Markicong!

Ikut-ikut sama istilah mari kita mari kita yang sering digunakan Mbak Anies dan Mas Bro~ tapi bukan markijut atau pun markisya. Tapi markicong!

Hayo tebak apa itu... jangan-jangan kamu kepikiran dengan...


Bencong?

Kalau iya, maka kamu salah besar!

Markicong di sini adalah mari kita berkeroncong. Nah, abis ngubek-ubek blog Mbak Monda aku menemukan postingan berjudul keroncong. Sebagai penikmat keroncong, aku tertarik untuk masuk ke postingannya. Sambil menekan tombol play di video dalam postingan, aku membaca tulisan Mbak Monda.

Ia bercerita bahwa ketika kelas 6 SD, guru Mbak Monda mengajarkan murid-muridnya mengenai lagu Keroncong supaya anak-anak badung di kelasnya bisa lembut sedikit. Dan lagu dalam postingannya, berjudul Lagu Di Bawah Sinar Bulan Purnama, enak juga.

Banyak lagu keroncong yang masih masyhur. Juwita Malam, Jembatan Merah, Bengawan Solo, atau pun Sepasang Mata Bola. Persamaan empat lagu ini adalah sama-sama merupakan keroncong abadi. Keroncong abadi ialah keroncong yang diciptakan kisaran tahun 1920-1960. Pantas saja disebut abadi, karena keroncong yang diciptakan jaman itu sampai sekarang pun belum lekang.

Selain keroncong yang diciptakan tahun 40an, aku juga menggemari keroncong modern. Yaitu keroncong tahun 60-an hingga 2000. Ada beberapa jenis keroncong modern. Aku paparkan tiga di antaranya.
  1. Langgam Jawa. Keroncong yang menggunakan juga alat-alat musik khas Jawa. Contoh lagunya, Lingsir Wengi atau Yen Ing Tawang Ana Lintang
  2. Keroncong Koes-Plus. Tentu saja ini keroncong gaya Koes Plus. Contohnya ya, lagu-lagu yang mereka bawakan. :)
  3. Keroncong Dangdut. Nahhh, ini paling favorittt! Congdut ini seperti Langgam Jawa yang diberi sentuhan dangdut. Tokoh yang paling terkenal sih Didi Kempot dengan lagu-lagunya Sewu Kutho, Layang Kangen, atau Terminal Tirtonadi. Tapi favoritku tetep Cinta Tak Terpisahkan karya Cak Diqin. Apalagi kalau bisa duet, asik deh! Dulu pas masih di Jogja setiap abis maghrib nungguin video klip ini.

Makin ke sini, keroncong makin nggak 'asli' karena sudah nggak ikut pakem 'aslinya'. Keroncong ini kan awalnya dibawa oleh Portugis hingga ke Maluku, makanya kenapa ada keroncong tugu. Yaitu keroncong yang dimainkan penduduk Jakarta Utara jaman dahulu yang merupakan keturunan budak Portugis dari Ambon.

Ada satu yang menarik dari lagu keroncong. Tahu kah lagu Terang Bulan? Kalau ngga tau gapapa sih, lagu lama banget, hehe... Lagu ini aslinya dari sebuah wilayah dekat Hawaii yag merupakan jajahan Perancis berjudul Le Rosalie. Kemudian, lagu ini sampai ke Indonesia dan menjadi lagu Terang Bulan. (Diganti liriknya oleh Rudy van Dalm).

Yang lucu adalah, lagu kebangsaan Malaysia, Negaraku, menggunakan lagu yang sama. Padahal kan ya, pengarang lagu di dunia kan banyak. Masa' ya lagu negara mau sama kayak lagu lain juga... nggak paham deh, hahaha... Ternyata tabiat plagiat udah dari dulu ternyata! ^^

Hihihi segitu dulu yang bisa aku tuliskan. Mari kita nyanyi keroncong yuk!

