Midday at Mangunan

Satu lagi situs wisata Jogja yang rasanya pengen kuumek-umek. Kebun Buah Mangunan namanya. Tempat ini berlokasi di Desa Mangunan yang terletak di Imogiri, Bantul. Menurut pengukur jarak yang tertera di motor yang kutumpangi, jaraknya 19 kilometer dari rumah nenekku di daerah Kota Jogja. Lumayan oke lah buat bikin pantat datar...

Tempatnya tak jauh dari kuburan para raja Mataram di Imogiri dan Desa Giriloyo, desa yang masyhur akan gurahnya. Jalannya naik-naik bukit gitu, pusing... Pas udah mendekati kawasan berpagar kawat yang menandakan itu area kebun buahnya, aku bilang sama yang mboncengin aku, alias bapakku dewe, kalau aku syok kaget kok kebun buahnya kothong, nggak ada apa-apanya. Buahnya juga ngga ada!

Katanya, emang kebun buahnya nggak bagus, tapi pemandangan dari atasnya bagus.


Mari kita turun ke bawah ^^


Ternyata yeah, kebun buahnya nggak menarik blas. Nggak rapi dan nggak berbuah. Aku langsung menuju ke arah hmmm semacam balkon gitu. Bisa lihat pemandangan dari atas gitu dari di situ. Baru berjalan ke sana ada coret-coretan yang menarik untuk dilihat. Amalia_anang 21-5-11, tapi sekarang dah putus tuh, ganti Ashanty. Brb, nyari spidol buat nulis 'Una wuz here'.


Dari 'balkon'-nya bisa dilihat panorama hijau-hijau dipadu dengan Sungai Oyo yang kehijauan. Apa ya yang menyebabkan sungai tampak hijau dari atas? Mungkin tumbuhan yang tumbuh di permukaan dan dasar sungai kali ya. Kota Jogja nggak kelihatan dari atas sini.


Waktu ngelihat dari atas nggak tahu kenapa rasanya seneeeeeng gitu. Padahal aku cuma liat pemandangan doang, mbuh ya. Katanya sih, bagusan lagi kalau pagi-pagi datang ke Mangunan. Karena kalau berdiri di 'balkon' itu, kita ada di atas awan masihan. Seru tuh kayaknya. Tapi sih aku, boro-boro bangun pagi... hihihi...


Di foto di atas bisa dilihat keadaan 'balkon'-nya. Menyedihkan ya. Bahkan untuk duduk pun nggak nyaman. Padahal kan asik tuh, duduk-duduk sambil melihat pemandangan, foto-foto sambil ngemil dan minum coke. Tapi sayang sekali. Andai aku kayak Bandung Bondowoso bakal kubangun kebun buah mangunan sehari semalam deh biar jadi bagus...




Yaaa, walaupun Kebun Buahnya nggak gitu bagus, tapi oke lah pemandangannya. Keren! Enakan pagi-pagi kali ya. Kalau siang, panase reeekkk... Aku yang ke sana jam sebelas siang aja panasnya minta ampun (hlo judulnya kok midday, ben laaah.). Yang aku suka dari area kebun buah Mangunan ini, tiketnya resmi! Satu orang dipungut tarif lima ribu rupiah. Ada kertas karcisnya juga. ^^

Semoga Kebun Buah Mangunan makin keren deh. Sayang aja kalau fasilitasnya nggak keren, padahal kan bisa narik visitor banyak. Apalagi nggak jauh dari sana ada Makam Imogiri dan ada tempat wisata pengalaman gurah di Giriloyo. Potensinya oke kan padahal... *ngumek-umek kertas*

Btw, aku jadi pengen ngeliatin orang gurah deh. Seru tuh, hihihi!


Vote aku ya!
Hihihi, vote-nya sampai 1 Mei, jadi ga bosen-bosennya aku promosi wkwk.
Dalam sehari bisa satu vote, vote lagi donnggg. *kedipkedip*


Click bannernya atau ke thebobs.com/english/category/2012/best-blog-indonesian-2012/
Login with your FB/Twitter/OpenID account.
Click vote now on my blog: Una Vida Escrita de la Una
Thank youuu!

