Apalah Arti Sebuah Emotikon

Setelah mengenal menulis pesan singkat seluler dan di dunia cyber, aku mengenal emotikon. Emotikon membentuk karakter teks menjadi sesuatu yang mewakili ekspresi kita. Senyum, sedih, ketawa, menangis, dan emotikon yang aneh-aneh lainnya. Rasanya kurang afdol gitu kalau nulis pesan tanpa emotikon.

Meski begitu, bukan berarti kita benar-benar berekspresi seperti emotikon yang kita pasang. Ya meski kadang juga sesuai, sih. Misalnya, kita sering memasang emotikon melet di pesan instan Yahoo! Messenger  apa iya kita di depan layar komputer atau telepon genggam bergaya melet juga? Atau pasang emotikon cium  kamu bakal monyong-monyongin mulutmu beneran? Nggak kan...

Aku iya sih.
Jadi sih intinya, emotikon seringnya untuk lucu-lucuan saja.  Meski tak pelak, kadang penggunaan emotikon benar-benar sesuai representasi ekspresi kita. Mbak Desi Puspitasari, teman MP-ku pernah menulis:
"Tidak menggunakan emoticon :) :D XD 8) :p dan sebagainya di belakang komentar atau kalimat postingan tidak selalu berarti 'diucapkan' dalam nada marah."
Well yeah, aku sering menemukan temanku, teman dunia nyata tentunya (tapi jaman sekarang komunikasi seringnya lewat teks saja) kesal kepadaku hanya karena aku tak membubuhi emotikon senyum di akhir kalimat. Dikiranya aku lagi bete atau marah. Padahal kan enggak!

Ternyata 'jadi sih intinya' yang sebelumnya aku tulis, salah. Terkadang pun sebuah emotikon pun mampu mengaduk-aduk emosi seseorang. Tergantung orangnya, tentunya. Pernah sekali aku tak sengaja melihat inbox seseorang yang karib denganku, sebuah SMS dari teman yang disukainya, dikirimkan setahun yang lalu, isinya hanya :* (baca: emotikon kiss kiss)

Wis ngono thok. :*

Padahal aku tahu, dia itu tipe-tipe orang yang menghapus SMS yang nggak penting. SMSku aja diapus-apusin. Lah SMS koyo ngono, disimpen bertahun-tahun. Belakangan kuketahui, dia emang seneng sama tuh orang, makanya disimpan. Kalau cuma SMS isinya :* gitu doang, aku juga bisa...

Kasus yang aku sampaikan entah kebetulan atau tidak, tokohnya perempuan. Aku nggak tahu apakah emotikon juga bisa mengaduk-aduk emosi laki-laki. Ceritain dong...

Ngomong-ngomong soal emotikon, kalau di Y!M aku paling suka hee-hee sama melet.  Hee-hee cocok banget sama aku, soalnya kan aku kalau ketawa, sopan, nutupin mulut. *semoga makin mancung* Dan banyak yang komentar kalau aku pasang emotikon senyum, katanya sok imut. Padahal... kayak iya aja aku di depan layar lagi senyum. Lalalala... kan bisa aja mukanya datar.

Aku tahu postingan ini bahas apaan sih. Nggak penting. Tapi sukak sukak aku, hihihi. Kalau menurut teman bagaimana penggunaan emotikon itu? Pernah senang, tersinggung, marah, berbunga-bunga, karena sebuah emotikon? Share ya. ^^


180 comments:

  1. gak perlu jawab lagi kan? Masih sama kok jawabanku dengan di YM...hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi kalian tadi malam online setelah aku tidur ya? dasar nih putri kalong... nongolnya tengah malam keatas.... padahal aku tunggu-tunggu lho...!

      Delete
    2. Wkwkwk,
      ditunggu-tunggu nih ye aku...

      Delete
  2. emotik gak selalu mewakili lah, buat ku cuma ajang seru2 an doang kok :p #melet

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi kalo kamu pasang emot monyet, itu mewakili lho mas...

      Delete
    2. moso ... ?? yg ada mewakili kegantenganku kan ??? :p

      Delete
    3. ganteng banget gilak kamu mas... *sudah siap kresek*

      Delete
    4. makasih makasih, #lempar sendal

      Delete
    5. sendalnya crocs yah, yang asli, sini lempar

      Delete
    6. bukan Na... yang mau dilempar tuh sendal jepit yang udah putus sebelah pulak tuh... wkwkwkwk.. ayo lempar balik, tapi ke mas Stu ya... jangan ke aku lho!

