Markicong!

Ikut-ikut sama istilah mari kita mari kita yang sering digunakan Mbak Anies dan Mas Bro~ tapi bukan markijut atau pun markisya. Tapi markicong!

Hayo tebak apa itu... jangan-jangan kamu kepikiran dengan...


Bencong?

Kalau iya, maka kamu salah besar!

Markicong di sini adalah mari kita berkeroncong. Nah, abis ngubek-ubek blog Mbak Monda aku menemukan postingan berjudul keroncong. Sebagai penikmat keroncong, aku tertarik untuk masuk ke postingannya. Sambil menekan tombol play di video dalam postingan, aku membaca tulisan Mbak Monda.

Ia bercerita bahwa ketika kelas 6 SD, guru Mbak Monda mengajarkan murid-muridnya mengenai lagu Keroncong supaya anak-anak badung di kelasnya bisa lembut sedikit. Dan lagu dalam postingannya, berjudul Lagu Di Bawah Sinar Bulan Purnama, enak juga.

Banyak lagu keroncong yang masih masyhur. Juwita Malam, Jembatan Merah, Bengawan Solo, atau pun Sepasang Mata Bola. Persamaan empat lagu ini adalah sama-sama merupakan keroncong abadi. Keroncong abadi ialah keroncong yang diciptakan kisaran tahun 1920-1960. Pantas saja disebut abadi, karena keroncong yang diciptakan jaman itu sampai sekarang pun belum lekang.

Selain keroncong yang diciptakan tahun 40an, aku juga menggemari keroncong modern. Yaitu keroncong tahun 60-an hingga 2000. Ada beberapa jenis keroncong modern. Aku paparkan tiga di antaranya.
  1. Langgam Jawa. Keroncong yang menggunakan juga alat-alat musik khas Jawa. Contoh lagunya, Lingsir Wengi atau Yen Ing Tawang Ana Lintang
  2. Keroncong Koes-Plus. Tentu saja ini keroncong gaya Koes Plus. Contohnya ya, lagu-lagu yang mereka bawakan. :)
  3. Keroncong Dangdut. Nahhh, ini paling favorittt! Congdut ini seperti Langgam Jawa yang diberi sentuhan dangdut. Tokoh yang paling terkenal sih Didi Kempot dengan lagu-lagunya Sewu Kutho, Layang Kangen, atau Terminal Tirtonadi. Tapi favoritku tetep Cinta Tak Terpisahkan karya Cak Diqin. Apalagi kalau bisa duet, asik deh! Dulu pas masih di Jogja setiap abis maghrib nungguin video klip ini.

Makin ke sini, keroncong makin nggak 'asli' karena sudah nggak ikut pakem 'aslinya'. Keroncong ini kan awalnya dibawa oleh Portugis hingga ke Maluku, makanya kenapa ada keroncong tugu. Yaitu keroncong yang dimainkan penduduk Jakarta Utara jaman dahulu yang merupakan keturunan budak Portugis dari Ambon.

Ada satu yang menarik dari lagu keroncong. Tahu kah lagu Terang Bulan? Kalau ngga tau gapapa sih, lagu lama banget, hehe... Lagu ini aslinya dari sebuah wilayah dekat Hawaii yag merupakan jajahan Perancis berjudul Le Rosalie. Kemudian, lagu ini sampai ke Indonesia dan menjadi lagu Terang Bulan. (Diganti liriknya oleh Rudy van Dalm).

Yang lucu adalah, lagu kebangsaan Malaysia, Negaraku, menggunakan lagu yang sama. Padahal kan ya, pengarang lagu di dunia kan banyak. Masa' ya lagu negara mau sama kayak lagu lain juga... nggak paham deh, hahaha... Ternyata tabiat plagiat udah dari dulu ternyata! ^^

Hihihi segitu dulu yang bisa aku tuliskan. Mari kita nyanyi keroncong yuk!

"Kereta kita... segera tiba...
di Jatinegara kita kan berpisah.
Berilah nama... alamat serta...
esok lusa boleh kita jumpa pula."


“Tulisan ini diikutkan  pada  Giveaway Pertama di Kisahku bersama Kakaakin

Sumber foto dan referensi: 

125 comments:

  1. Kirain mari kita melancong hehe..

    Saya juga suka juwita malam :)

    ReplyDelete
  2. gelo itu foto pertamanya, hahahaha...

    ReplyDelete
  3. saya suka sepasang mata bola.....

    ReplyDelete
  4. keroncong musik kesukaan si mama :D
    btw itu teh foto saha na?

