Plaosan, Pesona Prambanan

Ada yang mengira foto candi di postingan Goofy Test-ku bagian kota kelahiranku itu Candi di Provinsi Jawa Tengah, malah ada yang menerka itu Prambanan. Oh, bukannn... Candi itu Candi Plaosan Lor. Candi ini masih terletak satu kecamatan dari Prambanan, Kecamatan Prambanan, tapi terletak dalam kompleks candi yang berbeda.

Jaraknya tak jauh-jauh amat dari Prambanan, yaaa kalau jalan lumayan jauh, sih. Sekitar satu kilometer. Candi Plaosan ada dua kompleks yakni Plaosan Lor dan Plaosan Kidul. Waktu itu aku cuma ke Plaosan Lor, lebih besar, lebih luas. Mau jalan ke Plaosan Kidul kok panas banget. Daripada aku memuai, nggak jadi deh.


Kalau ingat pelajaran sejarah SD-SMP-SMA mengenai Kerajaan Mataram Kuno, tersebutlah seorang raja bernama Rakai Pikatan yang amat menjunjung toleransi. Meskipun Mataram Kuno merupakan kerajaan Hindu, Rakai Pikatan (atau tukang batunya) membangun candi-candi bernafaskan Buddha. Beberapa di antaranya adalah Candi Kalasan dan Plaosan.


Waktu aku masuk ke kompleksnya, aku langsung kagum, waaaa kayak di Thailand. Padahal nggak tahu Thailand kayak apa. Ngaco doang, wkwkwk. Candi Plaosan Lor terdiri dari dua candi induk. Dan setelah googling baru tahu kalau candi selatan tokoh reliefnya laki-laki sedangkan candi induk utara tokoh reliefnya perempuan.

Ini relief yang di candi selatan. Aku bahkan nggak bisa memutuskan itu laki-laki atau perempuan.

Narsis ahhh... kurus ya? Brightness diupayakan semaksimal mungkin biar gak keliatan kucel. Rupanya tetep keliatan. Ya sudah lah...

Nah di belakang dua candi induk ini, terdapat candi perwara yang berjejer-jejer. Aku lupa jumlahnya berapa. Disamping yang berjejer-jejer banyak bebatuan yang mesthinya dulunya jejeran candi perwara gitu.




Sejarah lengkapnya baca sendiri ya di google, wkwkwk. Naaah semoga postingan ini membuka tabir (halah bahasamu) bahwa Jogja tuh nggak cuma melulu Prambanan atau Borobudur. Dan bahkan Borobudur bukan di provinsi DIY gituuu! Masih banyak kok candi yang oke...

Visit Jogja yah!
Eh jangan sih, menuh-menuhin aja... bikin macet tauuu. Apalagi Malioboro dan parkiran depan kantor pos tuh #dutawisatagagal

 

135 comments:

  1. walaupun deket aq malah belum pernah ke candi prambanan...
    :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk, aku yo rung tau nang prambanan :D

      Delete
  2. waktu itu pas ke Prambanan rencnanya pengen ke Plaosan sekalian, apadaya panase reeekkk, ga jadi deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi kalo panas panas emang malesin yak :(

      Delete
  3. Borobudur di magelang, Na! Jgn ngaku2, ya! Dan prambanan di klaten, itu dah kotip sendiri dan masih ikut jateng! Bhahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wong Kendal meneng ae kowe. Secara lokasi emang Prambanan sebagian di diy sebagian di Klaten, tapi kecamatan Prambanan sendiri masih DIY. Dan klaten bukan kota administratif, melainkan kabupaten. Huuuu!

      Delete
    2. Bujubugil! Ganas tenan koe ki! Moso' wis dudu kotip tho? Pasak'e iyo kok! Bhuhuhu

      Delete
    3. Oh Goddd, you should go googling yourself. Kotif sudah tidak ada dari 99. Now it's 2012, dude. Bhahaha...

      Delete
    4. Aku ikut menyimak aja Wkwkwkkw... (sebelum ijab khabul)

      Delete
    5. Budhyyy, kau sudah meninggalkanku tiga tahun, gak usah ganggu2 aku lagi... hiks...

      Delete
    6. Wkwkwkkw... oke unn, aku mau cari domba yang lain :D

      Delete
  4. sejujurnya Ah aku belum pernah ke yogya kara heuheu. 1, 2, 3 WAW #abaikan :)

    ReplyDelete
  5. Una! kamu belum pernah ke prambanan! Dasar!
    sama kita Un :D

    dulu prambanan cuma jalan kaki bisa sampe dari kosku. begonya aku ngak kepikiran kesana dulu waktu hengkang dari jogja.