      Delete
    7. wkwkwk, sendal colongan nemu di mesjid aja deh yang dilempar, wkwk

      Delete
  3. yah walaupun emoticon gak berarti bener2 yang kita lakukan (misalnya melet itu), tapi at least kalo kita pake emoticon melet (misalnya), orang yang baca jadi tau kalo kita becanda/ngeledek. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sihhh meski sebenernya ngeledeknya sambil mukanya datar, wkwk...

      Delete
  4. Kalau menurutku emoticon mewakili ekspresi orang saat itu. Meskipun nggak selalu sih. Tapi dari gaya bahasa dan simbol emoticon dapat di ketahui kalau seseorang itu senyum beneran atau marah beneran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe belum tentu kalau menurutku, sih... :D

      Delete
  5. mau emotikon mau enggak, mau :P atau weeeek, mau hahahah mau lol. itu cuman suka suka diri sendiri. jadi yah mau gimana yah #nahloh

    ReplyDelete
  6. kalau aku pernah di di damprat gara2 salah menggunakan gambar emotion,hehehee...mungkin krn lawan ngobrolnya lagi kurang mood aku pake emotion yang gambarnya tertawa ngakak. jd salah presepsi...

    ReplyDelete
  7. Aku sering pakai emotikon supaya memperjelas ekspresi saat itu, ya meski padahal wajahku datar terus di depan lappy :)

    ReplyDelete
  8. aku dulu jg jarang pake emoticon terus ada temen aku yg bilang males sms aku karna kesannya datar gitu ga jelas lagi BT ato gimana
    Sekarang jd ikutan sering pake deh hihihi

    ReplyDelete
  9. Karena saya orangnya lembut, #ditabokin-orang-sekampung, saya takutnya kalau teks saya disalahartikan isi emosinya. Apalagi kalau teksnya itu bisa jadi berirama menyinggung, untuk membedakan saya nyinggung atau bercanda, saya biasanya pakai emoticon... :D

    ReplyDelete
  10. Kalau saya emotikon hanya buat lucu²an gak harus menggambarkan keadaan mood kita, pa lagi pas YM an pagi² ada icon ngopi, itu keren hehehe

    ReplyDelete
  11. Bajunya unyu2 .. hehe tumben tuh anunya endak di sensor te.. sudah tidak santun lagi ya.. hehehe

    ReplyDelete
  12. hihihi aku juga kadang suka bete kalo pacarku sms seadanya doang tanpa emoticon. :D

    ReplyDelete
  13. emoticon memang bisa menyampaikan pesan emosi lewat media internet, paling umum digunain seperti ketawa :D, senyum :), menjulurkan lidah :P, cium :*, eh coba deh bikin status di fb dengan tanda < sama angka 3 hehe

    ReplyDelete
  14. emoticon yg paling sering aku gunakan :D dan :P
    kalo sama temen2 plurker suka pake (cozy)

    ReplyDelete
  15. Ngapaen tanya-tanya? Suka-suka aku lah! :-P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suka suka aku mau nanya juga yeee

      Delete
    2. Ga ngaruh, kalo dikirim sama yang lain baru ngaruh, hahaha!

      Delete
    3. Aku tahu kamu cuma asal ngomong! Bhahaha

      Delete
  16. hahah, sampe di praktekin ya meletnya... mirip, jangan jangan itu emang terinspirasi dari kamu emotionnya. hehehe.
    klo saya sediri si jarang make. habis ga apal kode kodnya, paling yang smile aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sering mraktekkin mas, ahahaha...
      Huuu smile doang gak seru :p

      Delete
    2. wah sering di praktekin, pantesan terlihat enjoy dan terbiasa. heheh.

      Delete
  17. klo bagi ku si, emotion ga bisa mengaduk aduk perasaan. ada temen cewe yang ngasih emotion, kadang cuma sms smile aja. ane biarin aja, ga ane simpen... heheh, beda kali ya perasaanya sama cewe?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha kalo smile doang maaah biasa :p
      Gatau, hihihi~

      Delete
    2. wah pantesan komentku jaran keliatan, sering masuk spam ya? aneh.. kenapa ya?
      semoga saja tidak kejadian di masa yang lain...