    ReplyDelete
  5. ooo astaga, ternyata itu keroncong~

    ReplyDelete
  6. lagu Juwita Malam, setelah dinyanyikan ulang oleh Slank,
    malah jadi banyak penggemarnya ....
    kalau masih berupa lagu keroncong seperti aslinya,
    mungkin tdk banyak yg akan menggemarinya ya Na....
    salam

    ReplyDelete
  7. aku mah taunya Bengawan Solo doang yang keroncong :D *parah ye.. WNI bukan sih gw? --"

    ReplyDelete
  8. wiiihhh~ unaa keren deh :x
    ahahahaha ^^

    itu link yang dulu gimana na?

    ReplyDelete
  9. Una suka keroncong? Asyik ya na...
    keoncong a la Bondan Prakoso Dan Faith II Black juga enak, cocok buat lebih menyebalkan keroncong ke anak muda

    Thanks Na udah ikut 2 kategori

    ReplyDelete
  10. hahaha unaa.. gayus ngondek.
    oiya semoga menang, mana PRnya? gue udha jawab loooh itu PRnya gue sendiri hahaha

    ReplyDelete
  11. Ooo jadi koes plus sama beberapa lagu jawa masuk aliran lagu keroncong ya mbak una. Ane menikmati lagunya tapi nggak tahu alirannya. Tahunya ya lagu campur sari dan musik koes plus gitu doang.

    ReplyDelete
  12. eh, ternyata keroncong bisa bikin anak-anak badung jadi lebih lembut ya...hihi...baru tau...

    ReplyDelete
  13. Hihiii... aye kaga ngerti bahase jawa sih, jadi kurang ngena aje ame lagu kroncong :D

    ReplyDelete
  14. wahh Una seneng sama lagu keroncong ternyata
    aku malah ngga seneng, setiap papaku setel pasti kepalaku nyutnyutan mumet :P
    sukses GAnya :D

    ReplyDelete
  15. Kirain Markicon itu apa...
    Kelihatan yang gambar palong atas itu editan. Kelihatan banget...
    Eh, keroncong itu emang aslinya kedengarannya kayak gimana?

    ReplyDelete
  16. akulah mikirnya mari kita melancong un.. heheh
    habisnya postinganmu akhir2 ini jalan2 mulu sih

    ReplyDelete
  17. pagi2 kerongongan...yuk sarapan dulu ya..biar gak keroncongan (laper) jd biar bisa seriosa...

    ReplyDelete
  18. hyaaa perutku jadi keroncongan baca tulisanmu ini hihihi

    ReplyDelete
  19. Hehehe, keroncong yang sudah ada saat ini adalah keroncong yang sudah diaransemen ulang mengikuti perkambangan jaman, daaan hasilnya "Juwita Malam" dari Slank enak bangettt tuh....

    Sukses ngontesnya Una Maya hehehe

    ReplyDelete
  20. bojo loro, sewu kuto, stasiun balapan, kelinci ucul - suka.
    kalo cak dikin saya belum begitu mengenalnya.

    saya kemarin-kemarin mau posting liriknya stasiun balapan dan bojo loro belum kejadian juga.

    ReplyDelete
  21. @Masbro Hehehe, bukan dong. Aku juga suka :)

    ReplyDelete
  22. @hima-rain Aku juga, soalnya ada kata jogjanya :D

    ReplyDelete
  23. @Syifa Azz Hahaha gapapa kok x) Kan gak semua orang penikmat keroncong~

    ReplyDelete
  24. @Nurmayanti Zain Mbak ini ngereply pesanku kah? Aku bingung bagian DNS :|

    ReplyDelete
  25. @monda Aku malah belum pernah dengar mbak. :D

    ReplyDelete
  26. @Alwand Ahmad Urkhan Hahaha sabaaar, mungkin sebulan lagi aku postnya hahahaha *ditabok mas urkhan*

    ReplyDelete
  27. @HP Yitno Campur Sari bagian keroncong, tapi modernnn :D

    ReplyDelete
  28. @Falzart Plain Ya kayak gitu, wkwk, aku juga gak pernah dengar. Aturan keroncong jaman dulu banyak. :D

    ReplyDelete
  29. @risa Emang bikin laper yah tulisanku :-s

    ReplyDelete
  30. @Sofyan Bener, udah gak asli dan udah modern... :D

    ReplyDelete
  31. @21inchs Bojo loro ketoke mbiyen sok krungu, kok lali aku...

    Okeh, semoga kejadian. Stasiun Balapan versi Bossanova enak loh om.

