Cling! Ngga Ngantuk Lagi!

Mungkin postingan ini sejenis Yang Tak Pernah Membosankan kali yee... tapi kali ini gue mau bahas mengenai ngantuk.


Semua pernah dong ya merasakan ngantuk... atau di antara kalian ada yang nggak pernah? Nggak usah tidur kalau gitu! Penyebab mengantuk kan kekurangan oksigen dalam otak, kurang energi, bosan, dan yang gitu-gitu lah ya. Sebelnya kalau tiba-tiba mengantuk pas kelas, pas kerja, ngerjain tugas, huh. Anehnya kalau lagi main internet ngga pernah tiba-tiba mengantuk, ya karena sudah malam aja mengantuknya.

Nah... ada nggak sih sesuatu yang bikin kamu-kamu yang tadinya ngantuk banget, tiba-tiba njenggirat bersemangat atau nggak ngantuk lagi?

Menurut gue, sesuatu ini eksis. Ada. Tapi tentu saja, beda-beda setiap orang. Nah menurut gue sesuatu yang bisa bikin yang tadinya ngantuk jadi nggak ngantuk lagi ini terbagi menjadi dua kategori besar: sesuatu itu mengejutkan atau sesuatu itu tidak mengejutkan.

Yang mengejutkan ini, bisa negatif bisa positif. Yang negatif/kejutan ngga diharapkan misalnya begini. Pernah waktu itu aku tidur jam setengah 12 malam. Ngantuk banget tuh ya. Jam 12 malamnya depan rumahku kebakaran dong, panik banget. Langsung aja bangun, dan nggak ngantuk sampai keesokan harinya fufufu.

Pernah juga karena gempa. Aku bangun jam enam kurang dikit, ambil kacamata, jalan sambil ngantuk-ngantuk, ehhh gempaaaa. Bangunin adekku, keluar, liat ikan di akuarium pada ke darat, nggak ngantuk deh! Bisa juga ketika tiba-tiba kucingmu mati jam dua pagi trus kamu yang masih ngantuk-ngantukan langsung bangun seketika.

Kalau yang positif misalnya lagi ngantuk-ngantuk nihhh sambil nonton sinetron nggak jelas, eh sodara dateng dong malam-malam bawa McDonald's yang sebelumnya entah kenapa lagi kepengen banget, ngga ngantuk lagi deh. Atau lagi ngantuk di kelas biologi eh dapet SMS dari nyokap kalau kakakmu lulus sidang skripsi, seneng deh.

Jadi pengen mcdonal beneran aku...

Tapi ada juga sesuatu yang bisa bikin ngga ngantuk lagi tapi tidak mengejutkan.

Minum kopi misalnya... Atau karena ngga mau tidur lebih memilih nonton video lucu di internet yang bikin ngakak sehingga nggak ngantuk. Atau lagi karena kelaperan. Udah mata ngga kuat tiba-tiba melek nyari makanan ke dapur.

Atau, ngeblog? Beberapa bulan ini aku kalau dihadang mengantuk aku lebih memilih ngeblog. Misalnya nih, lagi ada peer. Tapi kok ya ngantuk gitchuw, ya wis lah aku ngeblog aja. Bener lho jadi nggak ngantuk. Pas udah publish, eh ngantuk lagi keingetan peer belum dikerjakan.

Lagi-lagi aku bertanya kepada beberapa blogger menanyakan apa ada sesuatu yang bikin ngantuk mendadak ngga ngantuk.

Ririe Khayan
"Kopi. Minum kopi kalau aku Na kalau kopinya bagus ngaruh banget. Apalagi klo bukan kopi mix..."
Juwita Zhu
"Dikagetin, baru ngantuknya bisa ilang tiba-tiba. Pernah pas lagi terkantuk-kantuk di tempat kerja, tiba-tiba temen masuk nepuk pundak, ilang langsung ngantuknya berubah jadi emosi, hahaha."
Stupid Monkey
"Becanda kali ya. Udah ngantuk, trus dateng temen yang ngajak ngobrol trus becanda, ya udah, ngantuknya jadi ilang deh."
Naaah, itu kata mereka. Kalau kata kamu apa? Share ya di kolom komentar ini. Pertanyaannya aku ulangi nih: Ada nggak sesuatu yang bikin kamu tadinya ngantuk banget jadi tiba-tiba nggak ngantuk lagi? Kalau ada, apa?



Hm. Sudah selesai ya postingannya. Tiba-tiba ngantuk lagi, fufufu...

120 komentar:

  1. Lho? Yang ngasih uang 1M mana? itu kan bikin ngatuk ilnag dalam sekjap bablas denh si kantuk..hehehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeeeeeee itu kan gak masuuk, huuu!

