Kalasan di Sebelum Senja

Kalasan merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Sleman. Kalau dari kota keluar ke arah Solo atau Klaten, Kalasan ini sebelum Prambanan. Baratnya Prambanan. Kalasan kalau di luar mungkin terkenal dengan 'ayam goreng Kalasan'-nya. Sering lihat kan? Atau nggak?

Dan sebenarnya pun aku nggak tahu ayam goreng Kalasan tuh koyo ngopo. Kadang pula Kalasan sering disebut-sebut dalam percakapan. Misalnya lagi debat nih, trus ngeles aja, eh langsung deh: "Kebanyakan Kalasan kamu!!!"

Nggak lucu.

Mbakku yang orang Jogja kadang kalau aku kebanyakan ngeles suka bilang, "wuuu alasan prambanan borobudur." Aku nggak paham kok tiba-tiba kata 'alasan' disambung sama 'prambanan'. Kata dia, "Kalasaaan, payah." Aku cuma, "Ooohhh..."

Nggak lucu juga.


Kalasan juga terkenal akan Candi Kalasan-nya. Tepatnya candi ini terletak di desa Tegal Kalibening, Kelurahan Tirtomartani. Makanya kadang disebutnya Candi Kalibening. Candi Kalasan ini sejenis dengan Plaosan karena bercorak Buddha namun yang mendirikan adalah raja Hindu kerajaan Mataram Kuno.


Dinasti Sanjaya, begitulah nama wangsa yang berkuasa saat itu. Konon katanya, candi ini dibangun oleh Rakai Penangkaran sebagai penghargaan atas pernikahan Raja Pancapana dan Dyah Pramodawardani dari Dinasti Syailendra. Syailendra merupakan wangsa yang berkuasa di Sriwijaya, mungkin makanya agama Buddha masuk ke Kerajaan Mataram Kuno saat itu.


Di Prasasti Kalasan, tertulis bahwa Syailendra meminta Panangkaran untuk membangun sebuah bangunan persembahan untuk Dewi Tara (Bodhisattvadevi). Makanya pun Candi Tara juga sebutan dari candi ini. Serta pula ditulis di sana, bangunan itu juga digunakan untuk vihara para bhikku dari Dinasti Syailendra. Prasasti Kalasan bertahun 778, berarti Kalasan merupakan salah satu candi tertua di daerah sekitar Prambanan.

Waktu itu aku datang ke sana sekitar jam lima sore, sehingga nggak liat-liat secara detil. Dan emang sebenarnya kalau aku ke candi nggak pernah terlalu perhatiin, sih. Jadinya ya cuma bentar doang di sana. Aku syok baca mengenai bangunan candi itu, katanya ada 52 stupa. Aku nggak liat, hihi. Yang aku liat cuma candi utama di tengah, lalu ada tangganya. Udah itu aja. Peace!


Yang aku suka pergi ke sana sore-sore adalah, aku dapet gambarnya langitnya biruuu uuu uuu... Padahal nyetting kameranya ngaco.



Candi ini kecil, sih. Jadi kalau cuma untuk lihat-lihat nggak akan makan waktu lama. Masuknya nggak jelas bayar apa enggak. Tapi karena kebiasaan di Indonesia kali ya, ngasih duit ke satpamnya deh lima ribu.

Kalau lihat objek wisata nggak keurus gini, rasanya pengen ngumek-umek tau nggak sihhh! Gemes, huhuhu! Au ah, jadi geje gini kesimpulannya... Semoga bisa nulis tentang wisata sejarah lebih bagus lagi, hihi #lagilagidutawisatagagal

Visit Jogja ya!



Vote aku ya!
Dalam sehari bisa kasih satu suara, hihi, vote lagi donggg :)


Click bannernya atau ke thebobs.com/english/category/2012/best-blog-indonesian-2012/
Login with your FB/Twitter/OpenID account.
Click vote now on my blog: Una Vida Escrita de la Una
Thank youuu!

Sumber dan referensi
http://en.wikipedia.org/wiki/Kalasan_inscription
http://wisatasejarah.wordpress.com/2009/09/14/candi-kalasan-2/

100 comments:

  1. Replies
    1. Adus disik kang, ilermu ki loh... kepret kabeh... wkwkwk. Wis ngarit?

      Delete
    2. Pertamax tuku nggone Mas Haris ae Mas Andi...

      Delete
    3. Ho'oh... harganya sekarang Rp 10.350 ,-
      dapet beras 1 1/4 kilo

      Delete
    4. Korting lah mas, harga sesama temen ngeblog.
      4500 gitu pertamax... ya ya?

