"Sudah Mencuri Gadiskah?"

Pertanyaan itulah yang menjadi alasan saya ingin pergi ke Lombok. Bertemu dengan para pria asli Sasak dan bertanya kepada mereka, "sudah mencuri gadis?" Bukannya diskriminasi, tapi kalau ketemu wanita asli Sasak, saya akan bertanya pula, "sudah diculik, mbak?" Ini karena keawaman sekaligus ketertarikan saya dengan salah satu budaya Sasak, yakni Merariq, ketika jejaka 'mencuri' pasangannya untuk dinikahi. Merariq diterjemahkan secara peyoratif menjadi 'mencuri' dan terkesan negatif di mata orang non-Sasak. Namun sejatinya, ketika pria Sasak melakukan Merariq, dianggap lebih ksatria.

Foto diambil dari Multiply Bang Depz: Trip To Sembalun

Maka dari itu, saya ingin sekali pergi ke desa tradisional Sasak. Yang rumah-rumahnya masih menggunakan bambu dan alang-alang. Dan masih menggunakan kotoran kerbau untuk campuran lantainya dan tentu saja... untuk obat pelnya. Salah satu desa adat yang terkenal ialah Desa Segenter yang terletak di kaki Gunung Rinjani. Andai saya ke sana, saya ingin bertanya pertanyaan tadi ke beberapa warga sembari berharap mereka akan mengekspos bagaimana aslinya Merariq itu dan bagaimana Merariq jaman sekarang dilakukan. Serta berandai pemaparan mereka akan membuka cakrawala wawasan saya mengenai Merariq, tak sekadar mencari infonya dari google. Saya ingin tahu kronologi dari awal 'mencuri' hingga akhirnya menikah. Nah, setelah itu, saya akan bilang kepadanya... tampiasih. Sepertinya kata itu saja yang saya tahu dari Bahasa Sasak. 

♥♥♥

173 comments:

  1. semoga segera terlaksana Una, keinginannya mengunjugi desa tradisional Sasak

    ReplyDelete
  2. wew, tumben amat lo mo tau soal nikah, hihihihiy, curiga nih gw :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeiy, aku membayangkan kayaknya seru dicuri hihihi~

      Delete
    2. @_@ jangan-jangan ne.. una.... -----

      Delete
    3. una mau dicuri kah?
      atau kau telah mencuri hatiku?

      Delete
    4. Lha menurutmu aku mencurinya nggak? Wkwkwk...

      Delete
  3. Kalau ke Lombok, bareng-bareng ya. Nanti kita ngopi-ngopi dulu di sembalun, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu ya mas yang bawa dan bikinin kopinya, aku gari ngombe wekekeke

      Delete
  4. hah dicuri ama depz? memang tuh depz kurang ... (tittt. sensor). selera depz bagus lah. saya yang tinggal di lombok kok gak diajak2 ke sembalun juga mba una? (padahal seh cuman jarak 30 menit dari rumah, ckckck)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduuuhhh ngaco wkwk.
      Aku belum pernah ke sanaaaa~ huuuu~

      Delete
  5. ohhh namanya merariq ya itu
    mau sekalian dicuri juga sama jejaka sasak Un? hihihi

    ReplyDelete
  6. hihi.. lucu ya. Coba kalau disini bilang gitu sama gadis- gadis. :D

    ReplyDelete
  7. ati-ati un, ntar malah keculik lo @. gak bisa kembali kerumah :P
    bahaya,gak bisa ngeblog lagi.

    btw, moga kecapai ye kesananya, ntar bagi2 ceritanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jiaaah nyuliknya kan gak gitu wkwkwk~
      Amiinnn hihi :D

      Delete
  8. Kalo gue taunya Bahasa Sak-sak'e! Bener kata Si Mon, tumben? Ada yg lagi dinaksir, eaa... :-P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dinaksir? Ditaksir ta? Bahasamu aneh...
      Ada lah... uakeeehhh~

      Delete
  9. ehem ehem mbak una niyee mau merariq juga toh sama bule :))

    eeh mosok toh ndak bisa koment, coba hubungin mas depz :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihii tapi bulenya ada yang mau gak ya :D
      Iyo mbak :( Huhuhu~

      Delete
    2. gelem, bule afrika mau ndak mbak un?
      eeh leg bule i qu ndka ngertibahasa ne, wakakaka


      sabar ternyata blog detik lagi di dandani :D

      Delete
    3. Bule Afrika Selatan yang turunan Belanda bole bole wekeke...
      Iya lagi didandani, ben ayu... aku dah kasih link mas depz di multiply wekekek~

