Telaga Warna, Kawah Putihnya Dieng

Salah satu yang menarik dari Dataran Tinggi Dieng ialah Telaga Warnanya. Objek wisata ini bernama lengkap Taman Wisata Alam Telaga Warna dan Telaga Pengilon. Telaga yang kedua merupakan telaga yang tak jauh dari Telaga Warna, bedanya ia tak memiliki warna seindah Telaga Warna. Terletak di Kecamatan Kejajar Wonosobo, taman wisata ini memiliki luas 39,6 hektar dan dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Tengah dari Kementerian Kehutanan.

Tiketnya seharga 6000 rupiah per kepala untuk sepuasnya keliling taman wisata luas sekali itu sampai pegaaaalll! Nggak cuma Telaga Warna dan Pengilon saja, namun ada beberapa gua yang biasa digunakan untuk semedi, seperti Gua Semar dan Gua Jaran. Katanya sih banyak pejabat cari wangsit di sana. Katanya pula ada tempat yang dipercaya dulunya pernah Gajah Mada napak tilas di sana, sampai-sampai ada patung Patih Gajah Mada berwarna emas.

Tiketnya.
Telaga Warna.
Kering.
Telaga Warna memiliki warna yang cantik. Itu disebabkan karena kandungan sulfur di dalamnya sehingga bisa menghasilkan rona yang elok. Waktu aku ke sana warnanya putih kebiru-birumudaan, hijau turqoise, dan makin ke tengah warnanya makin hijau, hijau toska. Sayang waktu itu, telaga sedang surut sehingga area yang biasanya ada airnya pun kering karena meskipun sudah masuk musim penghujan, kala itu hujannya belum hujan-hujan amat. *maksude piye iki*

Satu yang teringat dari melihat Telaga Warna ialah Kawah Putih. Kawah Putih yang terletak di selatan Bandung merupakan telaga yang terbentuk dari ledakan Gunung Patuha. Tingkat belerang yang tinggi menyebabkannya berwarna putih. Mirip dengan Telaga Warna. Bedanya sih Kawah Putih lebih bau belerang, itu karena kandungan sulfurnya lebih banyak kah? Aku nggak ngerti.

Mirip kan...?
November lalu, aku pergi ke Dieng bersama tiga tante-tante teman bloggerku: Jeng Alaika, Jeng Ririe, dan Jeng Idah Ceris. Seusai berfoto-foto ria berlatar Telaga Warna, kami pun berjalan menyusuri tepi Telaga Warna. Ada penjual kue pancong di sana, dua ribu dapat banyak sekali. Makan kue pancong/gandos/gandosrangin/rangin/you name it lah yang masih hangat dikombinasi dengan panas panas sejuknya Telaga Warna, weh kok jadi enak banget yak... Padahal di Jakarta aku nggak pati doyan rek.

Mbok aku ae jeng sing difoto...
Jalan kaki lagi, kami pun bertemu dengan Gua Semar, arca Gajah Mada, dan Telaga Pengilon. Nggak tahu ya, tapi aku merasanya di daerah sana tuh horor-horor piye. Andaikan aku nggak bareng sama teman-temanku ini, aku ogah deh sampai bagian yang dekat dengan Telaga Pengilon. Sayangnya kami udah pada capai dan jalan nggak begitu jauh. Foto-foto di area itu pun ternyata aku nggak punya banyak. Udah capai jadi males moto kali ye.

Fotogenik sekali...
Nah, tahun 2013 besok itu tahunnya VJT. Apa tuh? VJT atau Visit Jawa Tengah 2013 menawarkan empat destinasi unggulan. Nah Dieng termasuk dalam program kawasan Borobudur-Dieng-Jogjakarta.  Lainnya ialah, Semarang-Karimunjawa, Solo-Sangiran, dan Cilacap-Pangandaran serta kawasan sekitar lainnya. Semua basis wisata ditawarkan, dari wisata sejarah, budaya, bahari, alam, semua ada.

Kapal parkir. @Tanjung Gelam, Karimun Jawa
Para pekerja membatik. @Museum Batik Danar Hadi, Solo
Sam Po Kong, Semarang


Logonya yang cantik dipadu dengan program-program unggulannya serta 150 event yang akan dihadirkan tahun depan membuat aku berharap semoga program Visit Jawa Tengah 2013, sukses!

❤❤❤

*Postingan ini diikutkan dalam Liga Blogger Indonesia oleh dotsemarang.

