Tentang Museum dan Museum Keren #1

Apakah aku suka wisata museum? Biasa aja sih. Diajak ayo ayo aja, ikutan tur komunitas sejarah pun juga pernah, tapi senang sekali ke museum juga nggak juga. Karena... museum banyak yang membosankan!!!

Menurutmu gitu juga nggak?

Banyak yang menuliskan bahwa minat masyarakat terhadap museum itu masih rendah. Pada nggak punya apresiasi, ya aku juga gitu sih. Ya tapi gimana ya, wong museumnya aja begitu... Tapi lumayan oke lah ya kalau liat Museum Fatahillah di Kota Tua rame ABG gitu. Ya meski fungsi museumnya jadi berubah: untuk foto-foto.


Tahu nggak sih... lagi-lagi kalau liat museum nggak terawat bawaannya pengen ngumek-umek. #selalu. Brosur nggak ada, arah mengelilingi museum nggak jelas, pokoknya secara simpel bisa dibilang nggak menarik lah!

Padahal menurutku, museum itu harus menarik supaya pengunjungnya pun jadi tertarik untuk mempelajari koleksi museum tersebut. Pengunjung nggak perlu punya minat khusus mengenai spesialisasi museum itu, tapi dengan museum yang oke punya, mereka akan secara sukarela dan senang hati mempelajari isi museum itu. Setidaknya, sepulang dari sana ia bisa menambah pengetahuan.


Tak sekedar menambah koleksi foto di akun media sosialnya.

Dan museum kebanyakan malah bikin jadi nggak kepengen mempelajari apa isi museumnya. Males, jelek sih displaynya, ahahaha #pengunjungmuseumsongong

Paragraf-paragraf di atas kok rasanya pesimis tenan. Ada juga kok museum keren menurutku. Ada tiga museum yang pernah kudatangi yang layak menjadi museum keren:

1. Ullen Sentalu.
Salah satu bagian Ullen Sentalu. Di sana nggak boleh foto di dalam, jadi ya gitchu deh.

Museum ini terletak di arah Kaliurang dan isinya mengenai Kerajaan Solo-Jogja. Museumnya memang mahal, 25 ribu sekali masuk tapi terbayar, sih. Jujur aku blas gak paham mengenai keluarga-keluarga kerajaan situ dan meskipun setelah pergi ke sana aku pun tetep masih bingung, aku suka sekali ke museum ini. Ada guide yang mengantarkan kita dan menjelaskan isi dari museum itu. Museumnya seakan-akan terletak di bawah tanah gitu dan oke lah interiornya. Di akhir tur kita dikasih ramuan rahasia Kanjeng Ratu Mas. Coba deh ke sana kalau ke Jogja!

2. Museum Bank Indonesia (MBI)

Gak punya foto museumnya hihi...
MBI terletak di wilayah Kota Tua. Masuknya gratis tis tis. Ya dari namanya jelas lah ya ini berkenaan dengan uang. Menariknya di awal kita masuk di dinding ada gambar koin berjatuhan dan bisa kita tangkap di dindingnya. Di dalam dioramanya banyak display menjelaskan mengenai sejarah uang, komoditas ketika zaman penjajahan bagaimana. Bank gimana waktu jaman dulu. Ada ruang numismatisnya yang memamerkan uang-uang Indonesia berbagai era. Ada ruang khusus yang seakan-akan seperti ruang penyimpanan emas batangan. Terakhir ke sana ada alat yang digunakan untuk simulasi ATM untuk anak kecil, tapi waktu itu belum mulai berfungsi.

3. Besok aja deh!

Hihihi terusannya lanjut besok yaaaa! Capek ngeresais fotonya euy. *alesan*

Naaahh, teman-teman sekalian.
Ada yang hobi ke museum?
Suka nggak?
Kalau nggak suka, kenapa? Hihihi ^^
Ada nggak museum keren di daerahmu?



Vote lagi ya!
Dalam satu hari, satu akun bisa vote satu kali. Vote lagi dong. ;)



Click bannernya atau ke thebobs.com/english/category/2012/best-blog-indonesian-2012/
Login with your FB/Twitter/OpenID account.
Click vote now on my blog: Una Vida Escrita de la Una
Thank youuu!


99 comments:

  1. Gimana mau menarik un, dana untuk ngurusnya aja gak ada. Perhatian dari pemerintahnya kurang kali ya.

    Musium kali urang dimana sih un? kok aku gak pernah lihat hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahhaha... tumben iso petromaxx wkwkwkwk

      Delete
    2. Iya huhuhu, makanya bayarin dong Mas Bud...
      Huuuu ya di situ deh. :P

      Delete
    3. Jiaaaahhh... selamat Anda pertamax.
      Hadiah pertamaxnya ya ucapan selamat. Selamat!

