Beras Semoya

Sudah takdirnya Indonesia terdiri dari pulau-pulau. Kondisi nature of land Indonesia yang seperti itu membuat sangat susah sekali menemukan sebuah lahan agrikultur makanan pokok (staple foods) yang luas dan skala besar.

Seperti di Semoya, sebuah dusun di Kabupaten Sleman, Jogjakarta, rata-rata mata pencahariannya merupakan petani dan lahan yang mereka garap/miliki jauh lebih kecil jika dibandingkan farming makanan pokok yang biasa kita lihat di benua Amerika sana. Di film atau televisi, maksudku. Canggih , luas lahannya, dan benar-benar skala besar. Di Amerika Serikat sendiri, rata-rata petani menggarap 182 hektar lahan pertanian.


Dusun Semoya masuk dalam wilayah Desa Tegaltirto, dan Tegaltirto memiliki luas lahan pertanian 270 hektar. Tidak luas. Sebagian besar lahan ditanami padi, salah satu tanaman tropika bahan makanan pokok. Meski lahannya tak luas, sepertinya beras hasil tanam penduduk Semoya mampu membuat dusun itu swasembada pangan. Seperti Bu Sunar, salah satu warga yang juga petani, ia makan nasi dari beras yang ia tanam.

Masa-masa sekarang ialah masa panen. Banyak di depan rumah warga gabah disiangi.



Hingga kemudian gabah dikelupas dengan alat penggiling padi. Yang menurutku berisik sekali.


Dan... gabah akan menjelma menjadi beras yang biasa kita makan di rumah. Salah yeee, kita kan makannya nasi...

Ada angsa nyasar... eh atau kemoceng ya?
Aku tidak paham mengenai pertanian. Tapi aku membayangkan kalau beras bisa direkayasa genetik hingga meningkat produksinya, satu meter persegi tak lagi hanya menghasilkan 0,8 kg beras tapi bisa 5 kg beras, tidak ada gabah tak berisi, tak sampai sebulan sudah bisa panen, padinya tahan hama, namun tak memberikan efek negatif ke jangka panjang. Hahaha... bisa nggak sih?

Ini baru padi saja, bagaimana dengan tanaman tropika misalnya buah, sayur, di Indonesia ya?

Aku usai mengikuti workcamp di Semoya bersama beberapa volunteer Jepang, dan melihat mereka doyan makan lengkeng, berbinar melihat salak, bahagia makan mangga (di sana satu buah berkisar 100.000 rupiah). Di lain sisi, partisipan Indonesianya malah berdebat mengeluh karena membeli mangga 14000 sekilo karena di Semoya hitungannya sudah mahal. Hahaha...

Beruntung deh tinggal di Indonesia. Hihihi...

❤❤❤

http://repository.ipb.ac.id/
http://humas-protokoler.ipb.ac.id/

91 comments:

  1. lha yang dipikirin cuma jawa doang
    coba ke kalimantan. lanjutkan proyek lahan gambut sejuta hektar. jangan mentang mentang warisan orba trus ga mau nerusin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu proyek kan udah sekali gagal, diulangi lagi tho...
      Kebanyakan kepentingan politiknyah...
      Kamu aja om yang nerusin biar sukses. Sedih ah, banyak duit keluar...

      Delete
    2. yo ga gagal gimana orang politiknya dikedepankan
      sayang wae liat lahan telantar segitu luas
      tar dikuasai asing lagi tinggal diributin

      Delete
    3. halah kok dadi open id ki apa salah dan dosaku tho..?

      Delete
    4. Tapi emang susah si ya gambut dijadikan buat nanem padi... nitrogennya kurang dll...
      Nek tenanan ya mungkin iso, tapi gak tenanan itu loh wkwk
      Orang sini sukanya ribut kok om, hahaha...

      Delete
    5. tapi kenapa orang sini bisa nanam padi..?
      tapi gak doyan. nasinya keras bener
      cacingku protes kabeh, haha

      Delete
    6. kasiyaaan deh lo...
      yowis mangan mekdi wae om...

      Delete
    7. wahh..lagi ngomongin soal lahan gambut di kalimantan ya!! weleh-welehhh!

