Una Dilarang Masuk Mesjid Ampel, Huhuhu!

Setelah una mampir House of Sampoerna, una dan Mbak Lis naik becak menuju daerah Ampel. Itu lho fren, daerah tempat Sunan Ampel dulunya bermukim. Nggak kenal Sunan Ampel???

Una juga...

Belakangan kuketahui kalau ia merupakan anak dari Sunan Gresik dan yang mempopulerkan istilah Mo Limo. Nggak tahu Mo Limo??? Mo Limo itu moh main, moh ngombe, moh maling, moh madat, moh madon yang artinya emoh main judi, emoh minum, emoh maling, emoh ngobat, emoh main perempuan. 


Mbak Lis yang sebegitu besar dan una yang tak kalah besarnya naik becak kecil a la Surabaya. Becak Surabaya jauh lebih sempir dari becak Jogja boo'... Bayangin aja tuh dua orang ginuk-ginuk naik becak kecil. Alhasil Mbak Lis ngalah duduk agak majuan... una yang bersandar.

Banyak yang menyarankan untuk naik becak saja ke Ampel ketimbang naik taksi karena nggak jauh. Eh rupanya... ya lumayan jauh untuk ukuran nggenjot becak. Mana bapak-bapaknya sudah tua, pas jalan naik dia turun buat dorong dua kuda nil becaknya. Kasian...


Tapi seru sih, jalannya kan lambat tuh bisa liat-liat kiri kanan jalan, rumah-rumah kuno gitchu... sampai akhirnya kami sampai ke depan gang Ampel Suci. Pak becaknya di awal bilang bayarnya 10 ribu, tapi jauhnya ngono rek, panas meneh, ya ditambahi dua ribu deh. (Wehehehe pelit amat yah.)


Ibu una yang waktu lagi itu di Cebu begitu perhatiannya sampai mengirim pesan untuk mengingatkan jangan lupa bawa uang kecil karena biasanya daerah gitu-gitu tuh banyak orang minta-minta. Emang iya sih fren, objek makam, masjid sunan-sunan di mana-mana perasaan banyak orang yang minta-minta. T.T


Satu gang Ampel Suci ini kiri kanannya semuanya toko-toko. Macam-macam lah, ada toko baju, toko arab-araban (hehe maksudnya jual celak pacar kosmetik dll), ada warung nasi kebuli, dan yeah nggak perlu jauh-jauh ke Saudi buat beli oleh-oleh arab, beli aja di sono hihi atau nggak di Tanah Abang :P Dan dikira semua orangnya orang turunan Arab kabeh, eh ternyata nggak juga tuh. -____-"

Ujung gang ini ialah salah satu pintu masuk Masjid Ampel. Waktu una ke sini sih ya ke sini aja, tanpa riset apa-apa. Taunya Ampel ya Ampel aja. Eh lagi serius browsing, mas-mas penjaga kotak amal dekat Masjid Ampel berujar, "Eh mbak-mbak nggak boleh masuk..." Tapi una nggak denger.

Sampai Mbak Lis bilang, "Un un, gak entuk mlebu."

Tampangku bingung.

Masnya, "Orang keren Pakai celana pendek nggak boleh masuk mbak."

Ehhhh? Sungguh una lupa kalau acaranya ke tempat ibadah. Jadilah una pakai celana pendek hotpants. Nggak ding, punya BANGET una hotpants... yah, padahal belum ngambil air sumur yang sering dibicarakan orang itu, fufufu...

Tapi nggak apa-apa deh, bisa jadi pelajaran, kalau mau ke tempat ibadah harus pakai baju yang sopan, paling tidak celana panjang dan kaos berlengan. Eh tapi seingat una masuk Masjid Agung Jawa Tengah dan Al Mashun di Medan diboleh-bolehin aja pakai celana pendek hihihi, tapi cari aman lah ya.

