Penampilan

Dua minggu lalu, aku hendak naik busway dari Pancoran. Di halte busway ada sosok perempuan yang memikat mataku. Bukan karena dia cantik. Dan kukira, masih cantikan aku kok. *eh* Tapi karena...

Hm, sebentar. Aku deskripsikan dia dari penampilannya ya. Ia seorang perempuan yang kurasa berumur belasan akhir. Memiliki tubuh yang tak terlalu tinggi, sekitar 150 cm mungkin. Berkulit kecoklatan, berbadan sintal, dan memiliki rambut keriting seperti Lala Suwages tapi lebih panjangan dan dikucir.

Ia menggunakan kemeja yang pas di tubuhnya dan celana jeans yang ngepres (nggak ngerti aku istilahe kathok opo). Ditambah dengan headset yang disambungkannya dengan pemutar musik digital dan menghiasi telinganya.

Kenapa aku begitu tertarik memperhatikannya? Karena ia familiar di ingatanku. Aku mencoba-coba mengingatnya dan akhirnya ya, aku tahu bahwa ia adik kelas waktu aku SMA.


Bayangkan Hagrid. Itu lho, yang di Harry Potter. Dulu pas SMA, si adik kelas ini mirip dia. Rambutnya keriting panjang sekali, owog-owog tak pernah dikucir. Kacamataan, gendut, dan sama sekali nggak mau difoto. Kalau teman-temannya iseng mau memotret dia, ia langsung nunduk atau mencegah temannya untuk mengambil gambarnya.

Oh, Tuhan. Dia berubah. Drastis. Aku langsung melihat diriku, jeans, sepatu sandal nyokap, kaos kegedean, kuciran uwel-uwelan untuk rambutku. Hahaha, aku kalah sama adik kelasku. Dari dulu perasaan aku nggak ada kemajuan di bidang penampilan. Kaos oblong, celana jeans/celana bahan andalan, sendal. Malah kalau bisa pake celana pendek aku milih pake celana pendek, fufufu...

Hampir nggak pernah aku pakai kemeja ke sekolah, pakai sepatu juga jarang sekali, apa lagi pake rok. Pas ospek doang kayaknya. Pake eyeliner dikit diciyein, pake lipbalm dikit diciyein. Asem. Banyak yang menyarankan aku untuk memperhatikan penampilan, at least rajin mandi gitu, tapi piye yah, ahahaha!


Jatuh cinta pun nggak ngefek aku jadi memperbaiki penampilan. Hihihi...

So, apa sih pentingnya penampilan? Menurutku dan setelah nanya ke beberapa orang (males nulis namanya di sini, bosen, wkwk.), penting nggak penting, sih.

Penting, karena penampilan yang baik memberi kesan pertama yang baik. Kesan pertama itu esensial sekali, karena tidak ada kesempatan kedua untuk membuat kesan pertama 'kan? Penampilan yang rapi akan mampu membuat orang lain menilai 'lebih tinggi'. Mau dibilang 'don't judge by its cover' pun tetap saja, yang visual kan lebih mengena. Lagipula katanya, orang berpenampilan baik itu kan orang yang menghargai diri sendiri, jadi kalau begitu, orang lain pun akan lebih menghargai juga dong.

Tapi penampilan bisa dibilang nggak penting juga. "Penampilan itu buat gue nggak penting, karena penampilan kadang suka nggak cocok sama kepribadiannya, biasanya sih penampilan itu digunakan buat menutupi kepribadiannya," ujar salah satu responden. Salah satu respondenku yang lain sebut saja namanya Rie, berkata, "penampilan buatku is just first impression, selanjutnya ya depend on personality."

Kalau menurutku sih, aku setuju sama Rie kalau penampilan hanya kesan pertama. Karena dalamnya orang, siapa yang tahu. Tapi nggak menampik juga sih, yang penampilannya baik biasanya lebih enak dilihat hihi. Tapi tentunya, jangan sampai penampilan bikin kita menjudge duluan bagaimana sih dia orangnya. Yang biasa-biasa wae. Nggak usah meremehkan orang yang berpenampilan buruk tapi juga jangan trus lebih 'milih' (misalnya, dalam temenan gitchu atau apa kek) sama orang yang bepenampilan menarik.

