Tentang Tidur: Tindihan

Karena gua beberapa hari ini suka tidur, jadi nulis sedikit tentang tidur ya. Kalau yang baca ini temen deket gua, pasti ini cerita lama sebenarnya, tapi ngga ada salahnya kan ditulis di sini, hehehe...

Ada yang tahu tindihan?


Bukan yang kayak foto di atas loh ya. Duh, itu kasian amat si George...

Tindihan itu ketika kamu tidur, entah mimpi apapun dan kamu rasa kamu kepengen sekali bangun, tapi rasanya susah setengah mati. Kadang raga hendak digerakkan tapi seperti tak mau bergerak juga. Dada rasanya sesak dan sekilas berpikir bahwa yang kamu rasakan seperti mau mati. Kalau sudah begini, do'a do'a pun dilafalkan, entah keadaan kita sebenarnya sudah bangun atau belum. Tapi kadang tetap saja, badan susah bangun...

Dari kecil, gua sering mendengar istilah ini di keluarga gua. Dalam budaya gua, tindihan itu sering diartikan kondisi sedang tidur lalu ada makhlus haluk (eh salah... makhluk halus) menindihmu sehingga mau bangun susah sekali. Gua baru merasakan tindihan ini setelah lulus SMA dan ada keanehan lain dalam tidur yang gua gatau istilahnya apa.


Keanehan tidur pertama

Waktu itu gua, lagi tidur tengkurep... gua mimpi gua jatuh terguling dari tempat tidur. Pas gua coba bangun dari lantai, gua liat badan gua tengkurep di kasur. Sedikit susah untuk bangun, akhirnya gua bangun. Sejak saat itu gua sering tidur sama nyokap...

Bangun, tapi raga tak bangun

Kali ini gua tidur dengan posisi yang benar, terbaring terlentang. Gua lupa persisnya tapi waktu itu gua mau bangun, udah bangun tuh ya... perlahan gua duduk, eh gua ngeliat tangan gua masih ada di posisi sebelumnya. Itu pun gua ga yakin apa itu mimpi atau beneran. Kalau beneran sereeemmm... Hiiii makin takut tidur sendirian.

Tindihan-tindihan selanjutnya

Setelah keanehan tidur yang gua alami, gua pun jadi sering tindihan. Sebulan bisa sekali, sering. Kadang mimpinya pun nggak buruk, tapi ya itu, mau bangun rasanya susah pol. Sering gua mimpi setting tempatnya ya persis posisinya pas gua tidur. Pernah mimpi gua lagi tidur, di balik dipan ada anak kecil bawa-bawa pisau, udah susah bangunnya, bangun-bangun keringetan, syukurlah tidak ada apa-apa.


Pernah tindihan kah?

Tindihan ini dijelaskan dalam ilmu kedokteran dengan istilah sleep paralysis atau kelumpuhan tidur. Ada fase di antara tidur mimpi dan kondisi sadar. Ketika fase itu otak mengalami transisi, otak terbangun namun badan belum, sehingga akan membuat lumpuh sementara. Meskipun sementara hanya beberapa detik atau menit, kadang si penderita ngerasanya itu luamaaaa bangettt...

Biasanya yang merasakan tindihan itu mengalami gangguan tidur atau pun kesehatan. Tindihan bisa merupakan premonisi kalau si orang tersebut menderita stres, depresi, kecemasan, atau kurang tidur. Hihihi pantes aja gua baru tindihan setelah lulus SMA, kan lebih stres tuh ketimbang masa-masa sebelumnya... gimana ntar udah kerja, punya anak, dll yah... hihihi.

Bagaimana biar nggak tindihan? Ya, hidup sehat lah! Jangan kebanyakan begadang, stres, dan harus tidur yang cukup! Kalau gua sih kebanyakan tidur heuheuheu...