Sign di Gereja St. Lawrence, Macau


Ujung-ujungnya sampai Ampel cuma beli celak dua biji, hihihi. Pas beli pun pedagangnya khas gimana gitu. Waktu una bayar celak yang dibeli, diberikanlah uang ke pedagangnya. Pedagangnya setelah itu bilang, "saya jual ya." Sambil mengkebit-kebitkan uangnya ke depan barang dagangannya yang lain.

Jadi ingat pedagang di Arab sukanya halal-halalan.
"Dua riyal, halal?"
"Halal, halal."
"Ok ok, halal."
"Ya halal halal."
Halal aja terus nggak selesai-selesai... T.T

Huhuhu pengen ke Ampel lagi, liat masjidnya dan ambil air sumurnya... 



Hey hey, baca tulisan una di blog WB ya: Berlayar di Daratan dalam Monkasel

125 comments:

  1. Replies
    1. tebas mentehan ae nduk..... :D

      Delete
    2. maksudnya duitnya aja....huuuuu....ngaku wong jogja tapi lupa ama paribasan.

      Delete
    3. Itu paribasan dari mananya xP
      Gak pernah denger istilah tebas mentehan aku...

      Delete
    4. 100 buat pakde djangkaru.... :D

      Delete
  2. Hore aku yang pertamax,....kasihan deh jauh - jauh tidak boleh masuk...xixixiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. weleh kelamaan bacanya kali aku..jadi keduluan cii yuniaty

      Delete
    2. harap maklum bacanya masih di eja...xixixiii jadi kalah ama yang muda.

      Delete
    3. iya sudah tua..nafasnya sudah dapat di hitung...xixiii salam aja untuk cii yuniaty , selamat bisa mengalahkan aku.

      Delete
  3. di ampel kalau gak salah ada roti maryam lo una kalo gak salah, tapi rasanya agak gimanaaa gituh, feel different XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hua gk beli, di sebelah mananya mas?

      Delete
    2. didalam pasar juga ada kok :p
      tanya aja ke pedagang pakaian itu, pasti tau kok @.@

      tapi menurutku rasanya aneh >.< haha...

      Delete
  4. pengen pertamax tapi gak pernah bisa.. huaaahh :(

    ReplyDelete
  5. makanya tanya dulu ama gue gimana caranya hihihiii....

    ReplyDelete
  6. oalah rupanya krn pakai celana pendek toh. Kalo lagi haid atau agama non muslim gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Non Muslim boleh masuk,kalau lagi haid di larang masuk, cukup di serambi aja.

      Delete
    2. Ini ada perbedaan pendapat sih mbak. Tapi menurutku gapapa.
      Kalau gak boleh malah gak sesuai ama ayat quran yang bilang rahmat bagi semesta alam. Jadi menurutku harusnya semua boleh :)

      Delete
    3. @Mas Djangkaru: Menurutku boleh. Yang dilarang itu kalau clepret-clepret.

      Delete
  7. Una, postingannya bikin bunda pengen ke Ampel lho. Kapan2 kalo Una ke Ampel lagi jangan lupa bawa kain sarung aja deh, jadi ya gpp-lah tetap pake hot oops short pant, gitu. Iiii....ember, pelit banget sih masa nambahin tukang becanya cuma rong-ewu thok, qiqiqiii.... udah nyantainya minta ampun bisa liat kiri liat kanan dengan nyantai sementara si tukang gowes beca sambil "ngos2an". Yaudah lain x kalo ke Ampel lagi cari tuh si tukang beca +in ya tip-nya 20ribu, hahahaha............. Nice posting Una, dear.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sssst yang punya blog lagi ngumpet malu di katain pelit, una mah biasa bawa ATM jadi tak pernah punya uang kontan.Dompetnya aja isinya penuh dengan struk belanjaan.