"Kereta kita... segera tiba...
di Jatinegara kita kan berpisah.
Berilah nama... alamat serta...
esok lusa boleh kita jumpa pula."


“Tulisan ini diikutkan  pada  Giveaway Pertama di Kisahku bersama Kakaakin

Sumber foto dan referensi: 

125 komentar:

  1. Ini maksudnya apa sich Bro?

    BalasHapus
  2. Kirain mari kita melancong hehe..

    Saya juga suka juwita malam :)

    BalasHapus
  3. gelo itu foto pertamanya, hahahaha...

    BalasHapus
  4. saya suka sepasang mata bola.....

    BalasHapus
  5. keroncong musik kesukaan si mama :D
    btw itu teh foto saha na?

    BalasHapus
  6. ooo astaga, ternyata itu keroncong~

    BalasHapus
  7. lagu Juwita Malam, setelah dinyanyikan ulang oleh Slank,
    malah jadi banyak penggemarnya ....
    kalau masih berupa lagu keroncong seperti aslinya,
    mungkin tdk banyak yg akan menggemarinya ya Na....
    salam

    BalasHapus
  8. aku mah taunya Bengawan Solo doang yang keroncong :D *parah ye.. WNI bukan sih gw? --"

    BalasHapus
  9. wiiihhh~ unaa keren deh :x
    ahahahaha ^^

    itu link yang dulu gimana na?

    BalasHapus
  10. Una suka keroncong? Asyik ya na...
    keoncong a la Bondan Prakoso Dan Faith II Black juga enak, cocok buat lebih menyebalkan keroncong ke anak muda

    Thanks Na udah ikut 2 kategori

    BalasHapus
  11. hahaha unaa.. gayus ngondek.
    oiya semoga menang, mana PRnya? gue udha jawab loooh itu PRnya gue sendiri hahaha

    BalasHapus
  12. Ooo jadi koes plus sama beberapa lagu jawa masuk aliran lagu keroncong ya mbak una. Ane menikmati lagunya tapi nggak tahu alirannya. Tahunya ya lagu campur sari dan musik koes plus gitu doang.

    BalasHapus
  13. eh, ternyata keroncong bisa bikin anak-anak badung jadi lebih lembut ya...hihi...baru tau...

    BalasHapus
  14. Hihiii... aye kaga ngerti bahase jawa sih, jadi kurang ngena aje ame lagu kroncong :D

    BalasHapus
  15. wahh Una seneng sama lagu keroncong ternyata
    aku malah ngga seneng, setiap papaku setel pasti kepalaku nyutnyutan mumet :P
    sukses GAnya :D

    BalasHapus
  16. Kirain Markicon itu apa...
    Kelihatan yang gambar palong atas itu editan. Kelihatan banget...
    Eh, keroncong itu emang aslinya kedengarannya kayak gimana?

    BalasHapus
  17. akulah mikirnya mari kita melancong un.. heheh
    habisnya postinganmu akhir2 ini jalan2 mulu sih

    BalasHapus
  18. pagi2 kerongongan...yuk sarapan dulu ya..biar gak keroncongan (laper) jd biar bisa seriosa...

    BalasHapus
  19. hyaaa perutku jadi keroncongan baca tulisanmu ini hihihi

    BalasHapus
  20. Hehehe, keroncong yang sudah ada saat ini adalah keroncong yang sudah diaransemen ulang mengikuti perkambangan jaman, daaan hasilnya "Juwita Malam" dari Slank enak bangettt tuh....

    Sukses ngontesnya Una Maya hehehe

    BalasHapus
  21. bojo loro, sewu kuto, stasiun balapan, kelinci ucul - suka.
    kalo cak dikin saya belum begitu mengenalnya.

    saya kemarin-kemarin mau posting liriknya stasiun balapan dan bojo loro belum kejadian juga.