    Eh Un emang apa bedanya candi budha sama budhi, eh salah maksudnya hindu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pethuk nak kuwi huuu. Omahku nang jalan parangtritis dadi isih maklum :p
      Beda dong... pokoke bedo deh wkwk

      Delete
  6. jadi inget rumah ku jaman dulu deh kalo lihat candi2 gini :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho? Kamu hidup di jaman kerajaan ya mas?

      Delete
    2. bukan, tapi dijaman monyet :p

      Delete
    3. gak dong, barengan sama wedus :p

      Delete
    4. maunya barengan ma shirley aja lo mas... :p

      Delete
  7. Dengan kucelnya kamu malah menambah pesona candi Plaosan lebih indah :) sehat selalu ya Una...ngomong2 pengambilan gambar no.5 aku sukaaaa

    ReplyDelete
  8. bulan juli, aku mau ke jogja loh. . . tunggu aku di kotamu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha, aku ga tinggal di Jogja kok x)

      Delete
  9. nah, kalo candi prambanan gue pernah satu kali kesono, kalo gak salah taon 1997, saat belum crismon hehehee..!
    kereta yg bawa muter2 masih ada gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. OMG, 15 taun lalu...
      Apa tuh maksudnya kereta bawa muter2?

      Delete
    2. kalo gak salah sih! inget2 diparambanan ada kereta bwt bawa wisatawan yg muter2 keliling!!
      apa di borobudur ya ??? lupa gue

      Delete
    3. Wkwkwk mbuh mas...
      Seingetku di Borobudur gak ada. Di Prambanan kali :D

      Delete
  10. aku udah kesana lho Na.... apik teunan.... aku senang dengan Jogja, jadi walo Una larang teteup aja kan kesana lagi, yuk barengan yuuuk Na... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk,
      ayo mbak, aku udah lama gak ke Jogja :(

      Delete
    2. Beberapa kali ke JOgya, aku belum pernah ke Prambanan..apalagi candi ppalosan. Makanya pengen banget ke JOgya dan mbolang MODE ON biar bisa jelajah semua candi dan lokasi wisata di sana secara lebh all out...Yukk kopdar di Jogya dunk....hahahaha

      Delete
    3. Aku yo rung tau nang Prambanan ik.
      Candi di Jogja sakjane puluhan huks huks...

      Delete
  11. Aku udah lama nggak berkunjung ke candi, terakhir kali ke prambanan waktu awal2 kuliah dulu, tapi malah baru tau sekarang kalo ternyata di deket prambanan ada plaosan to ?

    ReplyDelete
  12. dulu ak pernah ke candi yg agak deket sama borobudur itu mbak (tapi lupa namanya -,- ergh semacam 'rajabangau' gtu kalo g slah, artinya) di kompleks candiny ada kolam yg dikeramatkan gtu. seneng deh main kesana hihihi. review yg candi itu dong mbak, biar ingat :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Owalah Ratu Boko? Itu deket sama Prambanan, jauh dari Borobudur.
      Aku belum pernah ke situ. Rame soale, Candi Barong deketnya baru pernah :D

      Delete
  13. Ning Plaosan aku wis tau, meskipun taunya juga setelah sampai disitu.
    Sebelumnya nggak tau kalo bakalan kesitu.
    Saya sekedar katut rombongan.

    ReplyDelete
  14. tadi.,, pas pulang kuliah, sembari naik motor berduaan ma suamiku, aku bilang gini : "aby.. umy pengen ke Jogja.. pengen ke Prambanan ig, by!"
    ehh.. aby jawab.. kesananya ntar2an ajah yaa, my.. nunggu keputusan dulu, kalo Jogja Udah jadi Negara Jogja baru kita kesana.. biar kita bikin paspor dulu..
    spontantly speecless kan??
    bhahaha.. sekarang yang cuma 35rb naik Nusantara/ Ramayana dah bisa nyampe Jogja malah ini pengen yang jutaan.. heraannn kan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk oke tuh biar itungannya pergi ke luar negeri :))

      Delete
  15. di foto Una habis diet ya, kurus loh :)

    ReplyDelete
  16. saya udah pernah kesana wewewewe :D ..
    eh unaa.. ada pin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi bagusss...
      PIN atm? rahasiaaa...
      BB saya gak pakai...

      Delete
    2. I've added your Y!M. mr_urkhan, right?
      *wkwk ikut2 sok inggris*

      Delete
  17. kalau gua waktu kecil pernahnya ke Borobudur, Na
    hehe

    ReplyDelete
  18. aq malah rung tau neng candi plaosan
    pas kul neng jogja ora tau jalan2, duite ra cukup nggo dolan2 :(
    terakhir k prambanan pas SMP
    seringnya cm lewat doank hehehe

    ReplyDelete
  19. Wah kren candinya neh, jadi tertarik untuk berkunjung. Moga ada waktu dan kesempatan. Amiin

    ReplyDelete
  20. unaaa, poto ke3 dn ke 4 dr atas sodaraan ya ?? hehehee..
    :D

    ReplyDelete
  21. wah candine apik tenan kuwi..