      Hapus
    2. masukk..coba kalau ada yg tiba-tiba datang ngasih uang 1M dolar? patis deh lgs ilang tuh ngantuknya..

      Hapus
    3. Emang udah pernah? Huuu~

      Hapus
  2. kalo tiba2 anak mengeluh sakit, mau ngantuk kyk gimanapun, jadi cenghar kalo kata org sunda mah. Si ngantuk lsg berganti khawatir. .*emak2 banget ya. ..hehe.
    eh, una udah ngantuk lagi ya. ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya pasti lah kalau itu. Wong anak sendiri.
      Dulu adikku panas malem2, juga ibuku panik :D

      Hapus
  3. cuman mo tau itu doank?
    guaaammmmpppannng bangggeeeeettt!... just one "Nyamuk".

    BalasHapus
  4. Wew katanya ngantuk. Barusan dari blogku kan :D
    Eh, matanya si ... Shirloy apa Shirley? keren banget euy, beli mata ngantuknya itu di mana ?
    ^__^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha ga jadi ngantuk soalnya... soalnya... ada deh hihi.
      Itu Shirley, itu cuma pake eyeshadow kok :D

      Hapus
  5. anak nangis, langsung buyar deh ngantuknya hehehe

    BalasHapus
  6. kalau saya sih yang penting jangan di taruh badan ini ke ranjang ya tidak ngantuk jadinya. seperti sekarang nih masih aja ngeblog sambil ngopi padahal besok pagi ada meeting hiks...:)

    BalasHapus
  7. untung aku gak di survey, hehehe, ups :p

    BalasHapus
  8. hmm ... apa yaaa ...
    jadi serius mikirnya :D
    yang jelas tuh, sengantuk apapun ya tetep bangun pagi, nah klo ini karena inget, mesti buka warung! *otak isinya duit Na* hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Na? kok jam di blogmu beda sih sama jam di blogku? Apa kita beda kota? :P

      Hapus
    2. tetep ya, hihihi , "duit" :p

      Hapus
    3. Iyaa dong, kan aku di amrik sekarang :p

      Hapus
    4. hahaha ...
      semangat tingkat tinggi klo cari duit yak

      Hapus
  9. Ngantuk menurut gue nyiksa banget! Mata gak bisa diatur, otak gk bisa mikir, leher lemes, dsb. Dan satu2nya cara yg gue lakuin biar gue gk kesiksa krn ngantuk adalah "tidur". Gue jamin, bangun tidur elo gak bakal ngantuk lagi! Bhahaha

    sori! Tulisan di atas gk usah dibaca! Yg bikin gue gak ngantuk saat ini adalah nulis di blog orang. Bukan sebagai editor tapi sebagai komentator! Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huuu ra takonnn!
      Cieee cieee, makasih ya mas dah komen di sini~

      Hapus
  10. Hmmm. Saya gak ngantuk kalo denger lagu-lagu blues. #eh #kok heheheee. Sebenarnya ngantuk gak ngantuk buat saya sih tergantung persepsi dan sugesti. #eh #puyeng

    Aaaaah saya lagi mabok. -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha yoiii~
      Kan persepsi orang beda beda :D

      Hapus
  11. Kalo saya ada pertandingan bola gak ngantuk2 terutama waktu Chelsea main...

    BalasHapus
  12. ya gimana ngantuk kalo gitu

    BalasHapus
  13. gara2 atap rumah b0c0r...gag ngantuk lg dweh.....heuheuheu...*

    BalasHapus
  14. pas di kantor lg ngantuk, tiba2 dicolek boz, and dia bilang " SP 1 !!! " wkwkwkwk

    BalasHapus
  15. apa ya? kalau saya si ngopi. Tapi ada teman saya yang unik sekali. (boleh kan kalau cerita teman?) Dia kalau kuliah selalu bawa sambal yang saset-an itu loh. Yang biasanya 300an harganya. Nah kalau mengantuk, dia ngemut itu kayak makan permen.

    Dan belakangan ini, katanya itu sudah tidak ampuh lagi. Jadi dia sekarang bawa balsem. Kalau ngantuk, matanya dikasih balsem. Astaga.. Lucuuuu sekali anaknya.. :D

    BalasHapus
  16. aku kalau sempet ketiduran bentar terus tiba2 kebangun karena kaget jadi ga ngantuk un.. tapi malah muring2

    BalasHapus
  17. Kalau aku ngantuk, aku langsung ambil bantal. Langsung hilang deh ngantuknya, he he he. Kalau udah tidur ngantuknya jadi hilang kan? (*dikeplak Una*)

    BalasHapus
  18. Gampang sebenarnya cara mengusir ngantuk itu.
    Caranya.... Tidur :)

    BalasHapus
  19. kalo aku kalo lagi merasa nyaman biasanya suka ngantuk... misal dengerin lagu-lagu yang membangkitkan kenangan indah, tiba-tiba dateng aja gitu si kantuk... hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jiaaah jawaban gak sesuai pertanyaan!

