Midday at Mangunan

Satu lagi situs wisata Jogja yang rasanya pengen kuumek-umek. Kebun Buah Mangunan namanya. Tempat ini berlokasi di Desa Mangunan yang terletak di Imogiri, Bantul. Menurut pengukur jarak yang tertera di motor yang kutumpangi, jaraknya 19 kilometer dari rumah nenekku di daerah Kota Jogja. Lumayan oke lah buat bikin pantat datar...

Tempatnya tak jauh dari kuburan para raja Mataram di Imogiri dan Desa Giriloyo, desa yang masyhur akan gurahnya. Jalannya naik-naik bukit gitu, pusing... Pas udah mendekati kawasan berpagar kawat yang menandakan itu area kebun buahnya, aku bilang sama yang mboncengin aku, alias bapakku dewe, kalau aku syok kaget kok kebun buahnya kothong, nggak ada apa-apanya. Buahnya juga ngga ada!

Katanya, emang kebun buahnya nggak bagus, tapi pemandangan dari atasnya bagus.


Mari kita turun ke bawah ^^


Ternyata yeah, kebun buahnya nggak menarik blas. Nggak rapi dan nggak berbuah. Aku langsung menuju ke arah hmmm semacam balkon gitu. Bisa lihat pemandangan dari atas gitu dari di situ. Baru berjalan ke sana ada coret-coretan yang menarik untuk dilihat. Amalia_anang 21-5-11, tapi sekarang dah putus tuh, ganti Ashanty. Brb, nyari spidol buat nulis 'Una wuz here'.


Dari 'balkon'-nya bisa dilihat panorama hijau-hijau dipadu dengan Sungai Oyo yang kehijauan. Apa ya yang menyebabkan sungai tampak hijau dari atas? Mungkin tumbuhan yang tumbuh di permukaan dan dasar sungai kali ya. Kota Jogja nggak kelihatan dari atas sini.


Waktu ngelihat dari atas nggak tahu kenapa rasanya seneeeeeng gitu. Padahal aku cuma liat pemandangan doang, mbuh ya. Katanya sih, bagusan lagi kalau pagi-pagi datang ke Mangunan. Karena kalau berdiri di 'balkon' itu, kita ada di atas awan masihan. Seru tuh kayaknya. Tapi sih aku, boro-boro bangun pagi... hihihi...


Di foto di atas bisa dilihat keadaan 'balkon'-nya. Menyedihkan ya. Bahkan untuk duduk pun nggak nyaman. Padahal kan asik tuh, duduk-duduk sambil melihat pemandangan, foto-foto sambil ngemil dan minum coke. Tapi sayang sekali. Andai aku kayak Bandung Bondowoso bakal kubangun kebun buah mangunan sehari semalam deh biar jadi bagus...




Yaaa, walaupun Kebun Buahnya nggak gitu bagus, tapi oke lah pemandangannya. Keren! Enakan pagi-pagi kali ya. Kalau siang, panase reeekkk... Aku yang ke sana jam sebelas siang aja panasnya minta ampun (hlo judulnya kok midday, ben laaah.). Yang aku suka dari area kebun buah Mangunan ini, tiketnya resmi! Satu orang dipungut tarif lima ribu rupiah. Ada kertas karcisnya juga. ^^

Semoga Kebun Buah Mangunan makin keren deh. Sayang aja kalau fasilitasnya nggak keren, padahal kan bisa narik visitor banyak. Apalagi nggak jauh dari sana ada Makam Imogiri dan ada tempat wisata pengalaman gurah di Giriloyo. Potensinya oke kan padahal... *ngumek-umek kertas*

Btw, aku jadi pengen ngeliatin orang gurah deh. Seru tuh, hihihi!


Vote aku ya!
Hihihi, vote-nya sampai 1 Mei, jadi ga bosen-bosennya aku promosi wkwk.
Dalam sehari bisa satu vote, vote lagi donnggg. *kedipkedip*


Click bannernya atau ke thebobs.com/english/category/2012/best-blog-indonesian-2012/
Login with your FB/Twitter/OpenID account.
Click vote now on my blog: Una Vida Escrita de la Una
Thank youuu!