Kalau di Jawa namanya tindihan, kalau di tempatmu namanya apa?



http://nasional.kompas.com/read/2008/09/21/1407118/misteri.di.balik.tindihan
http://xfile-enigma.blogspot.com/2010/03/memahami-fenomena-sleep-paralysis.html

138 comments:

  1. Di tempat aku namanya tindihan juga Un, pernah sih ngalamin tapi nggak sering, waktu SMA juga :D

    Jadi tahu secara medis ternyata begitu ya?...

    ReplyDelete
  2. pernah tuh kena tindihan...
    ehh bangun2 leher sakit n susah digerakin.
    kt orang tua jaman dulu klo kek gitu, bantalnya mesti dijemur :D

    nahlo....george aja nyang dijemur :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh, kalau gitu aku besok jemur bantal deh.
      Hihi bantalku shirley kok :D :D

      Delete
    2. Alhamdulillah jarang sekali tindihan. Tp sering tuh pas bangun, leher suakit bgt dan ga bs digerakkan.....hiks.... Jd dalam kondisi melek, hrs idle dulu bbrp menit sampe otot leher lemes.....

      Delete
  3. kalo di sini kayaknya menyebutnya dengan "ngelindur" atau apa ya, kurang lbh seperti itu. Hehe mata merem mulut udah cuap cuap minta tolong atau minta sesuatu hahaha kan jadi hiburan tersendiri bagi yg nontonya.

    Okay, kalau saya dulu sempet merasakan mimpi berkali kali yg mimpinya hampir sama. Ceritanya motor saya di curi hehe tapi saya sadar kalau apa yg sedang sya alami itu mimpi lalu dengan buru2 sya langsung menyadarkan diri dari mimpi kalau motor sya ilang itu cuma mimpi doang. Setelah bangun, @Alhamdulillah ternyata cuma mimpi hehe.. Itu namanya apa ya? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaaa bukan-bukan, ngelindur beda lagi...
      Hihihi itu sih mimpi buruk :P

      Delete
  4. aku belum pernah tindihan un....tapi kalo kesemutan pas tidur malah sering banget tuh....hehe

    ReplyDelete
  5. Yang sering tuh mau melek ga bisa2. Horror kalo dah gitu. Pake acara sesek napas pula. Tapi jarang kejadian, sih. *tadi sering, sekarang jarang?*

    Btw, kemarin pake saya, trus gue, sekarang gua, besok apa???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mencla mencle, huuu...
      Ada deh, liat aja besok...

      Delete
  6. kalau baca dari ceritanya sih, ada juga yg bilang itu erep-erep, sama aja, beda istilah doang sih :D
    untung aja gw kl tidur itu merem, jadi gak tau deh di tindih apa enggak, wkwkwkwk :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama ma erep-erep.
      Huuu katanya pernah @_@

      Delete
    2. wkwkkw ngagak baca komennya sibang manky

      Un besuk kamu samperin gi kerumahnya waktu si manky tidur, bawain pisang ijo satu keranjang buat nimpuk dia biar sadar pernah ketindihan pisang

      Delete
    3. Iyo mbak, kutindihin sepohon pisangnya ke dia mbak hahaha~

      Delete
  7. ditempat ku gak ada tuh makanya gak ada namanya :P

    ReplyDelete
  8. sy pernah pas sakit. berasa tidur kebalik disertai mimpi buruk pula padahal sy tidurnya telentang aja kata mama. ngigau pula.
    saran una; jangan tidur telentang dan tengkurep. cara tidur paling baik adalah tidur di sisi sebelah kanan dan menekukkan tubuh. hehe semoga tidurmu menyenangkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walahhh... @_@
      Iya sunnahnya begitu sih...

      Delete
  9. berwudhu dan berdoa dulu sebelum tdr, Una.

