Empal Gentong

Warung Amarta

Hari ini (13/10) aku menyisihkan 10 jam-ku di Cirebon. Berangkat pagi-pagi buta jam enam, pulang jam tujuh sore. Aku mengantarkan ibuku yang akan membeli batik di Trusmi. Mungkin ini sudah kesekian kalinya aku ke Cirebon, tapi baru kali ini yang judulnya jalan-jalan. Biasanya, cuma ke Grage Mall karena lewat Cirebon mau ke Jogja atau cuma ke rumah sodara. Yak dan benar-benar hanya ke rumah sodara.

Sebelum pergi ke kawasan toko batik, aku, ibu, tante, tante, dan om-ku sarapan dulu di warung empal gentong daerah Trusmi. Katanya warung yang judulnya Amarta itu rame banget kalau siang padahal ya tempatnya itu lethek (kusam) banget! Ada joke yang bilang kalau orang Cirebon tuh sukanya sama tempat yang lethek-lethek. Kalau warung yang lethek bisa rame banget, giliran KFC gede banget jarang yang dateng.

Aku senang sekali waktu diajak makan empal gentong karena belum pernah sama sekali sebelumnya. Pas dateng ke warungnya, buset dah banyak jeroan sapi gitu geli amat gue... hiii... Awalnya aku udah hampir gak mau makan empal gentong kalau isinya jeroan, eh ternyata bisa daging biasa. Pas udah dianterin pesenanku, ah tampilannya biasa aja. Sendokan pertama kuah dan daging, taruh di nasi, sendok dan arahkan ke mulut, rasakan, dan kunyah. OMG! ENAK BANGETTTT!

Empal Gentong :9
Huehehehe, aku tahu ini lebay tapi rasanya memang lebay enaknya (lebay lagi). Sebenarnya rasanya nggak jauh beda dari soto sulung atau soto betawi tapi kok nggak tahu kenapa enak banget deh pokoknya. Hahaha, susah dijelaskan dengan kata-kata. Aaaa pengen ke Cirebon lagi belum kesampaian makan nasi jamblang, nasi lengko, dll dll dll :9

9 comments:

  1. heiii..gadis 21 tahuun
    =D

    bikin ngiler tuh foto. mauuuu...!

    ReplyDelete
  2. Yang 21 kan mbak, hampir 22 malah.
    Saya kan masih 19 huahahaha :p :p

    Iyaaa aku juga pengen makan lagi jadinya. :|

    ReplyDelete
  3. Kalau diperhatikan, rata2 warung yang kusam dan lethek2 itu pembelinya banyak. Tak jarang para pejabat pemerintah pun mendatanginya. Entah apa yang menyebabkannya bisa demikian ya.

    ReplyDelete
  4. enak ya Una? mirip soto betawi gituh?
    sayangnya bunda flexitarian, jadi gak pernah makan daging, jd gak kan pernah tau juga rasanya si empal lebay eh enak ini ... :D :D
    salam

    ReplyDelete
  5. @Om Mufti: Pake magic kali ya om, huihihi. *suudzon*
    @Bunda: Enakkk bangettt... ayo sekali-sekali makan daging lahh~ hahaha...

    ReplyDelete
  6. kuliner cirebon baru nyicipin nasi jamblang, itupun belinya di Bandung.. kayaknya harus langsung santap di cirebon biar lebih mantebh. :)

    ReplyDelete
  7. Iyaaa, kayaknya kalo gak langsung di asalnya kurang piye gitu~

    ReplyDelete
  8. empal gentong itu emang enaaak bangeet (ini jujur sengaja lebay), apalagi kasih cabe bubuk agak banyak, sedeep deh...aq hobi jeroan sih hehe, biasanya campur aj daging ma jeroan...mantab jaya

    ReplyDelete
  9. iya .. empal gentong itu sekali nyoba memang udah terasa enaknya...
    yuk berburu empal gentong ...di Jakarta sini di mana yang enak ya..kasih tau kalau udah ketemu ya..

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!