    BalasHapus
  22. @Masbro Hehehe, bukan dong. Aku juga suka :)

    BalasHapus
  23. @Zilko Ahaha aku juga cuma nyomot :)

    BalasHapus
  24. @hima-rain Aku juga, soalnya ada kata jogjanya :D

    BalasHapus
  25. @Syifa Azz Hahaha gapapa kok x) Kan gak semua orang penikmat keroncong~

    BalasHapus
  26. @Nurmayanti Zain Mbak ini ngereply pesanku kah? Aku bingung bagian DNS :|

    BalasHapus
  27. @monda Aku malah belum pernah dengar mbak. :D

    BalasHapus
  28. @Alwand Ahmad Urkhan Hahaha sabaaar, mungkin sebulan lagi aku postnya hahahaha *ditabok mas urkhan*

    BalasHapus
  29. @HP Yitno Campur Sari bagian keroncong, tapi modernnn :D

    BalasHapus
  30. @Mami Zidane Kata gurunya Mbak mONDA :d

    BalasHapus
  31. @Naya Elbetawi Ada yang bukan Bahasa Jawa kok x)

    BalasHapus
  32. @Falzart Plain Ya kayak gitu, wkwk, aku juga gak pernah dengar. Aturan keroncong jaman dulu banyak. :D

    BalasHapus
  33. @risa Emang bikin laper yah tulisanku :-s

    BalasHapus
  34. @Sofyan Bener, udah gak asli dan udah modern... :D

    BalasHapus
  35. @21inchs Bojo loro ketoke mbiyen sok krungu, kok lali aku...

    Okeh, semoga kejadian. Stasiun Balapan versi Bossanova enak loh om.

    BalasHapus
  36. Cinta tak terpisahkan hahaha...
    Demen banget aku ma lagu itu mbak :D

    BalasHapus
  37. @Anak Rantau Wah tau juga rupanya... :D

    BalasHapus
  38. waduh na, serem itu foto.. merinding aku...

    BalasHapus
  39. eeeeh itu Gayus kan ? udah ganti oreintasi kah ?? wakakakaka

    BalasHapus
  40. kalo gayus nonton tenis dengan dandanan seperti itu, aku yakin gak bakalan ketahuan ya

    BalasHapus
  41. @monda
    Una, typo tuh, harusnya menyebarkan

    aku baru nyadar itu posting tahun 2009,(malu aku, tulisannya masih elek he..he...), mestinya kan dari 2010 aja...
    ya udah gpp..

    BalasHapus
  42. tar kirim file lagi yang pas nyanyi lagu keroncong ya :D

    BalasHapus
  43. @monda Huhuhuhu, maaf mbak :(
    Ga dimasukin gapapa kok ^^
    Nanti aku nulis lagi :D

    BalasHapus
  44. @Goiq Kok tak liat-liat mas mirip ya ma gayus :p

    BalasHapus
  45. @Kaito kidd Mas bilang gitu biar aku seneng ya @_@

    BalasHapus
  46. Setelah tak tonton videonya, lha kok malah penyanyi perempuan tampangnya mirip bencong. Beneran deh...

    Jadi judulnya udah tepat ini. LoL

    BalasHapus
  47. @isnuansa Hahaha, iya ya. Kuliat-liat juga gitu :)

    BalasHapus
  48. @Tebak Ini Siapa ga ahhhh... aku gila liat itu foto. serem, yang pake konde itu -o-

    BalasHapus
  49. Una bisa aja, padahal aku gak kefikiran sama foto pertama lho :-)
    Markincong edeeeeh nyamar ya, heheee...Fot

    BalasHapus
  50. aku ga tau kalo lagu, tapi kalo makanan terang bulan sih suka :D

    BalasHapus
  51. Ish..keren deh Una jadi penikmat keroncong kek gituh..

