Bertepuk Sebelah Tangan

Hari sabtu bagi aku dan saudaraku berarti nonton Indonesian Idol. Lho, Idol kan Jumat? Yes, itu karena kami nggak menonton televisi. We do youtube-ing. Hehehe, TV di rumah kesemutan dan malas liat iklan.

Tadi nonton video seorang kontestan nyanyi sebuah lagu yang berjudul Pupus. Videonya diulang dari awal, kami pun menirukannya namun lebih dramatis, aku dan saudaraku berteriak sambil bergaya, "baruuuu kusadariiii cintaku bertepuk sebelaaah tangannn."

Lalu aku teringat, aku sudah lama nggak tahu maksud frase bertepuk sebelah tangan. Kutanya sama adikku, apa sih arti bertepuk sebelah tangan?


"Gini lho mbak. Misalnya kamu naksir orang. Tapi orangnya nggak suka sama kamu. Itu bertepuk sebelah tangan."

"Oh, itu sih sudah biasa aku. Eh, bukan bukan. Maksudku bukan itu. Aku tahu kalau arti kiasannya, tapi kalau nggak kiasan, maksudnya gimana tuh?"

Kayak misalnya frase panjang tangan kan bisa kebayang tuh, digambarkan tangannya panjang jadi bisa mengambil barang dengan gampang. Atau misal menegakkan benang basah, kan bisa dipraktikkan. Atau mencari jarum dalam jerami, emang kalau dipraktikkan susah nyarinya. Nah, kalau bertepuk sebelah tangan itu gimana?

Maaf ya, aku memang bodoh sampai beginian aja nggak tahu.

Eh, adikku juga nggak tahu. Dia mempraktikkan tepuk tangan seperti foto di bawah.


Yeeee, itu sih bertepuk SETENGAH tangan, bukan sebelah!
Selanjutnya dia mempraktikkan tepuk tangan tapi nggak kena.
Jiaaah itu sih mau tepuk tangan diganggu angin.

Tidak ada kesimpulan.

Sore ini aku tanya sama ibuku, bagaimana sih bertepuk sebelah tangan itu.

"Alah, bertepuk sebelah tangan ki nak seneng karo wong njuk…"

"AAAH, BUKAN ITUUU. Maksudku gimana kalau kata itu bukan kiasan."

"Ooo, ngene lho." Ibuku menunjukkan tepuk tangan pakai satu tangan.


Aku ikutan mencoba tepuk tangan pakai satu tangan.

Aku bilang, "Bu, kalau tepuk tangan sebelah gitu kasian banget ya kelihatannya… menyedihkan, dan… kayak orang bego."

Kata ibu, "Ya makanya, orang yang bertepuk sebelah tangan itu emang kasian. Wong tepuk tangan sebelah beneran aja sudah kasian tho kelihatannya. Apalagi yang benar-benar bertepuk sebelah tangan yang istilah kiasan itu. Sedih…"

Aku, "Hooh…" Masih tepuk tangan pakai sebelah tangan.

♥♥♥

140 comments:

  1. bertepuk sebelah tangan ya dapetnya angin doang ya na,, gk dapet suaranya...tapi apalah arti suara,,lebih baik pilih angin aja dech,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi mending bertepuk sebelah tangan? Hihihi~

      Delete
  2. Bertepuk sebelah tangan = ngajak tos tapi dicuekin. Tragis. Kaya kisah cintaku. Eaaa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga cepat dapat yang mau diajak tos ya mbak! Eaaa!

      Delete
    2. numpang curhat ya jeng? Hihihi... ^^

      Delete
    3. wow milla curcol disini #eh

      Delete
  3. dasar kamu una, mengalahkan analisis anak2 sastra.. bisa jadi anak sastra dirimu hihihi

    ReplyDelete
  4. memang menyedihkan Na... makanya mending tepuk nyamuk di dinding pake sebelah tangan, pasti kena. hehe...

    ReplyDelete
  5. gimana kalo tepuk kaki aja Tante?

    ReplyDelete
    Replies
    1. piye se Dija iki...
      kalo tepuk kaki ya lebih kasihan lagi dong.

      masa penonton konser lady gaga misalnya, disuruh tepuk kaki, kan susah!!!