      Delete
  10. Ayo ke sana. Pasti mengagumkan bisa berada disana, serasa kembali kemasa lampau :)

    ReplyDelete
  11. Wow... mencuri pasangan.. hmmm, pengen nyoba nih..
    Kapan ya bisa ke Desa Segenter buat ikutan tradisi Merariq.... hmmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi nyurinya tapi ya gak nyuri gitu sih :D

      Delete
    2. Doakan saya segera bisa nyuri anak tetangga sebelah yang masih SMA ya...
      hihihihi

      Delete
    3. Wadoooh x_x
      Kasian tetanggamu :p

      Delete
  12. aku mau dong dicurii... #lho :p
    Ajak2 gue ye Un kalo ke Lombok, gpp deh bawain barang2 lo --> jiwa pembokat...hahhaha :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga mauuu, dicuri Robert Pattinson. Hahaha!
      Oke sip, bawaanku lima koper, 10 travel bag, 25 keril. :))

      Delete
    2. aku juga mau diculik si Pattinson dong.. loh kog?
      ^korban transgender

      Delete
    3. Wah naksir Rob Pattinson juga ya... Heuheu~

      Delete
  13. Una, Bapakku dulu nyulik Mama lho, kawin lari. Kalau menurut adat Palembang mah, Bapakku mestinya dicari trus dibun*h, tapi berhubung dimaafin ya disuruh nikah beneran. Semoga Una beneran bisa ke sana ya, biar bisa share ceritanya di sini ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh, keren banget!
      Ada ceritanya gak di blog? *kepo

      Delete
  14. Kalau Una ke sana pasti akan ketemu beberapa orang gadis Malaysia di sana.. sebab k.nita sering terbaca di akhbar mengenai gadis belasan tahun yang lari mengikuti kekasih ke lombok. Kesian pd orang tua mereka.

    Bagi mereka melarikan anak gadis orang tu hebat, tapi bagi ibubapa yang anak gadis dilarikan adalah sesuatu yang memalukan dan menyedihkan...:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, itu gadis Malaysianya diculik orang Sasak kah?
      Kalau di sini itu bukan sesuatu yang memalukan hehe. Beda budaya sih ya Kak Nit :D

      Delete
  15. Ke sananya sama siapa? Ati2 lho ntar malah diculik ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha gak lahhh kan aku bukan orang Sasak :D

      Delete
  16. smoga bisa ksana....minta oleh" yaaa
    :D

    ReplyDelete
  17. obat pel pake kotoran kerbau un....? opo ra tambah mambu yo....hihi....benar2 unik deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha ora patiyo mbak, soalnya garing, jadi malah menguatkan lantai.

      Delete
  18. ih TK juga baru tau loh!!! ayo un ke lombok... tapi ati2 jangan sampe kamu yang diculik mereka... tar malah repot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, aku culik balik ntar mereka *eh*

      Delete
  19. Wah baru tau nih, ntar kalo pendatangnya apa bisa diculik juga tuh? Tau-tau ntar mbaknya maen kesana langsung nikawinin :p

    ReplyDelete
  20. seru kayanya na, mumpung blom merit jalan2 sing akeh sik na he..he.. dipuaske. yen dah merit akeh sing dipikirke dan diutamain soale *lho jd curhat ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyo mbak wkwkwk,
      tapi nak rung kerjo yo mikir je mbak, nabungnya ituuu hihihi

      Delete
  21. hahhh? dicuri baru mnikah? Yg lgs terlintas caranya nyuri gimana ya? Trs naik apa? Kalau pakai kuda dan yg nyulik kayak Zoro gitu..judulnya penculikan oleh pangeran bertopeng...whahahaa..

    Betewe, aku mengunggulkan postinganmu ini Na...let's see, semoga sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyurinya make kerbau kali mbak,disana kan ndak ada kuda.

      Delete
    2. Aku juga nggak tahu urutannya gimana. Jaman dulu sih kayaknya bener bener nyuri, diajak lari. Kalau sekarang kayaknya nyurinya bilang ke ortu dulu wkwk.
      Kata temenku, sekarang mah nyuliknya pake Avanza hahahaha!