120 komentar:

  1. banyak yang tulis nama juga tuh kayaknya disana Na':)

    btw pemandangan dari tempat yg tinggi emang bagus, itu yg kelihatan sungainya keren..

    (tebak ini siapa coba..?)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngawur, postingan sendiri di komenin sendiri, huft :p

      Hapus
    2. itu ketinggian berapa Un ?

      Hapus
    3. Aaaaa gak tauuuu, siapa sih. Bunda Lily yaaa?
      Ketinggian 300 dpl kalo gak salah mas...

      Hapus
    4. haahhahaa...
      pada salah semua:)

      Hapus
    5. Semprul wkwkwk,
      ok noted. Mas Endy suka mampir pagi buta. Kalau pasang emotikon nempel huruf :p

      Hapus
  2. Apaan na, wong biasa aja. Ga ada yang aneh toh. Cuma foto kamu aja yang sangat luar biasa (eksis) ahahah, mudah2an ada yang investasi terutama kota jogjanya buat taman buah tsb yoo^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ehehe I dunno Zal, kalau liat langsung bagus sih :D
      Mungkin di Jogja itu udah kategori bagus kali ahahaha~

      Hapus
  3. Biarpun taman buahnya nggal keren, yang penting pemandangannya, hehe..

    Saya hobi juga melihat hamparan hijau dari ketinggian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, emang asik ya liat pemandangan :D

      Hapus
  4. kurang hijau yah sepertinya. kurang keren juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang hijau pun aku suka, gimana lebih hijau lagi :D

      Hapus
  5. enaknyooooo bisa jalan2 kesono... kayaknya asyik tu... ^_^

    BalasHapus
  6. Kalau nanti ke Jogja mampir ahh :D

    BalasHapus
  7. suka jj k jogja tp koq kelewatan yah yg satu nii...
    paling2 klo mw liat pemandangan dr atas by ketep pass di daerah magelang.
    klo d ketep lbh tertata n ada theater'y... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ketep pass lebih tinggi mbak ketinggian, dan bisa liat gunung.
      Oke-an Ketep sih :D

      Hapus
  8. kebayaang deeh panassnya ..

    BalasHapus
  9. Kereeeennn
    pemandangannya mengagumkan.
    Kalau disini, kebun teh yang amazing.

    BalasHapus
  10. sungainya cantik deh ijo-ijo meliuk-liuk gitu

    BalasHapus
  11. ngeliat gambarnya pikiran pertamaku itu justru 'wah, tempat bunuh diri yang strategis nih' huahahahha

    BalasHapus
  12. ho oh...tu gambarnya sangat indah ! cocok jika tuk bunuh diri ets maskudku untuk berpacaran..heheheeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya sepiii asik kayaknya pacaran di sono :D

      Hapus
  13. Unaa..mau donk ikut kesana
    Pemandangannya keren..
    menyegarkan mata...

    BalasHapus
  14. waaaahh iya kak, kebun buah kok gersang gitu...
    aku kebayang kebun apel d malang tadi,,, hhe

    Tapi pemandangan bukitnya oke, sayang pengelola belum memaksimalkan ya,,

    Itu ada poto dora lagi mejeng d balkon.,,, hahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha,
      aku belum pernah ke kebun apel malang. :D
      Iya sayang sekali... enak aja dora :((

      Hapus
  15. hari jumat kemarin, anak anak dikampungku pada main ke kebun bauh mangunan ini, sayangnya sedang tidak musim buah kecuali hanya rambutan saja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh lumayan jau tuh dari GK ke Imogiri... :d

      Hapus
  16. Bagusnya dibikin kebun buah kayak di malang ya un hahha..

    tuh arah imogiri berarti dah deket wonogiri apa un??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, huhuhu.
      Kabupatennya sebelahan, tapi beda provinsi...

