Mencicipi Indonesia di Hong Kong

Beberapa waktu lalu, ketika di Hong Kong, aku dan ibuku kebingungan mau makan apa. Malam sebelumnya sudah makan Mekdonal, masak iya makan Mekdonal lagi. Ya nggak apa sih sebenarnya. Yaudah deh, Mekdonal lagi. Jalan ke arah Mekdonal, pas udah di depannya aku bilang sama ibu, bagaimana kalau makan makanan Indonesia aja. Kata ibu, yo wis ayo! Padahal kukira ibu bakal bilang, "Wis adoh-adoh mangane og podo wae." (Udah jauh-jauh makannya sama aja.) *suuzon yak eike*

Waktu itu kami di daerah Causeway Bay, area yang padat sekali, yang merupakan salah satu shopping district utama di Hong Kong. Katanya, biaya sewa toko di sini hampir dua kali lipat dari Ginza di Tokyo dan lebih murah sedikit dari Fifth Avenue di New York. Selain itu yang terkenal di sana itu Victoria Park-nya, yang sering buat nongkrong para BMI (buruh migran Indonesia). Nggak bermaksud rasis, tapi kayaknya ras terbesar kedua di sana selain orang Cina sendiri itu orang Indonesia, hehehe abis di mana-mana banyak orang Indonesianya, sih.

Nah, maka dari itu, so pastilah banyak tempat makan Indonesia. Tempat yang kami datangi bernama Sedap Gurih. Di seberangnya juga ada warung Indonesia bernama Warung Chandra.

Hmmm, sedap dan gurih beneran gak ya @.@

Mau gulai kambing? 
Ada tumis kangkung, urap, bihun goreng, nasi kuning.
Pas masuk, wah... banyak bertuliskan Bahasa Indonesia, ada peta Indonesia, ada berjejer teh botol kotak yang enak banget itu, yang makan di sana pun hampir semuanya mbak-mbak BMI yang fashionable abeeesss. Aku nggak yakin yang punya restoran itu orang mana, sepertinya sih orang Hong Kong tapi pandai juga berbahasa Indonesia.

Buku menunya tebal sekali booo', malah jadi bingung mau makan apa. Geli juga rasanya liat nama masakan Indonesia di luar negeri. Dari urap, rawon, nasi goreng, komplit bok. Tapi kurasa empal gentong nggak ada deh. Liat menunya duh, nasi kuning kayaknya menarik, ayam bakar kayaknya boleh juga. Apa gule aja yak... bingung dewe. Ibuku memesan lontong cap go meh dan teh sedangkan aku akhirnya pesan ayam panggang dan es kelengkeng.

Untung ibuku nggak komentar, "Haaa, jauh-jauh makan ayam panggang."
Kalau iya aku juga bakal bales, "Haaa, jauh-jauh makan lontong cap go meh!"

Mbak yang melayani kami nggak tahu juga orang mana tuh, tapi bisa Bahasa Indonesia. Setelah dia catat, nggak berapa lama billnya dikasih ke meja kita. Menunggu makanannya nggak gitu lama itungannya.

Bagiii donggg Buuu kerupuknyooo... 
Ayam panggang dan sambel kecap~ lalalala~
Es kelengkeng.
Karena punya ibu datang lebih dulu, aku mencoba lontong cap go mehnya dulu dong ya. Kuahnya agak lebih kental dari yang biasanya, tapi lumayan enak, tapi lagi terlalu pedes buatku. Nek ayam panggangnya biasa aja, ya lumayan enak juga sih *aku bingung opo seh sing gak enak*, cuma bumbunya kurang greng aja gitu. Es kelengkengnya sepertinya longan kalengan, fufufu, kecewa deh eike. Rasanya rada wagu gitu, rasa sintetis, tapi lumayan enak juga... Dari tadi lumayan enak mulu.

Harganya? Mahilll... Kalau ditotal, trus ditukar sama paket BigMac Mekdonal yang udah ada coke plus kentang, dapat tujuh biji paket. (Fact nggak penting: harga paket BigMac di HK cuma 20HKD, equal to 25 ribu rupiah. Harga aslinya 33,3HKD tapi diskon gitu. Yang aku bingung dari aku ke sana Januari, sampe ke sana lagi pas Oktober, masih diskon mulu. Curiga eike.) Kalau ditukarnya sama Sop Buntut Hotel Borobudur yaaa dapet dua mangkok yang medium.

