VOC dalam Bursa Efek Indonesia

Dok. pribadi
Kreativitas? Belanda?

"Lha itu orang Belanda bisa menjajah Indonesia selama tiga abad apa nggak kurang kreatif?” Begitulah jawaban temanku ketika kutanya opininya mengenai dutch creativity. Aku nyengir di depan layar komputerku.

♥♥♥

Dok. idamiaw
Suatu hari, aku melewati Gedung Bursa Efek Indonesia. Di dekat halte bergaya futuristik di depan BEI terdapat sebuah monitor besar yang bisa kita lihat di sana harga terkini saham berbagai emiten saham beserta kode perusahaannya. Setiap menit, setiap jam, harga perlembar saham berganti-ganti.

Tiba-tiba, aku bertanya-tanya dalam otak. Siapa sih yang menciptakan bursa efek? Negara mana yang punya bursa efek pertama kali?

Belanda. Negara yang miskin alam namun kaya penghargaan terhadap kreativitas dan penemuan. Tak hanya menemukan mikroskop dan teleskop, bursa efek pertama pun juga Belanda yang punya!

Amsterdam Stock Exchange disebut-sebut dalam sejarah sebagai bursa efek pertama yang menjual securities di dunia. Amsterdam Stock Exchange dibuka gedungnya pada tahun 1611. Gedung pertamanya didesain oleh Hendrik de Keyzer dan sayang sekali sudah dihancurkan pada abad 19. Sekarang, bursa efek tersebut merger dengan Brussels Stock Exchange dan Paris Bourse menjadi bernama Euronext.

Yaaa, mirip-mirip Bursa Efek Jakarta digabung dengan Bursa Efek Surabaya menjadi Bursa Efek Indonesia gitu deh…

Dok pribadi, foto dari Kompas
Nah, Amsterdam Stock Exchange sendiri yang mendirikan ialah Vereenigde Oost-Indische Compagnie (VOC). VOC sekaligus merupakan perusahaan pertama yang meng-issue saham. Dan ya, pasti orang Indonesia familiar dengan VOC, 'kan? Setidaknya penduduk yang sudah lewat dari kelas 4 SD dan rajin mendengarkan guru sejarah.

Saham pertama VOC. Dok. oldest-share.com
VOC ialah perusahaan monopoli asal Belanda yang berfungsi untuk melakukan niaga dengan daerah-daerah di Asia bagian Timur, termasuk Indonesia. Jakarta dijadikan pusat administrasi VOC oleh Gubernur Jenderal Pieter Both dan Jakarta (Batavia) bisa dibilang menjadi jajahan pertama VOC di Indonesia. Meski VOC merupakan perusahaan dagang, namun diberikan hak-hak spesial dan didukung penuh oleh negara. Sehingga, meski kemudian VOC bangkrut pada abad 18, penjajahan pun dilanjutkan oleh pemerintah Belanda.

Dan lagi-lagi, Belanda tak hanya punya bursa efek pertama di dunia tapi juga punya perusahaan multinasional pertama di dunia. Ya, VOC itu tadi.

Dari situs IDX dan diedit. :D
Kadang aku berpikir, seandainya VOC masih ada dan punya cabang di Indonesia. Yah… anggap saja punya kode emiten VOCI dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia, pasti harga saham VOCI akan terlihat di monitor besar di dekat Gedung BEI tadi, lalu di daftar harga saham BEI di halaman harian ibukota akan terpampang juga nama perusahaannya.

♥♥♥

Belanda memang negara yang sangat menghargai inovasi dan kreativitas. Katanya, kreativitas di sana memang didukung sekali karena akan muncul ide-ide baru yang bisa dijual. Terbukti banyak penemuan di sana, sebut saja kincir angin, konsep stad onder de grond (kota di bawah tanah), elektrokardiograf, dan lain-lain. Penemuan daerah jaman dulu (baca: penjajahan) juga menjadi bukti bahwa sejak dulu Belanda diliputi rasa ingin tahu dan keinginan untuk maju yang besar.

Dan, hihihi, dibalik memang kreatif bisa menjajah Indonesia selama tiga abad, Belanda mampu menjajah dunia dengan inovasi-inovasinya. Belanda memang benar-benar negara yang amat sangat kreatif dan inovatif sekali!

85 komentar:

  1. hebat euy Una bikin postingan yang ilmiah :D
    sampai bingung saya komennya
    abis taunya BEJ cuma segitu doang
    dalemannya mah kaga nyaho xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya juga buat lomba.
      Dalemannya warna pink :P

      Hapus
  2. betul belanda memang negara kreatif... lihat aja negara sekecil itu bisa menjajah negara sebesar indonesia... ajaib khan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salut deh sama Belanda! XD

      Hapus
    2. Belanda, kreatif dalam menjajah dan menggangu negara lain.

      Indonesia, kreatif membela kedaulatan Bangsa, tanpa menjajah dan ganggu negara lain ;)

      Hapus
    3. Sepertinya gk kayak gitu deh...