      Delete
    5. Enak ajah,,, gajianku ikut dikorting entar.
      Emoooh...

      Delete
    6. Yo wis deh, 5000. Koyo arep blonjo opo bae~

      Delete
    7. Tak melu2 ngramekke pertamaxx lah hahahha...

      Delete
    8. Okeee... obongen wae sisan mas...

      Delete
  2. Sip... link e wis diganti, ben sing meh ngevote ki yo rak peyot. Poto paling ngisor ki rupamu, Na? Tuwo...

    Apa kamu punya kakak yang mirip ama kamyu ya, Na. Kadang tua, kadang muda... ^^a. Oiya akyu ingat, kisah Hiatus Yang Nggak Hiatus, tapi kakaknya dirubah jadi pria deh keknya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh, tuwo.
      Kowe segitunya pengen ketok nom dengan ngatain anak yang masih muda dengan kata 'tuwo' po? Kasian.

      Di cerita itu, kakaknya pria, tuh.

      Delete
    2. kan fiksi yang enggak fiksi,,, :p

      Delete
    3. Okeee, sing Christina Aguilera po J-Lo, mas?

      Delete
  3. bagus banget mba, langitnya biru...jadi sesuatu banget yeah...

    ReplyDelete
  4. Walah... blogmu ko saiki kebak virus, Na...
    mosok saben tak reload koq antivirusku ndetect terus :(

    ReplyDelete
  5. gw gak komenini candinya ah, tapi gw mau liatin langitnya, iya yah, biru mengharu gitu, keren, bersih tanpa polusi, wew, pengen ke langit nih jadinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya sana, jangan lupa bawa bidadari khayangan buat malem minggu :p

      Delete
    2. wei...ke langit tujuh ya? ati2 lho gak bisa balik ntar..;

      Sang duta wisata, ayuuk wisata ke jogya deh..

      Delete
    3. Mbak Ririe tinggal di langit ketujuh?
      Emoh, menuh-menuhin Jogja...

      Delete
  6. Jiah, dah rame, ya? Sikat gigi dulu ahhh...!

    ReplyDelete
  7. Nek adus aku gak iso nggowo hape! Prei, Na?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yo iso no... paling mung rusak.
      Hooh prei... sabtu gitchu loh...

      Delete
  8. welehh.. candi candi candi,.. lhaa aku pekalongan ada apa yaa..?? batik? laut? dan gunung... okeh kapan2 mau pamer juga :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soto tauto, garang asem, pecek sumsum, hueeekkk~

      Delete
    2. bhahahha.... ealagh, seneng maem hayawani yaa.. kabeh sing disebutke kok sing hewan2.. ckckckc
      yang murah meriah yuo megonooo :p

      Delete
    3. Hahaha, ra doyaaan megonoooo...
      Sing hewani kuwi yo aku gak doyan juga :D Nggilani hueeek *ditimpuk orang sak Pekalongan*

      Delete
  9. baru tau malah ada candi kalasan, paling tau ayam goreng kalasan doang itu juga namanya doang hihi..

    ReplyDelete
  10. bagus nih picture-nya! btw picture yg terakhir itu image kamu ya Na?

    ReplyDelete
  11. Kalau dulu itu hadiah pernikahan atau persembahan bangun candi ya kalau Una nikah ntar minta dibuatin apartemen atau hotel aja ya sama masnya :D

    ReplyDelete
  12. Makin mupeeenggg maen ke Jogja :D tunggu akuuuuuuu =)

    ReplyDelete
  13. serasa belajar sejarah, hehehe
    nice picts, unaa ;D

    ReplyDelete
  14. Menghitung hari untuk ke jogjaaaaa =)

    ReplyDelete
  15. visit jogja ?......aku mauuuu...tapi kayaknya tahun depan aja deh....hehehe...

    ReplyDelete
  16. kemarin ke jogja cuma lewat aja sih, ga sempat mampir :D

    ReplyDelete
  17. Candinya kecil.... Mbak una muat gak ya disana?

    ReplyDelete
  18. Unaaaaa..................suka banget sama postingan ini
    bunda blm pernah ke Candi Kalasan, taunya cuma Ayam Kalasan....hahahaaa.......
    terimakasih ya Na, dah berbagi kisahnya disini

    kemarin dah voting, msh bisa voting lagi gituh Na?
    kl memang bisa, ya okd...bunda vote lagi tulisan yg ini .......
    salam

    ReplyDelete
  19. matap yaaa di jawa banyak candi.....benernya orang bikin candi itu, konon katanya merekatkannya pakai putih telur.....bener gak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Katanya sih gitu, au deh tuh bener apa kaga...