      Delete
  22. Wuih, aku baru tau lho Na, menarik bgt ya. Sok atuh cepetan ke sana, nanti reportnya ditulis di sini ya hihihihi

    kalo aku jd Depz postingan ini yg menang ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi lha ini aku mau daftar aja gak bisa bisa mbak :(

      Delete
  23. Tradisi Merariq , aku pernah nonton di televisi. seru dan sangat akrab. Bukan seperti yang kita bayangkan mencuri gadis jaman sekarang main bawa kabur aja :))
    Itu hanya persyaratan adat biar bisa nikah dan bisa dikenal oleh orang luas. Ibaratnya ingin menyebarkan undangan secara lisan saja, bahwa kedua pasangan mau merayakan pernikahan. Yang pasti mah ada proses pacaran, kalau tidak mana mau gadis dibawa kabur dulu...:))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi istilahnya mencuri itu lho hihihi~
      Hahaha, iyaaa... kalau gak kenal gimana nyurinya yak :p

      Delete
  24. Una, sudah dicurikah?
    hehehe..
    saya juga pengen meng-eksplore daerah2 Indonesia bagian tak yang tidak sering terjamah media. jadi pengen tau tentang kehidupan mereka. pasti menyenangkan, ajak2 yo ntar klo ke sana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi aku sudahnya mencuri. :D
      Ayok pergi hihi :D

      Delete
  25. Durung ning sasak tapi rambute wis di sasak

    ReplyDelete
  26. ORANG SASAK TU ORANG YG POTONGAN RAMBUTNYA SASAK KAH...??
    ;P

    ReplyDelete
  27. woww, di tempat gue suku tradisional ato di kenal dg sebutan Suku Bawo juga masih banyak, cuman medan menuju lokasi kampung tsb sulit di lalui Na. btw, moga2 aza keinginan loe terwujud :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin amin, hihi kalo mas penho suku apa mas? *no sara*

      Delete
  28. istilah kata yang aneh...
    jika di jakarta sudah dilapor ke polisi tuh.. hehehe

    ReplyDelete
  29. ikut acara di tv ajah, Mbak. Apa tuh, etnic runaway apa ya?

    ReplyDelete
  30. unik2 ya adat istiadat budaya indonesia. ngepel pake kotoran kerbau. Oh may gosh, bukannya malah tambah bakteri yak? serius jadi pengen tau.. smoga una bisa kesana, dan mereport kenapa itu pake kotoran kerbau segala *kepo tingkat tinggi* ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makin banyak bakteri ya gak papa kan, makin kebal :D
      Hahaha amin amin~
      itu buat menguatkan kalo gak salah :D

      Delete
  31. Una memang unik, suka yang nyentrik :)

    Ditunggu kisah bertemu suku SASAKnya ya :)

    ReplyDelete
  32. waaah unik banget mba jadi pengen nyulik gadis juga #eh,...

    ReplyDelete
  33. klo kamu enak na sebagai wanita yang di curi, ga perlu ngapa ngapain. nah aku, sebagai laki laki? ehm, harus cari jalan klo hidup disana, gimana mencuri ya? santet aja dah. biar lebih hebat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, keren tuh.
      Kalo berhasil ceritain ya :))

      Delete
  34. etcieeeeeh anak kecil mau tau urusan nikah-nikahaaan cieee.. ayo buruan jejaka2 yang mau mencuri una, edisi terbatasss..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wadooh enak aja anak kecil!!!
      Kyat kyat~

      Delete
  35. Curiga berat kalau sebenernya Una yang minta diculik... wakakakakaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tau aja kamu mas :))
      Mas ijin masukin kamu di blogger look a like 2 ya hahahahhaa

      Delete
  36. apa tuh tampiasih?

    kalo Una diculik kira2 ortunya mau nebus ga yaaa... *eh itu mah diculik dalam artian yang sebenarnya yak hihihi ^^V

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih ihihi...
      Nggak mau nebus kayaknya malah ngadain syukuran di rumah wkwkwk~

      Delete
  37. smoga terkabul ya na keinginan nya..wah udah lama aku ndak berkunjung kemari....

    ReplyDelete
  38. nunggu reportase Una yang super keren!