Eike malah gak duwe peta Indonesia...
Kayaknya kartu telepon termurah tuh di KRL deh... hehe itu kartu perdana ding ya :P
Secara keseluruhan ya lumayan lah. Rasanya lumayan. Harganya mahal tapi nggak menyesal, sekali-sekali doang ini, malah jadi tahu, oh gini tho rasanya makan masakan Indonesia tapi nggak di Indonesia. Mungkin kalau ke Hong Kong lagi (amiin) nggak akan mampir lagi sih. Ngapain, hihihi!

Sedap Gurih Indonesian Restaurant
Shop 1B, Lok Sing Centre, 19-31 Yee Wo Street
Causeway Bay, Hong Kong
Kalau dari Sogo, jalan ke arah timur sebelah kiri jalan. Masih baratnya Victoria Park.

142 comments:

  1. Replies
    1. ngapain jauh2 ke hongkong ???

      di sini juga ada kalik Un.

      Delete
    2. blognya keren Un
      apalagi headernya T.T

      Delete
    3. Hahaha, apalagi tanda tangannya yak...

      Delete
    4. empal gentongnya di bawa ke Kalimantan tuh sama MAs Stumon

      Delete
    5. Mas Monyet janji nraktir empal gentong tapi gak ditraktir2, tipuuuu~

      Murah tanda tangannya, aku gak minta aja dikasih :P

      Delete
    6. Nggak, katanya dia lagi sibuk gitu

      Delete
  2. yang penting kan lumayan .. heheh *banyak lumayannya ya ...

    ReplyDelete
  3. rasane seenak sik nang angkringan ora un? nek ora aku tak sangu sega angkringan njuk dipangan nang hongkong #eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung angkringan mana dolo. Sama sate usus ama sate endog gemak enakan di angkringan, wehehehe~

      Delete
  4. Wihhh....mahal amaaat ya na? 7 paket mekdonal???? busetttt dehhh...tapi kalo rasanya enak sih gak terlalu nyesel tohh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mahalll, ahahaha... kek fine dining harganya *pret

      Delete
  5. lontongnya enak keknya, na. :D aku lebih suka yang pedes, wekeke. mantap! ;)

    ReplyDelete
  6. Nasionalis banget Un, biar jauh2 ke Hongkong tetep nyari makanan Indonesia.... Tapi memang kuliner Indonesia itu eunakkkk.... aku pernah ditanyai resep nasi goreng loh sama orang Perancis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya...
      Iya aku bingung deh kenapa nasi goreng tuh populer sangat @.@

      Delete
    2. bukan nasionalis
      tapi ilate katrok
      haha

      Delete
  7. eh ternyata ngerti victory park juga tho mbak Un??
    wah, kalo pas weekend rame tu para BMI kum pul disana, dan macem-macem wujudnya, lain kali saya juga mau posting ah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya tau lah, bukannya populer wehehehe, jadi judul pelem pulak.
      Kamu di sana ta Ric?

      Delete
  8. Gua juga pernah ke sana. Harganya lumayan mahal dan rasanya ga seenak di Indo soalnya bumbunya beda. Biar gimanapun juga di HK persediaan rempah2 dan bumbunya ga selengkap di Indo...gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. He em, rasanya kurang, tapi mayan sih hehehe~

      Delete
  9. gule kambing karo lontong nduk....hee

    ReplyDelete
  10. Aku paling girang kalo lagi jalan2 ke LN ketemu resto Indo. Abisnya yang jual kan pasti org Indo, jadi bisa bebas mesen pake bahasa Indonesia juga. Cape kadang mesen2 pake bhs Inggris, apalagi di negara non-inggris.. X_X

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahihihi soalnya mbak tinggal di luar sih ya... :P
      Emang di Helsingborg gak ada ya mbak :P

      Delete
  11. ha.ha.ha. jauh-jauh makannya tetap Indonesia.
    Di Tw makanan Indonesia lumayan mahal, udah gitu rasanya ya kurang menggigit, jadi aku jarang makan di restoran Indonesia ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha cinta Indonesia dong~
      Emang beda ya masakan yang langsung dari asalnya :D

      Delete
  12. itu yg foto pertama nama menunya apa Una ?