      Delete
  20. ah Una bikin sirik ini,
    aku juga belum mampir ke candi Kalasan, cuma lihat dari jauh doang

    Rumah eyang di sekitar sini ya?
    aku pernah nulis ketika ketemu orang yang asli sekitar Ratu Boko, yang bilang nganggap candi ya cuma batu Aja, kok heboh didatangi , he..he.. jadi takjub dengan pendapatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha, kurang apresiasi ya rakyat Indonesia. Kayak aku, ahahaha!
      Rumah nenekku 12 km dari sini, di kota :D

      Delete
  21. Jadi mbak una itu keturunan jogja ya. Kalau di jogja banyak candi yang nggak ke urus mbak. Banyak yang terbengkalai. Yang keurus hanya prambanan doang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya, 3/4 Jogja 1/4 Pekalongan. :D
      Iyah, sama Ratu Boko :(

      Delete
  22. ehhh... spiclessss muka Una kejawa jawaan sih :) bukan nyinggun loh. Beneran.

    ReplyDelete
  23. yg pake kaos 0range mirip stupa'y ..hiihiihii :D

    ReplyDelete
  24. diotakku cuma ada makanan saat ini, baca judulnya aku pikir ayam kalasan hahaha

    ReplyDelete
  25. oh iya aku juga pernah liat dari jalan doang mba, kalo mau ke prambanan. tiap kali mau mampir gag sempet mulu sih. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya kalau dari Jalan Solo kelliatan :D

      Delete
  26. Karena gak pernah kesana, cuma bilang "Keren" aja deh :D

    ReplyDelete
  27. widihhh. mantap. udah jadi duta wisata beneran kok. foto nya juga maknyus. pengen kesana nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duta wisata tapi yang ngakuin aku sendiri, wkwkwk

      Delete
  28. mbak una,saya belum pernah lho kecandi ini,,kayak sama candi prambanan ya muncung muncungnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mirip sih. Tapi cerita reliefnya beda hehe

      Delete
  29. jalan jalan kecandi saya belum pernahhhh - mantaps jaman dulu keren ya mbak jadi putri dibikinin candi yang megah melulu - btw eniway busway mbak una kurusan ya heheheh v(^o^)pissss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, itu setahun lalu :((
      Sekarang gendutaaan hiksss...

      Delete
  30. wah kebetulan banget.. aku juga baru selesai posting tentang liburan ke jogja.. ada prambanan, borobudur, dll. tapi gak ada kalasan.. lewat sih kemarin,, tapi gak singgah.. liat2 ya di blogku.. :D

    ReplyDelete
  31. Foto Ayam Gorenge endi, kok gak ono :D

    ReplyDelete
  32. fotone apikapik Na!! kecuali foto yang terakhir, sopo kui Na? :p

    ReplyDelete
  33. wah krenn..kangen,,pengen ke jogja lagi,

    ReplyDelete
  34. Wah telat aku, arisane wes bubar hahahha...

    Candi tertua, berarti sebelum prambanan ya UN.
    Un, tuh ambil fotonya pake kamera apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh, telatttt banget...
      Pake kameraku mas, ahahaha~

      Delete
    2. Un, njaluk rekomen IDM e yo?

      Delete
    3. Japri wae mas...
      Tapi kowe wis entuk soko Mas munyuk tho...

      Delete
  35. naaaaaaaaaaaa koe ko wis muter-muter ngendie ae euy... kapan ngajak aku :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hlaaaa kowe kan wis tau ketuk prambanan mas

      Delete
  36. waw baru tau ada candi kalasan, mbak una memang luar biasa nih wawasan budayanya, mantap sukses terus ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha gak lah mas... tentang sejarahnya kan baca di google :D

      Delete
    2. hehe kirain asli tau dari tempatnya langsung :D ternyata boleh googling toh..

      Delete
    3. Hehehe di tempatnya gak ada brosur atau papan info mas :(

      Delete
  37. Mm.... kapan ya bisa jalan-jalan ke Jogya dan menikmati situs2 sejarah di sana? Nanti anterin ya Na. Tenang aja, ada persenannya kok :D

    ReplyDelete
  38. kaos doraemonnya Bagus Tante!!!

    ReplyDelete
  39. Foto-fotonya bagus semua Una...kecuali...yang terakhir...hahaha...becanda kok. Iya ya, langitnya biru banget! Bagus!

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!
Komen sakkarepmu, sak enakmu, dan sak udelmu!
Dan, maaf, komen berbau promosi akan kuhapus. Thanks!