Ia yang Berinisial HM




"Wa qulu qaulan sadida."

Kalimat yang seringkali dia ucapkan. Aku sendiri kurang tahu bagaimana alihaksaranya, tapi sependengaranku begitu. Katanya, arti kalimat itu ialah 'kalau bicara harus yang simpatik'. Dulu aku tak paham kata-kata aneh, tapi aku memahami kalimat itu sebagai 'kalau bicara harus yang baik'. Aku tidak tahu kenapa ia sering menasihati aku seperti itu. Mungkin aku kalau ngomong suka asal kali ya.

Ia merupakan orang yang pertama kalinya mengajakku naik motor. Sebelum itu aku tak pernah naik kendaraan beroda dua karena di ibukota --kota aku tinggal-- ayah dan ibuku hanya mempunyai sebuah mobil biasa. Sekalinya aku ke kotanya, aku diajak naik motor, diboncengnya keliling sawah. Muter-muter. Melihat rumah-rumah kampung di Jogja. Aku senang sekali.

Aku dekat dengannya tapi aku tak pernah bertemu dengan orang tuanya, ia pun tak pernah memperkenalkan saudaranya kepadaku. Katanya sih, sudah tiada semua. Dan ia pun kini sudah mengikuti orang tua dan saudaranya. Aku ingat waktu upacara kematiannya, aku tak menangis. Sedih pun tidak. Senang malah. Apalagi mengetahui ia meninggal setelah menunaikan shalat subuhnya.

Andai ia membaca tulisanku, dan aku membayangkan konversasi imajiner seperti ini:

"Kenapa aku kamu tulis dalam ceritamu?"

"Karena kamu berharga. Syarat giveawaynya gitu, sih."

"Kenapa aku berharga?"

"Karena... kalau tidak ada kamu, tidak ada ayahku, kalau tidak ada ayahku, tidak ada aku. Boncengin naik motor lagi dong, Mbah..."

"Emoh. Dulu sih kamu kecil, sekarang kamu berat gitu."

"Buuuu..."

"Yo wis yo wis, wa qulu qaulan sadida ya, kalau bicara harus simpatik..."


"Tulisan ini diikutsertakan dalam Giveaway The Fairy and Me yang diselenggarakan oleh Nurmayanti Zain".
 

HM inisial nama mbah dari bapakku~ rahasia namanya hehehe x) 
Note: Hehehe, kalau post Mbak Maya ada tentang naik motor dan ini juga ada, bukan karena kebetulan, tapi memang atas izin Tuhan, ha ha ha~

105 komentar:

  1. Kasian kamu jarang naik motor, huhuhuhuuhuuu :p

    BalasHapus
  2. @Stupid monkey Dulu kok. Sekarang mah sering naik ojek :p

    BalasHapus
  3. Una, kenalin sama Mbah dong,hehehe
    wah, keren Mbahnya Una, bisa ngajakin Una naik Motor,heheheh

    BalasHapus
  4. Tak kirain siapa tadi? Siapakah orang berinisial HM. Ternyata mbah kakung-nya toh. Aku mau dong di boncengi motornya. Moh ah, dulu kamu kecil. Sekarang kamu berat. Huuuhhhh
    Kocak juga ceritanya. Ntar mbah kakungnya jatih lagi ke sawah kalau ban motornya bocor.

    BalasHapus
  5. Semoga mbah-nya diterima di sisiNya.

    wah kayaknya orang mbah-nya orang terkenal ya?

    salam kenal buat cucunya mbah ya...

    BalasHapus
  6. Kasian una sekarang udah berat! Huhuhuhuhu

    BalasHapus
  7. unaaaa anku nitip jejak dulu~
    bentar aku balik yaaa :D
    #fufufufufu

    BalasHapus
  8. Una yang gantiin mbonceng Mbah :) hehe...

    Gudlak ya GA...

    BalasHapus
  9. @apikecil Hahaha wong mbahnya wis ra ono...

    BalasHapus
  10. @HP Yitno Ha ha ha, untuk gak akan jatuh ke sawah :p

    BalasHapus
  11. @21inchs Di Kotagede --kampung simbahku-- sih terkenal, ahahaha...

    BalasHapus
  12. @eksak Loh kok kowe sing sedih?

    BalasHapus
  13. aku kira ceritamu, ternyata mbahmu hahahaha~

    BalasHapus
  14. "Emoh. Dulu sih kamu kecil, sekarang kamu berat gitu."

    Setuju banget deh sama kalimat ini... hahaha

    BalasHapus
  15. Kalau nggak ada Mbah saya mungkin saya belum sunat, karena saat itu saya mau disunat kalau dipangku Mbah saya.

    BalasHapus
  16. aku boncneg naik motor may ga? :)

    BalasHapus
  17. @marsudiyanto Dan pasti post tentang sunat di blog Pak Mars lebih banyak lagi ya :p

    BalasHapus
  18. wuiih, ratu giveaway :))
    eh unce itu bannernya unyusekaliiii....
    cewe keriting dengan lolipop dan kamera, tapi lidahnya kok ???