Menurutku sih mau penampilannya piye, asal nggak mambu, rapopo, wkwkwk.
Kalau menurut teman-teman bagaimana pentingnya penampilan itu?


Buat yang nanya. Sungguh saya nggak ikutan demooo! Fufufu...

102 comments:

  1. una, pulang kuliah lgs pulang aja ya jgn ikutan demo :) Una lagi jatuh cinta gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha gak ikutan kok mbak, lagi musim panas sih ahahaha.
      Lagi donggg, tapi kok ya gini gini aja :D

      Delete
  2. yoyoy, asal gak mambu dan gak suka lemeng, udah cukup kok kl buat ku mah ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lemeng ki opo sih mas? Emang kamu gak mambu po mas? :-"

      Delete
    2. lemeng = maling = suka ngambil barang orang, wew :p
      aku bau gak ya, hmmm, cek sendiri deh :p

      Delete
    3. Okehh, sini kuceknya. Angkat ketekmu~ *kok jadi jorok ya*

      Delete
    4. waduhhh, memang ada ketek murahan ya? Kalau mahalannya gimana?

      Delete
    5. Yang kayak punya Mas Stu gitu, ahahaha

      Delete
  3. hahahaha... kalau TK sih tipe orang yang pentingin first impression... mangakanya.. TK jadi metroseksual banget... hahahaha... (faktor narsis juga kayanya)...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk, first impression emang penting sih. Metroseks dan narsis yah :p

      Delete
  4. Setuju, Na. Sing penting gak mambu. Soalnya kalo dah menyangkut penciuman ya males berurusan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah mbak. Malesin kalo deket sama yang mambu. *padahal aku dewe yo sok mambu*

      Delete
  5. Pada umumnya memang begitu mbak.

    Bukanlah hal munafik ketika kita menyukai apa yang mata kita lihat, kemudian setelah itu kita akan melihat dengan hati :)


    Kan dari mata turun ke hati mbak
    (ini yg saya pahami dari pacar saya..)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap benar sekali.
      Yang kita lihat emang signifikan berpengaruh :D

      Delete
  6. Aku sih setuju sama pendapat yang pertama Un. Penampilan itu penting, apalagi buat kesan pertama. Coba liat pegawai2 bank. penampilannya rapih2 kan? Ngak salah lagi mereka pasti ingin membuat kesan pertama yang baik, jadi kita bisa nyaman. mana ada yang pakai baju kedodoran. Apalagi yang pegawai yang cewek, Yahud Un. makanya salah satu tempat favoritku itu Bank. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huuuu, dasar!
      Aku juga kalo ngantri di teller berharap nomer antrianku dapat mas mas teller yang ganteng ha ha ha~

      Delete
  7. kok style'mu copas banget dengan gayaku tempoe doeloe tuh..hayoo ngaku, ngefans ya padaku.hahahaha...

    Oia, salam kenal buat respondennya ya...sptnya kok aku kenal juga tuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha!
      Udah kenal kok mbak.
      Tapi sama yang Rie kayaknya gak kenal tapi, wkwkwk~

      Delete
    2. Masak sih udah kenal? siapakah dia? # judul kuis di tipi

      Delete
    3. Rahasia, demi menjaga privasi responden :p

      Delete
  8. bagaimanapun penampilan kita, yang penting bikin kita pede. gitu aja sih kalo menurut gua.

    ReplyDelete
  9. Menjaga Penampilan itu penting, selalu bersih, rapi (bukan berarti formal jg) , bisa membuat org lain nyaman dengan kita. intinya sh, ga da ruginya menjaga penampilan :)
    itu sh menurut aku, mbak :)

    ReplyDelete
  10. buat guwe, penampilan itu nomor 2 yg penting itu duit banyak!
    kalo org ke pusat perbelanjaan pasti penampilan no 1, tp loe boleh bukti'in lewat rontgen, dr sekian bnyk pengunjung yg datang ke mall, sebagian org paling2 punya duit bwt naik taksi PP doank!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang punya duit pun kalau tampilannya gak menarik, suka didiskriminasi sama orang loh