120 comments:

  1. banyak yang tulis nama juga tuh kayaknya disana Na':)

    btw pemandangan dari tempat yg tinggi emang bagus, itu yg kelihatan sungainya keren..

    (tebak ini siapa coba..?)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngawur, postingan sendiri di komenin sendiri, huft :p

      Delete
    2. Aaaaa gak tauuuu, siapa sih. Bunda Lily yaaa?
      Ketinggian 300 dpl kalo gak salah mas...

      Delete
    3. haahhahaa...
      pada salah semua:)

      Delete
    4. Semprul wkwkwk,
      ok noted. Mas Endy suka mampir pagi buta. Kalau pasang emotikon nempel huruf :p

      Delete
  2. Apaan na, wong biasa aja. Ga ada yang aneh toh. Cuma foto kamu aja yang sangat luar biasa (eksis) ahahah, mudah2an ada yang investasi terutama kota jogjanya buat taman buah tsb yoo^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehehe I dunno Zal, kalau liat langsung bagus sih :D
      Mungkin di Jogja itu udah kategori bagus kali ahahaha~

      Delete
  3. Biarpun taman buahnya nggal keren, yang penting pemandangannya, hehe..

    Saya hobi juga melihat hamparan hijau dari ketinggian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, emang asik ya liat pemandangan :D

      Delete
  4. kurang hijau yah sepertinya. kurang keren juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang hijau pun aku suka, gimana lebih hijau lagi :D

      Delete
  5. enaknyooooo bisa jalan2 kesono... kayaknya asyik tu... ^_^

    ReplyDelete
  6. Kalau nanti ke Jogja mampir ahh :D

    ReplyDelete
  7. suka jj k jogja tp koq kelewatan yah yg satu nii...
    paling2 klo mw liat pemandangan dr atas by ketep pass di daerah magelang.
    klo d ketep lbh tertata n ada theater'y... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketep pass lebih tinggi mbak ketinggian, dan bisa liat gunung.
      Oke-an Ketep sih :D

      Delete
  8. Kereeeennn
    pemandangannya mengagumkan.
    Kalau disini, kebun teh yang amazing.

    ReplyDelete
  9. sungainya cantik deh ijo-ijo meliuk-liuk gitu

    ReplyDelete
  10. ngeliat gambarnya pikiran pertamaku itu justru 'wah, tempat bunuh diri yang strategis nih' huahahahha

    ReplyDelete
  11. ho oh...tu gambarnya sangat indah ! cocok jika tuk bunuh diri ets maskudku untuk berpacaran..heheheeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya sepiii asik kayaknya pacaran di sono :D

      Delete
  12. Unaa..mau donk ikut kesana
    Pemandangannya keren..
    menyegarkan mata...

    ReplyDelete
  13. waaaahh iya kak, kebun buah kok gersang gitu...
    aku kebayang kebun apel d malang tadi,,, hhe

    Tapi pemandangan bukitnya oke, sayang pengelola belum memaksimalkan ya,,

    Itu ada poto dora lagi mejeng d balkon.,,, hahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha,
      aku belum pernah ke kebun apel malang. :D
      Iya sayang sekali... enak aja dora :((

      Delete
  14. hari jumat kemarin, anak anak dikampungku pada main ke kebun bauh mangunan ini, sayangnya sedang tidak musim buah kecuali hanya rambutan saja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh lumayan jau tuh dari GK ke Imogiri... :d

      Delete
  15. Bagusnya dibikin kebun buah kayak di malang ya un hahha..

    tuh arah imogiri berarti dah deket wonogiri apa un??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, huhuhu.
      Kabupatennya sebelahan, tapi beda provinsi...

      Delete
  16. eh aku baru tau loh kalo di jogja ada kebun buah juga, tapi sayang kebun buahnya kothong yo...

