not living in Japan but since I moved here, I remember this website and signed up.

YOLO Japan Homepage.
YOLO Japan is not a regular job information provider. This online platform really serves gaijin the best since all the information is provided in six languages: English, Mandarin, Korean, Japanese, Portuguese, and Vietnamese. And I hope they will be available in Bahasa Indonesia as well. If you don't speak fluent Japanese? Don't worry, you still could find any jobs here despite having little knowledge of Japanese.

Having trouble of writing CV or resume? In YOLO Japan you can apply jobs with online application and self-introduction video to introduce yourself to the company you apply.

What I like most from YOLO Japan is not only 'real job' or 'part time job' they offer, but also survey job, where you can get pocket money by filling questionnaire, or even Influencer Job for you guys who have many followers on Instagram! Sign up, and you'll see what project they are offering now.

If you are foreigners living Japan, I suggest to visit YOLO Japan~ ✨

Click the links below to try out YOLO Japan now:

Pengalaman Pertama Puasa di Kyoto

Persis sebelum Ramadan mulai, di Jepang ada liburan panjang yang disebut dengan Golden Week. Tahun ini liburannya 10 hari, dan liburku 13 hari karena pas nggak ada sebelum libur dan sesudah libur.

Dan aku yang ngga punya kerjaan cuma gegoleran di rumah sambil nonton Youtube.Tapi sempat tiga hari aku menemani teman ibuku buat jalan-jalan keliling Osaka dan Kyoto. Teman ibuku ini umurnya sudah 65 tahun dan sudah tidak terlalu kuat untuk jalan kaki. Padahal kalau di Jepang mah adanya jalan kaki mulu. Mau naik taksi? Mahal banget~ Si tante ini baik banget, aku ditraktir makan Kobe beef dong.Selama menemani tante, dibayarin makannya semua. Sama pulangnya dikasih uang saku, lol. Seneng banget wong ngga ngarep apa-apa, ngga nganggep ‘kerja’ gitu…

Ditraktir Kobe Beef sama si tante.

Okay~ dan kemudian setelah Golden Week berakhir, Ramadan pun datang…

Sekarang sudah puasa hari ke-11, nggak berasa ! Gimana puasanya? Nggak bolong-bolong kan?
Kalau aku jangan tanya lah, hahaha…

Tahun ini, buat aku suasana puasa sangat berbeda dibanding tahun lalu. Ramadan tahun lalu aku menghabiskannya di Australia. Itu pun dalam sebulan tidak hanya di satu kota. Aku sempat pindah dari Pinnaroo (South Australia), kemudian ke Melbourne, lalu terbang ke Brisbane, dan akhirnya sampai di Gatton (Queensland). Shalat Idul Fitri aku lakukan di Gatton. Oh ya, saat itu sedang musim dingin. Meskipun di daerah Gatton, musim dinginnya tidak sampai yang bersalju-salju, tapi suhu sempat minus saat malam dan pagi hari. Karena musim dingin, siang harinya tidak terlalu panjang sehingga waktu puasanya lebih pendek. Puasa sekitar 12.5-13 jam, dan enak banget karena jam lima pagi berangkat kerja, pulang kerja, nggak perlu nunggu lama buka deh! Nggak berasa.

Nah, sedangkan Ramadan tahun ini, aku tinggal di Jepang, tepatnya di Kyoto. Kali ini bukan pengalaman pertamaku puasa di Jepang, karena empat tahun lalu aku pernah tinggal di Jepang, tapi untuk di Kyoto, baru kali ini. Secara hitungan sih sekarang masih musim semi, tapi suhu maksimal sudah sekitar 26-29, dan buat aku itu panas banget. Maaf aku anaknya manja, nggak kuat panas. Siangnya pun lumayan panjang. Jadwal shalat subuh sekitar pukul 3-an, dan buka puasa pukul 7 malam. Enam belas jam puasanya!

Sungai Kamogawa di dekat rumah.

Tapi yaaa biasa aja sih. Nggak menderita-menderita amat. Masih ada tempat lain yang puasanya lebih dari enam belas jam. Alhamdulillah, kuat kuat aja… tapi kadang kalau ada presentasi, setelah itu jadi haus, hahaha. Mana aku juga ada kelas malam, jadi pas buka suka minum di kelas (yang padahal di laboratorium komputer nggak boleh minum, males keluar).

Temen-temen pasti udah ngerencanain mudik lebaran 2019. Aku boro-boro~ pas mendekati Idul Fitri malah kayaknya bakal banyak peer. Untungnya pas lebaran, aku nggak ada kelas pagi, jadi aku bisa shalat Idul Fitri dulu. *nyari makanan*

Di sini aku ngga punya teman yang puasa… lebih tepatnya nggak punya teman sih, LOL. Tapi ada satu guruku di kampus yang puasa dong. Senseiku satu ini perempuan asal Malaysia yang kayaknya umurnya beda sebulan doang sama aku tapi dia udah lulus PhD aja dong.Beliau juga puasa! Jadi berasa ada ‘temennya’.

Somehow, aku pengen makan opor ama rendang deh…