Ilmu Hilang Bau Duren di Tangan

Aku bingung mau ngejudulin postnya apa. Au deh tuh ya...

Durian. Begitulah namanya. Bagi sebagian insan, durian disebut-sebut sebagai surga dunia karena begitu enaknya dan begitu menggoda. Namun bagi sebagian lainnya, durian bisa menjadi momok. Ada manusia yang bila menghirup bau durian, langsung bawaannya ingin meledakkan segala isi perut.


Hari ini, aku beli duren. Ibuku diiinggg yang beli, aku cuma bantu makan. Jenisnya sih katanya durian kanyau. Lydia kanyau. Sembari makan duren, bapak pakde dan adikku berdiskusi mengenai cara menghilangkan bau duren di tangan.

Jadi, begini cara supaya tangan tidak bau duren setelah makan duren:

Cuci tangan dengan air kulit durian

Siapkan satu bagian kulit durian, isi rongganya dengan air, kemudian cucilah tanganmu dengan air yang ada di rongga kulit durian itu. Untuk menghilangkan bau durian di mulut, kumur lah dengan air itu. Aku sudah mencobanya dan memang benar terbukti!!!

http://1.bp.blogspot.com/_L4AzL99bLRM/TDvlST96xjI/AAAAAAAAAAs/H81VZWrdG6k/s1600/tinggal-kulit.jpg
Sayang seribu sayang, aku tak menemukan referensi apapun yang menjelaskan kenapa hal ini bisa menghilangkan bau durian yang begitu kerennya. Hanya sebuah jawaban di Yahoo! Answers yang menyebutkan kalau senyawa durian dengan kulitnya sama, sehingga baunya hilang. Ah tapi tak terlalu jelas.

Dasar emang nggak pandai googling kali ya aku. Aku cuma menemukan bahwa ada penelitian berjudul Karakterisasi Ekstrak Kulit Durian Sebagai Bahan Penghilang Bau yang ditulis oleh siswa SMA 2 Bogor. Bahkan katanya dibuatlah paten dari temuannya. Kulit durian konon bisa dijadikan alternatif untuk penghilang bau tajam. Sayang nggak nemu isi penelitiannya kayak bagaimana.

Cuci tangan sambil merem!

Ini baru kudengar tadi siang dari cerita bapakku. Katanya ini merupakan trik dari orang-orang Dayak (bener nggak tuh Bung Pen?). Di Kalimantan, setelah makan lai (sejenis durian; Durio kutejensis) orang-orang mencuci tangan dengan air mengalir sambil memejamkan mata. Katanya sih, bau duren di tangan, hilang seketika.


Aku tadinya nggak percaya kalau benar-benar ada tips begini. Eh ternyata kugugling ada juga yang menuliskannya di forum maupun dalam artikel. Aku pun bertanya sama bapakku, "Beneran? Kok bisa?" Dia cuma jawab, lha mbuh... ini berkenaan dengan metafisika. Mbuh lah...

Mungkin kaitannya dengan rasa percaya kali ya. Kalau percaya bakal ilang ya ilang. Tapi kalau nggak percaya dengan nyuri-nyuri ngintip, nggak bakal ilang. Melatih kejujuran juga, hihihi... Aku nggak bisa bilang tips ini terbukti apa enggak. Hm, tapi emang baunya ilang sih. Tapi sebelum cuci tangan, emang baunya gak seberapa.

Silahkan coba sendiri deh ya! Hihihi...

Makan durennya disuapin.

Kalau ini dijamin, tanganmu nggak akan kebauan duren :P
Eh nggak juga sih, kalau disuapin tapi tetep megang-megang durennya.

Suka duren? Pernah coba cara menghilangkan bau durian seperti di atas?
Atau ada cara lain?




86 komentar:

  1. wah cara yg merem itu perlu di buktikan tuh, coba mana durian nya sini, biar kumakan dulu, hehehe :D
    *modusss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini ini kulempar yaaa, kupasin ke kepalamu. *lempar duren*

      Hapus
    2. Yaudah deh basket. *dribble duren*

      Hapus
  2. pokoke ora doyan duren...
    apalagi ambune
    wegaaaah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seingetku kowe nganti ndelikke duren di koper je om @_@

      Hapus
  3. makan pake sendok juga aman....hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi iya... tapi makan duren pake sendok? Waksss...

      Hapus
  4. whahahaha ... lidia kanyau!
    makan duren kalo ga kena baunya ga seru, unaaa :D

    tapi aku juga memang selalu menerapkan jurus no.1 itu
    cuci tangan pake kulitnya setelah itu sekalian minum juga dari situ (diisi air minum tapi lho ya!)
    katanya, katanyaa lhoo yaa, bisa mencegah pusing setelah makan duren :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku baru tahu kalau yang mencegah pusing.
      Pusing kan karena kebanyakan alkohol dari durennya :D

      Hapus
  5. waw... fakta yang mengejutkan miss una O.o
    ane bantu googling da @.@, baru tau teknik menghilangkan bau durian >.<
    ^waakak, yang kedua masak beneran tu :p, ah semuanya perlu dicoba tapi belum ada duriannya =.="

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, coba aja...
      Sini tak kasih duren. Tangkep ya!