      Delete
  2. yah paling sebut museum la galigo, una. kamu juga sudah ke sana kan? apa pendapatmu? kerenan mana dengan museum2 di atas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang di Rotterdam yak. Gak ingaaatttt! Kan aku masih kecil :P

      Delete
    2. yeee kirain ingat. pasti cuma ingat seram2nya saja

      Delete
  3. museum.. emm... emm...
    museum tulang-tulang itu apa namanya ya?
    ehmm... situs! iya situs :D
    hahahaha, aku hanya pernah ke situs.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi tempat bersejarah, cagar budaya pun disebut situs :P
      Gak pernah ke museum?!?!

      Delete
    2. ajak aku dong unaaa cantik ^^
      ya ya ya \(-^_^-)/

      Delete
    3. Sini ke Jakarta mbaaak...
      *ini udah ku ajak hihi*

      Delete
  4. wah aku pernah ke museum tsunami dan Rumah aceh na, ckkcck kalau ke aceh jgn lupa ke museum tsunami ya na, di tunggu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masuk spam lagi :P
      Okeee tapi kapan ya aku bisa ke sana hihihi.

      Delete
  5. aku pernah na. ke museum tsunami, kalau ke aceh nanti una bisa mampir ke museum tsunami :)

    ReplyDelete
  6. klu gue gak minat un,he2he,,,,gak menarik klu di luar negeri,lewat di depannya ajah dah gak mood apalagi masuk kedalam,klu soal sejarah gak mood dah dari sono nya eh salah sudah dari SD,unyu unyu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi kirain kalau di luar negeri museum menarik semua loh.
      Madam Tussauds di The Peak menarik tuh mbak :p

      Delete
  7. foto yang bagian Ullen Sentalu, mirip2 sama Aurel. hehehe

    ReplyDelete
  8. Aku dari dulu suka dengan museum, karena bisa tahu tentang sejarah. dan aku paling suka dengan ilmu sejarah di samping ilmu matematika. Pokoknya serasa hidup du jaman dulu jika aku datang ke sana. Museum yang sering aku kunjungi museum 45 jogjakarta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Museum 45 di mana tuh, baru dengar hehehe...

      Delete
  9. Jadi pengen tau museum satu lagi yg menarik buat Una, Madame Tusssauds atau House of Sampoerna?

    setuju, dua museum di atas sangat menarik dan
    tiket di Ullen Sentalu keren ya, kulaminating buat jadi pembatas buku

    ReplyDelete
    Replies
    1. House of Sampoerna hihi ini kan edisi Indonesia :D
      Aku lupa tiketnya kayak apa wkwk...

      Delete
  10. suka banget ma museum batik sekolahku nduk...:D
    masuknya gratis,....d kasih sangu lagi buat belanja2...hahaha...

    udah gitu ga ada larangan membawa masuk binatang peliharaan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha soalnya bikin menang lomba yak :P

      Delete
  11. una,, q cuman pernah ke musieum dirgantara,,

    ReplyDelete
  12. komentqu nyasar ke museum..... nyari pintu masuk malah ga nemu nduk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mampir dulu dia hahaha tapi dah balik ke sini kok :D

      Delete
  13. Replies
    1. apik tenan ayoo ndang rene..... :D
      depannya ada lap jetayu....ada kaya tugu tulisan B A T I K..... ;) bs bwt foto2 1000 jepretan :))

      Delete
    2. deket pantai jugaa...

      nggak bakalan nyesel :))

      Delete
  14. walaah..... aku seumur-umur malah durung tau neng museum je un, hihi....mesakno tenan yo........

    ReplyDelete
  15. huaa Ullen Sentalu!! aku pengen banget ke sana belum kesampean Na, mudahmudahan bisa kesaa dalam waktu dekat :D

    ReplyDelete
  16. Mau diperhatiin ke ga diperhatiin ke teuteup ajah lebih pada mentingin kelangsungan hidup ekonomi. Sosialnya agak kurang na. Kalopun aja sekali dua kali doang udah itu lost. Ayo Una kita bersama bangun situs2 sejarah di Negara kita biar ga bosen atau ga menarik. Curcol.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Zal maksudmu apa :((
      Nulisnya yang jelas dong :((

      Delete
  17. aku termasuk orang yang gag demen mengunjungi museum. bosen aja gitu. hho
    tapi yaa kadang kalo lagi sadar ya nyimak bener segala yang ada di museum :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, museumnya pun kadang emang mbosenin sih :((

      Delete
  18. musium itu bagian dari potongan sejarah daerahnya.. atau budaya... kalau musium ga terawat.. mungkin orang2 bisa saja mudah melupakan sejarah dan budayanya...

    itu sih menurut ku.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoyoi... Kadang dananya juga kurang atau entah ke mana? Hahaha...
      Eh maaf belum bisa komen blogmu, aku takut sama gambar hewan di sana...