    BalasHapus
  52. hihihi... gambarnya menipu...
    lagu keroncong loh.. o yaya
    mari kita mendengar dan menikmatinya ^_^

    BalasHapus
  53. Wah kerenz Una masih muda bisa doyan keroncong siiipp lestarikan budaya bangsa Neng !

    BalasHapus
  54. "Kereta kita... segera tiba...
    di Jatinegara kita kan berpisah.
    Berilah nama... alamat serta...
    esok lusa boleh kita jumpa pula."

    tau aku judul lagi ini tapi kenalnya waktu Slank yg bawakan :))

    Lagunya beda lirik yooo...

    BalasHapus
  55. wew .. ini yg namanya markincong ... ihh ..jijay yey ... #lebay :p
    eh ..suka tuh sama Lingsir Wengi, wuenak rek .... :p
    Selamat ya, udah masuk kanal Vlog :-D

    BalasHapus
  56. Ternyata jek ono nom2an sing seneng keroncong to...

    BalasHapus
  57. Kirain beneran Mari Kita mBencong hehe, lhah fotonya menipu sih. Sengaja ya? Huihihihi

    BalasHapus
  58. kirain mari kita makan kue pancong :)

    BalasHapus
  59. @admin,

    Ada award untuk kamu teman,, silahkan ambil ya

    di SINI

    dan cek hadiahnya di SINI.

    BalasHapus
  60. ups..takut aku kalo dibilang agak sinis dengan malaysia dg menyebutnya p*ag**tor. soalnya blm tahu yang mana biang kladi nya...

    salam ya una..apa kabar niih?

    BalasHapus
  61. kirain tentang B*ncong..terkecoh sama gambarnya :)..

    BalasHapus
  62. Ternyata Una suka keroncong juga? aku juga suka..soale ibuku dari aku kecil sering nyetel lagu2 keroncong...terutama yg langgam...jadi ikut2an seneng dech sm keroncong...tp aku senengnya sm keroncong asli...soale pertama kali denger keroncong asli sech...

    sukses utk kontesnya yachh...

    BalasHapus
  63. Juwita malam teteup yang paling mantab #aseekk
    *narsis :D*

    Semoga sukses GA nya ya Unaaa...:)

    BalasHapus
  64. eh jangan bilang gitu ke negara jiran..... kita kan juga plagiatnya tinggi... :(

    BalasHapus
  65. dengar nya langsung pengen joget joget. uwww

    BalasHapus
  66. asik asik una suka kerncong,aku ngefans sama sundari sukoco hehe..sukses GA nya ya na:)

    BalasHapus
  67. @Yunda Hamasah Hahahaha kiran bakal kepikiran ke bencong gitchuu

    BalasHapus
  68. @Nunu El-Fasa Di sini namanya martabak manis hehe

    BalasHapus
  69. @Sobat Bercahaya Beda dikit doanggg. Enak yah lagunya...

    BalasHapus
  70. @Stupid monkey Akhirnya tau juga kan yeey, :D
    Hihihi seru juga vlog, meski ga bawa traffic banyak ke sini hihi. Iyaaa aku juga sukaaa, ntar rekam ah. Dengerin ya mas :p

    BalasHapus
  71. @Wury Hahaha yaiya donggg..l

    BalasHapus
  72. @Dere Hehe kok bisa dapet perasaan ga kenal xP

    BalasHapus
  73. @puteriamirillis Khusus bagian lagu negara malaysia plagiat, indonesia juga banyak plagiat kok di hal lain hahahaha. Baik alhamdulillah mbak hehe...