      Delete
  11. hmmm penampilan ya mbak una, kalo saya gak terlalu memikirkan penampilan sich , jadi mau berantakan bahkan baju gak ganti 3 haripun okay hahahahahaha <- gak kebayang kan

    bahkan adalagi yang gak akan kebayang jaket motor entah berapa bulan tak pernah tercuci kena air paling paling air hujan waktu kehujanana hahahahaha

    ya sudah lah thats my personality :)
    d(^o^")

    ReplyDelete
  12. Dulu awalnya cuek sama penampilan, make pakaian sesukanya sendal jepit mau putus hajar terus.
    Tapi semenjak berpenampilan berantakan itu menghasilkan sisi negatif dari lingkungan sekitar, mau juga wajib untuk merubah penampilan.
    Biar lebih nyaman dimana n kapan aja dan hasilnya lebih baik akibat berpenampilan baik :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi yap, penampilan ternyata perlu ya.

      Delete
  13. Hmm.. masalah penampilan itu emang relatif bagi semua orang siy, ada yang pengen kliatan menarik ada yang cuma biasa2 aja.

    Pada umumnya Pandangan orang itu Pertamanya mesti tertuju pada Penampilan luar Seseorang. Jarang yang langsung menilai Seseorang itu dari dalamnya jika belum kenal!!

    Nah lho... berarti emang penampilan luarnya itu yang jadi kesan pertama dong. Selanjutnya.. Terserah apa katamu!!
    ^_^

    Kalo Ayas, mo penampilan yang aapa aja yang penting nyaman, aman, menenangkan dan menyenangkan... BEREESS DAH!!
    Jadilah Dirimu apa adanya!!
    Hwehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, cuma kesan pertama hihi.
      Tapi ya gimana ya penampilan tuh, mbuh ah... :D

      Delete
  14. Sekarang kalah sama adik kelasnya ya..???
    Menurutku penampilan sedikit penting juga, untuk menimbulkan kesan pertama yang baik. Setelah itu baru melihat watak, kepribadian dan karakter.

    ReplyDelete
  15. AAJB te kalo kiblat penampilan ke orang itu ....

    yang penting jangan terlalu santun te .. ehehhee

    ReplyDelete
  16. ayoo kak unaa... make over hehehe,, masak kalah sama adek kelas.. penampilan itu yaa penting laah,, biar sedep dipandeng daripada ntar orang laen ngomong buruk tentang kita,, ya nggak ya nggak? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Whahahaha,
      kayaknya harus makeover bener nih aku wkwk~

      Delete
  17. Betul, penampilan memang penting buat kesan pertama :D Tapi bukan berarti kalau bukan buat itu nggak penting juga sih. Orang harus "representable" dong. Nggak harus selalu rapi necis gitu deh, tapi asal enak dan nyaman dipandang (dan dianya juga nyaman) juga sudah ok kan, hahaha :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iya, rapi, bersih, wis cukup yo mas...

      Delete
  18. hebat donk adik kelas waktu SMA nya bisa berubah drastis. kebayang dulu gimana tuh ampe bisa mirip hagrid gitu. mungkin dia semngat ubah diri dan penampilan biar gak malu lagi, bagus donk ya. hehe

    adakalanya kita harus perhatiin penampilan sih jangan terlalu cuek. di sesuaikan ama situasi dan kondisi kali ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi,
      tapi drastisnya, lha baru setaun lalu lulusnya je :D

      Delete
  19. Cover itu bisa membuat harga sebuah produk melambung tinggi.. coba aja liat iphone yang bentuknya keren tapi teknologi kurang bagis dibanding saingannya.. tapi karena covernya yg keren, orang tetap mau membelinya..
    Pernah dosenku cerita kalo suatu hari beliau ada janji ketemuan pertama dengan klien, perjanjian mendadak. Pas ketemu, si Klien malah ngacil karena waktu itu dosenku baru saja pulang dari rumah temannya dengan penampilan apa adanya: nggak keliatan kalo beliau seorang arsitek karena pakaiannya kurang rapi mencerminkan profesinya.. Jadi, saya sangat setuju dengan pendapat dari Rie: penampilan adalah impresi pertama. Dengan adanya kesan di pertemuan pertama, akan ada pertemuan selanjutnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahahaha, kasian banget dosennya.
      Tapi emang sih,
      kalo kita penampilan gak rapi, suka didiskriminasi sama orang :(

      Delete
    2. Emas belum tentu gemerlap, tak semua pengembara tersesat.. Tahu artinya kan?