    ReplyDelete
  10. kalau tempatku namanya tindihan juga neng, iya kebanyakan juga emang tentang mahluk halus. temenku lucu, pas lagi naik gunung, tidur dia, berasa berat badanya eh pas buka mata ada pocong di atas lagi duduk di badannya. yaud dia merem lagi sambil berdoa, hahaha. tapi dia mentalnya kuat, kalo aku. wah lari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha kalau itu tindihan yang beneran yak...
      Serem amat @_@

      Delete
    2. serius, teman saya yang cerita. dan dua orang lagi yang kena. hahah, dia ketawa pas udahan, kalau aku, wah ud takut aja.

      Delete
  11. menurutku si itu cuma cape aja mba, kecapean jadinya badan dan sarap tegangn, bener kata istilah medis itu.

    ReplyDelete
  12. aku sering say,,
    alhamdulillah... obatnya adalah rukyah,,
    karena emang ada yg suka ngikutin aku gtu,,
    sampe sekarang masih suka tindihan, tapi udah jarang,..
    tapi kalo tidur di rumah pekalongan, hampor setiap tidur aku gitu,, makanya ak takut tidur kalo di rumah,, takut gak ada yg bangunin kalo pas lagi tindihan.. soale jare ono wong sing tidihan nganti mabti og :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh... rukyah...
      Mbak bisa liat po?
      Iyo, jare nek kesuwen tindihen marakke mati :(

      Delete
  13. namane sm na tindihan, wong aku dr jowo jg :) doa sik sblm bobo na he..he..

    ReplyDelete
  14. oh itu penjelasan ilmiahnya tindihan.. Sy dulu wkt SMA bbrp kali ngerasain tindihan.. apa krn pas SMA pernah patah hati ya? Halah.. Hehe..

    ReplyDelete
  15. kalo di orang sunda itu namanya ku eureup eureup na :)

    ReplyDelete
  16. baru jumat kemaren gua un, ngalamin ini lagi, jarang2 gua ngalaminnya un (pake gua, gara2 una, for the first time)
    pusing kpala

    ReplyDelete
  17. kalau di Jepang namanya Kanashibari. Well aku pernah tindihan gitu. Saking ngga bisa bergerak sampai aku nangis tersedu sedu loh. Setelah beberapa saat baru bisa bangun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kanashibari. Catet, hihihi xD
      Iya bikin nangis :(

      Delete
  18. tindihan.... secar kedokteran ga tahu dan ga mau tahu.. ga seru...
    lebih seru ceritanya tindihan adalah akibat adanya makhluk halus... lebih gimana gitu..

    katanya juga, dibawah kasur itu ada aliran air... itu juga males mikirinnya... susah jelasinnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bwahahaha, emang seruan kalo berhubungan ama yang horor horor gitu yak :D

      Delete
  19. Kalo di manado namanya ketindisan, Una. Aku dulu jaman SMA-kuliah sering banget ngalamin itu. Serem yak, dan selalu tiap udah ngalamin itu jadi gak tenang ngelanjutin bobonya. Tapi setelah kerja, apalagi setelah menikah dan punya anak, aku gak pernah ngalamin ketindihan itu lagi. Keknya mungkin walo setelah kerja, menikah, lalu punya anak, meski tambah sibuk tapi di satu sisi ada perasaan tenang dan nyaman :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi kayaknya satu sulawesi bilangnya ketindisan. :D
      Wah bisa jadi berarti aku harus nikah dulu ya mbak buat ngilangin tindihan :))

      Delete
    2. Hihihi..amiiinn...tar kan kalo udah nikah bisa bobok peluk2an yang bikin perasaan adem. Nah, kalo hati udah tenang, si ketindihan ogah deh menghampiri :D

      Delete
  20. di tempat gue Tindihan yang loe maksud sama dengan Ngudaw, tap i kalo larinya ke Mimpi itu disebut Nganupi! hayo bingung kan loe Na! emang bahasa gue ini English campur mandarin loe. mo tau?
    sekarang bahasa Cina Dhi-Kang (artinya Wajan), bahasa Inggris Do You (bahasa gue artinya Anak Anjing), Using (bahasa gue artinya Kucing) hihihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha susah benerrr bahasanya mas :P