    ReplyDelete
  13. ada juga toh ..
    hmm ...

    mbak Una enak bisa sampai ke Hong Kong ..
    aku bahkan Indonesia bagian timur pun belum terjamah :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, aku pun juga belum pernah ke Indonesia Timur.
      Kapan yaaa ke sanaaa~

      Delete
  14. Pasti bumbunya agak-agak gimana gitu ya Na ? karena kan bumbu masakan disana beda bahannya dengan di sini. ( sok tahu ya !) Apalagi dengan lontongnya, wong berasnya aja beda yang buat dimasak dengan yang ada disini.

    Tapi walau rasanya kurang pas dengan lidah kita, yang penting bisa ngisi perut ya ! He...x9

    Sukses selalu
    Salam Wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iya kurang gimana gituuu, tapi mayan lah :D

      Delete
  15. hahaha lagian ngapain ke hk kok malah makan makanan indo sih na? :P

    ReplyDelete
  16. itu kok ayam panggangnya pake bungkus kertas nasi Un ? apa emang piringnya harus dialasin kertas nasi ? hhihihi pertanyaan ga penting ini ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya soalnya piringnya piring bolong-bolong gitu, rotan yak... *gak yakin*

      Delete
  17. Wes besok niar pingin buka warung masakan indonesia di paris aahh, piye?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa bikin cabang warung bu nunik di sana. *eh bener gak nih namanya :P
      Aku melu yak!

      Delete
    2. ojo neng paris, neng parangkusumone wae...

      Delete
    3. ninuk mbak e, wah bancaan nasi kuning rek ganti jeneng :p

      emoh ndak enek effel e :p

      Delete
  18. ye ye ye..ganti kulit neng Una...lebih adem dan header nya itu ga nahaaan,

    isuk2 klo ke hongkong nitip apek satu napah... :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih hahaha asik dibilang ademmm~
      Apek apaan sih Mi :p

      Delete
  19. kampung halaman di negeri orang hihihihi :D,,,, saya lum pernah keluar negeri mbak #garuk-garuk-kepala....

    ReplyDelete
  20. Ke Hongkong dalam rangka apa, Un? Gpp lah sekali-sekali makan makanan Indonesia di luar negeri, daripada mekdonal mlulu, nggak sehat ah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ceritanya sih nemenin nyokap, wehehehe :D

      Delete
  21. oalah, jauh2 ke hongkong hanya untuk .... makan makanan indonesia

    'eh ada warteg ga di hongkong? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh gak tau kakakak, mesti ke sana lagi riset nih :D

      Delete
  22. Haha... tetep ya Na... dibandinginnya ma sop buntut Borobudur... jadi penasaran nyoba ney... Mo bayarin ga km??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya abisnya mahal sop buntutnya :P
      Mau, tapi tar kalo aku dah kaya ya mbak wkwkwk

      Delete
  23. Ntar kalao kesono lagi mending ke warung Candra aja. Lebih murah + lebih enak dibanding sedap Gurih. Kalau sedap gurih tuch yang enak nasgor ama burung daranya Na. Tapi bagaimanapun yang namanya lidah Indonesia ya tetep aja enakan makan di Indonesia. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah, sayang sekali gak cobaaa T.T
      Oke sip aku tak ke Warung Candra ah nek ke HK meneh *tapi kapaaan*

      Delete
    2. warung chandra pasar klitikan wae un
      sapa tau pengen sop ruji opo rendang pelek sepedah...

      Delete
  24. Causewaybay memang Indonesianya Hongkong ya Na ...
    Saya pernah juga ke Sedap Gurih ... pesennya ... Tahu Telor ... hahahah ...

    juga ke Warung Chandra dan Supermarketnya ... Indomarket juga ...
    serasa belanja di warung sebelah rumah

    :)

    Salam saya Una

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaa jauh jauh makan tahu telor :P
      Wah gak perhatiin aku supermarketnya, penasaran :D

      Delete
    2. Supermarket Chandra itu ya disebelah rumah makannya ... ya disekitar jembatan penyebrangan itulah ... dipertigaan ... didepannya ada tempat penukaran/kirim uang ... (dengan rate yang asik punya ... sangat bersaing ...)