      Hapus
  3. weiii, Inikah yg utk neso? 500 kata lho? asli saluut Na, ambil segmentasinya. aku saja blank...akhirnya gak ikutan neh...#sedih deh:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hasil ngobrol sama Shirley xP
      Iya ini 500 kata kurang dikit.

      Hapus
  4. Hohoho, ternyata VOC tu yang pertama ngeluarin saham? Ckckck. Dasar kumpeni!

    Kalo dirimu menang ke Belanda, oleh-oleh, yak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalau surat kepemilikan yang bisa dibeli umum. Kalau surat utang udah banyak sebelumnya.

      Bukannya kita kesana bareng? Hihihi.

      Hapus
  5. Iya Na, banyak hal tentang Belanda yang membuatku kagum, semoga suatu hari nanti aku bisa ke Belanda ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Belanda memang hebat. Amin, amin.

      Hapus
    2. Indonesia lebih hebat. Kitanya ajah yang males mengekspose kehebatannya.

      Hapus
    3. Semua punya kehebatan masing-masing.

      Hapus
  6. Jamannya VOC..
    jadi inget pelajaran sejaraah..
    Kereen deh tulisannya..

    BalasHapus
  7. okeh banget artikel ini,tambah satu lagi wawasan imu pengetahuanku setelah baca blog ini

    BalasHapus
  8. mbak Una mudeng bursa efek ...
    bisa maen forex ga...??

    BalasHapus
  9. Harusnya Indonesia lebih kreatif lagi dari belanda, biar nanti bisa jajah belanda...., owya tadi dah ku jelasin lagi mengenai kontesnya...

    Pengumuman.., Saya sedang mengadakan kontes..., kontesnya sangat mudah dan berhadiah...

    Silahkan untuk info lebih lanjut dapat melihat di artikel Saya yang terakhir ^-^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe ya, tapi penjajahan intelektual dong xD

      Hapus
  10. Woaaa... keren, Na?
    Sejak temenan ma akyu, tambah pinter ya *eh temen ga ya ^^a

    Inget Belanda, inget Untje Van Wieb ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya, sejak berteman dengan para blogger emang bikin tambah pintar. Kita kan teman di luar musuh di dalam :P

      Hapus
    2. Lhooo... :( padahal sy menganggapnya teman luar dalam loh, Na.

      Mungkin Belanda juga gitu ya, menganggap Indonesia teman cuman di luar ajah. :p

      Hapus
  11. bahkan hukum di indonesia sampai sekarang kita masih pakai hukumnya belanda loh..sebagian

    BalasHapus
  12. Paparannya keren. Yang bisa kita tiru dari londo adalah inovasinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya emang gak ada habisnya deh :)

      Hapus
  13. Belanda memang keren yaaa
    350 tahun menjajah indonesia pastilah sangat kreatif, indonesianya aja yang gak kreatif, dijajah selama itu diem aja, hehehehehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba kita udah idup ya mbak, gak akan diem tuh hihi...

      Hapus
  14. Bingung mau komen apa mba una?
    gak ngerti yang beginian..
    #maklum, orang desa.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak apa. Ya dibaca biar ngerti :P

      Hapus
  15. Good luck ya kompetisinya Na! hehehe :)

    Keren nih postingnya! Dan kalau mau disangkutin ke keuangan (agak lebih jauh lagi) bisa juga tuh karena pernah ada kasus "Tulip Mania" gitu di abad ke-17: http://en.wikipedia.org/wiki/Tulip_mania :P.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah tadi aku gak nemu tulip mania, nanti kubacanya.
      Maunya postnya panjang, tapi batasnya 500 kata huhuhu.

      Hapus
  16. menjajah ternyata termasuk suatu bentuk ke kreatifan yo un...hihi...

    BalasHapus
  17. wah aku baru tahu kalo yang bikin bursa efek pertama adalah Belanda.... ckckck.... btw, ini lomba toh? semoga menang ya Un.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga baru tau kok mbak hehe.. Iya lomba, amin amin

      Hapus
  18. wuiiii ... kerennn euy paparannya, ada bakat juara ini mah :p

    BalasHapus
  19. tambahan satu lagi Na, belanda juga hebat dalam bermain sepak bola hihihiii...!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi memanggg, sama Indo hebat mana?

      Hapus
  20. Bagus bgt mbak ulasannya
    Jadi tambah pengetahuan nih

    Kunjungan perdana :)

    BalasHapus
  21. whaahah jadi balik lagi di SD saat Pelajaran IPS ( sejarah ) :D ahaha
    tapi mereka uda mengakui kedaulatan indonesia blm yah sampai sekarang ?
    seingetku engga deh , kalo salah di koreksi yah mba :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbuh... hahaha... kalau pun belum ya diudah-udahin aja :p

      Hapus
  22. Kembali ke pelajaran sejarah !!! VOC ,
    Aku salut dengan kreatifitasmu,...ehmm :))

    BalasHapus
  23. wahwahwah. hebat tulisannya. siapa yang nulis? una ato shirley? hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku dong, tangan Shirley gak mampu menjangkau keyboard :p

      Hapus
  24. Rasa ingin tahunya orang belanda bisa memajukan negaranya. Terbukti kincir angin saja sudah mendunia. Bisa mengeringkan laut untuk dibuat daratan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang, saludos deh...