166 komentar:

  1. Indaaah Na potonyah. Dan baru ngeh kalo dirimu ganti tampilan ya. Sketsanya cantiiik.
    Pengen ke Jawa Tengaaahhh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wehehehe, makasih... Aslinya lebih cantik loh :P

      Hapus
  2. wHAHAHAhahaha gagal pertamax hiehiehiee. Tidak apa Keduax juga tidak apa. Hiheiheiee mantap nih mba Una, makin kinclong aja blogna mba Una. Saya cuma kaget dikit di gambar headernya, yang saya kira tadi RIRI REZA, eh setelah mata saya mendelik eh gambar mba Una higigeiieieiiheihee

    Dieng? Wah belum pernah sekali sama, eh sama sekali. Kalaw Sam po Kong di Semarang saya pernah satu kali. Semarang mah asyik, dan nama nama jalannya mudah sekali ditelusuri, saya aja yang baru ke semarang satu kali udah bisa ngiter ngiter semarang sendirian pake motor pinjaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, itu Rachel Maryam tauk :p
      Ke Dieng dong Kang... *sok promosi*
      Wahihihi iya Semarang gampang, cuma panassshhH!

      Hapus
  3. aaaaaaaaa, fotonya cantik2 :D aku masih pengen ke dieng lagi, padahal dulu udah pernah, hehe :D keren lah tempatnya, cuma emang pas aku ke sana pas musim ujan, jadi kabutnya tebel, na. btw, header baru ganti ya? cieee ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga cantik loh... Wahihihi iya kemarin juga berkabut. Lucu deh liat kabut di tengah jalan wkwkwk... Iya dong ganti :P

      Hapus
  4. foto tanjugn gelam nya bagus na...

    ini buat kompetisi ya na? moga2 sukses yaaa...

    BalasHapus
  5. borobudur,prambanan,kalasan,mendut,sindoro,dieng semua pernah ku kunjungi.tp memang paling berkesan saat diborobudur yg merupakan candi terbesar didunia.tapi kusarankan bawa payung kalo siang hari panasnya bikin gosong.hahaha

    BalasHapus
  6. kok nggak bilang ada lomba ini Un?

    hmmmmm

    miss gosip juga ikut yak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku taunya pas hari terakhir pendaftaran, tanggal 22. Pas kamu gak ol...
      Mbuh dia ikut kaga... Cie cie...

      Hapus
    2. iya deh, aq ngalah ke selangor aja.

      Hapus
    3. oleh-oleh jangan lupa~

      Hapus
    4. jiah, seharuse aq yang bilang gitu :p

      Hapus
  7. banyak nih tempat menarik Jawa Tengah yang belum didatangi ... kuil Sam Po Kong itu salah satunya ,
    cici Untje cantik pakai baju merah langsung menjelma jadi permaisuri kaisar Ming

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku Putri Ong Tien istri Fatahillah Bu Mon... *waton ae wkwk*

      Hapus
    2. Yuk, kak Mon kita jelajah Jawa Tengah sekalian denger Una nyanyi Solo Balapan secara live show

      Hapus
    3. Wahahaha, sip sip~ Purwosari, Solo Jebres juga boleh~

      Hapus
  8. Kok jadi pengen kue pancong jg ya hahahahaha.. Tempatnya bagus, jd pengen kesana jg deh liat aslinya hehe...

    BalasHapus
  9. Eh iya, telaga warnanya 11/12 gitu ya bentuknya sama kawah putih.
    Kalo di jawa tenegah aku masih penasaran mau ke karimun jawa. Dirimu pernah kesana ga Na?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pernah dong, itu aku masukin foto di Ujung Gelam, Karimun Jawa. :D

      Hapus
  10. hahaha dari bandung langsung by pass ke dieng hahaha, eh tiketnya 6000 beneran ta? ditawar 5000 gak boleh un haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah kutawar gak boleee...
      Mungkin kalo Mas Munir yang nawar baru bisa :P

      Hapus
    2. cie cie cie klasmen divisi utama yg nomer 1 cie

      Hapus
    3. cie yang nomer 26 cie cie

      Hapus
    4. cie yang nomer satu cie cie kuadrat

      Hapus
  11. Una lebih Semarang ketimbang saya, padahal secara 'kheokhrafis', saya lebih dekat dengan Semarang...
    Di Indonesia, nggak cuman telaganya saja yang berwarna.
    Sungainya juga penuh warna. Ono abange, ono ijone, ono birune lan ono coklate...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pagi ini sesuai jadwal saya akan ngantar Bu Mars ke Pasar Klewer & Museumnya Danarhadi.
      Kalau jalan lancar langsung geser ke Jogja.