      Delete
    2. gkgkgk.. sama ulat aja takut... santai aja.. dia ga nggigit kok..

      ^^

      Delete
  19. wah, gimana ya? di kampung gak ada museum sih!
    kalo tempat sesajen sih banyak Na

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tempat sesajennya dibikin museum aja...

      Delete
    2. musium sesajen donk jadinya.. hahaha.. :D

      Delete
  20. museum mana ya yg pernah ku samperin, hmmm, kalo keraton ke cerbonan, gua sunyaragi termasuk itungan gak? fatahilah sering lewat tapi males masuk, terus apalagi ya, kalo gedung proklamasi? gmn tuh, poncol, pasar gombrong, eh itu mah bukan ya, hihihi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gak pernah ke museum, kamu aja mas dimuseumkan...

      Delete
  21. Kalau aku sih tergantung jenis museumnya. Kan museum macam-macam tuh, ada museum seni, sejarah, dan yang khusus-khusus semacam mobil, olahraga (tenis), lalu ada science, natural history, dsb. Kalau pas suka dan cocok sama temanya sih aku biasanya enjoy, hahaha. Tapi memang kok ada beberapa museum yang "apaan sih ini". Contohnya di Delft ada museum gagang pintu, jadi yang dipamerkan ya macam-macam gagang pintu gitu deh *cape deh, huahaha*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keren amat gagang pintu dimuseumkan, hahahaha...

      Delete
  22. dulu pernah sich ke musium mbak - tapi lupa musium apa ya hahahaha :))

    ReplyDelete
  23. Sip, nanti kalau ke jogya ta usahain ke museum Ullen Sentalu #kapan ya ke jogya?

    Nah kalau ke MBI, nanti kan di ajakin sama Una kalo di jakarta kan? Tp jgn di ajak naik ojek ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuajak naik metromini :))
      Makanya ke sini mbak :D

      Delete
  24. Wah....., pasti enak ke MBI ya Na ? Banyak cerita dan arsitektur klasik untuk foto-foto.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laaah bukannya om indra pernah ke sana, hihi :D

      Delete
  25. gua termasuk orang yang males ke museum. hahaha.
    padahal disini ada banyaaak banget museum dan bagus2. dan udah berapa kali kepikir mesti sering2 ajak andrew ke museum, tapi tetep aja males. :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha itu karena di Indonesia museum jelek-jelek? :P

      Delete
  26. belum pernah ke museum yang disebutin di atas nih. aku kalo ada yang ngajak mau kayaknya nih, una mau ? :D

    ReplyDelete
  27. Kalau ke sebuah negara/kota di LN pasti mampir ke museumnya. Tapi sejak punya anak ya agak susah, krn mereka merasa bosan :) apalagi yang di Indonesia :D Kalau di Jepang sih museum PASTI ada atraksi/mainan utk anak-anak jadi anak2 betah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk yoyoi bosenin sih.
      Asik kali ya datang ke museum di Jepang :D

      Delete
  28. gak gitu suka sama museum, dulu nyoba ikutan BATMUS, keliling KOTU, tapi sekali doang, gak minat ternyata. :D
    tapi setelah kemarin kang yayat posting itu salah satu pojok dari rumah sampoerna, kok jadi pengen mampir ya hehehe

    ReplyDelete
  29. HU .. habisnya anggaran kebanyakan dipake buat korupsi doang ..
    padahal kalo dipoles dikit aja, museum itu pasti bakal laris manis ..
    wong, sejarah Indonesia itu banyak dan menarik ya kak..
    gue juga jarang si ke museum ..
    pernah sekali ke lubang Buaya, nah itu lumayan bagus menurut gue, apalagi pas ngeliat sarung yang masih ada darah korban keganasan G-30 SPKI ..
    recomended :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa Es...
      Makanya subsidiin sono, renovasiin museum.
      Aku pernah ke sana, tapi lupa :P

      Delete
  30. Meseum??
    hehehe.....
    Keren banget yah yg MBI itu, pernah liat di TV ^^
    Jadi pengen ke situ deh :)

    ReplyDelete
  31. ..sama tuh mba Una !!
    aku klw k'suatu t4 yg keren,
    pasti buat foto-foto dongxxx !! XD

    ReplyDelete
  32. Wah kalau harus ke jogja dulu kejauhan mbak Una, sayangnya museum -museum ini semakin kesini semakin jarang pengunjungnya yah. padahal sejarah itu penting.. anak-anak sekarang lebih suka ke mall dan tempat hiburan, sepertinya sekolah-sekolah juga udah jarang yang memperhatikan kesana lebih ke tour-tour dan jalan-jalan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha tapi di Jogja adamuseum keren, gimana dong :P
      Emang Zay, Uzay sukanya ke mana? :P

      Delete
  33. dulu si kecil2 seneng ke museum tapi pas da gede gini mulai malas soalnya museum kbnykn da ngk kerawat jadinya agak ngk betah berlma-lama di dlamnya.