    BalasHapus
  74. @Nia Waaah hehe aku malah gak tau yang asli tuh yang kepiye hehe

    BalasHapus
  75. @Bayu Hidayat Ahahaa tahannn jangan joget

    BalasHapus
  76. Aku datang membawa bahan diskusi...
    Lha BANCAAN kuwi aku nyonto tulisan BERDUAAN je...
    Kan mocone meh podo.
    Nek BANCAKAN berarti BERDUAKAN...
    =======================
    Makan Bancaan Berduaan....
    bukan Makan Bancakan Berduakan
    =======================
    Tapi embuh ding...
    Mungkin kata dasarnya BANCAK ya?
    Pokoke ngono kuwi lah
    =======================
    Nek respon pink kuwi aku nganggo LIPSETICK REVELON

    BalasHapus
  77. @marsudiyanto Yo raaaa, hahahaha. Berduaan kan boso indonesa. Bancakan kan boso jowo, yo ra relevan disama samain donggsss...
    Wah revlon yah, kirain wardah...

    BalasHapus
  78. Wardah kan kosmetik Syariah...

    BalasHapus
  79. @marsudiyanto Weh hooh metu, nggantheng e pak...

    *seket ewu*

    BalasHapus
  80. Ijin ngkak dulu lihat fotonya Mas Gayus... hahaha

    BTW, aku kenalnya campursari... :)
    Selamat ngontes ya, semoga beruntung..

    BalasHapus
  81. kalo saya lapar maka perut saya keroncong :))

    BalasHapus
  82. Foto itu Gayus yaaa? XDDDDDDD *ngakak*

    BalasHapus
  83. Lebih suka mendengarkan langgam dan sesekali mendengarkan keroncong, terutama milik Sundari Sukojto.

    BalasHapus
  84. Kamu udah orang ke sepukuh ribu yang bilang aku mirip gayus... aku malah pernah didandanin pake wig palsu dan kaca mata hitam sama temen-temen kantorku... hahahaha

    BalasHapus
  85. sukses untuk kontesnya ya Na...... maaf lama tak sempat main kesini..... :)

    BalasHapus
  86. Ibu juri datang... :)
    (Ehm, pengen fotoku metu juga wis) :D
    Saat mendengar keroncong, kesan pertama adalah "tua". Hehe...
    Mungkin anak muda semacam BP bukan Bambang Pamungkas, bisa lebih memperkenalkan keroncong agar bisa merasuk ke dalam jiwa anak2 muda di Indonesia :)

    BalasHapus
  87. @catatan kecilku Haha aku juga suka campursari :)

    BalasHapus
  88. @TUKANG CoLoNG Aku gak lapar pun keroncong~

    BalasHapus
  89. @die Wah, aku belum pernah dengar dia nyanyi :)

    BalasHapus
  90. @die Wah, aku belum pernah dengar dia nyanyi :)

    BalasHapus
  91. @Goiq Buahahaha! Liattt fotonyaaaa dong massss...

    BalasHapus
  92. @Akin Hahaha iya metu juga tuh mbak.
    Aku malah belum pernah dengar keroncong versi BP :D

    BalasHapus
  93. @Stupid monkey Ahhh emoh ah, ntar gak didengerin :p

    BalasHapus
  94. Apaaaah, keroncong? *tepok jidat*

    BalasHapus
  95. aku baru tahu kalo aliran musiknya didi kempot itu keroncong dangdut, tak kira dangdut jawa..

    BalasHapus
  96. Congdut ... kirain bencong demen dangdut hihihihi :D

    BalasHapus
  97. hahahhaaa.....
    keroncong....
    kalo rileks ni musik bagus...
    cm kadang kalah gengsi...
    :P

    BalasHapus
  98. keroncong yang paling nggak enak adalah keroncongan... banyak orang yang nggak bisa tidur karenanya

    kalau keroncong yang kamu ulas di atas, itu sih asyik buat didengerin.

    BalasHapus
  99. kirain lagi mau ngomongin bencong taunya ngomong soal keroncong... saya juga suka dengan lagu keroncong..

    BalasHapus
  100. kalau ibuku dulu lucu mengartikan musik keroncong dengan musik kendor kenceng :D
    Well, aku juga menyukai lagu keroncong
    terutama lagi Bandar Jakarta

    BalasHapus

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!