      Kalo indomarket ... ini yang deket dengan Victoria Park ... saya kalo mau cari Teh Botol Sosro ya kesana

      salam saya Una

      Delete
    3. Hoalahhhh, aku gak nggatekke T.T
      Ke sana lagi ahhh *kapaaan*

      Delete
    4. nengisore kebon pring kui lho un...
      *benkwapok...

      Delete
  25. kebanyakan yang makan di situ orang mana. ada orang hongkong yang suka makanan indonesia kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orang Indonesia. Tapi orang Hong Kong juga ada lah hehe...

      Delete
  26. unce'... kayaknya standar rasa makanan mu itu cuma lumayan dan enak banget ya =)) =))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ya, aslinya enak sama enak banget. Cuma agak malu jadi bilangnya ya lumayan :P

      Delete
  27. eh eh... gambar sketch mu di header telat kebukanya...

    seksi bener liatnya nce hahahaha.... =))

    ReplyDelete
  28. Kalau di Jerman pernah nemu Ajam Pedis, kirain apaan ternyata itu masakan Indonesia a.k.a. Ayam Pedas -,-

    Akhirnya bisa ke blog Una lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Deny apa kabar...
      Hahaha, populer yak makanan Indo di sana...

      Delete
    2. tar kalo lewat rs pku tak mampir deh
      jejer kauman belah ndi tho..?

      Delete
  29. Disana malahan aku sukanya makan Hui Lau San yang serba seger.... habis sudah berniat tidak akan menyentuh makanan Indonesia suapaya pulang kangen ama warung tegal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha... jiah nahan-nahan biar kangen to mbak.
      Hui Lan San apa tuh yak @.@

      Delete
  30. yang penting kan udah nyobain Un.. jadi pelajaran kalo ntar ke HK lagi mending makan di Mekdonal aja. *sikap*

    ReplyDelete
  31. waaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

    ReplyDelete
  32. kalo makan di luar kayaknya harus pasang statemen supaya jangan dikonversi ke rupiah...
    jelas-jelas jadi berasa dirampok, hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huehehehe, gak tau nih kebiasaan itung-itung ke rupiah :P

      Delete
  33. "Wis adoh-adoh mangane og podo wae." <<== aku nggantiin ibumu ngomong gini :D

    ReplyDelete
  34. Un, kuwi gambar headermu lukisan tangan po? Sopo sing nglukis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. He em, gambar pake pensil. Mas Rivai mbak yang gambarin :D

      Delete
  35. oalahhh..regone larange pooolll :(
    berarti kalo ke HK mending makan mc d ya..
    eneg eneg deh :p

    ReplyDelete
  36. tadi kirain nyasar ke blog siapaa gitu, eh ga taunya udah ganti theme yak, ada potonya. sempet aku liatin lama, kok ga mirip una yak... cakepan aslinya keknya

    ReplyDelete
  37. Tampilan Headernya baru, tambah TOP...

    ReplyDelete
  38. Iya ya gk akan sama persis rasanya spt kita makan di tempat asal makanan itu, mungkin juga krn bumbu2 penentu cita rasa makanan tsb susah ditemukan disana tp at least bg para perantau disana cukup lah utk mengobati kerinduan *tsaaaahh* akan masakan tanah air ya na :)

    Tema baru nih ya? keren loh, apalg sketsa fotomu itu na...jempol deh pokoknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, pasti beda dikit.
      Iya nih baru hehehe, makasihhh :D

      Delete
  39. Na, lucu deh sketsanya, buatan siapaaa *kepengen* hihihihi..
    Aku neh blom makan siang, tapi males masak, tambah laper deh liat ayam panggang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang bikin Mas Rivai mbak. Blognya: kempor.com :P
      Wadooohhh delivery order aja mbak :P

      Delete
  40. belum nendang rasanya ya Una kalau belum makan masakan indonesia :)

    ReplyDelete
  41. Mantab mbak UN.. eh Nasi Pecel ada ngga ya kira-kira,.. :D
    btw.. headernya bagus mbak Un.. :D

    ReplyDelete
  42. Kok pada comment ttg headermu ya? mklum, aku blm bs lht full mode neh blogmu..