      Hapus
  20. lupa mulu mo bikin id ym ... mo bikin buatku gak Mo? ato ada akun nganggur? xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake IDku aja mba, nganggur yang ini.... kucinggarong@yahoo.com... hahaha

      Hapus
    2. Jiaaah apa idku: unacantik@yahoo.com =))

      Hapus
  21. klo lagi ngantuk banget, biasanya klo pas ada teman datang trus bawa sate samirono, ngantuknya langsung ilang hehe, (jgn berani makan sate klo lagi ngantuk, bisa-bisa tusuk satenya kena mata hehe)

    BalasHapus
  22. kalau aku, pas waktu ada film favorit yang bergenre fantasy, pasti ngantuknya ilang... :D wkwk.. :D

    BalasHapus
  23. kalau pas ngantuk banget , bisa langsung melek melotot
    saat dikagetin surprise ultah ,Na....
    hahahaa....asli meleknya deh ....
    salam

    BalasHapus
  24. Kalo aku pernah pas ngantuk2nya... Eh malah kesulut rokok hahahaha..... Kantuknya langsung kabur :D

    BalasHapus
  25. Salah ngisep rokok yang terbalik.. tuh di jamin gak bakalan ngantuk lagi Un #pengalaman pribadi hihi

    lah diatas saya juga punya pengalaman yang sama haha

    BalasHapus
  26. Aku malah lebih suka tidur klo udah bener-bener ngantuk, kadang cuma nundukin kepala ke meja aja aku udah bisa tidur hahaha... apalagi klo ada tempat yang sedikit lebih empuk semisal ada bantal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaiyalaaah lebih nikmat kalo tidur pas ngantuk :D

      Hapus
  27. Biasanya kalo di luar rumah, menjelang jam 11 malem gua suka ngantuk...tapi begitu sampe rumah, mendadak ga ngantuk lagi. Kata nyokap gua sih itu tandanya gua udah ngelewatin "jam ngantuk" gua. Plus kalo di rumah biasanya gua sibuk browsing, jadi ga ngantuk lagi, hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bener banget kalau browsing emang jadi gak ngantuk :-bd

      Hapus
  28. Ada nggak sesuatu yang bikin kamu tadinya ngantuk banget jadi tiba-tiba nggak ngantuk lagi? Ada.. kabar buruk is d most thing bikin ngga ngantuk, kalau laper tapi ngantuk nah lapernya masih bisa ditahan, tapi kalau kabar buruk... no no no

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa tapi semoga ngga ada kabar buruk :D

      Hapus
  29. klo aku ga ngantuk klo lihat Kanaya nyanyi atau ketawa tawa... dijamin seger ger ger

    BalasHapus
  30. aku malah gak bisa bobo cepet akhir2 ini. padahal cape

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh aku ga cape malah bobo terus wkkwk

      Hapus
  31. hmmm chatting becandaan dgn teman... pasti melek deh :D

    BalasHapus
  32. hahaha.... interview ini pasti dari conference chat tadi malam ya? hebat deh neng yang satu ini, sambil chat sambil bikin postingan. Sambil printscreen pasti tuh... haha

    aku kalo udah lihat uang banyak pasti ilang ngantuknya Na... hihi #matre!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha ini udah kemarennya lagi sih interviunya wkwk :D

      Waaah ahaha

      Hapus
  33. memindahkan channel TV, pas ketemu siaran yang OK,
    dijamin kantuk hilang secara penasaran..

    BalasHapus
  34. pas lagi ngantuk tiba2 hujan kenceng banget plus kilat huaahh langsung melek ini mata...

    BalasHapus
  35. Obat ngantuk cuma satu: TIDUR!!!

    BalasHapus
  36. kalo aku sih ya,pernah tuh kejadian, lg asik2nya ngantuk ampe mau tidur gitu, eh tau2 ada seekor laba2 gueeede bgt merangkak masuk ke tembok kamarku. terang aja mataku lngsung mlotot, sambil berusaha mengusir tuh laba2.akhirnya ilang deh ngantuknya.
    tau gak knp, karena aku tuh fobia laba2. hehe...
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... *sodorin laba-laba*

      Hapus
    2. kalo gue sih, tiba2 ga ngantuk lagi pas di TV ada acara yang menarik... biasanya dibela2in melek, buat nonton. ato kalo ada unexpectation moment. biasanya sih kalo ada yang ngagetin ato bikin emosi... haha

      Hapus
  37. 1.Kalo mantan gue minta balikan kak ..
    2.Gita gutawa ato Yuki kato dateng ke rumah gue
    3.Nge-Blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo gue yang dateng ke rumah lo gimana?