      Hapus
    2. Waduh, mangnya muka aye kayak lumpia Pak... @.@
      Hahaha pastinya, akeh sampahe :P
      Wiii ni Senin buka po Pak Museum... @.@

      Hapus
  12. lama sekali saya nggak kesana. jadi pengin lagi. indonesia memang indah ya.. sip banget pemandangannya. tapi dieng ini kalo udah siang panasnya minta ampun. coba banyak pohon buat mendhing-mendhing.

    BalasHapus
  13. wah header blog nya kerennn na....bagus juga yah kawah Dieng, ijo2 turquise gimanaa gitu, sayang aku gak mampir kemaren itu lewatin lohhh...hahaha, kue pancong udah lama gak makan, jadi kepengen deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak...
      Ahahaha lho kok gak mampir :P

      Hapus
  14. Katanya kalau mau dapet warna 3 yg berbeda ada tempat fotonya emang na. si titi kemaren pas dateng kesini dapet dia.

    Ah.. mudah2an tahun depan bisa ke jawa tengah deh. pengen banget me dieng dan karimun jawa xoxoxoxo..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak fotonya agak naik gitu,
      tapi emang lagi surut fufufu~
      Wahihihi amiiinnn~

      Hapus
  15. salam kenal...
    dari kecil sering dengar dan baca cerita ttg Dieng tp samoai sekarang blm pernah kesana :(

    wah kl lihat log visit jateng 2013 jd inget logonya di salah satu produk makanan hehehe **baru beli kmrn :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai...
      Ke sana dong... wah produk apa tuh? *penasaran*

      Hapus
  16. wah keren na.. Bisa jd tmpt sweet escape.. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Irwaaaaaannnn hahaha, ini Mas Irwan yang sama kayak tiga tahun yang lalu kan ya :P
      Hooh sweet escape seru tuh, tapi kok gak ada yang mau bawa kabur aku yak :P

      Hapus
    2. haha.. Iya na, setelah mp digusur, rencananya sy mau buka lapak disini.. :D

      Hapus
  17. Ini nih salah satu daerah yang belum saya kunjungi dan kayaknya perlu. :)

    BalasHapus
  18. telaga nya kecil yaaa
    ga kaya di sini luas banget :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gede mbak tapi gak tau deh kalo dibandingin di situ :P

      Hapus
  19. Una..jalan2 terus yooooo...
    rangin murah emang enak lho Na..apalgi anget maemnya di daerah duingin, beda ama yg di Jakarta..

    Potomu apik2 opo neh iku sik acung tangan victory...hihihhi

    Semoga menang dan jalan2 lagi Na..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah lama kok mbak jalannya...
      Iya kalo di Jakarta kok dadi gak enak yak :P
      Hahaha, itu fotoku masih muda. :D

      Hapus
  20. wah asiik ya, liburan jalan-jalan terus....nambah pengalaman tersendiri

    BalasHapus
  21. tak tambahin nama kuenya .. broncong kalo kata orang makassar *bukan aku* hehe
    btw, kereeeennnn un liputannya. semoga berjaya ya tulisanmu ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lho mbak orang mana emangnya. :P
      Makasiiih :D

      Hapus
  22. Cia mba una layoutnya ganti.. baru sempet mampir jadinya baru sadar :D

    Kok telaga warnanya kering gitu mba? padahal waktu aku kesana telaganya bagus.. apa itu lagi kekeringan y. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wehehe...
      Iya katanya sih karena kemarau.
      Ada yang bilang juga pendangkalan, gak paham eike :P

      Hapus
  23. Unaaa, need your help!
    Boleh nggak aku minta endorsment buat buku penulis tamuku? :) mau ya, awas kalau nggak mau hihihi :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huaaa, gimana tuh mbak endorsmennya? Bebas?
      Maluuuu ah :P

      Hapus
  24. 6000 per kepala??? mahal amit mbak.
    Baru kepala aja tuh....badannya piye..