    ReplyDelete
  17. wow... pemandangan yg luar biasa! enak banget kalo sambil main layangan dari ketinggian hehehheee...!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi layang2nya langsung terbang kali...

      Delete
  18. pas liat fotonya aku ngga seneng, kebayang panasnya
    coba Na kesana lagi tapi pagipagi, pengen tahu aku kayak apa pemandangannya *ngerjain*

    ReplyDelete
  19. Masih gersang ya Na, semoga ntar kalu aku ke sana sudah lebih subur makmur, rindang :)

    ReplyDelete
  20. Pemandangannye apik tenan reekk.. ^_^ kapan yo bisa dolan2 kesono :D

    ReplyDelete
  21. banner mu lucu banget & pmdangannya bagus ^^

    ReplyDelete
  22. Waaaah. Itu tempatnya kok keren amat yaaaa. :(((

    ReplyDelete
  23. unaaaaa ^^ cantiknyaaa
    kapan ke sana lagi? nitip namaku dong =P

    ReplyDelete
  24. waaah....pemandangannya keren banget

    aq belum pernah kesana tapi kalau ke imogiri pernah dulu banget waktu masih smp...
    *jgn diitung itu brp thn yang lalu ya*
    hihihi....

    amalia-anang....???
    gosip baru nih...
    hahaha...

    ReplyDelete
  25. Rupanya kau yang suka corat-coret di tempat umum, ya? Wah! Mbahku dimakamkan di Giriloyo juga, namanya Raden Panji Suwirang! Bhahaha

    ReplyDelete
  26. satu lagi nih nemu kata asing yaitu "umek-umek", saudaraan kali ya sama "unyel-unyel" :D

    ReplyDelete
  27. masih mending ke aLAs Purwo aja deh Na...keren dan mantap euy..banyak monyet juga di Alas purwo..#LHO?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nek munyuk di Grogol yo ono mbak hahaha...

      Delete
  28. wah iya na, pemandangan dari atasnya bagus ya...

    ReplyDelete
  29. liat orang gurah??? yuuuuck :puke!

    podo aku. . .seneng tempat2 tinggi wkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk, gelem tak terke gurah po mas?
      Ngko tak video...

      Delete
  30. aku ajha yg di jogja 6 tahun blm pernah maen ke tempat itu....
    males dech hehehehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk,
      aku juga tinggal lama di Jogja, baru aja sekali ke situ kok xD

      Delete
  31. banyak tempat wisata yang mestinya dikelola dengan baik tak terurus. ragunan, ancol pun menurut saya tak benar benar diurus.

    ReplyDelete
  32. Hei, kok aku gak tahu tempatnya? Malah Una lebih tahu. Waaaa

    Lain kali coba ke Pantai di Wonosari juga Na. Dan Air Terjun Sri Gethuk. Juga di wonosari. Kereeeeen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nak Imogiri ngerti to mas? :P
      Iyo masss, kepengen euy ke pantai nang GK tapi adohe nemen, harus bareng banyak orang :D

      Delete
  33. sayang banget yach...kebun buah koq gersang...tp pemandangan dari atas balkon emang kereen...meskipun balkonnya ngga keurus...sayang yachh

    ReplyDelete
  34. Nih yang jelek bukan pemandangannya, tapi hasil fotonya :p
    Anang = Una Nanang... :D

    Na, bloglistmu yang bawah dari 162 blog, koq nggak ada blogku :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jelek juga gapapa.
      Ketoke ada tuh... lha aku ndelok update-anmu seko ndi... mbuh ding...

      Delete
  35. Waaa, Una jalan-jalan muluk...

    Itu naik-naik ke puncak bukitnya perlu naik banyak anak tangga nggak sih? Kalo iya, nyerah deh.. Malas duluan, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi gak sih, naik mobil ada jalan aspalnya kok xD

      Delete
  36. Pemandangan yang sangat indah ya......