    ReplyDelete
  32. Cinta tak terpisahkan hahaha...
    Demen banget aku ma lagu itu mbak :D

    ReplyDelete
  33. waduh na, serem itu foto.. merinding aku...

    ReplyDelete
  34. eeeeh itu Gayus kan ? udah ganti oreintasi kah ?? wakakakaka

    ReplyDelete
  35. kalo gayus nonton tenis dengan dandanan seperti itu, aku yakin gak bakalan ketahuan ya

    ReplyDelete
  36. @monda
    Una, typo tuh, harusnya menyebarkan

    aku baru nyadar itu posting tahun 2009,(malu aku, tulisannya masih elek he..he...), mestinya kan dari 2010 aja...
    ya udah gpp..

    ReplyDelete
  37. tar kirim file lagi yang pas nyanyi lagu keroncong ya :D

    ReplyDelete
  38. @monda Huhuhuhu, maaf mbak :(
    Ga dimasukin gapapa kok ^^
    Nanti aku nulis lagi :D

    ReplyDelete
  39. @Goiq Kok tak liat-liat mas mirip ya ma gayus :p

    ReplyDelete
  40. Setelah tak tonton videonya, lha kok malah penyanyi perempuan tampangnya mirip bencong. Beneran deh...

    Jadi judulnya udah tepat ini. LoL

    ReplyDelete
  41. @isnuansa Hahaha, iya ya. Kuliat-liat juga gitu :)

    ReplyDelete
  42. @Tebak Ini Siapa ga ahhhh... aku gila liat itu foto. serem, yang pake konde itu -o-

    ReplyDelete
  43. Una bisa aja, padahal aku gak kefikiran sama foto pertama lho :-)
    Markincong edeeeeh nyamar ya, heheee...Fot

    ReplyDelete
  44. aku ga tau kalo lagu, tapi kalo makanan terang bulan sih suka :D

    ReplyDelete
  45. Ish..keren deh Una jadi penikmat keroncong kek gituh..

    ReplyDelete
  46. hihihi... gambarnya menipu...
    lagu keroncong loh.. o yaya
    mari kita mendengar dan menikmatinya ^_^

    ReplyDelete
  47. Wah kerenz Una masih muda bisa doyan keroncong siiipp lestarikan budaya bangsa Neng !

    ReplyDelete
  48. "Kereta kita... segera tiba...
    di Jatinegara kita kan berpisah.
    Berilah nama... alamat serta...
    esok lusa boleh kita jumpa pula."

    tau aku judul lagi ini tapi kenalnya waktu Slank yg bawakan :))

    Lagunya beda lirik yooo...

    ReplyDelete
  49. wew .. ini yg namanya markincong ... ihh ..jijay yey ... #lebay :p
    eh ..suka tuh sama Lingsir Wengi, wuenak rek .... :p
    Selamat ya, udah masuk kanal Vlog :-D

    ReplyDelete
  50. Ternyata jek ono nom2an sing seneng keroncong to...

    ReplyDelete
  51. Kirain beneran Mari Kita mBencong hehe, lhah fotonya menipu sih. Sengaja ya? Huihihihi

    ReplyDelete
  52. kirain mari kita makan kue pancong :)

    ReplyDelete
  53. @admin,

    Ada award untuk kamu teman,, silahkan ambil ya

    di SINI

    dan cek hadiahnya di SINI.

    ReplyDelete
  54. ups..takut aku kalo dibilang agak sinis dengan malaysia dg menyebutnya p*ag**tor. soalnya blm tahu yang mana biang kladi nya...

    salam ya una..apa kabar niih?

    ReplyDelete
  55. kirain tentang B*ncong..terkecoh sama gambarnya :)..

    ReplyDelete
  56. Ternyata Una suka keroncong juga? aku juga suka..soale ibuku dari aku kecil sering nyetel lagu2 keroncong...terutama yg langgam...jadi ikut2an seneng dech sm keroncong...tp aku senengnya sm keroncong asli...soale pertama kali denger keroncong asli sech...

    sukses utk kontesnya yachh...