    BalasHapus
  25. Hwaaaaaa aku kepengen travelling juga >_< kapan inih kesampean yak
    Una semoga sukses kompetisinya :)

    BalasHapus
  26. header blognya bagusssssssssss

    BalasHapus
  27. ngga bisa ikut ngeliat indahnya telaga warna di blognya mbak Una, aa.. monitor kompu ter di wrnetnya warnanya biru semua.. \:huhu

    sukses ya mbak. met tahun baru 2013.. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah gaol ama monitornya...
      Met taun baru jugak~

      Hapus
  28. Semua pd terpesona dengan header blog je, lha aku sampe skrg belum bs lht full performance wajah baru blogmu Na.

    Wee....LBInya udah dimulai, alamat deh kalah start dan bakal ketinggalan darimu...hiks:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah padahal cakep loh header ku :P
      Hihihihi sabar ya jeng :P

      Hapus
    2. Sama sama Mba Una yang baik.

      Rumah mba Una kebanjiran kah? Saya pantau berita di mana mana termasuk MetroTv banyak liputan banjir di Jakarta

      Hapus
  29. jiaahh kirain opoan kok ada kawah putihnya, ternyata ikutan kontes toh, mugo2 menang mbak :*

    sing gawe abang seru kayak bukan dirimu mbak un :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahihihi yohai kontes...
      Trus kayak siapa?
      Dian Sastro?

      Hapus
  30. Fotoku mejeng di blog gaul. . .:P
    Aku koq gak dibisik2 ada kontes kek gini,jeng. :D

    Semoga menang ya?
    Biar bisa visit Banjarnegara. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bayar sini...
      Aku juga baru tau pas udah dl je jeng...

      Oceee...
      Makasih Jeng~

      Hapus
  31. Wow .. foto fotonya keren Una

    semoga menang ya

    BalasHapus
  32. ciwidey.. pengen aku juga bisa jalan-jalan

    refreshing biar ga di jakarta melulu

    BalasHapus
  33. eh saya pernah liat kawah putih lo, di ftv tapi hihihihi
    ternyata blogmu berubah, cantik.
    kau tau langit yang kamu foto itu bagus banget un

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahahaha sering di FTV yak...
      Makasih, yang cantik aku kan mbak??
      He em langitnya cantik secantik aku <3

      Hapus
  34. tiketnya murah bgt cuma 6000, bisa dapet pemandangan yang waahh
    telaga warnanya kering, jadi kurang bagus.

    oh ya tempatnya itu deket Geodipa Geothermal Energy-kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. He em, lagi kering...
      Iya deket, tapi kayaknya itu lebih deket ke Sembungan deh :D

      Hapus
  35. pertama2, mau komen templatenya dulu.. wiiih.. apik apik.. jempoool.

    kedua, waaaah tiketnya 6ribu rupiah saja, muuuraaah. dengan pemandangan secantik itu. Maasya Allah..

    bakalan menang nih, seperti biasanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wong templatenya aja gak ganti kok mbak :P
      Iya murah hihihI~
      Amiiin~

      Hapus
  36. Lama ndak kemari, ternyata rumahnya Una makin keren :)

    Ihh aku suka tulisan ini, apalagi foto terakhir, original tapi unik. Semoga menang ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya mukaku mbak yang unik?? :p

      Hapus
  37. Una semoga menang ya.. semoga makin sering jalan2 di 2013 biar saya semakin menikmati catatatn perjalanannya.. foto2nya juga keren2 banget.. :)

    BalasHapus
  38. weeee ada yang baru euy, kalo dulu setias sama anak kecil kribo berdiri sambilk ngemut permen sekarang gani bermotif papan catur.
    keren juga mbak Un hahahaha

    Oy, lu urutan pertama ya mbak un di liga blogger?
    asemmm keren juga lu mbak, lu sama bang Munir ikutan, lah saya mau ikutan kagak bisa, udah ditutup pendaftarannya :(

    musim depan kasih tahu saya mbak Un, OK
    kalo gak mau, rambut lu bakal tak lurusin :D :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang dah rebonding Ric...
      Yoi, aku emang keren, kakakak...
      Wadowww, aku juga daftar pas hari H ditutup.
      Sip~!