    ReplyDelete
  22. terakhir mampir di prambanan lebih sekitar 10 tahun yang lalu...waktu smp hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh, 10 taun lalu masih SMP? Masih muda dongg~

      Delete
  23. Aku sering datang kesini Mba, tempatnya indah dan enak.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    ReplyDelete
  24. Kalau candi prambanan sudah sering banget. Kalau yang plaosan belum pernah kesana sob.
    Jadi mbak una mengikuti kontes blog terbaik ya. Selamat berkompetisi dengan blog2 terbaik lainnya.
    Masih dibawah 20% perolehanmu mbak.

    ReplyDelete
  25. wah candine apik bgt jeng Una.. pokoke ntar klo pulang kampung aku mo kesana ah..

    ReplyDelete
  26. gue pernah ke Jogja kak, waktu SMP .. tapi kayaknya cuma ke borobudur, malioboro dan sebagainya, belom pernah ke Plaosan ..
    ntar juni mau ke jogja, moga-moga sempet kesana ...
    awas ya kak, ntar kalo gue liat ada coretan spidol di candi, yang tulisannya "Una was Here"
    wokokokk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hah, udah lama bangettt... wkwkw.
      Ayo ke sana lagi x)
      Engga akan ada kok,
      cuma ada tulisan: this candi is owned by Una :p

      Delete
  27. Betul itu, Borobudur itu di Magelang, propinsi Jawa Tengah. Bukan di Jogja. :D

    Nah, kalo plaosan beneran ane belum tau nih. Kalo kalasan udah tau. :) Kemungkinan kalo mau neliti, sekitaran gunung lawu dan merapi pasti banyak candi deh. Mengingat bentangan dua gunung itu banyak peradaban kuno. Sayang ya kalo ga ketahuan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak bangettt...
      Ada peta candi. Banyak banget kesebar, tapi emang banyak yang rusak lebih dari 60%. Kalau udah begitu, gak dipugar...

      Delete
  28. batanya pada runtuh mb' Un... ^^

    oh, ngevotenya 1 x sehari yah, coba aja kalo 1 akun bisa ngevote 2 org ^^...

    ntar aq nyumbang lagi :D

    ReplyDelete
  29. uda tiga tahun di jogja tapi lum pernah mampir prambanan, plaosan dll. xixixi. btw, ini minggu juga wiken libur, jadi jogja emang bakal padat khususnya di kawasan wisata. malioboro, monjali, kraton dll :D

    ReplyDelete
  30. hebatnya orang2 dulu yah, Na. Bangunannya keren!
    Itu dulu arsiteknya hebat2!

    Eh, Na, pangling aku sama rumahmu. Tambah caem aja :)

    ReplyDelete
  31. Lupa bilang, view fotonya cantik-cantikkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks, tapi sebenernya biasa aja kok mbak :(

      Delete
  32. candi ini sering kalah pamor dengan candi borobudur, padahal ini candi cantik juga loh..
    apalagi ada penunggunya berbaju biru tuh :).. dulu pernah naik sepeda dari jogya ke prambanan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaap, banyak candi cantik kok.
      Wkwkwk asem dibilang penunggu :D

      Delete
  33. iya una, postingan goofy2mu itu ada gambar candi ya? oo namanya plaosan. jadi ingin ke tempatmu un..kapan yaaa kesampaian?????

    ReplyDelete
  34. Un, candi plaosan itu kalo dari arah klaten mau ke yogya, belok kanan sebelum prambanan ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belok kanannya abis prambanan juga bisa ketemu :p

      Delete
    2. Xixixi... aku pernah lewat, cuma gak pernah mampir kecandinya hehehe...

      Delete
  35. Pertama : bunda dah vote utk Una
    kedua : gak mau ke Yogya lagi, keseringan, bosen akh....pengen ketempat lain aja.....
    ( jd gak menuh2in malioboro khan? ) hahahahaaa....
    Ketiga : foto2nya keren dan bagus2 lho Na ... :)
    salam

    ReplyDelete
  36. Kalo ke Jogja aku malah gak inget borobudur lho Una, kan borobudur juga di magelang bukannya jogja, trus prambanan juga kan di tengah2 jadi gak jelas masuk mana :P

    Aku malah ingetnya jalan2 di tengah kotanya aja, soale baru tau ini kalo ternyata kota Jogja juga punya candi yang emang asli punya dia :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha bagusss :-bd
      Iya Prambanan di tengah2, tapi kec. Prambanan sendiri masuk Jogja :D
      Ini gak di tengah kota sih, hehe, deket Prambanan uga...