      Hapus
    2. Teknologi pertanian teras siring di pegunungan adalah kreasi hebat nenek moyang kita.

      Hapus
    3. Kalo ini aku gak tau, tapi ada terasering tertua di Meksiko dan Filipina.

      Hapus
  25. Maaf ya, Na...

    Koq para komentator keknya malah fokus pada prologmu itu ya?

    Apakah ini suatu metode bekas penjajah untuk kembali menjajah pola pikir Bangsa kita, di saat menjelang hari kebangkitan nasional... eeee.... malah (dengan adanya kontes ini) kita dikondisikan memuji kreatifitas Bangsa lain. Memuji sih ga masalah asal dijadiin motivasi diri, bukan bikin rendah diri.

    Jika ingin obyektif, ulas juga dong prestasi dan kreatifitas Bangsa kita sendiri.

    Sekali lagi maaf, koment ini kamu hapus ga papa koq, yang penting kamu udah baca. Thank's.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak, kamu bukan spammer kok. Selow...

      Semua di dunia ini ciptaan Tuhan kok, gak ada salahnya memuji negara lain. Gak perlu sirik, semua negara punya kekerenan masing-masing. Lagipula setauku Belanda juga sangat apresiasi sama kebudayaan Indonesia. Aku punya temen blogger pakai nama maya Priambodo Prayitno tapi asli Belanda dan dia cinta sama Indonesia.

      Wong temanya dutch creativity kok. Dudu indonesian creativity xP Mengapresiasi negara lain bukan berarti dijajah lagi atau tidak cinta negara sendiri.

      Hapus
  26. Klo aku liat dari nama blognya mungkin yg punya orang belanda ya tapi klo di lihat dari bahasa dan orang yg punya kayanya sih orang Indonesia tulen.

    BalasHapus
  27. Paling kreatif dg adanya pilem FITNA!

    BalasHapus
  28. wew..go Indonesia..
    ahahaha.. mba kirimannya udah nyape loh..


    seneeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeng bangetttttttttttttszzzzzz.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau senang hihi :D

      Hapus
  29. Tahun 1611 aja Belanda udah punya Amsterdam Stock Exchange, tahun segitu di Indonesia ya masih pada blm pake baju, masih jaman kerajaan hehe

    Kalo ukuran kreatif sebenarnya bangsa kita ndak kalah dari belanda, cuman mereka udah berpendidikan lebih dulu aja daripada kita :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya dong, setiap orang kan memang diberkahi kreativitas :)

      Hapus
  30. memang banyak warisan yg qta dpt dr belanda

    BalasHapus
  31. Semoga tulisan ini membawa Una ke Belanda ya... sukses buat Una ^^d

    BalasHapus
  32. baru tau dari sini, ternyata oh ternyata yg bikin pertama bursa efek adalah Belanda. pasar saham nya maju donk ya disana. tapi kiblat ekonomi pasar modal dunia utk saat ini, nampaknya masih lebih mengarah ke amerika, kayaknya seeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya maju dong :P
      Kayaknya mah semua semua emang manut Amerika :P

      Hapus
  33. hmmm...kebalikan indonesia ya..alam melimpah tapi SDM?*males jawab,hehe

    BalasHapus
  34. baru tahu ....thank u tulisannya jadi belajar sejarah ekonomi nich...

    BalasHapus
  35. embuh Na...
    aku anak IPA.. hahaa

    gak mudeng begituann.. :P

    tapi bener juga yaa.. nyata2nya sekarang belanda juga jadi negara yang punya kreatifitas tinggi..
    ditambah lagi, dengan tatanan kotanya yang indah..

    *NGGAYA PADAHAL YO RUNG TAU RONO.. kwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak ada hubungannya. Aku juga anak IPA :P

      Hapus
  36. Terima kasih ya Un, aku baru tahu kalau penemu bursa efek itu Belanda..Kalau VOC masih ada, waduh, kira2 rempah apa yg bakalan paling tinggi harganya ya, sehingga ditanam besar2an di Indonesia. Cengkeh atau tebu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi apa ya... kurang tahu :P
      Tembakau kali, hahaha :p

      Hapus
  37. sukses lombanya ya Una, ikutan belajar ekonomi dari Una. salam

    BalasHapus
  38. waaah jadi belanda ya penemunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Stock Ex pertama yang besar sih Belanda punya :D

      Hapus
  39. salam kenal kunjungan perdana sobat

    BalasHapus

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!