Ia yang Berinisial HM




"Wa qulu qaulan sadida."

Kalimat yang seringkali dia ucapkan. Aku sendiri kurang tahu bagaimana alihaksaranya, tapi sependengaranku begitu. Katanya, arti kalimat itu ialah 'kalau bicara harus yang simpatik'. Dulu aku tak paham kata-kata aneh, tapi aku memahami kalimat itu sebagai 'kalau bicara harus yang baik'. Aku tidak tahu kenapa ia sering menasihati aku seperti itu. Mungkin aku kalau ngomong suka asal kali ya.

Ia merupakan orang yang pertama kalinya mengajakku naik motor. Sebelum itu aku tak pernah naik kendaraan beroda dua karena di ibukota --kota aku tinggal-- ayah dan ibuku hanya mempunyai sebuah mobil biasa. Sekalinya aku ke kotanya, aku diajak naik motor, diboncengnya keliling sawah. Muter-muter. Melihat rumah-rumah kampung di Jogja. Aku senang sekali.

Aku dekat dengannya tapi aku tak pernah bertemu dengan orang tuanya, ia pun tak pernah memperkenalkan saudaranya kepadaku. Katanya sih, sudah tiada semua. Dan ia pun kini sudah mengikuti orang tua dan saudaranya. Aku ingat waktu upacara kematiannya, aku tak menangis. Sedih pun tidak. Senang malah. Apalagi mengetahui ia meninggal setelah menunaikan shalat subuhnya.

Andai ia membaca tulisanku, dan aku membayangkan konversasi imajiner seperti ini:

"Kenapa aku kamu tulis dalam ceritamu?"

"Karena kamu berharga. Syarat giveawaynya gitu, sih."

"Kenapa aku berharga?"

"Karena... kalau tidak ada kamu, tidak ada ayahku, kalau tidak ada ayahku, tidak ada aku. Boncengin naik motor lagi dong, Mbah..."

"Emoh. Dulu sih kamu kecil, sekarang kamu berat gitu."

"Buuuu..."

"Yo wis yo wis, wa qulu qaulan sadida ya, kalau bicara harus simpatik..."


"Tulisan ini diikutsertakan dalam Giveaway The Fairy and Me yang diselenggarakan oleh Nurmayanti Zain".
 

HM inisial nama mbah dari bapakku~ rahasia namanya hehehe x) 
Note: Hehehe, kalau post Mbak Maya ada tentang naik motor dan ini juga ada, bukan karena kebetulan, tapi memang atas izin Tuhan, ha ha ha~

105 comments:

  1. Kasian kamu jarang naik motor, huhuhuhuuhuuu :p

    ReplyDelete
  2. @Stupid monkey Dulu kok. Sekarang mah sering naik ojek :p

    ReplyDelete
  3. Una, kenalin sama Mbah dong,hehehe
    wah, keren Mbahnya Una, bisa ngajakin Una naik Motor,heheheh

    ReplyDelete
  4. Tak kirain siapa tadi? Siapakah orang berinisial HM. Ternyata mbah kakung-nya toh. Aku mau dong di boncengi motornya. Moh ah, dulu kamu kecil. Sekarang kamu berat. Huuuhhhh
    Kocak juga ceritanya. Ntar mbah kakungnya jatih lagi ke sawah kalau ban motornya bocor.

    ReplyDelete
  5. Semoga mbah-nya diterima di sisiNya.

    wah kayaknya orang mbah-nya orang terkenal ya?

    salam kenal buat cucunya mbah ya...

    ReplyDelete
  6. Kasian una sekarang udah berat! Huhuhuhuhu

    ReplyDelete
  7. unaaaa anku nitip jejak dulu~
    bentar aku balik yaaa :D
    #fufufufufu

    ReplyDelete
  8. Una yang gantiin mbonceng Mbah :) hehe...

    Gudlak ya GA...

    ReplyDelete
  9. @HP Yitno Ha ha ha, untuk gak akan jatuh ke sawah :p

    ReplyDelete
  10. @21inchs Di Kotagede --kampung simbahku-- sih terkenal, ahahaha...

    ReplyDelete
  11. aku kira ceritamu, ternyata mbahmu hahahaha~

    ReplyDelete
  12. "Emoh. Dulu sih kamu kecil, sekarang kamu berat gitu."

    Setuju banget deh sama kalimat ini... hahaha

    ReplyDelete
  13. Kalau nggak ada Mbah saya mungkin saya belum sunat, karena saat itu saya mau disunat kalau dipangku Mbah saya.