      Delete
    2. Hihi ide bagus, bawa sarung.
      Ayo bunda ke surabaya, bisa sekalian ke galaxy wehehehe xD
      Saya kan lagi irit jadi nambahinnya juga dikit wkwk.
      Mas djang tau aja isi dompetku struk kabeh, dari yang setaun lalu juga masi ada wkwkwk

      Delete
    3. Bener tuh kata Bunda Yati Na.... bawa sarung atau kain Bali, jadi begitu dilarang, tinggal keluarkan kain Bali/sarung, pasti si mas nya nyengir, ga bisa ngelarang lagi. hehe.

      Iya ih, pelit banget nih Una... masak udah capek-capek si bapak gowes, cuman ditambahin 2 ribu, mending kamu aja yang gowes Na, biar si bapak dan Mba Lis yang duduk. hahaha...

      Delete
  8. kasian ya bapak tukang becaknya.....udah jalannya jauh, penumpangnya besar2 pula...hehe..una gak bantuin dorong becaknya to...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha enggak :))
      Kan aku dah bayar :P

      Delete
  9. bwahahah,, :-D
    kasiaaan mba Una..
    mba, lain kali kalo ke situ lahi pake daster aja mba..#eh

    hahahah.. :->

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahaha oke deh Him,
      malah jelas dibolein masuk itu mah :))

      Delete
    2. muahahaha..
      mantaapkan saranku ?? XD
      *preeett*

      Delete
    3. yayaya.. mba Una dapat PR dariku !! ;p

      Delete
  10. tahun 2010 pernah ziarah ke makam sunan ampel, pas nyampai situ kebagianya jam 2 dinihari karena jam shubuhnya harus nyampai madura. suasananya jd ngantuk walopun sempet makan korma. makamnya ckup terbuka tdk kebanyakan makam2 sunan lain udah gtu kalo malam hari banyak lampu kerlap kerlipnya hehe insya Allah akhir juli kalo gak ada halangan bsa ziaroh kesitu lagi...

    kalo utk pemakaman yg di jamuri org bawa baskom buat meminta minta, paling banyak di area pemakaman sunan gunung jati cirebon... smpai baju sya pun di tarik tarik sma anak kecil guna di mintai uang recehanya :) paling enak di pemakaman sunan muria.

    ReplyDelete
    Replies
    1. He? Kebagian? Di jatah apa antri mas???
      Aku penasaran sama kuburannya T.T

      Delete
  11. Huu... nang ngampel gur tuku celak thok??

    Jarene rak seneng dandan hahahha..... :))

    ReplyDelete
  12. yah sayang ya udah sampai sana tapi gak bisa masuk hehe..
    gak kepikiran beli rok dulu atau sarung gitu asal panjang dan nutupin hihi..
    okelah besok2 ke sana lagi aja mbak :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagi irit masa beli rok, hahaha xD
      Yoyoi ke sana lagi hihi~

      Delete
  13. masuk aja mba, pake pintu kemana saja. hehe *ngarang

    ReplyDelete
  14. kayaknya saya pas ke MAJT tuh kalo sopan juga g boleh masuk deh

    ReplyDelete
  15. wah jadi pelajaran berharga ne... ya kalau bisa jangan cuma ke tempat ibadah aja ya baru pake baju sopan... kemana aja pake baju sopan lebih baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya lah tapi apa definisi baju sopan itu @_@

      Delete
  16. tukang becaknya kasian dong. pegel hehhee

    ReplyDelete
  17. Lain kali kalau ke Masjid Ampel lagi pasti gak lupa pakai celana panjang dan baju tangan panjang dong Un..Aku juga pengen nih kesini..Hahaha..banyak pengennya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihi iya, aku juga kepengen ke sana :D

      Delete
  18. ayo dong Una pakai Rok biar feminin :)

    ReplyDelete
  19. yah paling gak dapet celak.. eh tapi itu si bapak2 tukang becak kebagian oleh2 gak? kasian udah genjot becak jauh2, mana berat pula.. Hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha dia orang sono masak dikasi oleh2 :p

      Delete
  20. wah, sayang ya una gak jadi masuk. kalau aku boleh masuk gak ya, kan pake stoking, hehehe. asik, deh jalan2 pake becak, aku juga suka :p salam buat mbak lis, yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi gak tau deh kalo stoking :D :D
      Iya asik ya naik becak...