      Hapus
    2. haha .. gua sambut kak .. :D

      Hapus
  38. kalau ane gak jadi ngantuk waktu enak enaknya udah mau nge fly gitu. si boss telpon marah marah soal kerjaan. udah deh ilang sih bentar entar juga ngantuk lagi. Gara gara otak aus kwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngefly? Hahaha, loh ini kerja atau ngapain sih mas :p

      Hapus
  39. lagi ngantuk2nya nih....mendadak si tengah teriak
    " Miiiii..............tulung, adek nyebur ke kolam ikan !!!!"
    nah lo gmn ga kumat jantungnya dan mendadak buyar deh si kantuk hiiikz

    BalasHapus
  40. Saya nggak bisa ngantuk lagi ketika baru setengah tidur lalu tiba2 istri saya mindah channel TV.
    Yg semula dialog pelan tiba2 terdengar musik keras sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Istrinya suka musik keras keras po pak?

      Hapus
  41. Dikagetin!!!!
    pasti gak jadi ngantuk
    hehehheee

    BalasHapus
  42. saya minum kopi malah ujung2nya ngantuk lagi. 0.o lebih milih minum teh atau ngerjain sesuatu yang menantang di internet. misalnya membagikan gambar2 'tak senonoh' dan ngetag orang2 di status lucu copasan dari kakskus. hmm..mungkin inilah yang membuat saya berevolusi mundur diantara tetangga dan kerabat. #makinngawur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak senonoh? Yang kayak gimana tuh? Hahahaha...

      Hapus
  43. Kayaknya aku sama deh kayak ka Una.. Kalau lagi ngeblog tiba-tiba ngantuknya hilang, tapi setelah di publish post-nya, ngantuknya dateng lagi hehe :D

    BalasHapus
  44. shirley sayang.... kamu diapain sama si una sampe matanya begitu?
    kalau ngantuk di kantor, langsung pop-up temen2, minta dihibur, biasanya minta dinyanyiin lagu dangdut biar ketawa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake eyeshadow dong itchuu.
      Mbak sering nyanyi dangdut ke temen2nya juga ga?

      Hapus
  45. komen oot na, tapi penting harus dijawab.. sejak kapan una posting pake bahasa "gue"?? kaget dhe, kirain ini bukan una yang nulis..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeeeeeh ga baca postingankuh sebelum-sebelumnya siih. Ada kok yang satu post full pake gue :P

      Hapus
  46. Hayyy Una^^ aku datang :D

    Una sombong ih YM! ku ga pernah dapet bales huft -.-!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan dicek. Aku balas setelah kamu off.

      Hapus
  47. Dear Una,,, pa kabar?

    Gue baca post lu ini koq jadi ngantuk, apa karena pictprofil elo yang domba ngantuk itu ga diganti2 kali ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mas, apa kabar?
      Kalo gue ganti foto gue, ntar pada terpesona. Nggak gue ganti-ganti deh...

      Hapus
    2. Mulane ganti ae karo .::sing iki::.

      Kalo enggak ya pas elo megang gelas kaca itu loh, keren.

      Hapus
    3. eh,,, elo nanya kabar gueh? Alhamdulillah baik, tapi capek... menjelang kenaikan bbm inih...

      Hapus
    4. Keren po ayu? Wahahaha... Emoh ah, ngko akeh email mlebu lan sing ngeadd ym akeh. Gah aku.

      Ciyeee dah nimbun mas?

      Hapus
    5. Yo wis ayuuu... wis. *huweek* :p

      Oraaa yooo! ngeladeni sing podo nimbun malah :( Pingine sih yo melu nimbun, tapi uang dari macau? :p

      Hapus
    6. Aseeek, prinskrin!
      Dari Las Vegas ajah mas...

      Hapus
  48. Kalo anak tengah malam minta minum, trus abis itu gak nyampe lima menit kemudian bilang pengen pipis...huwaaa...bubarlah semua acara tidur cantik..haha

    BalasHapus
  49. kalau tibatiba ada sms ngasih tahu "Ti, ada drama korea bagus, judulnya A, di X udah ada yg upload lengkap sama subtitlenya" sukses lah itu begadang sampe pagi nonton ngga ngantukngantuk huehehehehehehe

    BalasHapus
  50. huwaaa.. klo ini.aku nyerah deh.. abg aku bilang aku ini kebo banget soalnya.. bisa ngantuk gak ilang ilang sampe ketemu bantal.. syukur gak propesional tidur di kursi..

    BalasHapus

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!