    #eh, aku blm prnh ke hongkong...jd kalau ketemu menu indonesia disana..mgk akan komentra :jauh2 ke hongkong makan nasi rawon..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho ini bw dari hape ta, gaollll...
      He em kayak oke tuh makan rawon di HK :D

      Delete
  43. Huiiii ini mah bukan mencicipi judulnya, tapi makaan :D
    Mencicipi itu kan icip ~ icip2?
    Lha Una, makan toh? hihihi

    ReplyDelete
  44. bener kata ibune mb' Una, adoh" ke Hongkong, mkan msakan Indonesia jg ^^

    headernya emang keren sih, tp aq seneng cibimu yg bawa loli itu lho mb'hoohho :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ibuku gak ngomong gitu kok wehehehe~
      Di blogku yang satunya chibinya ganti :D

      Delete
  45. tapi ngomong" kok lo ga bilang e pelyanny lo orang Indo, siapa tau dimurahin ka UN, hhehe

    btw, header blognya mantep tuh ka Un,

    ReplyDelete
  46. berasa di indonesia dong klo lagi makan
    tapi klo jalan2 tetep merasa dihongkong :D

    ReplyDelete
  47. Nice post..
    ku berkunjung sambil silaturahmi:)
    berkunjung juga ya ke blog ku sekali"

    ReplyDelete
  48. kapan ya ke hongkong.... *meringkuk dipojokan

    wkwkwk mba, udah pernah dapet ini belom?? .__. http://siiqebo.com/2012/12/29/sunshine-award/

    ReplyDelete
  49. woww... header baru, kok ga diburemin juga? kekekkee...

    aduh2 itu seporsi dsana, dpt brp porsi disini.. :p

    ReplyDelete
  50. Hihieehiheie belum pernah saya ke Hong Kong. Beber eh bener bener jadul saya hiehiheiee. Makasihh udah nulis tentang kuliner Indonesia di Hong Kong ya mba Una, Serasa di kampung ya hiheiheihiehiehiehie

    ReplyDelete
  51. Untung aja gak merasa nyesel masuk ke resto itu :D
    Wondering, itu bahan2/bumbu emang didatangkan dari Indonesia, atau ngeracik makanan dengan bahan seadanya ya...?

    ReplyDelete
  52. Waduh ni una jalan-jalan terus nih, ajak-ajak dong hehe he... Kamu sendiri kemana jah ngga pernah mampiir blog aku?

    ReplyDelete
  53. wow ugal2 an makanan kayak gitu aja mahal hehehe, pasti kamu ditipu itu un

    ReplyDelete
  54. hanya bisa menikmati amerika di indonesia.....
    (KFC)

    jd pengen buka warung jateng nang hongkong....
    :P

    ReplyDelete
  55. Kalau ke hongkong lagi ajakin aku na! :D

    ReplyDelete
  56. unaaaaaa, itu headernya keren banget...!!! aku jadi iri X_X ugh~ jadi berasa ke dunia abu-abu :p cakep deh

    ReplyDelete
  57. headernya menggugah. halah.
    jadi ngiler, tapi mahal e.

    ReplyDelete
  58. hahahaha...
    bisa sampe 7 paket bigmac ya Na. Karena susah bahannya kali ya.

    ReplyDelete
  59. makasih yah Un, berguna banget buat aku ke Hongkong februari ntar...

    ReplyDelete
  60. sayang dulu aku ke hongkong full kerja jadi ga ad waktu buat jalan-jalam

    ReplyDelete
  61. makanm masakan indonesia di negara sendiri sih biasa, klo yg luar biasa makan masakan indonesia di luar indonesia..hee

    ReplyDelete
  62. Pintar baca kesempatan dagang ya Un dan terbukti laris.

    ReplyDelete
  63. blonya menarik...tmplete ny itu yang nggak nguati,,,bagus...follow sukses d tunggu kunjungan balikny :)

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!