      Delete
  21. Ibu aku juga nyebutnya Ketindihan, agak-agak mirip ya? Aku nggak pernah sih, tapi ibuku sering.
    Btw yang dialamin Una serem banget ih.. moga Una cepet ketemu temen bobo bareng ya, biar nggak takut lagi #eh

    ReplyDelete
  22. hoho ..
    bukan makhluk halus penyebabnya sih kurasa ..
    gue lebih mikir secara ilmiah yang kayak lo jelasin itu kak Un :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan itu kamu rasa, kenyataannya? Hihihi kan gak tau :p

      Delete
  23. rasanya gua pernah sih sekali dua kali, tapi udah lama bagnet... gak gitu inget jelas. tapi emang rasanya gak enak ya...

    ReplyDelete
  24. Mungkin karena aliran darah kurang lancar.
    Sy gak suka ketindihan, sukanya nindihi orang.
    Eh... OOT nggak?

    ReplyDelete
  25. una referensinya dari blog idolaku, brader enigma. ehmm *blushing*
    aku tindihan hampir tiap hari, una. dimulai sejak aku SMP. mulanya aku cuekin aja karena aku pikir aku stress apa gimana. terus paske tempat fisoterapi akubaca poster yg bilang kalau tindihan bisa jadi ciri2 diri kita rentan terserang stroke :O langsung deh lebih jaga kesehatan. dan sekarang kalau aku susah tidur cukup pakai piyama nyaman dan minum susu aja. no drugs, meski itu cuma parasetamol, soalnya tidur yg 'dipaksakan' juga memicu tindihan. kayanya brader enigma juga bahas ini *blushing lagi*

    dan yang bangun tapi gak bangun itu juga aku pernah beberapa kali ngalamin. sempet bikin panik juga, karena aku jalannya jauh, sampai keluar kamar dan gak ngeh kalah badan aku masih di kasur. aku ngeh gara2 kaki kok rasanya ringan dan badan 'aneh'. pas di cek bener aja badanku masih ada. aku nangis sejadi2nya. trus aku bobo lg di atas badan aku. ajaibnya badanku 'nempel' lagi, dan setelah tenang aku keluar dan ternyata... apa yg aku liat pas aku ninggalin badan aku liat lagi pas 'sadar'. jadi bukan mimpi, dong? well, pasti ada penjelasan logisnya. kalau ada share, ya una :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, nggak tahu kenapa setiap aku nyari sesuatu yang aneh pasti ketemunya blognya Enigma... aku baru tau akhir akhir ini, blognya emang keren!
      Hah??? Stroke? :o
      Jaga kesehatan juga ahhhh hihihi...

      Wahhh aku juga beberapa kali gitu >,<
      Belum nemu sih mbak hihi kalau nemu pasti kutulisnya :D

      Delete
    2. enigma sekarang sedang vakum ngeblog, una... doakan idolaku yg mirip ariel peterpan itu aktif lagi, yaaa *blushing gak jelas*

      Delete
    3. Oalah hihi aku sih belum follow blognya, cuma ya itu googling sering nyasar ke sana.
      Wahhh emang mirip ariel ya hihi kayaknya dia banyak fansnya yah :D

      Delete
  26. pernah juga sih ngerasain, pas keadaan emang sakit.
    tapi setelah itu enggak pernah ngereasain lagi. tapi bicara soal tindihan ingat 9gag. dimana disana pernah ngejelasin bahwa. gravitasi diatas tempat tidur itu 15 kali lipat dari gravitasi bumi biasa :D *bener gaknya* silahkan coba bangun ketika masih malas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha boleh juga tuh...
      Alesan buat males yang oke wkwkwk... :D

      Delete
  27. oia..klw di sini biasa dibilang 'ketindisan'
    hihi.. -__- aku pernah loh satu kali..
    ..susah bgt mau ngomong..?
    hah ? setttrees ? emang iya ? emang aq prnh stress ?
    haha ;->

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... lha pernah stres gak?

