Semua Berjamur di Jejamuran

Kayaknya emang nggak cocok aku jadi guide. Lagi-lagi ditanya sarapan di Jogja, enaknya makan apa, yo ora ngerti. Di rumah nenek, biasanya sarapan paling gudangan, jenang endhog, endhog ceplok nganggo kecap, liyane mbuh. Nawarin gudeg, aku sendiri nggak pati suka. Naik taksi, pokoke arah Malioboro aja, eh pas tanya-tanya supirnya, ia merekomendasikan Jejamuran. Jaraknya enam kilo dari tempat mereka menginap, Jalan Magelang. Akhirnya, "Jejamuran mau nggak, Mbak?", begitu pertanyaanku kepada mbak-mbak sing ayu kuwi, Mbak Ribut dan Mbak Al. Yowis deh, sarapan og ndadak adoh-adoh enem kilo...

So, itu kedua kalinya aku ke Jejamuran. Yang pertama kali, aku ke sana tanggal 29 Desember 2010, wow masih ingat kan... Rumangsatiku nggak banyak yang berubah dari rumah makannya, yang berbeda cuma kertas menunya aja. Harganya kemungkinan besar juga. Lokasinya di Jalan Magelang KM 10, abis itu belok kanan, di Pandowoharjo, tak jauh dari lokasi Ngayogjazz tahun ini.

Jejamuran...
Sesuai nama tempat makannya, semua makanannya menggunakan jamur. Ada sate jamur, tongseng jamur, rendang jamur, sop jamur, lumpia jamur, jamur goreng tepung, semuanya berjamur. Aku yang makan di sana juga berjamur (baca: panuan dan ketombean, njijiki polll. Ben kan gak dibayar bikin reviunya wkwkwk.) Mbak Alaika memesan rendang jamur, aku pilih sate jamur, Mbak Ribut pilih sop jamur. Aku sendiri pilih sate, karena aku sukaaa ituuu... rasanya kayak sate ayam yang dijual mbak-mbak asal Madura yang seliweran di Kota Jogja gitu, cuma bedanya ya ini jamur.

Anehnya adalah bahwa pesanan yang sampai duluan ialah makanannya, biasanya yang keluar duluan kan minumnya. Pas liat makanannya dateng, ahhh dikit. Nambah kayaknya ini... Sate jamurnya rasanya masih sama kayak dulu, ahahaha, cuma rodo anyep gitu menurutku... rendang jamurnya lumayan enak, tapi nek suruh makan banyak aku nggak kuat, pedes banget menurutku. Sop jamurnya... lali, aku nyicipi gak sih, mbuh...

Difoto sik...
Yang kanan ombenanku, mayan enak, Geronimo judulnya kalau gak salah. 
Satenya, bumbu kacangnya diblender yak...
Overall, lumayan enak. Harganya juga nggak gitu-gitu mahal, standar. Tempatnya bersih, WCnya juga bersih. Di halaman tengah sebelum sampai ke hall tempat makan yang belakang berjejer-jejer media yang ditumbuhi banyak jenis jamur. Dipajang gitu. Jenis jamur yang ada di situ ialah yang digunakan untuk bahan masakan di sana. Jenis jamurnya ada jamur tiram, jamur shitake, jamur kuping, jamur merang, dan lain-lainnya.

Coba tebak di bawah ini jamur apaan aja...

Dag, jamur... 
Hiiii...
Eiya, kan kita duduk tuh ya... Di seberang meja kami ada sepasang wanita dan pria gitu kan. Prianya mengarah ke meja kami, sebaliknya si wanita. Si Mbak Ribut entah kenapa ngeliatin si pria mulu... eh beberapa saat kemudian, mereka tukaran tempat, hahahaha... jadi si wanita yang mengarah ke meja kami. Ceweknya insecure kali cowoknya diliatin Mbak Ribut muluk *ditoyor Mbak Ribut

Mereka udah tukeran tempat...
Suka jamur?

❤❤❤

98 komentar:

  1. Waduuh, perasaan mereka switch tempat duduk sebelum kita set up duduk lho? Belum 5 menit mereka sdh ganti posisi duduk tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masak sih bro... udah gitu aja deh ceritanya, gak sesuai fakta gak papa ya...

