Malfungsi Headset

Note: Tulisan ini berbau negatif. Isinya komplain. Tapi negatif itu relatif sih, bisa aja jadi positif kalau teman-teman setuju sama aku, ahahaha!

Beberapa minggu lalu, aku naik busway ke arah Grogol. Karena ngga ada yang ngira aku hamil, jadilah aku berdiri terus dari Pancoran sampai tujuan. Sebelah aku berdiri sepertinya mbak-mbak yang sekolah di salah satu universitas di Grogol. Kalau nggak yang itu, yang itu, atau yang itu universitasnya.

Dia mengeluarkan perangkat telepon pintarnya, memasang headset, dan mendengarkan lagu yang keluar dari alat itu. Dan aku juga jadi ikut mendengarkan loh. Tapi ya gitu, kresek kresek, berisik!

Kejadian seperti itu nggak sekali dua kali aku alami. Di KRL lah, di bus lah. Banyak manusia mendengarkan lagu dengan headset tapi suaranya ke mana-mana sampai satu gerbong kedengaran. Lebay ini sih. Ya kedengaran beberapa orang di sekitarnya.

Ini sih namanya headset sudah alih fungsi.

Headset kan fungsinya supaya kita bisa mendengarkan sesuatu sepuas hati tanpa menganggu kenyamanan orang lain di sekitarnya. Privasi orang sekitar terjaga. Dan privasi orang yang lagi pakai headset pun terjaga, karena kalau ada orang ngomong sama dia jadi nggak kedengeran.

Kalau headsetnya kayak cerita aku tadi di bus atau di kereta mah apa bedanya sama speaker?

Mbak-mbak di busway tadi: "Yeee lo bisanya cuma komplain. Kalau nggak mau keganggu beliin headphone Beats by Dr. Dre!!!"


Cih, headphone itu delapan bulan uang sakuku kali ya. Menurutku, kayaknya sih nggak perlu headset mahal-mahal biar nggak ganggu orang lain deh. Aku pakai headset belasan ribu pun orang lain nggak kedengeran kok. *pernah tes, orang lain yang make*

Yang jadi masalah itu karena banyak yang ngeset volumenya kenceng banget, jadinya orang lain kedengeran. Padahal kan keluarnya suara dari headset ke kuping jaraknya deket, ndak perlu kencang-kencang lah ya. Wong aku yang di sebelahnya aja kebrebegen (keberisikan), apalagi yang make headsetnya. Kuat apa yah tuh kuping. Apalagi kalau lagi di angkutan umum, kalau ada apa-apa gimana coba. Pernah kan tuh ada orang ketabrak kereta karena ia asyik dengerin pake headset, jadi ndak kedengeran orang teriak-teriak.

Aku pribadi sih merasa terganggu kalau ada orang pakai headset trus sampai kedengeran ke mana-mana. Ada yang terganggu juga ngga?


"Yak benar, makainya kayak gitu, Pik!"
"Nah itu juga benar, tapi kok kamu jadi aneh ya."
Shirley:"Ya tak pakenya gini aja deh."
"Itu sih bener-bener malfungsi, malah dijadiin bando. Fufufu..."

50 comments:

  1. aku juga pernah tuh naik busway,ada orang norak atau alay dengerin musik sok asik banget mpe suara ke dengaran kenceng sampai ke samping'a
    mending lagu'a Jazz atau Rock,tapi ini mah lagu ala Indonesia yang melayu total

    ReplyDelete
  2. Wahahahaaaaaaaa XD Itu lucu yang pake bando... :DDD

    ReplyDelete
  3. kupingnya ud congean kali sist. hahaha.

    ReplyDelete
  4. ane punya pengalaman lain sist. maksud hati nanya sama sebelah, eh dia cuek aja. taunya dia lagi make headset. nyebelin jadinya...