      Delete
    2. Hihihi anak kecil bisa stres :p

      Delete
    3. ye..emang situ manula !! uwee :-P

      -jk-

      Delete
  28. Hoohohoh, aku pernah ngalaminya Na. Beberapa kali, jd tidak sesering dirimu. Dan kalau tindihan biasanya menyeramkan, pikiran sadar banget kalau itu tindihan dan sudah baca-baca hapalan apa saja dan otak sdh ngasih komando kalau aku harus segera melek agar 'mimpi' buruk itu usai. Tapi hasilnya nol, anggota badan tetap gak mau di gerakkan, kalau sudah kayak gitu dalam kesadaran yg tidak sadar aku meyakinkan diri sendiri tindihan ini pasti berakhir...dan selalu sperti kejadiannya.

    ReplyDelete
  29. adikku yang sering ngalami itu Na.... makanya kalo tidur dia selalu meluk guling sambil posisi miring. Mudah2an aku sih belum pernah sampai sekarang, dan jangaaaan donk. Takuuut.

    ReplyDelete
  30. Benar itu sleep paralysis. Tapi kalo udah ahli, itu bisa jadi lucid dream lho. Lucid dream itu mimpi yang benar-benar dalam keadaan sadar dan kita bisa melakukan apa saja. Tapi susah. Katanya sih penyebab sleep paralysis itu terlalu lelah dan pisang ^^

    Anyways, salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh pisang itu apa???
      Salam kenal... xD

      Delete
    2. Pisang itu yang buat mandi (gayung) krik krik...

      Delete
  31. AHahaha, modelnya boneka semua...?? :-P

    Aku pernah juga 'ketindihan', parahnya diawali dgn mimpi menyeramkan... Ya salah sendiri mau coba2 ASTRAL PROJECTION, hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha gak usah pake br br kali :P
      Boneka yang sebelah kambing cantik banget yah...
      Astral projection apa tuh @_@

      Delete
  32. untunglah aku belum pernah tindihan.
    tapi, kalau adikku yg tidur di kos, sering banget tuh tindihannya.

    btw, linknya masbro Enigma kog di pajang di atas?
    nyahahaha, seneng banget aku... :)
    lho, emang apa hubungannya denganku? perasaan gak ada deh, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi pada jatuh cinta sama Enigma ya... :D
      Aku pun baru beberapa kali berkunjung sudah kesengsem, ahahaha xD

      Delete
  33. Aku belum pernah, jangan dech...

    ReplyDelete
  34. kalo di Jambi apa nmnya ya,,,??? ditindih ??? hihihi

    itu penghuni2 museum ngikutin Una deeeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha gak lah yaaa aku yang ngikutin penunggunya *eh*

      Delete
  35. Unaaaa.....
    aq pernah mengalami tindihan kyk gitu
    pas tidur siang kesorean
    biasanya sih jarang bgt tidur siang
    gak enak banget ya....pengen bangun tp susah
    tapi sumpah ... aq gak lg stres kok....hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi emang katanya sih jangan tidur sore sore yak :D

      Delete
  36. kena tindih @ kena himpit itu istlah kami disini.
    pernah...alaminya, tadi malam.. eh pagi(3 am)
    terus bangkit, on lampu dan tv dengar bacaan Al-Quran.

    mungkin terlalu penat atau baru habis nonton tv cerita pocong lakunan aziz gagap, funny but scary hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho? Hahaha suka nonton aziz gagap juga tho kak xD

      Delete
  37. ada 2 jenis loh ketindihan. ketindihan yang membuat kita GAK BISA bangun-bangun dan ketindihan yang membuat kita GAK MAU bangun-bangun :p *edisi 17 tahun keatas*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gak ada *-nya aku nggak tau kalo itu jorok :p
      *edisi belum 17 tahun*

      Delete
    2. huehehe alacan kamyuu :p
      puya-puya polos.