      Delete
    2. Wkwkwk Tante Elsa ki piye sih =p
      Hahahaha tangannya yang buat berdiri dong~
      Tepuk kaki yo Dija :D

      Delete
  6. tapi kalo ada nyamuk singgah di kulit, pasti nepuk pakai sebelah tangan kan...huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti namanya tepuk kaki-kulit yaa

      Delete
    2. Haha bertepuk sebelah kulit :D

      Delete
  7. bertepuk sebelah tangan tuh, mirip orang ngusir lalat atau nyamuk dari areal mukanya. wkkwkkwkk.
    :))

    ReplyDelete
  8. Tepuk sebelah tangan itu hampir sama dengan melambaikan tangan ketika ada yang pamit pergi kayaknya.. Hehehheeee...
    Memukul angin...

    ReplyDelete
  9. hahaha aku baru sadar juga kalo ngga tau perwujudan aslinya bertepuk sebelah tangan
    aneh ya un ternyata :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak tau? Ckckck, payah! Ahahaha padahal aku juga enggak.
      Iya aneh banget, dan melasin @_@

      Delete
  10. hihihiihi, gw gak tau ah, mau komen apa, yg jelas komen gw bukan spam lho ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah bertepuk sebelah tangan gak mas? :p

      Delete
    2. pernah dong, sering malah, tapi bukan dalam kiasan ya, ini juga lagi bertepuk sebelah tangan tuh :P

      Delete
    3. Kayak orang gila dong tepuk tangan satu tangan :p

      Delete
    4. gpp deh, asal gak kaya elo :P :))

      Delete
    5. Iya juga sih, masa kamu cantik mas :p

      Delete
  11. walopun kesane kasian.. tp kamu udah bikin aku ngakak and berhasil bikin aku tambah batuk2.. :(

    =))

    oia Na.. itu Ibumu???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jiaaah, pilek juga gak? :))
      Ibunya adekku \:D/

      Delete
    2. hahhaa.. kamu nggak punya Ibu yaa??

      =))

      Delete
    3. NGACA WOY.... =))


      hahahahaaaaaaaaaaaaaaaa

      Delete
    4. Sudah, mirip Shakira ya gue...

      Delete
  12. dalem nih maknanya, apalagi klo dihubungin sm nembak cew..
    *sedih klo bertepuk sebelah tangan... *curcol

    ReplyDelete
  13. ahhhhhhh.......
    jadi inget ama salah satu lagune Padi yg menjadi sontrek kisah kasih jaman muda dulu, isinya seputar diriku yg bertepuk sebelah tangan, wkwkwkwk....

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAHAHAHA, pukpuk =p
      Malah nostalgia ki lho :p

      Delete
  14. kiraiiiin.....
    bertepuk sebelah tangan dalam arti kiasan....hihihi

    Unaaaa....berani2nya ya..ngerjain mamanya kayak begitu
    tanteeee.....bertepuk tangannya sama tangan aq aja yaa...biar gak bertepuk sebelah tangan terus kyk begitu....hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha enggak dong,
      aku kan gak bertepuk sebelah tangan :P
      Ahahahaha iya, kok mau ya ibuku kukerjain :))

      Delete
  15. Hehe...dulu sering diplesetin: baru kusadari, cintaku ternyata bertepuk tangan... trus saling pandang dan ngekek... xixixi...

    Sedih deh si Rosa keluar, padahal kan keren banget dia nyanyiin lagu Pupus :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jiaaah...
      Ah kerenan yang lain :p
      Rosa gak gitu keren :p

      Delete
    2. dibanding Yoda, jauh keren Rosa donk...
      Nomor 4 deh setelah Regina, Sean, and Febri...
      #kekeuh

      Delete
    3. Yoda lebih keren ah apalagi rambutnya :p
      Rosaaa gak kereeennn *sambil melet*

      Delete
    4. nyari saamaan rambut ya Na...?

      Delete
  16. baca tajuk ingatkan Una sedang frustrated.. rupanya sekadar nak tahu macam mana rupa bertepuk sebelah tangan.. hihihi

    suka baca semua comment dari teman2 Una :)

    ReplyDelete
  17. wah ibunya kasian tuh gak mau di foto, jadi di anggapnya una sebagai pose bertepuk sebelah tangan, hehehe cuma nebak2 soalnya dari ekspresinya ibu una gak mau di foto jadi ia langsung menutupi wajahnya. Maaf beliau bukan regina atau sean :D yg skrg lagi mendadak idol.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sok tau :p
      Orang kuminta tepuk tangan sebelah tangan~ yeee
      Emang ketutup mukanya...