      Delete
  2. Pertanian (dalam arti luas) Indonesia maju & menjadi penopang utama ekonomi negara? hm... semoga saja mimpi itu akan jadi nyata. amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susah tu karena pertanian tu bargaining powernya besar di konsumen.
      Pertanian di ln maju karena subsidinya akeh... di sini mau gak ya subsidi besar govt-nya? :P

      Delete
  3. Kira2 program pemerintah yang 1 hari tanpa beras berhasil kagak ya.. kalo belum makan nasi namanya kan belum makan. haha
    ngomong2, beneran tuh mba di Jepang buah mangga hrganya 100rb per biji? buset dah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehhh itu programnya beneran?
      Hm, kalau gak makan nasi belum makan itu salah orba sih... semua orang dianggap makan beras dan beras dianggap makanan pokok kelas satu...
      Iya kata orang Jepang 800yen satu bunder, kalo enak bisa ampe 2000yen...

      Delete
    2. mahal banget sampe 2000 yen :O, berarti berapa rupiah tuh -__- males hitung hehe

      Delete
  4. hahahahha...
    ternyata banyak yang luput dari rasa syukur kita hidup di Indonesia ini ya
    gilak aja harga 1 biji mangga seratus ribu rupiah
    hehehe

    ReplyDelete
  5. Inget waktu SD dulu dibilang Indonesia adalah negara agraris dan bercita-cita swasembada pangan. Pasti langsung ono sing nyauti 'wani pirooo?'

    Tapi gimanapun soal makanan, beruntug emang tinggal di Indonesia.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salahnya sih definisi swasembada pangan = swasembada beras, hehe...
      Wani piro yo, sewu boleh? Wkwkwk...

      Iya hihihi

      Delete
  6. aku disini gak pernah lihat orang jemur gabah :)

    ReplyDelete
  7. direkayasa genetik jadi langsung jadi nasi bisa gak ya...??
    :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa... tapi ntar kamu berevolusi jadi makhluk aneh mas...

      Delete
  8. Bersyukurlah hidup di Indonesia una, terlepas segala carut marut yang terjadi namun kita masih bersyukur bisa hidup di negeri yang subur, makanan pun relatif murah jika dibandingkan dengan negara lain (terutama jepang seperti yang kamu tulis diatas)

    Kalo tentang tanaman dengan rekayasa genetika mungkin bisa memperbaiki kuantitas ataupun kualitas tanaman, namun sedikit banyak akan ada efek bagi manusia yang mengkonsumsinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi kalo makanan relatif murah ya...

      Hm, baik menurut kita belum tentu buat tanamannya. Yoyoi pasti ada efek buat manusianya... entah jangka pendek atau panjang...

      Delete
  9. Coba Na jd volunter di rumah ortuku musim padi nanti ya? Ikutan mulai semai benih padi..trs tandur sampai panen dan jemur padi. Asyik banget tuh ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleeeh, bayarin jakarta lamongannya ok ok!

      Delete
    2. aq ikut..
      yang penting digaji n dikasih makan :p

      Delete
    3. Nek kamu melu, dipakani damen wae ya mas...
      Daripada dibakar kan tuh...

      Delete
    4. damen e gawe rambut lho mbak un apik, apah lagi gawe shirly :D

      Delete
  10. wong jepange diajakin ke moker mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Moker ===> Mojokerjo
      Moker ===> Molor Kerja
      Moker ===> Monconnya Kera sakti

      Delete
  11. eh ngomongin panen ... di sini juga lagi panen
    cuma panen nya beda hehehe

    ah ngomongin hasil pertanian sama kayak ngomongin politik
    cuma bikin pusing :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Panen duit ya...
      Ya gak usah diomongin laaah, ngomongin orang aja hahaha...

      Delete
    2. ngomongin orang takut dosa Na
      cukuplah pas khilaf ngomongin orang mpe berbusa hahaha

      Delete
    3. Hahaha ya wis ngomongin hewan :D

      Delete
  12. Hahaha artikel ini mengingatkanku pada kuliah S-1 ku dulu, pernah field trip ke sentra penggilingan gabah. Eh juragannya naksir temenku :D *rumpi*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trus kamu naksir juragannya? Cemburu dong mbak... wkwkwk :P

      Delete
  13. Memang bersyukur tinggal di Indonesia, hanya orang-orangnya saja yang sebagian masih harus lebih kreatif, lebih rajin, lebih ulet, lemih semangat..... :)

    ReplyDelete
  14. Saat pelajaran di sekolah dulu, Indonesia disebut negara agraris, tapi kenyataannya beras impor, gula impor, kedelai impor, apa-apa impor, apa masih layak disebut negara agraris ya? :D

    ReplyDelete
  15. Gawe tulisan ngene, lagi ono acara opo Na..?? Bannere kok apik kui sing nang ngisor?

    ReplyDelete
  16. Harus bangga jadi orang Indonesia.