      Hapus
    2. hahahahaha.... yang benernya gimana ya? tapi aku sempat merhatiin tuh si cewek asyik ngeliat kamu gitu Rie.... cemburu kali yaaa? hihi

      Hapus
    3. Hahaha, cemburu keknya pacarnya diliatin mbak mbak secakep mbak rie...

      Hapus
    4. aq nggak baca loh,
      numpang komen doank Un :p

      india...

      Hapus
    5. Ayo mas ke India hihihi~

      Hapus
  2. Aku suka jamur tapi nggak mau banyak-banyak :)

    menu pilihan beda pasti biar bisa icip-icip gantian kan? #kalau aku makan bareng teman begitu :D

    BalasHapus
  3. Aku suka bngettt jamur namun yg alami.....

    BalasHapus
  4. waah keren juga ya idenya masakan jamur gitu.. udah gitu tempatnya juga apik.. ;))

    BalasHapus
  5. sukanya sama jamur yang ada di sop kimlo ituh .. jamur apa ya namanya....

    BalasHapus
  6. rendang jamur? menarik tuh... :)

    BalasHapus
  7. kosek takmangan dhisik, nembe nonton postingan iki.

    BalasHapus
  8. Aq ga suka jamur Na, gara2 pernah mabuk jamur ehehe

    BalasHapus
  9. Jenang endhog ki koyo opo to Na? *penasaran*

    thanks ya Na, info ini langsung masuk catatan, biar pas ke Jogja gak lupa mampir ke tempat ini. SEcara gitu yah, kami berdua doyan banget sama semua masakan yang berJAMUR :D
    jamur diapain pun rasanya enak, cuma ya gitu, klo di Jakarta kan asal yang ada jamurnya jadi muahal gitu deh. sebel hiks ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bubur kasih telor gitu... bubur tuh bahasa Jawanya jenang kan ya x_x
      Mbak belinya yang pake jamur Truffle yak...

      Hapus
  10. aku seneng jamur na..dimasak opo wae sing penting enak aku doyan..hehehe
    itu jenang endhog aku kok yo blm ngerti to..
    direpiu gitu.. :D

    BalasHapus
  11. kalo jamur sih paling seneng kalo digoreng sampe kering, terus dimakan pake saus pedas, hehe

    selamat ya mbak una, kemarin dapet ipet ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm kek enak tuh mas...
      Hehe, makasih :D

      Hapus
  12. Aku sama sekali gak suka jamur, Una, jadi berarti gak mungkin mau makan di situ, hehe... *emang siapa juga yang ngajak?? :P *

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow kok bisa ya sama sekali gak suka hihi @.@

      Hapus
  13. Suka jamur? suka dong, makanya bagiii dong :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. *ngumpulin ketombe, kirim ke Balikpapan*

      Hapus
  14. Makanan sehat dan mengandung banyak gizinya tuh Mba. Tempat dan suasanya ok punya, apalagi datengnya dengan pasangan. Seperti sepsang anak manusia yang ada dalam gambar photo itu.

    Namun, dengan keadiran wanita-wanita cantik jadi salah tingkah deh tuh si perempuannya. Padahal kalau dia positif thinking aja. pasti bisa dipilih jadi model dalam liputan ini ya Mba. Sambil megangin jamurnya gitu louh...! He...x9

    Sukses selalu
    Salam Wisata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... yoaaa kita kan emang wanita-wanita cantik.
      Salam om.

      Hapus
  15. tak golek duit sek yo aku ... nek ra kelalen rasake satene .. :D

    BalasHapus
  16. Saleum,
    Sudah lama aku gak makan jamur baik itu pada sayuran ataupun didendeng (emang bisa...?). Dibanda aceh gak ada tuh kayaknya yang jual secara umum.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah... maksudnya dijual umum gimana tuh @.@

      Hapus
  17. Aku suka jamur un...yg digoreng tepung enak tuh, crispy2 ya :) disini kynya belo ada tempat jejamuran ky gitu, kalo mau ya masak sendiri lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi di sini banyak tuh yang jual jamur crispy, di konter konter gitu...

      Hapus
  18. hmmm..jamur, kusuka itu..tapi jarang-jarang makannya hihi..