      Delete
  37. terpesona aku lihat photo-photonya,
    aku belum pernah ke sana,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya una, mungkin nanti,
      do'ain aja mudah-mudahan bisa kesana, dan ketemu sama una :)

      Delete
  38. mbak una mengingatkan saya waktu study tour ke prambanan,,hemm, sayang waktu itu saya belum punya handphone jadi saya gak photo deh

    ReplyDelete
  39. wah bener bener seperti di thailand ya na? heheh.

    ReplyDelete
  40. jogja jogja... saya suka jogja. ada seperti ini nya toh, besok klo mampir ke temenku aku minta anterin ah.

    ReplyDelete
  41. horreeeee bulan depan saja ke jogjaaaaa #ngga ada yang nanya

    ReplyDelete
  42. aq lagi pengen liburan ke yogyaaaaa.....
    hiks....

    ReplyDelete
  43. le mbedakke lanang karo wadon ya gampang ta. sing ditatah neng watu wong-wonge rak ya ora klamben ta? sing wadon jelas dhadhane njendhul ana bunder cilik-cilike neng tengah, wakakak...

    aku wis vote nanggo akun twitter. berarti una kudu nginthil twitterku ki... :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. nganggo klambi yoooo wkwkwk, :p
      asiiik, tak inthile tapi dudu public follower yooo, wis ra nganggo tuwiter jeh :p

      Delete
  44. sayange candi2 cilik neng sekitar prambanan kalah pamor, coba diadake wisata candi nganggo pit onthel, ngetrip seko candisari-sambisari-plaosan-prambanan-boko-banyunibo-ijo-barong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Angel nak kuwi, jalanan ke Barong aja grenjel grenjel ngono wkwk :D
      Sana mas, adain acaranya~

      Delete
  45. waahh aku juga baru tahu candi ini.. waktu ke jogja cm pergi ke prambanan.. bahkan borobudur gak pergi ~_~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha pergi la sekali-kali ke Borobudur...

      Delete
  46. Keren. Kayak di Kamboja #halaaaah -__-"

    ReplyDelete
  47. Pagi... Una...
    udah kelar ujiannya?
    Cuman mo minta maaf jika ada kata2 saya yang enggak berkenan, sampein juga ke Mbak Rie end Mas Stumon (sulit sih masuh ke blog Masnya). Thank's. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah...
      Gapapa selow aja, kan bebas nulis apa aja... Lagian semua ada karmanya, jadi selowww~
      Mas Stumon emang blognya rada-rada songong, susah diakses. Wkwkwk...

      Delete
    2. Ahahaha selooowww. Tapi emang gitu kan @_@
      Perbuatan/perkataan sebesar biji zarah pasti ada balasannya~ selooowww wkwkwk

      Delete
    3. Kalo ganjaran, sy percaya. Tapi kalo soal karma, enggak lah...

      Lah emangnya, waktu nyampein itu ganjaranku apa dunk? pahala kyaaaan ? :P

      Delete
    4. Istilah karma kayaknya udah generalisasi sih, di Islam emang gak percaya reinkarnasi. Tapi hukum tabur-tuai kan emang ada.

      Aku nggak tahu ganjarannya apa. Ga ada yang tahu tho @_@

      Delete
    5. Katanya sellow...
      tapi... :(

      Delete
    6. Siapa yang gak selow? Ahahaha kamu tho mas? :p
      Kalau ganjarannya apa kan aku emang gak tahu...
      Kalau pendapatku tentang karma ya itu pendapatku, pendapatmu apa yo pendapatmu, bebas. Selow kan mas? :p
      Rasah sedih ngono tho wkwkwk~

      Delete
    7. Yo wis tak ngguyu :D
      dasar wedhus kenthirrr...

      Delete
    8. Gud gud, jadi tadi nangis po? Hahaha,
      mosok nangis gara2 cah cilik b-)
      Wedhusku nambah siji lho mas...

      Delete
    9. Gak nangis, cuman sedih... bar ngelap iler
      Rak urus meh nambah wedhus piro, karepmu...

      Delete
    10. Okeee, kowe ra peduli yo karepmu kok...

      Delete
    11. Wkwkwkwk... wanitaaaa maunya ingin dimengerti *tsaah

      Delete
  48. Oiya... soal vote di thebobs, harusnya url yg di pasang ini : http://thebobs.com/english/category/2012/best-blog-indonesian-2012/
    biar langsung mengarah ke kategori blog Indonesia 2012.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippoooo, segera diganti di post selanjutnya...

      Delete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!