      Delete
    3. Hahaha emang polos sih.
      Tapi seriusan gak paham awalnya wleeee :P

      Delete
  38. ngeri bener.. bangun tapi raga tak bangun... hiii... horor ah

    ReplyDelete
  39. Nek boso jowone = tindihen
    di indonesiakno dadi tindihan.
    Tindihan yg berkelanjutan memang bisa mematikan.
    Solusine ojo turu ijen, nek perlu mripate pasangi timer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buhuhu sekarang saya gak ijen, ditemani kambing kambing saya...

      Delete
  40. katanya itu karena ditiduri setan...
    pertanyaannya setannya cantik gak....??
    kalo cantik aku rela..
    :P

    ReplyDelete
  41. @ Una:
    tuh kan,,
    ternyata Una juga kesengsem sama si masbro, hihi... :))

    sepertinya aku memang jatuh cinta [pada tulisannya]...
    >o<

    bahkan semenjak belum punya blog, hihi...
    sayangnya sekarang beliau belum apdet postingan lagi... .>_<.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha gak kesengsem juga sih sebenernya hihi, baru baca beberapa postnya.
      Tapi tiap googling yang aneh aneh pasti kesasar ke blognya xD

      Delete
    2. Una harus lebih sering main kesana yaa, [eh kog maksa sih?] :P

      Tiap googling yg aneh-aneh munculnya blog Enigma?
      Waduuh, berarti pemilik blognya orang aneh donk?
      Pengunjungnya aneh-aneh donk?
      Aku sama Una, aneh juga donk?

      hihihihihihi.... :)

      #komen yang melenceng jauuuhh banget dari topik yg lagi dibahas.. hehe.. :P

      Delete
    3. Wkwkwk, lho emang kamu siapanya enigma? :P
      Ah gak ah... aku gak aneh...
      Kamu aja :P

      Delete
  42. pernah sih ngalamin tidur tindihan, tapi lupa apakah sebelumnya ada stres ato apa gitu.
    tapi masih ingat, pas tindihan itu, pas mo bangun tapi gak bisa bangun itu, yang ada melafaz semua surat2 pendek, sampai kemudian bisa bangun.
    jadi sempat mikir klo yang nindihin teh sejenis setan gitu :D
    tapis ekarang ini udah gak pernah sih. alhamdulillah, moga2 sih gak pernah lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi semoga gak lagi, jangan ah serem. :P

      Delete
  43. kayaknya gue pernah ngalami tapi dah lupa kapan itu rejadi,hem,,,,emang menakutkan tapi itu buat pelajaran buat kita ya kan?agar gak lupa dgn Allah dan gak bangga akan diri kita bahwa sebenarnya kita lemah sedang kekuatan itu berasal dari Allah dan hikmahnya pastinya dgn kita bisa nerapkan pola hidup sehat,sekarang masih kayak gitu gak dirimu una?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah beberapa bulan ini enggak, semoga selanjutnya enggak.
      Emang iya mbak bisa jadi pelajaran buat hidup sehat hihihi xD

      Delete
  44. Aku sering tindihen nek pas tanggal tuo durung gajian duite wes entek hahahaha....

    ReplyDelete
  45. hahaha, ane gak pernah tindihan :D

    hehe, kalo gua nindih temen gua pas tidur sering :D

    ReplyDelete
  46. wahahaha, kalau tindihan gua gak pernah...

    kalau nindih temen gua waktu tidur mah sering

    ReplyDelete
  47. rasanya aku kok jarang tidur tindihan bgt ya Una

    ReplyDelete
  48. wah sering to mba e, sya jrang mba. takut hawanya kalu tindihan, buru buru sadar dah..

    ReplyDelete
  49. Tindihan itu sering dialami saat mimpi buruk dan memang kondisi tubuh yang lagi capek banget. Saya pun pernah mengalaminya, tapi ya itu paling baca ayat kursi dan bangunnya langsung teriak Allahu Akbar! ^_^

    ReplyDelete
  50. Kalau aku jika tindihan biasanya salah tempat tidur aja,.biasanya posisiku tidurnya tepat di bawah kayu besar atap rumah( Blandar Bahasa jawanya ).

