Ngga Sadar Kalau Rasis

"Aku ngga suka kalau kamu bilang aku mirip George."

Begitu yang temanku bilang kepadaku. George itu karakter monyet dari Curious George dan aku punya bonekanya yang sudah menemani hidupku hampir 25 tahun. Aku punya teman kulit hitam yang potongan rambutnya mirip George dan aku pernah melihatnya saat celananya melorot (sedikit doang 😂) sehingga menurutku makin mirip dengan boneka George-ku yang pakai baju tapi tidak pakai celana.

Aku ngga sadar kalau aku suka mirip-miripin dia sama boneka George itu menyakiti perasaannya. Dia pun bilang kalau orang kulit hitam tuh sensitif kalau dikatain seperti monyet karena mereka dari sejarahnya memang sering dikatain mirip monyet.

Aku pun bilang kalau aku bilang dia mirip George bahkan ngga kepikiran karena kulitnya hitam. Apalagi di Indonesia perasaan biasa kalau ngatain orang kaya monyet. Dan menurutku manusia kan memang mirip monyet. 👀

Boneka George-ku merupakan sebuah hadiah dari teman ibuku yang berasal dari Amerika Serikat. Dia membelikanku boneka George karena dia merasa George mirip denganku. 😂 Dari kecil sampai sekarang, aku hidup bersama George tidak pernah tersinggung kalau dibilang mirip boneka monyet. Ibuku juga ngga tersinggung anaknya dikatain kaya monyet. Dalam hati ibuku paling, "Emang mirip." 😂

Tapi yang menurutmu biasa aja kan belum tentu buat orang lain biasa saja kan. Menurut kita kayak becanda aja tapi ternyata menurut orang lain bikin sakit hati.

Aku jadi belajar untuk lebih berhati-hati dalam berucap.

Aku punya teman yang badannya cukup besar dan kami saling memanggil satu sama lain 'ndud'. Aku pribadi tidak tersinggung dipanggil 'ndud' karena emang gendut. Tapi aku memastikan temanku kalau-kalau dia tersinggung. Karena hati orang siapa tahu kan? Tapi kata dia gimana tersinggung wong aslinya gendut, kalau dibilang kurus malah tersinggung. 😂

Semacam juga ada salah satu seleb internet yang 'marah-marah' karena ditanya apa agamanya dan dia tersinggung. Ada yang komen kayak ngapain tersinggung. Tapi menurutku itu kan masing-masing orang ya, ada yang tersinggung ada yang biasa saja.

Hito sore zore, kalau kata orang Jepang.

Orang tuh ya masing-masing, beda-beda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!