    ReplyDelete
  5. kalau saya cuma punya headset orginal hp mbak, karena saya ga bisa bedakan hasil suara dari headset ori hp atau headset yang mahal-mahal, hasilnya menurut saya sama aja:)

    ReplyDelete
  6. Harusnya bawa speaker mesjid aja ya na tu orang biar sekalian kedengeran warga jakarta hihi

    ReplyDelete
  7. Hahaha... iya mbak... cocok tuh di shirley... (^ ^
    Arrggghhh... Headset monster beat itu saya mau banget...

    ReplyDelete
  8. He..he..
    Kalau musiknya nggak sealiran biasanya terganggu sob. Tapi kalau lagunya sealiran dan ane suka, yang ada malah bikin tidur sob. Merdu apa merusak dunia.

    ReplyDelete
  9. @Andy Hahaha, kalau kita ga suka lagunya lebih sebel lagi ya x)

    ReplyDelete
  10. @Endy Hahaha beda tau mas, kalo headsetnya mahal beda hahaha~

    ReplyDelete
  11. lho, tuh weduss gaya banget ya, dengerin musik apasih dia, embek .. embek .. bitu ya :p
    bete emang kl kejadiannya ky gitu, tp cara ampuhnya mengatasi hal itu adalah dengan ajak ngobrol tuh orang, pasti deh dia matiin musiknya, hihihi, wew :p

    ReplyDelete
  12. @HP Yitno Hehehe tergantung musiknya juga sih ya... :D

    ReplyDelete
  13. jarang pake headset or head phone, klo udah pake pasti pala lgsg puyeng...heheh
    iya bgd tuh ngeganggu aja yg pake headset smpe kedegaran suaranya keluar, pamerrrr

    ReplyDelete
  14. @Stupid monkey Dengerin suaraku dong mas, ahahaha. :p
    Ntar dikira SKSD lagi ngajak ngobrol. Kalo ganteng mungkin tak ajak mas, ahaha!

    ReplyDelete
  15. aku belum pernah punya headset mahal nih...hihi..
    tapi kalo udah pake headset tapi masih ganggu orang kayaknya kelewatan banget ya, berarti nyetel nya kenceng banget yak...apa nggak kasian ama kupingnya ya...

    ReplyDelete
  16. Aku sih pake headset volumenya ga kenceng. Cuman aku ikutan nyanyi dan suaraku kenceng. Untung suaraku merdu.

    ReplyDelete
  17. bwahahaaa kalo headset dr dre itu maah aku juga pengeen.. mau yang pink! #eh?

    yah itu si shirloy makenya malah diperut.. emang belalang, kuping di perut??..

    ReplyDelete
  18. mungkin orang itu penganut aliran "berbagi" Un.. Jadi biar semua juga bisa denger ya dikencengin

    emang lagune opo sih? iwak wader ya..eh peyek yo?

    ReplyDelete
  19. @mimi RaDiAl Hihi aku juga gak suka x)
    Pamer lagu bajakan, ahahaha~

    ReplyDelete
  20. @Gaphe Aku juga pengen beli. Cicil sehari seribu bisa ga ya @_@

    ReplyDelete
  21. @Lozz Akbar Mending berbagi permen deh, fufufu.
    Lagu kesukaanmu ya itu mas?

    ReplyDelete
  22. Pantas head setku rusak..lha di salah gunakan Una sih..hayyoo di gantiin buruan lho?

    ReplyDelete
  23. kalau saya tidak suka pakai headset kalau lagi jalan. Lebih seneng dengerin orang ngomong dari pada dengerin musik ditempat umum. kalau pake takut membahayakan diri sendiri dan orang lain:)

    Yang kedua sering lihat orang pake head phone dan kenceng banget volumenya kok rasanya ga keren gitu ya... hehehe... norak gitu bahasanya.

    ReplyDelete
  24. hahahahah TK tergolong orang yang suka pake headset di kendaraan umum... tapi headsetnya gak yang kaya gitu... yang nancep ke kuping... itu sih di jamin bakal torek... hahahaha... dan ramah lingkungan... alias suara yang keluar dari headset gak akan bocor... hehehehe...

    klo pake headset kaya gitu emang rawan bocor suaranya...