    *lostfokus*

    BalasHapus
  19. @Syamatahari Ha ha ha pas ada ide ya aku tulis :D
    Itu avatar southpark kok hihi~ lidahnya apaaa, keren ya :p

    BalasHapus
  20. Iah, mbahmu udah ga mau ngajarinmu... :D

    BalasHapus
  21. wah eyang nya ya. ane kira siapa sist. ane ud berpikir ke 'ehm' nya aja. ya semoga ia di terima di sisinya, karena mamiliki cucu yang solikhah seperti sista. makasih juga ud membuatku larut dalam cerita.

    BalasHapus
  22. @cerita anak kost He he he amiiin, semoga saya shalihah ahahaha~

    BalasHapus
  23. Hehe,,, yang nulis "Nulis Cerpen Yuk" itu ya Na. Semoga beliau diterima disisi-Nya, diterima segala amal ibadahnya, diampuni semua dosa2nya. Amin.

    Wa qulu qoulan syadida (pake syin)
    syadida arti harfiah : tenanan (amat), banget (sangat)
    kalo sesuai konteks di atas jadinya "serius"

    Cengengesan yo ra po, tapi yo kudu ono wayah seriuse barang tho?

    Sukses ya Na, GAnya... saya sukaaaaa banget yg ini, dua jempol (menghadap kebawah) *eh enggak enggak seriuuusss, two thumbs...

    BalasHapus
  24. @Samaranji Bukaaan. Itu kakek dari ibu. Yang ini kakek dari bapak, he he he.

    Aku barusan search al quran al ahzab 70, ra nganggo syin kok :p sadidan = baik benar.

    Wuuu jempol sikil thooo~ :P

    BalasHapus
  25. ketipu gue, ternyata inisial HM itu mbah mu to. kira'in tukang ojek hehheeee...
    permisi izin jd tetangga baru

    BalasHapus
  26. @Bung Penho Waaah bilangin mbahkuuu...

    BalasHapus
  27. nah una...di inget terus ya, ojo lali..."kalo bicara harus simpatik lho ya.." ojo ceplas ceplos....hihi...

    BalasHapus
  28. @Mami Zidane Lali sih ora mbak... cuma gak dipraktekkan, hahahaha...

    BalasHapus
  29. Waaaaaaaah aku jadi kangen Mbahku.. :(

    BalasHapus
  30. @Ayu Welirang Pergilah ke rumah mbahmu hehe

    BalasHapus
  31. oalah HM mbk nya disangka kang ojek hehehe

    BalasHapus
  32. @Tebak Ini Siapa Woooo hiyo ik, sotoy aku. Inget sy "lasyadiid" pd QS Ibrohim:7. Hehe, ternyata Una tau bedanya syin dan sin ya... :P. Makasih ya Na ;)

    Enggaaaak,,,, jempol tangan koq, sumpah. Su'udzon aja :(

    BalasHapus
  33. @Samaranji Ahahaha yeee mas haris salahhh. Tau dong. Ngeceeeeeee!!!

    Makasih ya Mas Beib ;)

    BalasHapus
  34. huahahhaa jadi sekarang udah gak bisa diboncengin karena berat ya... hahaha :P

    BalasHapus
  35. @Arman Ehehe mbahnya sendiri juga dah gak ada... hehe

    BalasHapus
  36. @Tebak Ini Siapa Mas Andi perhatian ama elo lageee...

    haha, YM an teruuuusss,,, suwit suwiiit. :p

    BalasHapus
  37. @Samaranji Ahahaha, arang yman kok mas, yeee...
    Mas Andi mah karo sopo sopo perhatian :p Sirik nih yeee gak diperhatiin ahahaha

    BalasHapus
  38. @Tebak Ini Siapayieeee,,, pipinya memerah, merah jambuuuu... fufufu

    BalasHapus
  39. Lha aku nek ning jakarta, kan rep mboncengke kwe na! Hehehe

    BalasHapus
  40. Dengar tu Un, kalo bicara itu.. harus yang baik ya nduk ..^^

    BalasHapus
  41. @Samaranji Ora pipiku ireng dadi nak tersipu yo ra ketok merah jambunya ha ha ha...

    BalasHapus
  42. @eksak Arep dadi tukang ojek ta?

    BalasHapus
  43. @Tebak Ini Siapa wis dhuhuran sik, trusss boncengane dilanjut nyang ym aeee

    BalasHapus
  44. @Samaranji Teloooo, kono shalattt. Ojo ngleges ae...

    BalasHapus
  45. ahaaiii, kirain tadi siapaa gituuu, ohh ternyata Mbah nyatoohh...