    Sukses ngontesnya ya Unc.. ^^

    ReplyDelete
  39. lantainya tai kebo? Wew. Apa ga bau ya

    ReplyDelete
  40. Ah salah-salah malah nanti dirimu yang dicuri Un...Atau tercuri hatinya oleh pria Sasak :)
    Tapi tradisi memariq itu emang keren nian untuk ditelusuri. Udah Una kesada saja cari ceritanya nanti ceritakan ke aku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pria Sasak yang keren mau deh, wkwkwk...
      Iya pengen ke sana nih mbak hihi :D

      Delete
  41. Sama kayak adat penduduk lampung asli unn, kayaknya adat mau menikahnya juga kayak gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya hihi, mas bud juga mau kawin lari? :P

      Delete
  42. Mungkin di tempat itu, jaman sekarang masih pas, tapi kalau dilakukan di kota, bisa bahaya... :)

    Kembali kepada adat dan budaya ya una, itu merupakan khas tentu suatu daerah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi sebenarnya gak mencuri yang gimana sih... :D

      Delete
  43. berarti rata2 gadis disana pengen bgd diculik ya Na.....adat lampung jg spt itu, tp istilahnya kawin (ber) lari hehehe

    ReplyDelete
  44. Dari judulnya saja sudah unik "Sudah Mencuri Gadiskah?"...

    hohoho, sepertinya saya juga tertarik u/ berkunjung kesana kak ..^_^..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak bisa liat link blognya mbak dhila :D

      Delete
    2. coba buku disini kak --> www.ayaristory.blogspot.com

      semoga bisa >,<"

      Delete
  45. Ntar malah una yang diculik gimana un hehehe
    Sukses ya ...

    ReplyDelete
  46. Yah itulah yang namanya adat, naaaa... Bagi orang di luar suku itu, mungkin aneh dan useless.... Hehehe... ^^

    #NoOffense

    ReplyDelete
  47. mungkin maksudnya mencuri hati si gadis kali ya... Heheh..

    ReplyDelete
  48. abis diculik trus nikahe piye? nang Gereja? Nang masjid? pake KUA gak? Atau nikah sesuai adat doang? aku jadi penasaran :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak tauuu!!! Kan kubilang di atas aku awam, hihihi :D

      Delete
  49. Ha??? diculik trus dinikahi??? wah adatnya benar2 unik...
    trus klo laki berbuat seperti itu bru dianggap gentle... gokiel.... hahahaha

    Halo masbro... hdir dikediamanya untk mnjlin silahturahmi....

    mampir ke blog ane jg dnk mas.... sklian bt memperarat tali silaturahminya qt sling :
    - follow
    - tukeran link

    hehehehe.... dntggu knjungan bliknya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe yoyoi~
      Aku nanti mampir sana... :D

      Delete
  50. tempatnya menarik ya kelihatannya... layak untuk dikunjungi.
    semoga tercapai jadi bisa di review disini ya...

    ReplyDelete
  51. semoga kita masih bisa ikut dikuisnya mas depz ya, mba una? ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminnn~ hihi.
      Kemaren mau daftar susahnya susah sekali :(

      Delete
  52. suda di culikkah? :p
    eh yang kemarin itu knapayah...

    ReplyDelete
  53. pakai kotoran kerbau untuk campuran lantainya...?
    ckckck....gak bisa ngebayangin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, kering sih mbak..
      Tapi tetep aja ya @.@

      Delete
  54. tanya aku una.. tanya aku sudah diculik belum... :P

    btw itu emang beneran diculi dari kata sebenarnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi bukan, mencuri bukan terjemahan langsung dari merariq.
      Itu dari kata ariq artinya adik...

      Delete
  55. haha...aku pernah denger tentang culik menculik perawan ini sih, hihi lha kalo misal udah janda gitu masih diculik kagak yah..

    Jadi menurut desas desus nanti si cewek yang diculik itu dirumah si cowok akan diajari cara memasak, mengurus rumah tangga oleh calon mertuanya.

    Aku ada kenalan orang lombok nih una, mau dikenalin ga?biar langsung diculik,wkkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha kalau janda biasanya disuruh tinggal dalam rumah kecil gitu :( Kasian...
      Ganteng gak? Wkwkwk~

      Delete
  56. asik ya kalo menculik gadis.
    Pa lagi kalo gadisnya juga mau mau aja diculik.
    icikiwir..

    iwak peyek iwak peyek iwak peyek sego jagung..
    una elek una elek una elek koyo Limpung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Arep nyulik aku gak mas?
      Ai elek ai elek ai elek koyo eek~ hahahaha

      Delete
  57. Unaaaaaaaaaaaaaa, saya juga pengen banget ke Lombok. bareengg yuukks, tapi gak sekarang dulu, hehehh