      Delete
  20. Penampilan sesuai kepribadain kata orang, menurutku ndak selalu benar ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iya mbak, belum tentu gimana kepribadiannya :)

      Delete
  21. kalo bahasa jawa tuh Ajining diri soko lathi, ajining rogo soko busono makanya penampilan tuh penting banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iya... untung aku orang Jawa, jadi dong itu tegese opo :P

      Delete
  22. haha wakt semester 1 sy paling tdk pernah mmperhatikan penampilan. dari atas sampai bawah tdk ada warna yang match. Yang saya heran malah temanku yang protes sama penampilanku. hahaha.. sekarang saya malas diprotes jadinya mesti match n rapih2 ama penampilan.
    kata si teman, penampilan itu penting supaya kita (yg tdk memperhatikan penampilan)tidak merusak mata orang lain. ada-ada aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuakakakaka,
      bener juga ya.
      Kasian orang yang ngeliat kalo kita gak match/rapi hihi~

      Delete
    2. iya una, bayangkan saja tiap pagi datang kampus yang diprotes itu baju ama rokku yang tidak match. i'll be crazy kalo hari2 seperti itu :( mkanya sekarang lbih mix n match hahaha

      Delete
  23. biar penampilan blog Una makin keren, ada hadiah yang harus dipajang disini.. diambil yaa hadiah spesial dari dhe, http://gamazoe.wordpress.com/2012/03/31/seratus-cinta-gamazoe/ :)

    ReplyDelete
  24. penampilan penting loh kak, biar orang disekeliling kita betah berlama2 dekat kita,, sedih kan klo kita datang orang2 pada ngaburrrr,, Hhahaha

    Demo,, aku pernah ikut sekali,, hahhaha OOT.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkw,
      ngaku nih yeee.
      Demo apa tuh mas?
      BBM yang sekarang ini? :d

      Delete
  25. kata "owog-owog" kalo di translate ke bahasa indonesia jadi apa yo un....?....hihihi...

    ReplyDelete
  26. Setuju sama pendapatnya Rie...

    Penampilan emang penting, tapi bagiku ya tinggal menyesuaikan dg sikon aja. Jgn sampe jg hanya penampilannya doank yg OK, tp isinya jauh dari cover wkwkwkwk
    Tapi ga terlalu pusing jg sich dg penampilan orang lain, yo seperti kata Una, asal nggak mambu, rapopo, wkwkwk. Dan yg penting loe ga ganggu gw hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi tosss...
      Mbak ga mambu kan? Ahahaha~

      Delete
  27. Mambu ntu paan, ya? Bau, kah?
    Yang penting gak mengganggu stabilitas orang-orang di sekitar aja deh ... apalah artinya penampilan :D

    ReplyDelete
  28. buahahah~
    iya mb'... yang penting ngga mambuuuu....

    kalo bau, jd ilfeel beuh ^^

    oh ya, ceritaku mendadak seret mb' Un... malah belom selese ^^
    mungkin j50k nya lanjut disuatu saat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi okeee, aku bacanya kalo sudah selesai ya hihi~
      Ntar penasaran soale :D

      Delete
  29. menurutku penampilan gak penting
    yang penting hatinya...
    *cieee....lebay...*
    hihihi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihiiii emang bener sih, nda lebay :p

      Delete
  30. hehehe tampilan itu ciri khas masing2 orang pasti beda mbak una, tapi bener lho yang penting ndak mambu, paling seneng sama cowok yang wangi :D *lho...

    ReplyDelete
  31. penting...dari mata turun kehati *alasan aneh!

    ReplyDelete
  32. Penting! Tampilan itu penting. Kalau bisa yang resolusinya paling bagus... <-- nggak nyambung.
    Una, kamu ikut demo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak Zart. Lha, nggak bikin ipku jadi empat.
      Kamu ikut?

      Delete
  33. klw aku sih mba Una, simple is biutippullah. .