      :((

      Delete
    3. Beberapa kali masuk spam, sih :D

      Delete
  18. Emoticon itu untuk ekspresi perasaan lho Na. Sedih, gembira, jahil, malu, dsb. Emoticon itu singkatan dari Emotion Icon.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi lha emang iya, cuma kadang ga sesuai sama benerannya.
      Tumben ga masuk spam, wkwk :D

      Delete
  19. pernah kejadian tuh soal emoticon, pernah ga pake emoticon eh temenku jg nyangkanya aku marah sama dy, pdhl biasa wae, ya sudah sejak itu kalau ngga pake emoticon paling nambahin hehehehe, biar tau itu maksudnya bercanda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu komennya ga pake emotikon, huhuhu. Mbak marah ya? Hahaha...
      Temen mbak sensi yah @_@

      Delete
  20. gambar una kok sendirian aja, mbok duet sama aziz, ben tambah seru meletnya....hehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha, lagi berantem nih, ga ada foto bareng lagi wkwk

      Delete
    2. Ini Emoticon :kiss::kiss:
      Ini bukan emoticon wkwkwkwkkwk.....

      Kalo aku gak pernah perhatiin un, paling buat memperindah potingan atau komentar aja hehehe...

      Delete
    3. Tak bales :kiss::kiss:
      Okeee diterima pendapatnya...

      Delete
  21. Neng Un, aku jg suka bgt lho si emotikon yg hee-hee itu, imut bgt ya hohoho

    ReplyDelete
  22. kalo aku suka emotikon yang keluar keringet dingin segede biji jagung itu mba :D
    -_-"

    ReplyDelete
  23. wah, postinganmu ini bisa jadi ide satu bahasan skripsi linguistik loh una..

    ReplyDelete
  24. setakat ni tak ada yang marah, sebab mungkin penggunaan emoticon tak penting bg kami..
    selalunya kami mengguna kan :) utk rasa senang hati dan tanda !!! utk rasa tak puas hati hehehe...
    kalau di YM lain sebab banyak pilihan dan icon nya lucu2...

    " tak tahu sama ada komen ni kena atau tak utk posting ni :p "

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi kena kok mbak...
      Iya ya kalau di YM kan banyak pilihan hihi :D

      Delete
  25. Mbak Desi Puspitasari yang lagi rame-ramenya jualan bukunya itu ya? yang Jam Sebelas malam? aku udah pernah ketemu tuh...

    ha ha ha... tak kasih emotikon ne :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iya... kenal tho?
      Ini kukasih juga :P

      Delete
  26. emoticon bentuknya bukan lagi cuma :P atau :) atau :D atau :X atau :* tapi : wiihh ː̗̀(☉,☉)ː̖́ atau hfff (¬_¬") atau arrghh \(`⌂´)/ atau yeay \(´▽`)/ atau cubit neh (ˆoˆ)-c<◎_⊙) atau lo ┒('o'┒) gue (┎'o'┒) end ┒(⌣˛⌣)┎ hehehe

    ReplyDelete
  27. Hahaaa..ngakak lihat Una melet..

    Aku paling suka melet juga sama ngakak guling2 hihi..

    ReplyDelete
  28. berarti sah ae toh kalo aku cuma komen di post ini cuma emotikon.
    habis gimana yah, males sih ngetik kebanyakan, toh dengan emotikon itu kita udah bisa mawakilkan isi pesan kita kpada seseorang, tentunya dengan bentuk emotikon..

    trus apa bedanya emotikon sama doraemon?

    ini sebenrnya ngmg apa sih gw1 hahaha..
    *kabur

    oh ya blm ngasih emot.. =))

    *kabur (lagi)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk,
      sah kok... paling cuma tak kethak.
      Lha itu ngetik-e akeh banget...

      Delete
  29. aku malas pakai emoticon di blogku
    ukuran font di kalimat berikutnya jadi berubah, kenapa ya... bantuin dong Una

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho? Berubah piye mbak?
      Aku juga ga ngerti hihi~

      Delete
  30. sampai skrg aq blm pake emoticon
    blm sempet utak atiknya
    maklum msh perdana
    hehehe...