      Delete
  18. Hahaha setuju banget sama ibunya Una yang meragain "tepuk sebelah tangan".. Sebelumnya nggak kebayang peragaan "bertepuk sebelah tangan" dalam makna denotatif. Makasih ya ibunya Una :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... sama juga tho nggak kebayang :p

      Delete
  19. hehe sebenernya kalo nepuk 1 tangan berarti bukan nepuk ya, itu berarti melambaikan tangan.
    kalo tepuk kan berarti harus ada yang ditepuk. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nepuk angin :p
      Makanya tidak mungkin kasih sayang hanya satu pihak, ahahaha!

      Delete
  20. kalo itu mah bertepuk sebelah mata, un..

    ReplyDelete
  21. kira2 sampai hari ini, sudah ada berapa kisah bertepuk sebelah tangannya Na? #kepo

    ReplyDelete
  22. Siapa ya yang menemukan istilah bertepuk sebelah tangan. Kan ada patah hati juga. Wah orang dulu sukanya bikin kiasan melulu.

    ReplyDelete
  23. klo cuma sebelah namanya bukan 'tepuk' dong mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya makanya kasih sayang satu pihak itu gak mungkin~

      Delete
  24. Saya gunakan cara ini untuk menepuk nyamuk, karena biasanya kalau dengan dua tangan jarang kena. Jadi nyamuknya saya tepuk arah ke lantai, nyamuknya pusing baru ditekan. So tepuk sebelah tangan alias memukul ada manfaatnya juga :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, mungkin menurut yang bikin kiasannya.
      Tepuk sebelah tangan nepuk nyamuk gak kena-kena itu bagaikan orang suka sama orang tapi sananya gak suka ahahaa~

      Delete
  25. Bertepuk sebelah tangan sama halnya meludah sambil menganga...
    Saya berani memastikan bahwa kita justru nggak akan bisa meludah manakala mulut kita terbuka lebar alias nganga...

    Aneh ya, ketika disempitkan malah bisa, tapi ketika dibuka lebar malah gagal

    Rekuwes Na, tolong bikin GIF Animasi wong idu tapi mangap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada relasi antara luas lubang pipa (mulut) dengan volum liur, hihihi...
      Bisa aja tapi itu namanya ngiler wkwk dudu ngidu...

      Delete
    2. Mbak Choco nggilani juga, ahahaha...

      Delete
  26. makanya yang namanya cinta tulus diantara anak muda itu sebenarnya tidak ada

    ReplyDelete
  27. Eh, ibunya una rambut nya ternyata gak keriting ya.....

    Una mirip siapa donk.....bapak ya...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lurus banget, wkwk.
      Mirip Beyonce mbak :p

      Delete
  28. bertepuk sebelah tangan itu emang nyesek sakit ga ada obatnya sama kayak virus HIV Aids. mematikan bisa bisa hahahahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh serem banget bro bandingannya, hahahaha...

      Delete
  29. tepuk tangan bareng shirley aja na, biar ndak ada yang bilang kasihan.. hahahahhaa :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh barusan inget, rupanya ada lagu dangdutnya juga lho..

      "bertepuk sebelah tangan, manaaaa mungkin..." udah cuma tahu segitu doang, gk hapal liriknya.. :))

      Delete
    2. Waaa boongggg gak apal liriknyaaa :P
      Pasti expert banget nyanyi itu \:D/
      Shirley gak punya tangan, punyanya kaki :P

      Delete
  30. mendiongan itu tangan buat kipas2 drpda tepuk tangan tp cuma dpt angin ajah.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya mbak, aku yang dikipasi ya hihi :D

      Delete
  31. Aku pikir kak Una galau, ternyata enggak tohh wkwk :D

    ReplyDelete
  32. whahaha.. eh, una dulu aku suka lho bertepuk sebelah tangan. gak tau kenapa, berasa lucu aja, ahahahaha :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha, aneh emang ya mbak tepuk tangan sebelah hihi :D

      Delete
  33. aku juga dulu bingung ngebayangin arti non-kiasannya kayak gimana. Bertepuk kan artinya tangan ketemu sama satu objek apa gitu ya jadi kan trus menghasilkan bunyi gitu. Nah kalo sebelah tangan trus gimana dong?? hahaha. Tangannya ditepukin ke tembok gitu?? :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi ya gak tepuk tangan sama siapa siapa, makanya gak mungkin, dan menyedihkan wihihihi~
      Tepokin nyamuk aja mas :p