      Delete
  21. sudah lama tidak naik becak... adem adem silir gitu enak buat menikmati jalan jalan kota loh.. sayang ga bisa masuk.. sudah lainkali pake yang lebih sopan kali ya.. biar lengkap ceritanya..

    ReplyDelete
  22. inget2 pas ke salah satu temple di bangkok juga gitu. pake celana pendek sih boleh, tapi kalo cewek gak boleh pake tanktop. hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi kalo cowok boleh pake tanktop ga :D

      Delete
  23. makane besok pake jarik wae un
    haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoyoi, tiap hari aku ke kampus pake jarik ah...

      Delete
  24. Iya, beberapa tempat ibadah memang gitu kok. Bahkan Katedral Notre Dame di Paris juga lumayan ketat loh aturannya; yang mana ini unik karena kayaknya kalau gereja/katedral gitu lebih fleksibel kan ya. Dan bener kata Arman, yg temple di Bangkok juga gitu kan, hehehe :P

    ReplyDelete
  25. gaya bahasa baru nih yeeee =P
    nyebut una una una ^ ihiiiii ^
    eh unaaa, pake rok dong rok :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jiaaah ini besok juga ganti lagi kok xD
      Emoh ah...

      Delete
  26. Memang jaraknya dekat dari JMP, naik becak lebih asyik jd kayak turis kan? tapi iya kasihan tuh si bapak yang ngayuh becak, aturannya Una yg ngayuh becaknya kan? whahahhaa.

    Pengalaman pertama ke Ampel, pagi-pagi berangkat sama teman-teman kost saat dulu masih kuliah. Terus sarapan nasi pecel di Ampel. Pulangnya ambil air tuh di situ, bahkan minum langsung pakai gelas yg di sediain sambil mengabaikan jika gelas-gelas tersebut entah sdh kena bibir berapa banyak orang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. JMP ki opo mbak... yoyooi aku gak naik becak aja dah dikira turis dari karibia :))
      Trus ngaruhnya apa mbak airnya?

      Delete
  27. Skali2 nulis ning b;ogku yo Na...

    ReplyDelete
  28. yaaaah.. ga beli celana atau rok batik dadakan aja? kan sayaaang... huhu

    ReplyDelete
  29. horeee aku (bukan) pertamaX ..,
    jauh-jauh datang kok tidak bisa masuk ya, kenapa tidak beli celana panjang atau sarung di toko-toko yang banyak bertebaran di gang Ampel suci, paling tidak sebagai pengganti celana pendek-nya :)

    ReplyDelete
  30. tuh kan jalan2 lagi... masalahnya ga ajak akau sih jadi ga boleh masuk :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik dikangenin!May 9, 2012 at 11:35 AM

      Buuuuuu kamu kok gak ajak aku juga ke Malaysia...

      Delete
  31. wah una ini yah, udah tahu kalau emang ibadah masih loh ya pakek pakaian yang "ndak beneh".
    kwuk kwuk. tuh yang halal halal. emang tradisi loh na

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu kok bilangnya seolah-olah kamu gak pernah lupa apa salah.
      Ndak bener tuh kayak apa lagi...

      Delete
  32. Mo Limo gak tau...kalau Li Min Ho tau....hihihi

    emang disana gak disediakan kain panjang bwt yg dtg pake hotpants gitu...?

    ReplyDelete
  33. emang apa khasiat air di Ampel itu Na?
    Kok saya jadi penasaran. Ingat waktu di Lombok ada yang nyuruh saya ke Mesjid apa gitu deh, biar dimudahkan dapat anak katanya heheh tapi biasa, suami ku gak mau ya gak jadi deh hehehe

    jiah Una, di Istiqlal pun gak boleh kan? Disuruh pake sarung, disediain klo gak salah hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak tahu hihihi, penasaran...
      Yaaah kok gak dicoba :P
      Gak tau hihi kalo ke Istiqlal aku pake celana panjang jadi gk tahu xD

      Delete
  34. he..he.. mbayangke ginuk-ginuk numpak becak, kok ra 2 becak ae na? jd duduk'e lego ha..ha.. siip lain x stiap ke tmpt ziarah pake clana panjang ae na ben aman.