    ReplyDelete
  31. Emang sih pake atau gaknya emoticon bukan berarti mewakili perasaan kita, cuma emang ternyata emoticon ini bisa berguna banget dalam bahasa tulisan jadi sedikit banyak bisa bikin komunikasi tertulis seperti kayak komunikasi lisan gitu lho di mana kita bisa lihat ekspresi orang yang lagi ngomong ke kita :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin komunikasi tulis lebih asik ya hihi

      Delete
  32. pernah ppenasaran gara2 emotikom,,,si una lucu aja,,,melett gitu..

    ReplyDelete
  33. kalo aku paling seneng pasang emoticon yg ketawa ngakak guling2....tp waktu masang itu emang aku lagi sakit perut nahan ketawa...jd menurut aku emoticon itu memang bisa mewakili perasaan kita saat menulis....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi aku juga suka emot itu :D
      Mau coba praktekin ah

      Delete
  34. Ampyun Una, itu gaya melet2mu itu lho, menggelikan :-)

    ReplyDelete
  35. aduh itu lidahnya...haha...jadinya lucu...

    ReplyDelete
  36. kalo aku paling suka emotikon pentung pentung itu... lucu.. hahahahaha

    ReplyDelete
  37. kalo gue justru takut pake emoticon. soalnya pernah chat di FB pake tambahan emoticon yg salah dan akhirnya fatal, teman gue justru tersinggung. ia beritahu kabar kalo bapaknya sakit keras di rumah sakit eh malah kejawab gue dg emoticon ketawa ngakak!.
    tapi untunglah kejadian itu bisa gue jelaskan langsung ketika berkunjung krumahnya!

    ReplyDelete
  38. haha.. mendingan emitikonnya make wajah mba Una aja..
    lebih seru tuh kayaknya ! :()

    ReplyDelete
  39. aku pernah di YM sering menggunakan icon senyum, dibilang aku orangnya serius bgt, aneh kan

    ReplyDelete
  40. waduh mbak,gak berhenti tuh lidahnya keluar :)

    Salam kenal

    ReplyDelete
  41. Aku sukaaak nulis apa-apa pake emotikon, soalnya bisa terlihat lebih ekspresif. Makanya di blogku aku setting bisa pakek emotikon. Bahkan emotikon marah pun jadinya kelihatan lucu. Kan enak tuh Na, yg tadinya mau marah jadi gak jadi marah. Hihihi...

    Yang penting pakeknya seperlunya saja. Gak mungkin juga kaan kita ngobrol lewat sms ato ym cuma pake emotikon aja. Jadi bahasa isnyarat donk ntar. Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk, sinting amat kalau cuma emotikon.
      Eh tapi aku pernah sih :))

      Delete
  42. Emotikon aneh-aneh kadang bikin aku GR malah. Hehe.

    ReplyDelete
  43. mungkin saya tipe orang yang ga peduli emotikon ya, cuma buat pelengkap saja tapi ini favorit emotikon --> :) LOL smiley face

    ReplyDelete
  44. kalau saya menggunakan emotion untuk membuat teman merasa lebih nyaman aja, jadinya dalam komentar ataupun tanggapan, saya seringkali menyertakan ini Na' :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga ah, mas di postingan juga pake emot :p

      Delete
  45. Pernah takut gara2 dpt sms ga pake emot smile ...
    yah, emot itu penting ! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau sama mbak unni harus rajin2 pake emotikon hihi

      Delete
  46. wahaha, gue jarang pake emot .. karena gak ngerti perbendaharaan ekspresinya ..
    kalo di YM mah enak tinggal pilih ya ..

    add YM gue kak .. wahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huuuuu,
      okeee nanti kuaddnya.
      Kalo inget wkwkwk

      Delete
  47. klo nggak ada emotikon kok sepertinya kurang seru saja...

    ReplyDelete
  48. Aku sendiri sering mnggunakan emotion dalam ber SMS dan berEmail. Bagiku seidiri meskipun tidak menunjukan ekpresi kita namun itu bisa membuat suasana menjadi enak. Tapi kadang ada juga ynag di kirimi SMS atau email tidak ngeh dengan pernik2 emotion seperti itu ;)
    <%strike>emotion ku ini sedang nafsu<%/strike>

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nafsu? Trus emotikon yang pas apa tuh hihihi~

      Delete
  49. Datang berkunjung, mbak,.. *bawa rumah baru, heehe..