    ReplyDelete
  25. mungkin aslinya si mbak mau pamer lagu yg didengernya.
    tapi berhubung agak malu2in kalo muter lagu kenceng2, si mbak menyiasati dg "pura-pura" masang headset.
    toh walopun headset terpasang dg rapi, orang di deketnya jg bisa denger.
    hehehehe....

    ReplyDelete
  26. iya setuju.. paling sebel ama orang yang pake earphone tapi suara lagunya kemana2... mengganggu banget!

    ReplyDelete
  27. Mereka ngga sadar kalau itu merusak gendang telinga mereka juga nantinya.
    Aku sedapat mungkin tidak mau pakai headset,kecuali pas rekaman. Masih sayang indra pendengaran.

    ReplyDelete
  28. itu pake bando kok di badan -___-"

    ReplyDelete
  29. Itu headset apa alat bantu dengar ya, na? Mungkin si mbaknya ada kelainan pendengaran? Tp suka2 dia dong! Untung dia gk bawa subwoofer, atau grobak speaker skalian! Bhahaha

    ReplyDelete
  30. Wew .. bandonya malfungsi juga. Emang ada orang eh domba pake bando di badan? wkwkwkwk

    ReplyDelete
  31. Setuju mba, emang suka agak risih deket orang kaya gini. Jadi kayanya mereka tuh ngga tau fungsi sebenernya alat itu. Tapi ttp aja yah mba banyak. -_____-'

    ReplyDelete
  32. mungkin karena bukan penggemar musik, gak suka pake headset, klo pun mo dengar musik ya di rumah saja via speaker
    lagian, menurut kabarnya, pake headset sering2 itu kan merusak pendengaran. jadi yang pake headset kenceng2 itu mungkin blom tau bahayanya Na :D

    ReplyDelete
  33. whahahaa,, kesian si headset , jadi bahan gosip ... :p

    ReplyDelete
  34. kalau dipakainya diperut shirley jadinya kaya lagi usg ibu2 hamil hehehe

    ReplyDelete
  35. Bener nih. Emang apabila kejadiannya seperti itu. Kesannya tuh orang yang pake headset egois. Ga mau memperdulikan keadaan sekitarnya *just opinion*

    ReplyDelete
  36. Ooow, rupane headset ki koyo ngono toh...

    ReplyDelete
  37. Harusnya kamu pinjemin headset-dua-puluh-dua-ribu mu itu. Wkwkwkwk

    ReplyDelete
  38. headsetku ora apik2 banget tapi yo ora elek2 banget...
    Yg pasti nyaman dipakai dan nggak bakal nganggu orang lain.
    Meski cuma nglungsur punya anak saya tapi masih joss

    ReplyDelete
  39. Begitulah kalo headset terbuat dari kardus (emang bisa? hahaha)

    Btw itu dombanya lagi dengerin lagu apa?

    ReplyDelete
  40. Udah pake headset tapi suaranya masih bocor?
    Tunggu saja, Una, biarkan aja orang seperti itu, gak perlu waktu lama sampai telinganya rusak.

    ReplyDelete
  41. wahh ternyata ada yang pernah ngalamin hal yg sama juga ternyata *toss* aku juga sering sebel na sama org2 yg pake headset tp suaranya bocor kemanamana, duuhh
    karena sering nyinyirin org soal headset itu, aku jadinya kalau pas pake headset selalu tanya sama yg duduk di sebelah, "suara musinya bocor ngga?" kl mereka bilang ngga dan semua ok barulah aku nyaman duduk sambil mendengarkan lagu :D
    btw una, maaf banget ya Sabtu kemarin ngga jadi ngontek dirimu, acaranya sampai sore banget soalnya terus udah ditelepon orang rumah disuruh pulang, jadinya ngga sempet bertemu dirimu :( next time ya Un :)

    ReplyDelete
  42. hehe... g' nyaman kalo kuping di sumpelin headset hehe...

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!