    ReplyDelete
  58. Unaaaaaaaa, sudah diculik?hahahahha
    Ayok ah, barengan ke Lomboknya
    tapi Una ikutan ndaki Rinjani ya?
    heheheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum, hueeee... wkwkwk.
      Aku ikut tapi gendong yah :p

      Delete
  59. hahahhaa ... unik juga yah bahasanya Diculik ,, saya kira diculik itu suatu hal yang seperti saya kenal seperti di sini, kalo disana beda ya. .. huhuh :D
    unik baru tau saya .. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi diculik di sana cuma istilah sempitnya aja. Padahal sih ya gak gitu gitu juga diculiknya :D

      Delete
  60. rupanya tante Una ingin diculik juga ya :)

    ReplyDelete
  61. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  62. Eh na cerita curi mencuri yang dilakukan oleh orang lombok terjadi juga looo di malaysia.
    Di Malaysia banyak orang Lombok yang berhasil mencuri wanita-wanita Malaysia, sampai masuk headline news. oya biasanya mereka (Pr) yang sudah dicuri dan dibawa ke lombok biasanya ga betak... bisa dibayangkan faktor tsb.
    Mencuri kesannya memaksa perempuan tsb yang padahal mencuri disini sama-sama suka, klo lebih tepatnya bawa lari anak orang dari ortunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi pantesan Kak Nita bilang gitu.
      Kasian ya. Kamu juga jangan nyuri-nyuri wanita ya :p

      Delete
  63. pertanyssn yg aneh tapi lucu...

    akhir2 ini banyak yang cerita ttg Lombok.. jadi pengen jg kesana :)

    ReplyDelete
  64. Kamyu diculik Mas Budhi mau nggak, Na? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mauuu, tapi emang dia kuat nggendong aku? Wkwk

      Delete
    2. Beneran ya.... tak pegang loh kata2mu :p *catet*

      Pake trolly dooong :D

      Delete
  65. kebetulan temen saya orang sasak, mau nanya itu juga aaaaah

    ReplyDelete
  66. agak serem denger istilahnya. tapi aku mau dong kalau diculik sama johnfrusciante *blushing* hahahaha :D

    ReplyDelete
  67. yayaya..

    semoga bisa ke sana yaaa mba Una :D

    ReplyDelete
  68. tumben-tumbenan belom apdet lagi Na?
    jangan2, Uba dicuri sama pria tetangganya..
    LOL
    =))

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh, salah ketik.
      Maksudku:
      jangan2, Una tengah dicuri sama pria, yg notabene adalah tetangganya sendiri.
      :D

      Delete
    2. Uba... Uba... Ubarampe po piye :p
      Waduh aku bukan pengganggu kehidupan rumah tangga tetangga :))

      Delete
    3. =))
      salah ketik non.
      wkkwkkwkk...
      weh, tetanggamu enggak ada yg perjaka tong-tong tho Na?
      :D

      Delete
    4. Ada sih, umurnya berkisar lima taunan gitu mbak :))

      Delete
  69. wihiiiiiiiiiiiiiii banyak banget udah yg coment rajin blogwalking yah?

    wah aku cuma sering liat tuh liputannya rumah yang ngepelnya pake kotoran kebo haha. gimana itu kalo makan yaa. kalo aku udah mual semual2nya kali. mampir ya ada postingan baru loh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe lumayan rajin. :D
      Hahaha, gak tau deh baunya gimana tuh ya~

      Delete
  70. Wah, baru tahu lho istilah ini. Unik dan lucu juga ya, hehehe. Kebayang deh bingungnya orang non-Sasak yang baru pertama kali kesana, trus ketemu orang Sasak dan si orang Sasak ngomong: "Saya baru aja mencuri gadis". Gyahahaha... .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi... ada gak ya yang bilang kayak gitu, LoL

      Delete
  71. semoga sampai ke sanaa :D
    kayaknya tempatnya unik tuh..

    ReplyDelete
  72. merariq nan unik. budaya asli daerah memang selalu menarik perhatian yaa :)
    saya ingat sewaktu di Palu pernah ditanya apa saya masih cewe. bingung gak tuh jadinya?! hhehe.. ternyata maksudnya apa saya msh blm menikah, hhihi..

    silakan kalau mau nyimak cerita lengkapnya mba:
    http://defilailafazr.wordpress.com/2011/11/12/terpaku-di-kota-palu/

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!