    Emoticon sih emang untuk lucu2an plus memperjelas mbak, tapi lebih keren tuh yang melet2, hahaha....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu emot monyet gimana caranyaa...?? hehe... *Ajarin

      Delete
    2. Huuuu hihihi. Emot YM monyet: :(|)

      Delete
  50. na klo chat make imonya jangan make hewan yg bertelingan gitu ya :))

    ReplyDelete
  51. kalo aku sih senang banget pake emot senyum Na... kan aku orangnya ramah dan santun..... #kabuuur ah...

    ReplyDelete
  52. Bener tuh kata2nya .

    "Tidak menggunakan emoticon :) :D XD 8) :p dan sebagainya di belakang komentar atau kalimat postingan tidak selalu berarti 'diucapkan' dalam nada marah."

    Ga selalu dalam keadan marah atau pake nada marah. ^^

    ReplyDelete
  53. hehehe...
    jadi inget smsnya e*s*k dulu yang selalu ada emotikon :-* disetiap sms yang dia kirim..
    bhahahahahahaaaaa......... :D :D :D :D

    sekarang malah emoticon itu dia obral ke banyak cewekk..
    hedeeehh.. efek galau tuuh :p

    ckckckcckk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cihuuuiii,
      nostalgia nih yeeeiyyy :D

      Delete
    2. yeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee... siapa yaang nostalgia..
      nyesel malah,, xaxaxa
      wong gak jodoh ma dia...
      smsnya juga masih banyak banget di HPku :p

      Delete
    3. Siapa? Ya mbak laaah, hahahaha!
      Cieee, isih disimpen wae mbak ihuk ihuk~ wkwkwk.

      Delete
  54. Untuk seru seruan ja sob. hehehehe.
    lam kenal mas bro

    ReplyDelete
  55. no comment ah.. bagi emotikon aja :) :D :-)) B-) :P. hehehehe
    nice post uy, happy blogging :D

    ReplyDelete
  56. Emoticon ini populer kayaknya karena dipakai sebagai penutup "kekurangan" dari berkomunikasi via tulisan ya. Kelemahan berkomunikasi via tulisan itu kan agak sulit untuk mengekspresikan apa yang kita bicarakan, yang biasanya bisa kita lakukan dengan intonasi, mimik muka, gestur tubuh, dsb. Nah, emoticon ini kayaknya membantu banget untuk mengekspresikan itu. Karena adanya keterbatasan emoticon yang tersedia, jadilah kadang ada emoticon yang "disalah-gunakan", haha :P.

    Jadi ya gitu deh, kalau nggak pakai emoticon bisa jadi ada yang menganggap kalau kita tidak berekspresi, huahaha :D (bukan hanya muka datar, tapi nggak berekspresi kan bisa diartiin marah juga toh? (kayak ngambek ato gimana gitu) :D)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, kalau emotikonnya :|
      Berarti gimana tuh, hihi.

      Delete
  57. saya sich sudah mulai menggunakannya mbak walaupun kadang gak sesuai sama Atiiii :| - tapi kadang gara gara sekecil mungil itu suasana hati bisa berubah rubah terbawa suasana heheheheh :D

    \(^0^")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, :|
      Ngeliatin emot emang bisa merubah suasana hati ya hihi :D

      Delete
  58. kalo aku sukanya biar yg aku kirimin pesan ga marah/ tersinggung misal aku mengkritik pedas gitu...tp bukan krtitik singkong lho mba :D (nah kan, pake emo jg)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha emang kalau dikritik pedas pake emot jadi ga tersinggung :p

      Delete
  59. kadang gara-gara emot bisa jadi salah paham ya mba, untuk tanda baca aja kadang-kadang ada yang tersingung, misal ngga sengaja pake tanda kutip tiga. disangkanya marah-marah ngebentak (emang bener sih) tapi awalnya si pengirim sms ngga tau arti tanda kutip itu.. melednya kece mbaee hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kece donggg, pastinyaaa...
      Tanda kutip tiga gimana sih @_@
      Tanda seru?