    ReplyDelete
  34. Kak Una, Icha ikutaaan...
    Menurut Icha penampilan itu ya penting juga untuk di perhatikan...
    Apalagi buat perempuan gitu, asal jangan menor-menor aja, malah jadi jelek...
    Biasanya, penampilan sehari-hari (bukan di saat-saat tertentu aja) juga merupakan cerminan dari orang itu, misalnya bajunya rapi, sudah di setrika, panjang , nggak kotor, ya pokoknya begitu lah...
    Tapi kalau urusan badan + wajah sih biasa aja, cantik jangan di buat-buat, pengen wajahnya putih, pake bedak, pengen bibirnya pink, pake lipstik, pengen bulu matanya lentik, pake bulu mata palsu...
    Kecantikan wajah yang kaya gitu kan nggak abadi, bisa di hapus...
    Yah, biarkan wajah kita cantik alami, inner beauty gitu, gak perlu di tambah-tambah...

    Semangat ya kak Unaa...
    Maaf kalau ada kata-kata yang nggak berkenan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap...
      Dandan juga gapapa, asal ga berlebihan.
      Berlebihan kan ga baik...

      Delete
  35. keren... keren...
    sy pun masih pake kaos oblong, masih pake jeans, masih lebih suka pake sandal jepit swallow
    kekantor pun kayak geto
    bebaslahh yah, suka2 kita. gak pernah peduli sm komen2 orang, padahal temen2ku dah pada menor plus highheels ria
    ahahaha...

    tapiii, kalau lagi mut sy juga suka dandan dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk,
      tossss!
      Liat doonggg pas lagi dandan gimana :D

      Delete
  36. Sama kayak saya...
    Saya juga gak pernah pakai rok...

    ReplyDelete
  37. Ehmmm.... kalo menurutku sih penampilan penting un, tapi lebih penting lagi kepribadian yang baik.

    ReplyDelete
  38. kalau aku sih ga terlalu memperhatikan penampilan. yang penting ga bikin mata sakit dan yang pastinya tetep nyaman dipake..

    ReplyDelete
  39. panampilan penting...
    kesan pertama jg penting...
    kan ada cinta pada pandangan pertama..
    kemudian turun ke mata dan yg utama adalah matapencaharian..
    :P

    ReplyDelete
  40. aahh aku juga baru sedikit berdandan udah kerja.. waktu kukiah dikit aja lah.. tapi cuma bedakan.. waktu sma? parah.dah tampilan aku.. hahahaha

    ReplyDelete
  41. yg penting bersih dan wangi. itu aja. hehee

    ReplyDelete
  42. buatku juga yang penting bersih dan TIDAK BAU.
    Klo berbau itu yang sulit ditoleransi.
    mau seramah apapun, pasti sambutanku palus,

    jadi Una bau apa? #lho? hahaha

    ReplyDelete
  43. Penampilan itu kalo buat aku tetap penting. Soalnya aku suka yang rapi dan bersih, jadi kalo akunya sendiri rapi dan bersih aku pun akan lebih nyaman melihat diriku sendiri. Cuma ya tetep penampilan luar akan turun drastis nilainya jika saja tidak ditunjang oleh kecantikan batiniah :)

    ReplyDelete
  44. Penampilan penting kalau untuk interview pekerjaan, Na. Dan juga untuk profesi-profesi yang menuntut pegawainya berpenampilan rapi, kayak sekretaris atau pegawai bank. Kalau masih kuliah, menurut aku ya, nggak usah yang gimana-gimana deh, yang penting mandi, bersih, baju disetrika, hehehe..

    ReplyDelete
  45. Penampilan tetap penting nduk.
    Gak mambu juga penting
    I love you

    ReplyDelete
  46. penampilan memang harus sesuai sama kepribadian.
    kalo gak jadinya malah maksa atau berlebihan..

    hiigigii..

    ReplyDelete
  47. hahaha..
    kalo aku sih merhatiin penampilan baru-baru aja.
    dulu, kesana kemari pasti awut2an, mpe temen2 dekatku ngeledek manggil aku dengan sebutan MAS!!!
    -___-")

    eh, tapi sekarang dah mulai tobat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  48. saat mata saya membaca "owog-owog tak pernah dikucir" hehe langsung ngakak ktawa.. blognya lucu n menarik.. style tulisannya saya suka ada medog jawanya tp ada englishnya..mantap... sukses slalu...

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!