      Hapus
  39. PEngen juga deh jalan2 ke Dieng dan merasakan hawanya :)
    Wah, kue pancong itu kesukaanku dan rekan kerja loh kalo pas lagi jaga. Biasanya kami beli kalo pas ada pasar malam di dekat puskesmas. Ini adalah salah satu penyebab mengapa bodiku tambah lebar saja... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahahaha... jangan pake gula dong mbak :p

      Hapus
  40. tuingggggggg>>>>>>>
    sampai dehhh kita ke semarang,,,,hihi foto2 nya kerennn,,,fokusnya mantappp

    BalasHapus
  41. semoga tahun ini kita bisa ngetrip bareng yah Na.. 8resolusi blogger*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, sip, mau ajak ke mana mas? :p

      Hapus
  42. Karimun tuh, aku pengen bangeeeeeeeetttt.. >O<
    Moga menang ya, Un. Keren ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ke sana dong mbak :D
      Makasih, amin :D

      Hapus
  43. pantai bandengan jepara kak sama benteng portugis di jepara. Nggak kalah seru deh pokoknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah belum pernah aku ke sana... cuma pernah ke Pelabuhan Kartini aja hehehe~

      Hapus
  44. Sukses Na kontesnya... suka bgt ada yg bikin kontes utk Visit Jateng 2013... :)

    BalasHapus
  45. Hello Una..wahhh, setahun gak ngeblog, pas datang kesini tiba2 semuanya berubah mulai dari desain blog, headernya yang cool banget dan potongan rambut yang baru. Happy New year 2013 buat Una and fam.
    Daerahnya asyik juga ya Na. telaga warna memang masih asing saya dengar, tetapi lewat posting ini udah cukup buat bisa ikut merasakan suasana liburannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahihihi itu justru potongan rambut lama aslinya :p
      Kalo asing makanya ke sini bung :p

      Hapus
  46. buset dah..

    mabk una hobinya jalan2 jadi wajar ikutan lomba2 yang sangat nge-traveling macam gini... ! :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak yee gak hobi jalan2 kok, cuma suka dolan ajah...

      Hapus
  47. Assalamualaikum kak Una..
    Waah.. lucu deh header blognya.. ^_^
    Telaganya indah ya, Masya Allah..

    Aisyah A.

    BalasHapus
  48. sayang banget telaga warnanya kurang okeh, mendingan kawah putih, etapi tetep oke deh, moga sukses VJT nya termasuk sukses GA nya ya unceee :)

    BalasHapus
  49. ya ampu aku kaget, kirain foto tangan ternyata sarung tangan :)

    BalasHapus
  50. Uuuuun, diet yo? kok keliatan agak langsing. *salah fokus
    oiya, selamat tahun baru ya, Una. ^^

    BalasHapus
  51. Saya belum pernah ke Dieng. Semoga menang ! Selamat Tahun Baru.

    BalasHapus
  52. heu dieng,.....

    smoga menang yaa mbok

    BalasHapus
  53. Photonya disimpannya lama banget Na ? Nunggu event ya baru dikeluarkan he....x9 Sukses deh kontesnya. Semoga menang ya.

    Sukses selalu
    Salam Wisata

    BalasHapus
  54. Aku belum pernah ke Dieng sampai sekarang loh. Jadi pengen kesana. Sepertinya telaga warna dan kawah putih Dieng menarik deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti. Kawah Putih adanya di Ciwidey :D

      Hapus
  55. Sebagai orang yang berada di lingkaran jawa tengah dan sekitarnya *ngarep*. Ya, sedikit di selatannyalah. Saya ingin mengucapkan semoga sukses Visit Jawa Tengah 2013 -nya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga sekitar Jateng loh,
      Baratnya Semarang, Barat Barat lagi~ :p

      Hapus
  56. wuiih.. gambar sketsa pensilnya keren say.. Tampilane makin dewasa. Jd pengen ganti baju jg nih.

    pengen ke Dieng! pokoke hrs thn ini! *ngomong dewe*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya yang nggambar yang keren :D
      Hahahaha, ke Dieng mbak~

      Hapus
  57. Unaaa...keren banget itu telaga warnanya...dan itu juga pantai karimunnya, bagusss bangeet..
    beniiinng ya air lautnyaaa..;))

    BalasHapus
    Balasan
    1. He em, bening abiiisss, dah kupipisin loh mbak~

      Hapus
  58. hmmm ... gak banyak komen ah ...

    semoga menang yach ...