      Hapus
  6. saya baru dengar. akan kubuktikan semua caranya kalo bertemu dengan durian. makasih ya una tips cantiknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampaikan salamku kepada durian...

      Hapus
  7. Keren deh, judulmu tricky banget lhoh?. whahahahaa
    Cara yg pertama pernah dengar dan pernah nyobain, kalau yg kedua tuh belum pernah dan baru baca di sini.

    Dulu aku gak suka makan durian, kalau sekarang 2 buah durian juga sanggup kok ngabisin #doyan apa rakus nih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lho, tricky part mananya jeh...
      Wah gak mabok tuh mbak x_x

      Hapus
  8. aku kirain tadi cuci tangan pakai kulit duren maksudnya kayak digosok seperti sabun gitu, haha. bukan baunya aja hilang, tangan nya juga ikutan hilang huahaha

    BalasHapus
  9. wee.....mending d suapin...nyummy... :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak dulang sak kulite wae nyohhh...

      Hapus
  10. Aku jarang banget makan duren. Waktu kecil ngirup baunya langsung ga enak perut. Tapi setelah menginjak dewasa aku suka, tapi palingan maksimal perutku hanya memuat 2 buah daging duren saja. Pusing kalo dah makan. Kalo tips yang bisa menghilangkan bau aku ga tau, dan nanti kalo aku makan duren aku coba deh. Kulitnya ga sekalian dimakan juga kan? Biar perfect ilangnya ahahahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu coba Zal makan kulitnya,
      nanti kasih tahu ke aku gimana efeknya, ahahaha.

      Hapus
  11. Hmm, aku mkn duren baru dua kali seumur hidupku! Walau mbahku di salatiga punya kebon duren. Tp mau dong disuapin kamu! Bhahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahahha... tuh kan unn bener, tips ke tiga yang paling manjur :p

      Hapus
    2. Yo kene tak dulang.
      Duren wutuh nyoh aaa'~

      Hapus
  12. aq selalu mencoba tips yg pertama dan lumayan manjur laaah...
    tips kedua...? kebayang aja kalau makan durennya diluar...beuuhh hrs nyengir kuda gitu...?duuuh...alamat ancur reputasiku...hihihi
    tips ketiga...? ini baru manjuuuuuuuur......hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha cuci tangannya doang kok mbak yang nyengir hihi :D

      Hapus
  13. Duren??
    Mulutku selalu nolak tiap mau makan... bawaannya pingin muntah,,,,
    Tapi aku suka baunya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hlo? Wah aneh ini hihihi :D

      Hapus
    2. Iya nih..... aneh ^^
      Mungkin pengaruh sugesti.... :D

      Hapus
  14. msh ada ga duriannya na ? saya mau praktekkn ilmunyaaa :p

    BalasHapus
  15. Semua tips itu...
    Aku ga mau nyoba Unaaa...

    Bauu semua..
    i dont like duren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh padahal aku barusan mau beliin duren lho buat Mbak Nchie...

      Hapus
  16. Cara ketiga kayaknya yang paling manjur un hahahhaha.... bisa aja kamu, mange ma pacarnya minta disuapin wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan sebut-sebut kata pacar plis... ahahaha!
      kan bisa minta suapin sama Shirley :D

      Hapus
  17. ya sama aja tips dari nenekku ...ya gitu juga

    BalasHapus
  18. Ngilangin bau mulut abis makan duren ya jelas makan jengkol to, Na. Mambu durene lak ilang seketika...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huuu, surakin huuu!
      Ngilangi mambu jengkol? Mangan duren tho?

      Hapus
  19. gua gak suka ama duren. nyium bau nya aja udah gak tahan banget... :P

    BalasHapus
  20. Aku diajarin gitu tuh ama mamahku. Cuci tangan dan kumur pake kulit durennya, heehhe. To kalo duren aku cm suka buahnya dan yg udah dalam bentuk lempok/lempuk (semacam dodol, oleh2 khas Riau tp jg dijual di Airport SoeHat kok). es duren atau pancake duren?? NO NO...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, padahal kan sama aja tuh es duren, lempok, sama duren :P

      Hapus
  21. kalau mau cepat ilang gosoklah tangan anda menggunakan kulit durian, wkwkwkwk

    BalasHapus
  22. Dureeeeeeen! Sudah setahun lebih tdk makan duren..! kalau mau baunya hilang, cukup cuci aja pake sabun.. ^^

    BalasHapus
  23. pas aku liat ada foto durennya langsung diskip ke kolom komentar mba. aku anti duren. uwekh :S

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk, duren kan gak menakutkan gambarnya... :d

      Hapus
  24. sukaa banget sama duren, 1 buah bisa abis deh sendirian huhu.. cara pertama pernah nyoba, cara 2 belum pernah, cara tiga... kayanya ga ada yang mau deh nyuapin wong yang lain pada asik makan duren koq, bahkan pa dulu2an ngabisin hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. WATTT? 1 buah abis sendirian :-s
      Gak mabok tuhhh~

      Hapus
  25. gak suka duren. hehehe...baunya bikin pusing.