    ReplyDelete
  51. aku pernah mengalaminya mbak una,sesak rasanya tp berkat baca ayat kursi...langsung bisa bangun kembali^^

    ReplyDelete
  52. aku juga pernah kug tidur tindihan
    rasanya itu lemah semua
    padahal mata udah melek :D

    ReplyDelete
  53. pernah ketindihan, tapi kayanya cuma sekali... ampe sesek napas gituh, hiyy ga mau lagii.. doa sebelum tidur Un biar tidurnya nyaman hehe

    ReplyDelete
  54. Aku pernah Una. Dan baru pertama ngerasain pas kuliah. Hmmm.. sebenernya penjelasan dari sisi medis udah cukup jelas sii. Cuma kadang ada yg nambah-nambahin, karena makhluk halus lah, dan lain sebagainya.

    Untungnya belakangan udah jarang. Tapi tetep aja kalo kejadian lagi ya takut. hihi

    ReplyDelete
  55. tindikan dimana, na?? aku tau kamu gak suka tindik!! bhahahaa

    ReplyDelete
  56. sama kok istilahnya tindihan... tapi ko aku biasanya pas bangun jadi haus... hallah...

    ReplyDelete
  57. kunjungan gan.,.
    bagi" motivasi.,.
    apapun yang bisa kita lakukan lakukanlah sekarang .,.
    jangan buang waktu kamu sia2.,.
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,

    ReplyDelete
  58. kalau salah bantal sering mba...

    ReplyDelete
  59. Na... Masih ketindihan? koq belum apdet :(

    Baru nyadar akyu, kalo referensinya dr enigma juga, mulai tertarik dng hal ginian ya, Na?

    Kabarnya The Bob, gimana sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku hari ini ada dua paper mas. T.T
      Ngga juga sih, cuma aku nyari sesuatu kok ya ketemunya di blog enigma terus hehehe...
      Kalah mas...

      Delete
  60. ketindihan bantal sering..

    ReplyDelete
  61. Gaya postingnya rasanya agak beda nih Un? Tumben pake kata 'gua'?? hahaha :P

    Anyway, aku pernah mengalami tindihan cuma sekali aja (amit-amit deh, mudah-mudahan nggak pernah lagi). Serem banget memang, mau bangun tapi badan tak bereaksi gitu. Ya udah reaksiku adalah: tidur lagi aja, huahaha :P .

    Btw, yang pengalaman kedua serem bgt tuh. Aku pernah baca dimana gitu bahwa memang bisa lho ada fase kita seperti 'keluar dari tubuh' gitu. Jadi kayaknya kita bergerak tapi trus kita melihat badan kita masih tidur gitu. Hii, serem bgt... :-|

    ReplyDelete
  62. Una..aku jg pernah ngalamin tindihan... Tp gak sering sih.. Dan terjadinya jg kalo lg capeeek bgt dan gak tidur di tempat yg layak.. Tidur di lantai misalnya...emang gak enakbgt ya... Serem...

    ReplyDelete
  63. beberapa hari yang lalu juga aku sempet sih kena sleep paralysis, klo kurang tdr dari 6 jam pasti deh malem'a bakal kena

    ReplyDelete
  64. hmmmm gua barusan ngalaminnya.. gak seneng gua kalo dibilng di timpah makhluk haluss. karna yng gua rasaain itu asli kayk lumpuh yang bekerja otak, tpi disini gua bisa liat didpan gua tu apa. fix gak ada apa" didpan gua.

    ReplyDelete
  65. hmmmm gua barusan ngalaminnya.. gak seneng gua kalo dibilng di timpah makhluk haluss. karna yng gua rasaain itu asli kayk lumpuh yang bekerja otak, tpi disini gua bisa liat didpan gua tu apa. fix gak ada apa" didpan gua.

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!