    BalasHapus
  59. Poto Karimun jawane uwaaaapiiiiiiik :)

    BalasHapus
  60. Mugo2 menang lombane un. Wah, header'e apik tenan un. Pangling aku :D

    BalasHapus
  61. serasa membaca artikel karya tulis jurnalis kawakan yang membahas tentang wisata....semoga sukses ya dalam kontesnya :-)

    BalasHapus
  62. semoga menang dalam lombanya dan mendapatkan hadiahnya..hee

    BalasHapus
  63. wah Keren!
    Met tahun baru, moga menang banyak sayembara tahun ini :D

    BalasHapus
  64. sukses buat kontesnya
    jempoldeh buat cerita pariwisatanya :D

    BalasHapus
  65. waah beruntung sekali indonesia punya banyak tempat2 menarik,,
    menarik..
    salam blogwalking

    BalasHapus
  66. Awesome post kak!
    Fotonya bagus-bagus banget. Itu kak una yg jepret sendiri?
    wuihh :o

    Jadi pengen ke sana deh..
    hehe

    Good luck ya kak!
    Semoga menang! ^^

    BalasHapus
  67. Keren mbak temapatnya, kapan ya bisa kesitu ?
    Jauuuuuuuh :/

    semoga menang ya mbak :)

    BalasHapus
  68. Ahaaa...., Telaga Warna di Dieng memang top markotop untuk dikunjungi. Ohya, semoga berjaya....

    Ohya, saya lagi mengadakan GA karena dapat hadiah blog dari Pakde. Ikut yaaa...

    BalasHapus
  69. unaa misss u blogggg missss uuu toooo wah dah beberapa bulan ga sempet liat blog karna super sibukkk engg ing enggg tampilannya makin keren aja eyyy....


    wah ajak ajak dung un kalo jalan2 pastinya seru bangettt bisa kopdar bareng kalian...

    BalasHapus
  70. huwaaa....selalu kangen ke Dieng lg kalo baca postingan tentang Dieng. Mudah2an akhir bulan jadi ke Karimun Jawa, biar bisa kek Una motret kapal parkir hohoho

    Gudlak ngontesnya ya neng ;)

    BalasHapus
  71. mbak tampilan blog nya keren abisss..
    :-)
    kayaknya telaga itu lebih kecil dri kawah putih ya mbak...

    BalasHapus
  72. Sketsa di header mu bagus sekali, Una! :D

    Ah, baca ini jadi pengen liburan lagi :D

    BalasHapus
  73. udah lama gak mampir kesini..tampilannya udah baru.. :)
    dieng sekarang udah rame ato masih sepi Na? :D
    waktu itu pernah makan sate jamur di salah satu hotel disana (lupa namanya) enak banget.. *kok jadi laper ya..

    BalasHapus
  74. Asyiknya jalan2 terus :D
    Eh, dah potong rambut ya?

    BalasHapus
  75. Keren Una tuk promo VJT 2013nya, trim ya warga ibukota yang menyemarakkan sayembara Semarangan. Keren2 ya kluster destinasi wisatanya dan Una sudah menjajal semuanya. Ayo Una wisata ke kota kecil kami ...

    BalasHapus
  76. keren-keren banget fotonya,, jadi tertarik pengen ke sana

    BalasHapus
  77. wow, berasa aku ikutan kesitu deh.. fotomu itu loh kereeeen..
    udh lama aku gak mkn kue pancong nih.. bagi atu donk
    :D

    BalasHapus
  78. Eh, iya ya, memang mirip Kawah Putih gitu, hahaha

    BalasHapus
  79. Kereeeeeeen..... Kapan-kapan ajak saya dong kalo jalan-jalan ke tempat keren di Pulau Jawa, Una! Pengen banget deh menjelajah Indonesia hingga pelosok.

    BalasHapus
  80. Lama gak kemari, ternyata ganti cat to rumahnya?
    Keren Un...

    Postingannya juga keren. Moga sukses yaa...

    BalasHapus
  81. aku pengen dong di gambar seperti yang di atas itu te

    BalasHapus
  82. hai, mbak,salam kenal ya, kunjungan pertama

    BalasHapus
  83. semoga sukses ya ...

    BalasHapus
  84. HUalah, aku ngiri nih una!
    hehehe :) klop amat ma mbak rie n mbak al
    btw, unaaaaa, endorsment-nya mana??

    BalasHapus
  85. AKu pengen bgt ke Dien mba...
    pengeeen bgt.

    BalasHapus
  86. wah....kawahnya terlihat bagus sekali nih.
    ga nyangka ternyata di jawa tengah ada wisata kayak gini.
    harus kesana nih mumpung lg disemarang.hehe

    BalasHapus
  87. Who at the outset had no serious intent will not because your enthusiasm that treats you better.
    b612 , play run 2 , geometry dash 2.0 , baixar snapchat , baixar musicas gratis

    BalasHapus

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!