      Hapus
  17. eh aku baru tau loh kalo di jogja ada kebun buah juga, tapi sayang kebun buahnya kothong yo...

    BalasHapus
  18. wow... pemandangan yg luar biasa! enak banget kalo sambil main layangan dari ketinggian hehehheee...!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi layang2nya langsung terbang kali...

      Hapus
  19. pas liat fotonya aku ngga seneng, kebayang panasnya
    coba Na kesana lagi tapi pagipagi, pengen tahu aku kayak apa pemandangannya *ngerjain*

    BalasHapus
  20. Masih gersang ya Na, semoga ntar kalu aku ke sana sudah lebih subur makmur, rindang :)

    BalasHapus
  21. Pemandangannye apik tenan reekk.. ^_^ kapan yo bisa dolan2 kesono :D

    BalasHapus
  22. banner mu lucu banget & pmdangannya bagus ^^

    BalasHapus
  23. Waaaah. Itu tempatnya kok keren amat yaaaa. :(((

    BalasHapus
  24. unaaaaa ^^ cantiknyaaa
    kapan ke sana lagi? nitip namaku dong =P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okeee Maya love siapa mbak? Hihihi~

      Hapus
  25. waaah....pemandangannya keren banget

    aq belum pernah kesana tapi kalau ke imogiri pernah dulu banget waktu masih smp...
    *jgn diitung itu brp thn yang lalu ya*
    hihihi....

    amalia-anang....???
    gosip baru nih...
    hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi masuk ke kuburan ya mbak? :D

      Hapus
  26. Rupanya kau yang suka corat-coret di tempat umum, ya? Wah! Mbahku dimakamkan di Giriloyo juga, namanya Raden Panji Suwirang! Bhahaha

    BalasHapus
  27. satu lagi nih nemu kata asing yaitu "umek-umek", saudaraan kali ya sama "unyel-unyel" :D

    BalasHapus
  28. masih mending ke aLAs Purwo aja deh Na...keren dan mantap euy..banyak monyet juga di Alas purwo..#LHO?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nek munyuk di Grogol yo ono mbak hahaha...

      Hapus
  29. wah iya na, pemandangan dari atasnya bagus ya...

    BalasHapus
  30. liat orang gurah??? yuuuuck :puke!

    podo aku. . .seneng tempat2 tinggi wkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk, gelem tak terke gurah po mas?
      Ngko tak video...

      Hapus
  31. aku ajha yg di jogja 6 tahun blm pernah maen ke tempat itu....
    males dech hehehehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk,
      aku juga tinggal lama di Jogja, baru aja sekali ke situ kok xD

      Hapus
  32. banyak tempat wisata yang mestinya dikelola dengan baik tak terurus. ragunan, ancol pun menurut saya tak benar benar diurus.

    BalasHapus
  33. Hei, kok aku gak tahu tempatnya? Malah Una lebih tahu. Waaaa

    Lain kali coba ke Pantai di Wonosari juga Na. Dan Air Terjun Sri Gethuk. Juga di wonosari. Kereeeeen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nak Imogiri ngerti to mas? :P
      Iyo masss, kepengen euy ke pantai nang GK tapi adohe nemen, harus bareng banyak orang :D

      Hapus
  34. sayang banget yach...kebun buah koq gersang...tp pemandangan dari atas balkon emang kereen...meskipun balkonnya ngga keurus...sayang yachh

    BalasHapus
  35. Nih yang jelek bukan pemandangannya, tapi hasil fotonya :p
    Anang = Una Nanang... :D

    Na, bloglistmu yang bawah dari 162 blog, koq nggak ada blogku :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jelek juga gapapa.
      Ketoke ada tuh... lha aku ndelok update-anmu seko ndi... mbuh ding...

      Hapus
  36. Waaa, Una jalan-jalan muluk...

    Itu naik-naik ke puncak bukitnya perlu naik banyak anak tangga nggak sih? Kalo iya, nyerah deh.. Malas duluan, hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi gak sih, naik mobil ada jalan aspalnya kok xD

      Hapus
  37. Pemandangan yang sangat indah ya......