    ReplyDelete
  17. tentang mangga itu kok sama ya. orang jepang yg datang ke kampusku juga melongo-longo lihat pohon mangga begitu suburnya di lahan kampus hahaha wow yuk jadi pedagang mangga di jepang

    ReplyDelete
  18. Wah ada peluang ekspor Mangga ke Jepang kalaw gitu. 1 Buah Mangga yang ranum dan masak bisa seharga 100 ribu rupiah wow ini peluang yang amat menjanjikan buat Indonesia.

    Saya belum pernah ke Sleman. Tau Sleman juga dari kawan kawan lewat cerita dan juga dari koran koran yang ngetop banged karena daerah yang paling parah terkena bencana Merapi tahun 2010 yang lalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, iya mahal banget ya... kasian bener wkkwk...
      Iya parah soalnya kan di utara...

      Delete
  19. eh soal swasembada di salahsatu kabupaten di kalbar namanya kuburaya udah swasembada beras loh una.. menurut aku bisa kok tanah kami ditatami pangan. tapi sayangnya pemerintah dan swasta lebih suka nanemin sawit yg buat kabut dan banjirin sawah seh :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah karena sawit dianggap menguntungkan kali ya mbak...
      #pukpuk

      Delete
  20. selain gemar makan ikan ternyata orang jepang suka makan buah juga hehe,,,,

    boleh juga bisnis mangga ke jepang tapi kalau udah di ekspor semua takutnya malah mangga kualitas rendah yang beredar di Indonesia :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mereka suka banget semangka ama lengkeng, lengkeng kayak leci katanya tapi leci di sana ada yang frozen...

      Hahaha gak gitu juga yang kualiti rendah di sini banyak :p

      Delete
  21. Pernah baca di Kobochan atau Sinchan ya, kalo melon itu harganya ratusan ribu. Ternyata bener toh :D

    ReplyDelete
  22. betul sekali.. sekarang sayangnya petani sudah jadi kayak kuli gitu masalahnya... semua milik boss boss besar... gimana mau sejahtera mereka ya... saya memang suka foto foto sawah gitu..

    Memang hidup di indonesia memang lebih menyenangkan dibandingkan di mana mana... hahaha

    Tanah Airku Indonesia... :) ya nyanyi dia...

    ReplyDelete
  23. cintailah produk indonesia ya mba...
    hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yip yip.
      Tapi kok aku selalu naksir cowok produk luar negeri yah hahaha

      Delete
  24. kalo menang jangan lupa traktirannya Un.
    :p

    ReplyDelete
  25. ternyata Indonesia bahan pangannya bisa dibilang "murah" ya mbak daripada di negara lainnya,,, :D

    ReplyDelete
  26. Wuah mbak Una ikutan juga euy. Jadi makin tambah banyak saingannya nih, mana master-master semua lagi... Aku juga ikutan mbak. Sama-sama berjuang yah.. :)

    Untuk rekayasa padi, rasa-rasanya masih sangat mungkin mbak. Kan udah banyak ditemukan padi-padi varietas unggulan. Dengan keunggulan masing-masing. Pelan-pelan nanti harapan mbak Una (dan kita semua tentunya) bisa aja terwujud

    ReplyDelete
    Replies
    1. kelupaan mbak, ini link post saya, http://akwi.wordpress.com/2012/07/30/apa-kabar-pertanian-tropika-indonesia/

      kiranya mbak berkenan mampir :)

      Delete
    2. Kok kamu ikut sih mas... kirain jurinya loh :P
      Yah aku sih jangan dianggep saingan, eike kan gak mengerti pengertian hahaha!
      Yang tanpa efek negatif jangka panjang ya mas, bikinin ya padinya hahaha!
      Oke, nanti aku mampir...

      Delete
    3. saya mah mahasiswa ipb yang biasa-biasa aja mbak. Walau jadi anggota BloggerIPB, tapi kebetulan nggak ikut jadi panitia.. jadi mending ikut jadi peserta deh.. hehe..

      Kalo lewat rekayasa genetika, kemungkinan adanya efek negatif jangka panjang masih sulit diatasi. Cara lain dengan memodifikasi metode umum yang selama ini kita kenal secara tradisional. Salah satu terobosannya dikenal dengan metode SRI (System for Rice Intensification). Dari namanya, kita tau kalo metode ini menerapkan intensifikasi dalam pembudidayaan padi. Metode SRI ini terbukti sudah menghasilkan gabah dengan volume lebih besar ketimbang gabah dari metode tradisional. Sayangnya petani masih belum banyak yang percaya sama metode ini. Karena memang metode ini menganjurkan penggunaan input yang minimal. Padahal selama ini petani tradisional mengaplikasikan input secara berlebih, contohnya pupuk.