    ReplyDelete
  34. Tak tambahin yang aku pernah mampir, ya! Museum kerucut, jogja! [lumayan terawat tapi pesing] dan museum muri, semarang [mantep tapi panas]

    ReplyDelete
  35. hooo? siapa itu yang ada di poto? kamu na? apa orang lain lain?

    ReplyDelete
  36. ya emang sih museum jaman sekarang udah enggak ada harganya. udah kalah pamor tuh sama yang namanya MALL, WARNET, dsb. tapi emang sih yang buat museum kurraang menarik kegiatan yang enggak jelas, jadinya kalah pamor dah :|

    ReplyDelete
  37. bener juga ya Na, krn kurang menarik juga kurangnya informasi sekitar area museum, bisa bikin orang males utk berkunjung
    padahal , kalau saja lebih tertata rapi dan menarik, pasti banyak juga pengunjungnya

    salam
    nb : bunda selalu vote tulisan Una lho... :)
    bagus2 sih tulisannya....
    semoga bisa unggul jd blog terbaik ya Na....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Bun, sedih T.T
      Hihihi asiiikkk makasih yaaa!

      Delete
  38. hmmmm kalo di banjarmasin, museumnya biasa aja juga sih, tapi enak ko kesana, banyak tamannya, teduh, sejuk, yaaa mungkin kita harus menggalang dana ngumpulin koin biar museum lebih keren gitu, hoho

    ehhh una, blog aku gak ada lagi yaa di daftar blogroll nya, huhu, #awas, ada dua samurai di punggung ni#huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Koin untuk museum gitu ya.
      Hahaha kan kamu kufollow di hatiku.
      Aku kemaren salah pencet bloglistku kehapus semua, punyamu kelewat untuk dimasukin :P

      Delete
    2. interupsi pimpinan sidang......

      pakai yang iezul.web.id aja, kalo leedzabout itu blog ngawur,,,,hohoho

      *maklum, lagi cerewet ni*
      haha

      Delete
  39. kok dadi seneng post museum
    meh dimuseumke popiye..?
    hehehe

    ReplyDelete
  40. Saya iri dengan museum museum lain...
    di museum lampung hampir gak kerawat...
    paling di pakai cuma buat perpisahan anak sekolah bukan tempat pembelajaran...

    ReplyDelete
  41. Aku belum pernah sama sekali masuk museum..
    Hihi.. Payah, ya..
    Aku pengen tahu RAHASIA KANJENG RATU MAS, ni, Mbak..
    Posting uga, dums.. Hehe :P

    Mbak, yang di foto tuh sapa?
    Kok aku juga pernah liat di postingan Mbak Una yg dulu2, ya ^^

    ReplyDelete
  42. Museum ,, peertama dan terakhir injak tempat itu pas SD kelas 5 (klo ga salaah )
    :D

    ReplyDelete
  43. Gak pernah ke museum. Pernah juga ke rumah Bung Karno yang di Bengkulu (eh, ini termasuk museum juga gak, ya? ... pokoknya gak jauh beda kok sama museum) :D

    ReplyDelete
  44. museum fatahillah adalah favorit saya kalau lagi ada acara foto foto... paling eksotis...
    semoga bisa dijaga dengan baik ya... Museum BI juga keren sekarang.. sudah pake technology canggih ya... kapan kapan ajak ajak dong kalau ke museum.

    ReplyDelete
  45. museum sampoerna katanya bagus, una ;p
    andai museum di indo kayak museum2 di eropa yaa

    btw, museum 'terkeren' menurut saya adalah museum geologi di bandung. terakhir kali saya ke sana pas SD! *gubrakk*

    ReplyDelete
  46. Saya dulunya gak senang museum, alasannya seperti yg Una tulis, gak menarik. Namun faktor U membuat perpektif bergeser kali ya, ingat kubur jadi lebih arif (hahahha..) jadi kalau punya kesempatan, sekarang saya suka menyambangi museum. Cuma ada nilai kurang tiap kali berkunjung kesana, gak boleh motret..padahal biar tua yang namanya narsis kan tetap hidup ya..

    ReplyDelete
  47. waduh museum iti mengingatkan aku pada pelajaran sejarah yg menyebalkan buat aku ~_~

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!