    ReplyDelete
  35. Aku juga belum pernah ke Masjid Ampel lho Na, semoga suatu hari :) Barengan yuuukkk...

    Melencur ke WEBE juga :)

    ReplyDelete
  36. Ya ampun Una, bener deh pelit banget, kok nambahinnya cuma 2 ribu aja? hihihi..

    Nggantung rasanya ya Una kalo udah jauh2 datang tapi malah gak bisa masuk ke tempat yang dituju :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu sudah plus 20% lho, hahahaha...
      Iya tapi gapapa sih :))

      Delete
  37. Yaaa sayang yah ... dah jauh gak boleh masuk. Lain kali ke mana2 mbok bawa sarung gitu Na, biar praktis. Kalo dibutuhkan masuk masjid langsung pake sarung :D

    ReplyDelete
  38. kalau ke tempat ibadah manapun (wisata) ada kebijakan turis dilarang pakai hotpants dan semacamnya, kuil di bali juga begitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya. Tapi kan saya gak pake hotpants :D

      Delete
  39. Hehehe namaya aja ke tempat sunan Una Maya, mosok mau pakai kayak gitu hehehe,,hayo beli jilbab trus pakai celana panjang pasti bisa masuk :)

    ReplyDelete
  40. Sakjane sarungan Na...
    Pasti boleh masuk !!!

    ReplyDelete
  41. 1. becak ala makassar lebih kecil Un, cukup bwt kamu sendiri
    2. kamu ga bantu dorong becak? kayanya aku ada deh poto di becak waktu pulang dari masjid ampel
    3. aku doong boleh masuk mesjidnya, ngambil airnya, ke makamnya juga #pamer

    :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. No. 1 maksudnya apa ya, hahahaha...
      Aku juga mau pamer kalo aku ke sana lagi :@

      Delete
  42. PPnya gak sopan ah, pantatin orang... hahaha :p

    *Lostfokus*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biarin, aku memang mau mantatin kamu mbak :P

      Delete
  43. Waktunya atau memang orangnya yang kurang tepat kali ya #eh.. kiding mba un...

    ReplyDelete
  44. ngapain beli celak 2 ? pasti buat una satu, buat tifah satu kan ? ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi udah kukasih ke temenku :P
      Buat coret coret di tembok wekeke

      Delete
  45. lihat foto fotonya, lingkungannya sangat bersih ya Una

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan si mbak... tapi bersihan rumahku :P

      Delete
  46. 19 thn idup di Sby..... Aku gurung tau nang Ampel rek, hahaha....

    ReplyDelete
  47. wah bisa jalan2 terus ya,enak dong,ikut donk,hihihi,,,,mesakke una ora iso mplebu,mangkane gowo serepan clono dowo ben ora di usir petugase,cup cup jangan nangis ya

    ReplyDelete
  48. seharusnya mereka ngediain sarung sm kerudung yak.. biar gak ada yg kecewa.. hmm

    ReplyDelete
  49. Unaa apakabar?
    Ah dirimu jalan2 terus nih.. Apa aku kelewatan ceritaya?
    Hehehe...

    ReplyDelete
  50. Kenapa nggak beli baju aja di toko deket Masjid Ampel? kan kalo beli baju yang sesuai syarat, kamu bisa masuk Masjid Ampel?!

    Untuk kasus MAJT, kamu kan masuk ke kompleksnya aja, jadi ya dibolehin masuk pake pakaian "ala kadarnya".. Beda lagi kasusnya kalo mau masuk ke dalam Masjidnya, pasti ada yang "aneh" gitu pake pakian minim masuk Masjid..

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!