      Wuih, maap mbak. Sharingnya kepanjangan.. :p

      Delete
    4. Yahhh kenapa gak jadi panitia... *loh*
      Mungkin mau caranya gimana tetep pasti ada efek negatifnya ya... kan dunia ini perlu keseimbangan... *ngemeng apa si gue*
      Gak masalah panjang juga, aku malah jadi tambah ilmu nih mas :D

      Delete
    5. hahai.. iya sih. Namanya juga meminimalisir efek negatif. Pastinya dengan metode yang alami, minim input bahan kimia, jaminan mutu produk pangan akan lebih tinggi toh?

      Delete
  27. Andai sehari-hari kita bisa menahan makan nasi dalam sehari saja ...

    Hehe :)

    ReplyDelete
  28. Aku justru gak setuju soal rekayasa genetik, Una, mending yang alami saja lah...yang penting sekarang gimana meningkatkan pertanian di indonesia ini dan gimana pemerintah bisa menjalankan fungsinya dengan benar dalam mengatur perekonomian agar harga bahan pangan gak memberatkan masyarakat tapi petaninya juga bisa hidup dengan layak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rekayasa genetik gak musti yang aneh2 gitu kok mbak... penyilangan tanaman juga rekayasa genetik tapi alami...
      Hihi amiinn...

      Delete
  29. Dulu di Puskes tempat tugasku, senangnya bisa lihat sawah yang menghampar, pabrik penggilingan padi dimana2, saat panen. Aduuuh jadi rindu Sukabumi gara2 Una :)

    ReplyDelete
  30. Bapakku seorang petani kecil yg di Indonesia tergolong masyarakat menengah ke bawah (kalau gk mau dibilang miskin). Sebagai anak petani kadang pengen marah entah sama siapa yg membuat pekerjaan sbg petani berat dgn hasil yg sangat minim. Saat di Jepang, melihat para petani di sini hidupnya makmur, bahkan kaya. Ternyata pemerintah sini menjaga supaya harga beras dan komodity pertanian lainnya tetap tinggi shg para petani bisa hidup sejahtera. Selain itu mmg teknologi yg mereka gunakan jg tinggi shg biaya pengolahan sawah tdk tll banyak dgn hasil yg tinggi. Sempat tanya pada seorang petani di sini, bagaimana pemupukan di sini? Trnyta mrk tdk menggunakan pupuk, hanya dgn dedak padi. Wow... dst nti kubikin postingan saja, hehehe...

    O iya, harga mangga di sini mmg mahal. Apalagi harga durian, bisa sampai 10.000 yen 1 buah. Waks??!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Subsidinya juga banyak ya mbak pemerintahnya?
      Mantep banget tuh, emang harusnya manut hukum alam ya mbak pemupukannya...
      Oke ditunggu loh...
      Hahaha puasa makan duren deh kalo gitu~

      Delete
  31. " Hingga kemudian gabah dikelupas dengan alat penggiling padi. Yang menurutku berisik sekali"

    kayak dia aja yang telinganya normal. #uppst...

    mohon maaf lahir dan batin..... heheeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha kali aja ada yang suka suara alat itu :P

      Delete
  32. Dikampung gue, mangga gak dijual! gak percaya??? datang aza kemari. hehehe..
    asyik banget menyoalkan soal komoditi beras ya...

    ReplyDelete
  33. Mbak un, biasane gawe arek2 pertanian di rekayasa genetika ben hasil e akeh, nandur e cepet, plus anti hama :D

    ReplyDelete
  34. gambar no 2bikin ingat aku akan papahnya shbtku yg petnai dan suka menjemur panen padinya di depan rumah

    ReplyDelete
  35. semoya, tegaltirto, kecamatan berbah, kabupaten sleman ya :D.
    ini katanya emang lagi musim panen, banyak padi hehehe

    ReplyDelete
  36. di daerah ku dulu kalau nanam padi selalu panen... tp sekarang gak pernah panen.. gk tau sih kenapa

    ReplyDelete
  37. ccciieee yang jadi juara III ^_^
    congratz ya mbak...

    ReplyDelete
  38. Unaaaa.... selamat ya atas menangnya artikel ini.... congrats... kamu memang layak dpt trophy dan fulus... hihi. Kereeen!

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!