      Delete
  60. Seringkali agak terpancing juga dengan emotikon. Kalo senyum koq kayaknya yang tulis sedang senyum. Kalo melet ya ngebayangin yang nulis lagi melet (padahal belum pernah bertemu hehehe). Kalo gak pake emotikon, ngebayanginnya yang nulis lagi serius jadi harus ditanggapi serius...

    Aneh ya padahal hanya gambar hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal cuma gambar tapi gimana gitu hihi :D

      Delete
  61. melet kui koyo ngene lho mba.. weeeeeeeeeeeeeeeeee :p

    ReplyDelete
  62. kalo aku malah jarang pake emoticon, paling cuma :) aja

    ReplyDelete
  63. aku juga suka emoticon...hoho rasa lebih bereskripsi aja,,owhh berekspresi aja...malah kadang bela-belain buat instal lagi ni mowticon, ehh emoticon..maklum mba, belum makan siang.....hihi

    ReplyDelete
  64. Nek aku pasang muka senyum, biasanya mulutku senyum beneran, nek pasang muka marah, pasti alisku gathuk, lha nek ngguyu kepingkel-pingkel, aku yo mesti karo ngguyu. Nyetrum kayaknya emoticon itu :P

    (tapi nek melet gak melet beneran kok, bisa2 temen sak raungan kabur kabeh)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ngakak ngguling-ngguling mbak? :P

      Delete
  65. Aku seringnya pake senyum atau ketawa lebar. Senyum sih kenyataannya senyum beneran, tapi kalo ketawa lebar... euuh... nggak juga. Seringnya masang ketawa lebar tapi kayak katamu, mukaku datar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahaha <- ahahaha tapi muka datar :|

      Delete
  66. hay hay lam kenal ma sesuka jawa xixiixi
    wuihh tiap kali mosting langsung bejubell yg comment emang jempolan..

    Btw blognya canggih kaya punya mb SItta Karina jangan jangan dikau ada hhubungan ya ma dia??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suka jawa? Wong aku orang jawa :p
      Ga kok, dia yang ada hubungan sama aku...

      Delete
    2. iya terlihat jelas dipenampakannya xixixix pizzz

      oww kiraiin sama2 keturunan ningratnye he he
      habis sitta karina daot com ma sittirasuna dot com mirip siii trus itu bloggernya sama sama jempolan kaya si bang munkey bilang

      Delete
    3. Hihihi... aku bukan turunan ningrat, tapi jodohku keturunan ningrat. Si Paundra itu, huahaha...
      Ehehe yang bilang gitu cuma mas monyet, soalnya dia ngefans sama aku mbak. Wkwkwk...

      Delete
    4. amien ah barang kali kesampean trus tar we diundang dew kekeraton trus bisa naik kuda putih dengan kereta kencana kaya cinderella he hehe

      Ah kalo udah bang munkey bilang Oke pasti yang lain Ngikut deww pastinya--

      Delete
    5. Wakakaka, tanpa kuda putih pun aku sudah kayak cinderella, :p
      Hihihi, pengikut mas monyet nih yeeee :D

      Delete
    6. kaya kan bukan mirippppp---he he he

      iya nih dah di poloww juga ga bagi bagi pisang ijonya

      Delete
  67. itu cewek gak capek ya ,elet2 trus...hehhehehehe

    ReplyDelete
  68. :p :p :p mbak una :p :p :p

    melet2 tak tarik lho yoo mbak una :p *lanjut melet*

    ReplyDelete
  69. Replies
    1. Ben, wkwkwk. Njelei tapi didelok toh :P

      Delete
  70. yg pasti klo ada emotikon meet jangan marah atau kesinggunv.. itu hanya guyon menurut aku.

    kalau gak pasang seh aku gak.masalah.. lah bisa dibaca juga dari kalimatnya.. klo yg aku paling suka.seh emotikon nyengir :D bukan senyum bukan ketawa juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha, eh ada sih yang kesinggung :((

      Delete
  71. kalau di bbm atau sms , bunda suka pake jg emoticon, Na.
    di blog boleh dibilang hampir gak pernah deh ...

    salam

    NB :
    bunda dah vote barusan lho ya...
    kok tiap hari tho Na?


    salam

    ReplyDelete
  72. kalo aku mending orang pake nyengir :D daripada senyum :)
    Kebanyakan ake senyum :) kayaknya ngga serius ngomongnya jadi bawaannya kesel hahaha

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!