    BalasHapus
  38. Ya Ampun, rumahku emang Bantul tapi jujur nih aku belum pernah ke sana. Payah tenan kok aku ki. Makasih ya, Un, kapan-kapan ke sana deh :D

    BalasHapus
  39. eeh mbak una, phto ne kuq dewean ndak sama sapa gtu :D

    BalasHapus
  40. wah hampir ga percaya di jogja ada kaya gini, eh masih ada ya. klo di jakarta ada kaya gini aku yang ga percaya. hehe. jogja emang top markotop lah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe ga di kotanya sih, di Bantul :D

      Hapus
  41. wow asrinya..
    :)

    mau donk ke sanan..
    :)

    BalasHapus
  42. Bagus kok tempatnya, nyatanya amalia sama anang sampai meninggalkan kenangan disana hehe

    BalasHapus
  43. pemandangannya keren banget, itu yang jalan bukit melingkar cantik banget. kesempatan votenya belum bisa ya jeng, karena sudah saya berikan ke peserta lain :) tapi top tenan

    BalasHapus
  44. satu lagi lokasi di Jogja yang berpotensi wisata tapi sayangnya kurang terawat, sebenarnya bagus tapi seandainya ada sentuhannya dikit pasti pengunjungnya bertambah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaah, bagus dikit aja pasti lumayan...

      Hapus
  45. ngakak baca bagian yang ini "Amalia_anang 21-5-11, tapi sekarang dah putus tuh, ganti Ashanty." Muahaha

    btw, foto buahnya mana Na?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha, jangan ketawa sendiri, horor :p
      Ga ada wkwkwk, ga berbuah :D

      Hapus
  46. Siiip, saya udah vote buat Una... Lumayan yah, udah 16%. Besok tak vote lagi deh...

    BalasHapus
  47. pernah kesini nih... memang menarik kalau dari atas...

    BalasHapus
  48. weh ngendi iki? karo makam seniman ngendine ya? okeh bukit soale neng imogiri

    BalasHapus
  49. Pemandangannya bagus, sayang tempatnya kurang terpelihara ya Una

    BalasHapus
  50. kunjungan gan .,.
    bagi" motivasi
    Saat kamu menemui batu sandungan janganlah kamu ptus asa,
    karena semua itu pasti akan ada solusinya.,.
    si tunggu kunjungan baliknya gan.,

    BalasHapus
  51. iiihh keren banget deh na sungai yg ijo itu..

    BalasHapus
  52. iiihh keren banget deh na sungai yg ijo itu..

    BalasHapus
  53. Keren yah. Kebayang panasnya jam segitu Una :D
    Trus postingan ttg gurahnya mana?

    BalasHapus
  54. Membayangkan di situ jam 11-an waduhhh .... tambah item pasti ya Na :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang gurah dokumentasinya hilang semua :(

      Hapus
  55. Kok foto terakhir kayanya pernah muncul di tulisanmu yang pake basa inggris yak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pernah, di postingan promosi submisi jurnal travelnomadsku, tak pasang neh di sini.

      Hapus
  56. nice :)
    saya senang mengikuti postingan anda
    postingan yang menarik .

    salam kenal yya dan sempatkan mampir ke
    website kami.

    BalasHapus
  57. Out of topic: setiap kali mau komentar di sini, aku mesti capek scroll ke bawah cari form komentarnya.... Sungguh blog dengan komentar terbanyak....

    BalasHapus
  58. bunda pernah gurah Na, walaupun bukan disini tapi di tangerang deket rumah ....

    iya ya sayang akh , kalau gak ada buah2an dan pohon buahnya , jadi kurang menarik...
    kelihatan dr foto, kayaknya puanase pwoll ya Na...
    salam

    BalasHapus
  59. wah una auranya senengnya keliatan banget tuh
    senyumnya cerah banget :D

    BalasHapus
  60. hayo jgn nulis-nulis di tempat begitu. Jagalah kelestarian alam ya dek!

    BalasHapus

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!