    ReplyDelete
  14. @marsudiyanto Dan pasti post tentang sunat di blog Pak Mars lebih banyak lagi ya :p

    ReplyDelete
  15. wuiih, ratu giveaway :))
    eh unce itu bannernya unyusekaliiii....
    cewe keriting dengan lolipop dan kamera, tapi lidahnya kok ???

    *lostfokus*

    ReplyDelete
  16. @Syamatahari Ha ha ha pas ada ide ya aku tulis :D
    Itu avatar southpark kok hihi~ lidahnya apaaa, keren ya :p

    ReplyDelete
  17. Iah, mbahmu udah ga mau ngajarinmu... :D

    ReplyDelete
  18. wah eyang nya ya. ane kira siapa sist. ane ud berpikir ke 'ehm' nya aja. ya semoga ia di terima di sisinya, karena mamiliki cucu yang solikhah seperti sista. makasih juga ud membuatku larut dalam cerita.

    ReplyDelete
  19. @cerita anak kost He he he amiiin, semoga saya shalihah ahahaha~

    ReplyDelete
  20. Hehe,,, yang nulis "Nulis Cerpen Yuk" itu ya Na. Semoga beliau diterima disisi-Nya, diterima segala amal ibadahnya, diampuni semua dosa2nya. Amin.

    Wa qulu qoulan syadida (pake syin)
    syadida arti harfiah : tenanan (amat), banget (sangat)
    kalo sesuai konteks di atas jadinya "serius"

    Cengengesan yo ra po, tapi yo kudu ono wayah seriuse barang tho?

    Sukses ya Na, GAnya... saya sukaaaaa banget yg ini, dua jempol (menghadap kebawah) *eh enggak enggak seriuuusss, two thumbs...

    ReplyDelete
  21. @Samaranji Bukaaan. Itu kakek dari ibu. Yang ini kakek dari bapak, he he he.

    Aku barusan search al quran al ahzab 70, ra nganggo syin kok :p sadidan = baik benar.

    Wuuu jempol sikil thooo~ :P

    ReplyDelete
  22. ketipu gue, ternyata inisial HM itu mbah mu to. kira'in tukang ojek hehheeee...
    permisi izin jd tetangga baru

    ReplyDelete
  23. nah una...di inget terus ya, ojo lali..."kalo bicara harus simpatik lho ya.." ojo ceplas ceplos....hihi...

    ReplyDelete
  24. @Mami Zidane Lali sih ora mbak... cuma gak dipraktekkan, hahahaha...

    ReplyDelete
  25. Waaaaaaaah aku jadi kangen Mbahku.. :(

    ReplyDelete
  26. oalah HM mbk nya disangka kang ojek hehehe

    ReplyDelete
  27. @Tebak Ini Siapa Woooo hiyo ik, sotoy aku. Inget sy "lasyadiid" pd QS Ibrohim:7. Hehe, ternyata Una tau bedanya syin dan sin ya... :P. Makasih ya Na ;)

    Enggaaaak,,,, jempol tangan koq, sumpah. Su'udzon aja :(

    ReplyDelete
  28. @Samaranji Ahahaha yeee mas haris salahhh. Tau dong. Ngeceeeeeee!!!

    Makasih ya Mas Beib ;)

    ReplyDelete
  29. huahahhaa jadi sekarang udah gak bisa diboncengin karena berat ya... hahaha :P

    ReplyDelete
  30. @Arman Ehehe mbahnya sendiri juga dah gak ada... hehe

    ReplyDelete
  31. @Tebak Ini Siapa Mas Andi perhatian ama elo lageee...

    haha, YM an teruuuusss,,, suwit suwiiit. :p

    ReplyDelete
  32. @Samaranji Ahahaha, arang yman kok mas, yeee...
    Mas Andi mah karo sopo sopo perhatian :p Sirik nih yeee gak diperhatiin ahahaha

    ReplyDelete
  33. @Tebak Ini Siapayieeee,,, pipinya memerah, merah jambuuuu... fufufu

    ReplyDelete
  34. Lha aku nek ning jakarta, kan rep mboncengke kwe na! Hehehe

    ReplyDelete
  35. Dengar tu Un, kalo bicara itu.. harus yang baik ya nduk ..^^

    ReplyDelete
  36. @Samaranji Ora pipiku ireng dadi nak tersipu yo ra ketok merah jambunya ha ha ha...

    ReplyDelete
  37. @Tebak Ini Siapa wis dhuhuran sik, trusss boncengane dilanjut nyang ym aeee

    ReplyDelete
  38. @Samaranji Teloooo, kono shalattt. Ojo ngleges ae...

    ReplyDelete
  39. ahaaiii, kirain tadi siapaa gituuu, ohh ternyata Mbah nyatoohh...