    BalasHapus
  46. @.:diah:. Hehehe iya, dikira tukang ojek yah? :p

    BalasHapus
  47. Weiii...cucu 'durhaka'...masak simbahnya sudah sepuh suruh mboncengin lagi....wkwkwkwk

    BalasHapus
  48. kenangannya waktu naek motor ya Una :D

    BalasHapus
  49. kirain aku pacar toh, ternyata mbah nya

    BalasHapus
  50. Ckckck... lah tambah tuwo yo keseimbangane tambah sudo

    BalasHapus
  51. @Tebak Ini Siapa *datang lagi~
    setelah baca dengan seksama, masyaAllah...
    mbahnya begitu berharga ya~ aku sangat terpana ketika una bilang aku tidak menangis.

    ----------
    sudah terdaftar ya na ;)
    terima kasih atas partisipasinya :x

    BalasHapus
  52. emang dulu kecil un..?
    kayaknya fitnah tuh
    hehe

    BalasHapus
  53. wah ada giveaway lag toh. hehee

    BalasHapus
  54. smg simbah mendpt tempat terbaik disisiNYA yaaa...

    beruntungnya dia meninggal dlm keadaan khusnul khotimah ya

    BalasHapus
  55. @Tebak Ini Siapa leqwat-lewat aku bingung.. hahaha. lagi kekurangan obat :)

    BalasHapus
  56. aku kirain tadinya yg diceritain ehem2nya Una eh ternyata Mbahnya :P

    BalasHapus
  57. Yakin deh, kak Una pasti menang giveaway-nya :)

    BalasHapus
  58. Kenapa tidak bersedih?
    Kenapa tidak menangis??? apakah kejadiannya waktu kamu masih kecil Una???

    Sukses buat kontesnya yahhh ;)

    BalasHapus
  59. Iyo yo saiki koe wis gendut :))
    sikses buat GAnya yo naaaaa.

    BalasHapus
  60. @Stupid monkey Mas... ol bentar dong~ mau tanya :D

    BalasHapus
  61. @Nurmayanti Zain Hehehe, wong masi kecil ngapain nangis. Makasih ya mbak... :D

    BalasHapus
  62. @bensdoing Iyaaa x) pertama kali soalnya~

    BalasHapus
  63. @Corat - Coret [Ria Nugroho] Hehehe bukan laaah gak punya ehem ehem :p

    BalasHapus
  64. @armae Hooh... emang ga boleh ya orang meninggal ga sedih? :P

    BalasHapus
  65. ingat ingat pesan si mbah na..smoga Allah tempatkan di syurga Nya ..aamiin ya rabb

    BalasHapus
  66. waaa. GA lagi... masih semangat aja ya na :P

    BalasHapus
  67. jadi terharuu.,. inget mbah kung ku yang kini udah gak ada :(

    hehe.. tapi sukses yaa mbak buat GAnya :D

    salam kenaL soko cah Pekalongan :D

    BalasHapus
  68. sukses ya buat GAx mbak...
    such a wonderful fairy mbah mbak itu... ^_^

    BalasHapus
  69. sini aku boncengin tapi ...berat ya...heheha btw, semoga menang...

    BalasHapus
  70. oalah.. kakeknya toh ya un..
    ah, kalau mbah baca, pasti ketawa-ketiwi baca tulisanmu ni un..

    BalasHapus
  71. Ikutan dukung mbak una aja :D

    BalasHapus
  72. HIHIHI emoh mboncengin Una karena berat???

    BalasHapus
  73. naik motor keliling keliling sawah ... serem juga loh.. coba deh bayangin..

    BalasHapus
  74. ooo ... ternyata si Mbah ... kirain bebeph-Una -_-"

    BalasHapus
  75. ahh Una, jd inget Mbah ku jadinya :')
    sukses ngontesnya Un :)

    BalasHapus
  76. hahaha, keren ceritanya nih :D Si tokoh di-reveal menjelang akhir cerita :) Sukses ya buat GA-nya :)

    BalasHapus
  77. Na, semoga ini menjadi komen yang ke -99 :D

    HM bukan HMS kan?
    takut aja dirimu masih cucunya trah penguasa Indonesia sekian lama itu?

    bijak sekali kalimat itu Na
    suka!
    dan memang begitu seharusnya,
    tapi aku pun sering keceplos
    apalagi jika sedang becanda, lupa klo kalimat/kata yang keluar jauh dari simpati hiks

    well, tetep deh tak doain SUKSES di GA-nya Maya ya Na!

    BalasHapus
  78. aduhhh dikirain siapa gitu hehehehe :)

    BalasHapus
  79. mbah HM mbak una ojok di gonceng naik motor nanti kasian motor nya gembos,,,, :p *piss

    BalasHapus
  80. durhaka koe na,wkwkwk

    smg menang yaaaa d^_^b

    BalasHapus
  81. Cieee..pakai rahasia-rahasiaan segala ni una..bikin kita jadi penasaran aja hehe..Gudlak ya..moga menang ^^

    BalasHapus
  82. waduh mbahnya ok banget suka naik motor.....

    BalasHapus
  83. HM... Hitungan Menit. ^^

    BalasHapus

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!