      Delete
  34. Bertepuk sbelah tangan tuh mungkin tangan yang satunya buntung atau ceko! Bhahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada kolom komennya :( Aku nebeng kesini aja deh. :O
      Itu ibunya kayak lagi dugem mbak. xixixixi
      Oh iya, ng, anu, sori sebelumnya, heheheh minjem namanya ya mbak Una! :D

      Delete
    2. Ceko? Slovakia? Wkwkwk...
      Oke Hadi, aku mampir ke sana ntar hihi :P

      Delete
  35. intinya.. tangan satu lagi masih menunggu eehh sitangan lainnya lagi sibuk nepuk angin.. makanya menyedihkan banget :p

    ReplyDelete
  36. Sungguh ada ada saja :D
    Kasihan ibunya mba una dari tadi gerak2 mau tos tapi gak tau sama siapa.. pegel tuh pasti.. :D

    ReplyDelete
  37. tapi kalo 2 orang nyang bertepuk sebelah tangan bersatu, jadi seru, kek tangan sebelahnya jenab ketemu sama tangan sebelahnya si Oyin... nah jadi tepok beneran paannn...

    jadi jangan sedih, kalo cuman ada tangan sebelah, cari pasangan tangan sebelah nyang lain, di dunia kagak cuman die mannnn... hag...hag...hag... :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakaka, setuju setuju.
      Masih banyak tangan sebelah yak wkwkwk~

      Delete
  38. Una pernah dipukulin pake telapak tangan oleh bu guru ato mami-nya???. itu namanya loe ketepuk sebelah kanan. kalo ketepuk dua2nya, di infus dehh hihihiii...! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sorry maksud gue yg Kanan itu ketepuk sebelah tangan! biasa emosi nulisnya gkgkgkgkk!!

      Delete
    2. Hahahaha ngetiknya gak konsen yah :p

      Delete
  39. Masih susahan tepuk sebelah kaki lho un :D

    ReplyDelete
  40. hehehe bisa aja Una dari frase itu bikin postingan ini:)

    ReplyDelete
  41. berjalan sebelah kaki lain lagi ya mbak :D

    ReplyDelete
  42. wakakakakaka... sebenernya sederhanaa yah topiknya... tapi seru juga.. hahaha...

    yang namanya bertepuk sebelah tangan itu emang gak enak...

    seperti mengharapkan konser lady gaga di Indonesia o_o

    ReplyDelete
  43. bener bangeeeet

    kadang suka nanya maknanya apa sih... pembodohan bangeeet.... hahhahaha

    ReplyDelete
  44. jiahahhaa... gue kire cinta lo ditolak Un..:p

    ReplyDelete
  45. Haha dasar una, selalu dehhhh
    mudah2an ngerti yah skrg :P

    ReplyDelete
  46. Huuuuuu...dasar Una, masak peribahasa suruh di praktekin. Jangan2 habis ini kamu minta adikmu suruh minum susu belanga dunk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woiii kaga ada peribahasa minum susu sebelanga!!!!

      Delete
  47. Bagus, Un. Kritis dan punya rasa ingin tau yang besar. Andai semua mahasiswa kayak Una.. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, aku kritisnya ke hal hal yang gak penting~

      Delete
  48. Bertepuk sama Shirley saja, Na...

    (tetep ra muni :P )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buka jaitan kaki Shirley trus dikasih bel dulu wkwk

      Delete
  49. adaaa aja idenya una buat posting di blog.... kreatiff... komen ibunya una ahh... masih muda dan ga mirip una ya....hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha cantikan aku ya mbak?

      Delete
    2. cantik dua duanya.... tapi entar traktir aku yaks...hihihhi

      Delete
  50. ada ada aja nih... bertepuk sebelah tangan ilustrasinya lucu banget...

    semoga sekarang seluruh anak anak sekolah pelajaran bahasa indonesia bisa mengerti arti sebenarnya bertepuk sebelah tangan itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ibuku kusuruh mau aja lagi wkwkw~

      Delete
  51. Rasanya pengen ccin post ini ke si anu deh supaya tau betapa mirisnya cinta bertepuk sebelah tangan itu. Tapi kesiaaan.

    *jangan tanya siapa

    ReplyDelete
  52. salam gan ...
    menghadiahkan Pujian kepada orang di sekitar adalah awal investasi Kebahagiaan Anda...
    di tunggu kunjungan balik.nya gan !

    ReplyDelete
  53. lucu ya mb...
    ato mungkin kayak jaman pramuka dulu y..
    tepuk tangan tp gak bunyi, ato seperti itu y una...
    namanya apa y....**lali je..**
    hehehe

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!