    ReplyDelete
  37. Ya Ampun, rumahku emang Bantul tapi jujur nih aku belum pernah ke sana. Payah tenan kok aku ki. Makasih ya, Un, kapan-kapan ke sana deh :D

    ReplyDelete
  38. eeh mbak una, phto ne kuq dewean ndak sama sapa gtu :D

    ReplyDelete
  39. wah hampir ga percaya di jogja ada kaya gini, eh masih ada ya. klo di jakarta ada kaya gini aku yang ga percaya. hehe. jogja emang top markotop lah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe ga di kotanya sih, di Bantul :D

      Delete
  40. wow asrinya..
    :)

    mau donk ke sanan..
    :)

    ReplyDelete
  41. Bagus kok tempatnya, nyatanya amalia sama anang sampai meninggalkan kenangan disana hehe

    ReplyDelete
  42. pemandangannya keren banget, itu yang jalan bukit melingkar cantik banget. kesempatan votenya belum bisa ya jeng, karena sudah saya berikan ke peserta lain :) tapi top tenan

    ReplyDelete
  43. satu lagi lokasi di Jogja yang berpotensi wisata tapi sayangnya kurang terawat, sebenarnya bagus tapi seandainya ada sentuhannya dikit pasti pengunjungnya bertambah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaah, bagus dikit aja pasti lumayan...

      Delete
  44. ngakak baca bagian yang ini "Amalia_anang 21-5-11, tapi sekarang dah putus tuh, ganti Ashanty." Muahaha

    btw, foto buahnya mana Na?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha, jangan ketawa sendiri, horor :p
      Ga ada wkwkwk, ga berbuah :D

      Delete
  45. Siiip, saya udah vote buat Una... Lumayan yah, udah 16%. Besok tak vote lagi deh...

    ReplyDelete
  46. pernah kesini nih... memang menarik kalau dari atas...

    ReplyDelete
  47. weh ngendi iki? karo makam seniman ngendine ya? okeh bukit soale neng imogiri

    ReplyDelete
  48. Pemandangannya bagus, sayang tempatnya kurang terpelihara ya Una

    ReplyDelete
  49. kunjungan gan .,.
    bagi" motivasi
    Saat kamu menemui batu sandungan janganlah kamu ptus asa,
    karena semua itu pasti akan ada solusinya.,.
    si tunggu kunjungan baliknya gan.,

    ReplyDelete
  50. iiihh keren banget deh na sungai yg ijo itu..

    ReplyDelete
  51. iiihh keren banget deh na sungai yg ijo itu..

    ReplyDelete
  52. Keren yah. Kebayang panasnya jam segitu Una :D
    Trus postingan ttg gurahnya mana?

    ReplyDelete
  53. Membayangkan di situ jam 11-an waduhhh .... tambah item pasti ya Na :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang gurah dokumentasinya hilang semua :(

      Delete
  54. Kok foto terakhir kayanya pernah muncul di tulisanmu yang pake basa inggris yak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pernah, di postingan promosi submisi jurnal travelnomadsku, tak pasang neh di sini.

      Delete
  55. nice :)
    saya senang mengikuti postingan anda
    postingan yang menarik .

    salam kenal yya dan sempatkan mampir ke
    website kami.

    ReplyDelete
  56. Out of topic: setiap kali mau komentar di sini, aku mesti capek scroll ke bawah cari form komentarnya.... Sungguh blog dengan komentar terbanyak....

    ReplyDelete
  57. bunda pernah gurah Na, walaupun bukan disini tapi di tangerang deket rumah ....

    iya ya sayang akh , kalau gak ada buah2an dan pohon buahnya , jadi kurang menarik...
    kelihatan dr foto, kayaknya puanase pwoll ya Na...
    salam

    ReplyDelete
  58. wah una auranya senengnya keliatan banget tuh
    senyumnya cerah banget :D

    ReplyDelete
  59. hayo jgn nulis-nulis di tempat begitu. Jagalah kelestarian alam ya dek!

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!