    BalasHapus
  26. Jika tidaj ingin bau duren, jangan dekat -dekat ama tukang duren dan pastinya jangan makan duren. Dijamain deh tidak bau deren !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jiyaaaaaaaaaaaa... plak!!!

      Hapus
    2. ciaaaaat......makan duren sendirian . hanya di kasih gambarnya. bikin mules perut aja...ehmmmm tegannya.

      Hapus
    3. Hahahaha, sini tak kasih, tak lempar yaaa!

      Hapus
  27. wah, aku pakek sabun aja lang kak ..
    kalo ada tips bel durian gak pake duit gue mau dong .. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi bayar aja pake daon Es.
      Palingan cuma dilempar duren ama yang jual...

      Hapus
  28. aduh ngmgin duren!
    jadi inget pas kecil, pas makan duren sama sepupu pasti lomba "kempling-kemplingan" .. bahasa indonesianya apa yah? hhaha
    #eh kok curhat

    BalasHapus
  29. kalo tradisi di banjar, abis makan duren tu, dimasukin air ke bekas duriannya, itu buat diminum, katanya biar gak panas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diminum? Wawww...
      Baru tahu kalau ini...

      Hapus
  30. aq ga doyan duren...
    terlalu wangi dan kadang bikin perut mulas...
    :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duren juga gak doyan kamu. :P
      Hihihi~

      Hapus
  31. gue pilih yang no 3 ajah dech un,he2he,,,,mau donk gue disuapin,glodakkkkkkkkkkkkkkkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, a' a', nih tak suapin sak glundhungan...

      Hapus
  32. hmm, ternyata ada pertanyaan buat gue di artikel ini!
    gue jelas'in dulu ya kalimantan itu ada barat,timur,selatan,tengah. mitos ini mgkn juga benar tp gak ada kalo ditempat gue di bagian tengah.
    tp cara yg menggunakan air dr yg diisi dirongga kulitnya memang ada tp fungsinya bkn untuk menghilangkan bau tp tuk menetralisir kadar alkohol daging duren yg kita makan.
    kalo bwt ngilangin bau ditangan caranya begini :
    bersihkan tngn dg air seperti biasa, lalu keringkan sampai air hilang ditangan, lalu celupkan tangan ketumpukan beras, kemudian bersihkan lagi dg air. Selesai!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha ada dong, lo baru mampir sih Bung...
      Waaah trus itu berasnya jadi bau duren dong?

      Hapus
  33. wong aku malah seneng nek mambu duren kok :p

    BalasHapus
  34. saya suka baunya duren Un...gak apa2 nempel lama-lama serasa makan banyak wkwkwk

    BalasHapus
  35. wah baca judulnya sedikit bingung, kirain ilmu HIlang, ilmu menghilang. trus kata selajutnya baru duren di tangan, jadi ilmunya menghilang, eh bau durennya masih ada. begitu menganalisa judulnya. eh ternyata ilmu menghilangkan bau duren tooo... ehm... sempet salah juga mengartikan judul.

    tapi ngomong tentang duren. ane termasuk yang ga terlalu suka tu, baunya dan rasanya itu loh.. bner katamu, menyengat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAHAHA, ini aku juga bingung mau njudulin apa, jadinya ngunu lahhh...
      Menyengat kayak lebah dong...

      Hapus
  36. Kalau minum dari kulit duren setelah makannya, dari dulu saya sudah tau. Tapi kalau cuci tangannya juga dari kulit duren (biar tidak bau) baru tau sekarang. Apalagi yang nyucinya sambil merem, saya harus buktiin dulu.
    Siapa tau dikerjain Una....he3......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha aku kan gak kurang kerjaan suka ngerjain orang mas :P

      Hapus
  37. Klo beli durian utuh sih bisalah cuci tangan di kulitnya, tapi gimana nasib pembeli durian yang sudah dikupas itu?

    nah, klo yang pake merem, blom pernah njajal Na, sepertinya wajib mencoba nih hehehe... praktis dan gak mbayar juga :D

    apa? makan durian disuapin? Kok saya gak suka ya ... kurang puas hahaha ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha coba diganti pakai kulit manusia...

      Hapus
  38. aku mau ya disuapin makan durian sama Una

    BalasHapus
  39. waaah saya baru tahu tuh sob,,,
    mau dicoba sayang musim durian sudah berakhir ,,,


    wilujeng ngeblog

    BalasHapus
  40. gak.suka sama duren.. hiiii..

    btw yg pejemin mata aku jiga baru tahu.. padahal banyak banget orang dayak.di pontianak.. hmm...

    BalasHapus
  41. wah,aku dapat ilmu pengetahuan baru nih..

    BalasHapus

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!