    ReplyDelete
  57. Juwita malam teteup yang paling mantab #aseekk
    *narsis :D*

    Semoga sukses GA nya ya Unaaa...:)

    ReplyDelete
  58. eh jangan bilang gitu ke negara jiran..... kita kan juga plagiatnya tinggi... :(

    ReplyDelete
  59. dengar nya langsung pengen joget joget. uwww

    ReplyDelete
  60. asik asik una suka kerncong,aku ngefans sama sundari sukoco hehe..sukses GA nya ya na:)

    ReplyDelete
  61. @Yunda Hamasah Hahahaha kiran bakal kepikiran ke bencong gitchuu

    ReplyDelete
  62. @Stupid monkey Akhirnya tau juga kan yeey, :D
    Hihihi seru juga vlog, meski ga bawa traffic banyak ke sini hihi. Iyaaa aku juga sukaaa, ntar rekam ah. Dengerin ya mas :p

    ReplyDelete
  63. @Dere Hehe kok bisa dapet perasaan ga kenal xP

    ReplyDelete
  64. @puteriamirillis Khusus bagian lagu negara malaysia plagiat, indonesia juga banyak plagiat kok di hal lain hahahaha. Baik alhamdulillah mbak hehe...

    ReplyDelete
  65. @Nia Waaah hehe aku malah gak tau yang asli tuh yang kepiye hehe

    ReplyDelete
  66. Aku datang membawa bahan diskusi...
    Lha BANCAAN kuwi aku nyonto tulisan BERDUAAN je...
    Kan mocone meh podo.
    Nek BANCAKAN berarti BERDUAKAN...
    =======================
    Makan Bancaan Berduaan....
    bukan Makan Bancakan Berduakan
    =======================
    Tapi embuh ding...
    Mungkin kata dasarnya BANCAK ya?
    Pokoke ngono kuwi lah
    =======================
    Nek respon pink kuwi aku nganggo LIPSETICK REVELON

    ReplyDelete
  67. @marsudiyanto Yo raaaa, hahahaha. Berduaan kan boso indonesa. Bancakan kan boso jowo, yo ra relevan disama samain donggsss...
    Wah revlon yah, kirain wardah...

    ReplyDelete
  68. @marsudiyanto Weh hooh metu, nggantheng e pak...

    *seket ewu*

    ReplyDelete
  69. Ijin ngkak dulu lihat fotonya Mas Gayus... hahaha

    BTW, aku kenalnya campursari... :)
    Selamat ngontes ya, semoga beruntung..

    ReplyDelete
  70. kalo saya lapar maka perut saya keroncong :))

    ReplyDelete
  71. Foto itu Gayus yaaa? XDDDDDDD *ngakak*

    ReplyDelete
  72. Lebih suka mendengarkan langgam dan sesekali mendengarkan keroncong, terutama milik Sundari Sukojto.

    ReplyDelete
  73. Kamu udah orang ke sepukuh ribu yang bilang aku mirip gayus... aku malah pernah didandanin pake wig palsu dan kaca mata hitam sama temen-temen kantorku... hahahaha

    ReplyDelete
  74. sukses untuk kontesnya ya Na...... maaf lama tak sempat main kesini..... :)

    ReplyDelete
  75. Ibu juri datang... :)
    (Ehm, pengen fotoku metu juga wis) :D
    Saat mendengar keroncong, kesan pertama adalah "tua". Hehe...
    Mungkin anak muda semacam BP bukan Bambang Pamungkas, bisa lebih memperkenalkan keroncong agar bisa merasuk ke dalam jiwa anak2 muda di Indonesia :)

    ReplyDelete
  76. @die Wah, aku belum pernah dengar dia nyanyi :)

    ReplyDelete
  77. @die Wah, aku belum pernah dengar dia nyanyi :)

    ReplyDelete
  78. @Goiq Buahahaha! Liattt fotonyaaaa dong massss...

    ReplyDelete
  79. @Akin Hahaha iya metu juga tuh mbak.
    Aku malah belum pernah dengar keroncong versi BP :D

    ReplyDelete
  80. Apaaaah, keroncong? *tepok jidat*

    ReplyDelete
  81. aku baru tahu kalo aliran musiknya didi kempot itu keroncong dangdut, tak kira dangdut jawa..

    ReplyDelete
  82. Congdut ... kirain bencong demen dangdut hihihihi :D

    ReplyDelete
  83. hahahhaaa.....
    keroncong....
    kalo rileks ni musik bagus...
    cm kadang kalah gengsi...
    :P

    ReplyDelete
  84. keroncong yang paling nggak enak adalah keroncongan... banyak orang yang nggak bisa tidur karenanya

    kalau keroncong yang kamu ulas di atas, itu sih asyik buat didengerin.

    ReplyDelete
  85. kirain lagi mau ngomongin bencong taunya ngomong soal keroncong... saya juga suka dengan lagu keroncong..

    ReplyDelete
  86. kalau ibuku dulu lucu mengartikan musik keroncong dengan musik kendor kenceng :D
    Well, aku juga menyukai lagu keroncong
    terutama lagi Bandar Jakarta

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!