    BalasHapus
  19. hahaha
    kenapa yang keluar duluan jadi makanannya mbak Un.
    itu jamur tiram tu. bener kan??
    kesukaan bitser tu.

    oy, btw, nasibnya tu cowok gimana ya mbak un?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walah,
      gak tau aku malah... kamu suka Shaun The Sheep tho...
      Lha ya mbuh :P

      Hapus
    2. pie tho malah gak ngerti kuwi. hadeeeehhhh
      suka sih mbak, dikit hahahahaha

      Hapus
  20. lain kali aku mau pesan sate jamurnya ah... tapi rendang jamurnya aku suka banget!

    BalasHapus
  21. na kamu jamuran yaaa :D :D :D

    eh, aku suka masakan serba jamuurrr XD XD

    BalasHapus
  22. saya kok eneg ya kalo maem jamur.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jamur juga eneg dimakan kamu mas... :P

      Hapus
  23. penasaran es geronimo,....lak nganggo jamur... :P

    BalasHapus
  24. ini emang enak bangetttt!! :)

    salam kenal mba Una, saya sukma asli Jogja, punya blog juga dan selama ini silent reader blogmu yang indah ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaa terimakasih... :D
      Salam kenal... Tapi kurasa aku pernah mampir ke tempat mbak wehehehe~

      Hapus
  25. asyik....jejamuran memang bikin njamur..eh...bikin ketagihan...
    kayanya tempatnya lebih luas apa ya?

    BalasHapus
  26. sepertinya enak-enak.. nyummm.. saya suka jamur.. keripik jamur, jamur dicampur sop.. enakk..

    BalasHapus
  27. Porsine sithik yo un...kenyang apa nggak tuh...hehe

    Aku juga suka jamur...tapi aku nggak jamuran lho....#ra nyambung #

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sithik banget,
      tapi entah kenapa aku kenyang...

      Hapus
  28. ngakak baca yang tukeran tempat duduk
    walaaah segitunyaaaa......

    BalasHapus
  29. jejamuran.. unik banget... :wkwkw

    BalasHapus
  30. makasih infonya Un ... aku baru tahu ttg jejamuran ini ...
    ntar kalau mudik mampir ah ...

    BalasHapus
  31. wah .. ini mah ngiming imingi Una

    BalasHapus
  32. jadi ingat temannya suamiku nih dia membudidayakan jamur

    BalasHapus
  33. porsine cuilik banget, wareg po? :)

    BalasHapus
  34. dulu mimi maem jamur..ehalah. malah numbuh di ubun2. kapok deh!

    BalasHapus
  35. Saya sukaaaa dgn jamur,
    bikin ngiler pict nya mbak...semoga klo smpat lagi main ke jogja mau nyamperin tkp...nice share

    BalasHapus
  36. postingan kopdar lagi ... jadi ngiri deh sama kalian :P
    Oya Una selamat ya, saya baca di FB ada pengumuman, Una menang lomba blog apa gitu ya .. lupa. Selamatlah pokoknya :)

    BalasHapus
  37. tak kitain lho mbak una makan nasi yang jamuran ternyata serba jamur gitu toh, leg anyep kuwi kurang garem e :p

    Eehh selamat yaa mbak un menang di enjoy jakarta :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. He anyep kok kurang garem sih @.@

      Makaseee bulik...

      Hapus
  38. makan jamur bisa bikin jamuran gak tuch mbak una :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku udah jamuran sebelum makan jamur...

      Hapus
  39. Wah.. satenya enak kykknya tuh..

    Cwek yg duduk di seberang itu mungkin lagi jamuran...
    :D

    BalasHapus
  40. apapun yang harganya gak melebihi 'masuk di akal' siapapun akan berpendapat sama sepertinya :) hmmm.. sate :)

    BalasHapus
  41. Aku suka jamur tapi ga semua tipe Na.. tapi tempatnya terlihat nyaman. Haduuuh jadi pingin ke Jogja deh..

    BalasHapus
  42. Sekarang di kotaku baru menjamur penjual jamur krispi, na. Keknya lumayan banyak penggemarnya juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di sini menjamurnya dah lama mbak kalo jamur crispi :D

      Hapus
  43. Una aku sempet budidaya sendiri di rumah...lumayan ada 2 taunan punya baglog jamur tiram..sebenere lumayan asik ...sayang cashflowku macet..bubar deh !! hiks !

    BalasHapus
  44. Gak terlalu suka deh sama jamur akunya un.. >_<

    BalasHapus

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!