    ReplyDelete
  40. @.:diah:. Hehehe iya, dikira tukang ojek yah? :p

    ReplyDelete
  41. Weiii...cucu 'durhaka'...masak simbahnya sudah sepuh suruh mboncengin lagi....wkwkwkwk

    ReplyDelete
  42. kenangannya waktu naek motor ya Una :D

    ReplyDelete
  43. kirain aku pacar toh, ternyata mbah nya

    ReplyDelete
  44. Ckckck... lah tambah tuwo yo keseimbangane tambah sudo

    ReplyDelete
  45. @Tebak Ini Siapa *datang lagi~
    setelah baca dengan seksama, masyaAllah...
    mbahnya begitu berharga ya~ aku sangat terpana ketika una bilang aku tidak menangis.

    ----------
    sudah terdaftar ya na ;)
    terima kasih atas partisipasinya :x

    ReplyDelete
  46. emang dulu kecil un..?
    kayaknya fitnah tuh
    hehe

    ReplyDelete
  47. smg simbah mendpt tempat terbaik disisiNYA yaaa...

    beruntungnya dia meninggal dlm keadaan khusnul khotimah ya

    ReplyDelete
  48. @Tebak Ini Siapa leqwat-lewat aku bingung.. hahaha. lagi kekurangan obat :)

    ReplyDelete
  49. aku kirain tadinya yg diceritain ehem2nya Una eh ternyata Mbahnya :P

    ReplyDelete
  50. Yakin deh, kak Una pasti menang giveaway-nya :)

    ReplyDelete
  51. Kenapa tidak bersedih?
    Kenapa tidak menangis??? apakah kejadiannya waktu kamu masih kecil Una???

    Sukses buat kontesnya yahhh ;)

    ReplyDelete
  52. Iyo yo saiki koe wis gendut :))
    sikses buat GAnya yo naaaaa.

    ReplyDelete
  53. @Nurmayanti Zain Hehehe, wong masi kecil ngapain nangis. Makasih ya mbak... :D

    ReplyDelete
  54. @armae Hooh... emang ga boleh ya orang meninggal ga sedih? :P

    ReplyDelete
  55. ingat ingat pesan si mbah na..smoga Allah tempatkan di syurga Nya ..aamiin ya rabb

    ReplyDelete
  56. waaa. GA lagi... masih semangat aja ya na :P

    ReplyDelete
  57. jadi terharuu.,. inget mbah kung ku yang kini udah gak ada :(

    hehe.. tapi sukses yaa mbak buat GAnya :D

    salam kenaL soko cah Pekalongan :D

    ReplyDelete
  58. sukses ya buat GAx mbak...
    such a wonderful fairy mbah mbak itu... ^_^

    ReplyDelete
  59. sini aku boncengin tapi ...berat ya...heheha btw, semoga menang...

    ReplyDelete
  60. oalah.. kakeknya toh ya un..
    ah, kalau mbah baca, pasti ketawa-ketiwi baca tulisanmu ni un..

    ReplyDelete
  61. HIHIHI emoh mboncengin Una karena berat???

    ReplyDelete
  62. naik motor keliling keliling sawah ... serem juga loh.. coba deh bayangin..

    ReplyDelete
  63. ooo ... ternyata si Mbah ... kirain bebeph-Una -_-"

    ReplyDelete
  64. ahh Una, jd inget Mbah ku jadinya :')
    sukses ngontesnya Un :)

    ReplyDelete
  65. hahaha, keren ceritanya nih :D Si tokoh di-reveal menjelang akhir cerita :) Sukses ya buat GA-nya :)

    ReplyDelete
  66. Na, semoga ini menjadi komen yang ke -99 :D

    HM bukan HMS kan?
    takut aja dirimu masih cucunya trah penguasa Indonesia sekian lama itu?

    bijak sekali kalimat itu Na
    suka!
    dan memang begitu seharusnya,
    tapi aku pun sering keceplos
    apalagi jika sedang becanda, lupa klo kalimat/kata yang keluar jauh dari simpati hiks

    well, tetep deh tak doain SUKSES di GA-nya Maya ya Na!

    ReplyDelete
  67. aduhhh dikirain siapa gitu hehehehe :)

    ReplyDelete
  68. mbah HM mbak una ojok di gonceng naik motor nanti kasian motor nya gembos,,,, :p *piss

    ReplyDelete
  69. durhaka koe na,wkwkwk

    smg menang yaaaa d^_^b

    ReplyDelete
  70. Cieee..pakai rahasia-rahasiaan segala ni una..bikin kita jadi penasaran aja hehe..Gudlak ya..moga menang ^^

    ReplyDelete
  71. waduh mbahnya ok banget suka naik motor.....

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!