Photo-Poem: Gelombang Mozaik

(1)
Nggak tahu ya, rasa-rasanya aku jarang lihat Jakarta dengan langit biru deh. Foto di Jakarta yang langitnya biru pun aku nggak punya. Sekarang-sekarang, langitnya pun putih terang. Itu polusi kah? Ora paham... Makanya pas aku beberapa minggu lalu pergi ke luar Jakarta, lho kok langitnya biru ya... mbuh ya, kok aku seneng sekali lihatnya... Sama excitednya dengan lihat taburan bintang di Semoya kemarin >__<

So, di post ini aku tak akan bercerita apa-apa. Hanya ada foto dan puisi. Meski foto-foto yang kuambil hasilnya elek, yaaa nikmati saja foto-foto langit yang aku jumpai dan puisi karya Mbak Ririe Khayan...



Gelombang Mozaik

Pada bentang buana yang menghampar
Lukisan langit yang membuncahkan kagumku
Berdispersi dalam pancaran serat-serat biru
Koheren
Menggelombang

(2)
Lalu udara yang hinggap, mengusap keningku penuh mesra
Sedetik mengacak rambutku bergerai masai
Dan awan-awan yang bermozaik-mozaik
Membersihkan jeda yang memasung pesona nirwana
Mendayu-dayu keterpesonaanku menatapi angkasa

(3)
Jika sejuk pagi dan hangat mentari mengizinkan embun mengering
Menghampirkan sesore yang menyingkap hangat siang
Menampakkan rerupa angkasa
Bersama tarian kosmis yang menggelombang
Memenuhi atmosfir senja dan kosmosnya

(4)
Sinergi ayat-ayatNYA s'lalu mendulang takjub
Mengetat lekat
Menyentuh piksel-piksel hati
Maka biarlah hidup sewajarnya mengalir
Dan aku pun bersenyawa dalam alur sejarahku

(5)

❤❤❤

Hope you enjoy this post!
Thanks to Mbak Ririe!

Caption foto:
(1) Akuuu suka negative space. Tiang lampu dan langit sore Solo.
(2) Pohon dan langit di Kompleks Ratu Boko.
(3) Pendopo Ratu Boko.
(4) Semburat jingga senja Jogja. Diambil dari rumah simbah.
(5) Narsiisss di Parangtritisss, taken by Mas Matsu.

65 komentar:

  1. Foto yang terakhir kereeenn banget ka Una >,<
    Itu Jakarta daerah mananya yaa..?

    BalasHapus
  2. bagus foto dan puisinya Una + Ririe

    BalasHapus
  3. kalo Una mah emang nggak diragukan lagi..

    bangga gue punya sahabat blogger kaya loe.. =))

    BalasHapus
  4. suka poto yang ketiga ;)
    maaf lahir batin ya mba un..

    BalasHapus
  5. Terimakasih yaaaaa Una, udah dikasih foto-foto langitnyaaaa....
    Sukaaaaaa.....

    BalasHapus
  6. huhuhu buka dari hp tadi susah banget akhirnya bisa juga nih dari laptop, bagus foto2nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh perasaan blogku bisa versi mobile kok mbak @.@

      Hapus
  7. Terakhir ke Jakarta Juni kemarin, dijakarta susah mo nikmatin langit yang benar-benar biru kalau pagi langitnya penuh kabut trus siang menuju sore malah penuh asap. nah malamnya malah hitam, hihi... gak asik euy :p

    suka angel gambarnya na, km emang jago ya motonya. sm sperti foto2 km di IG, selalu pass saja pemilihan tone sm angelnya :)

    eh, selamat lebaran ding, maaf lahir batin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, emang susah deh mbak...
      Weleh, aku cuma pencet shutter mbak. Yang jago mah kameranya.
      Maap lair batin juga... :D

      Hapus
  8. Foto yang paling atas di depan keraton apa dimana un?
    Gambar yang ke 4-5 hebat banget fotografernya un :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hm di Jalan Slamet Riyadi, di perempatan mana auk hahaha~

      Hapus
    2. Huu... malah wes tekan solo koe un hahaa..
      Aku malah gak mudik ki :p

      Hapus
  9. Wah, bagus........ yang paling juara itu yang ketiga:D

    BalasHapus
  10. emang jakarta masih punya langit biru tho..?

    BalasHapus
  11. maaf lahir bathin ya Un ...


    fotonya bagus :D

    BalasHapus
  12. gambarnya keren kabeh Na
    niat mo jadi photografer profesional ya :D
    ini kontes bukan? semoga sukses yak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak ya... niatnya jadi potomodel profesional.
      Bukaaaan kontes hueee~

      Hapus
  13. foto landscapenya bagus bagus ya..... keren...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasa aja gitu om... birunya butek wkwkwk

      Hapus
  14. Un, foto2 dengan banyak ruang kosong begini, memandanginya bikin perasaan kesepian deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin itu menggambarkan perasaanku hahaha!

      Hapus
  15. yang terakhir itu paling oke Na. gkgkgkgkgk! Sunset gitu loch!

    BalasHapus
  16. foto dan puisinya kereeeennn! siluetnya apalagi :P
    btw, maaf lahir batin ya, na :D kali ada salah, maafin yahh ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada akunya soale... wkwkwk.
      Sama sama ya mbak :P

      Hapus
  17. Kalaw udah ketemu sama tiang lampu jangan jangan mba Una nyanyi dah persis kaya film India. Heihieheie. Duh jakarta memang jadi tren diskusi di mana mana.

    Tadi malam saya denga RRI Jakarta yang terpantau di RRI Jaringan di Pontianak membahas Urbanisasi di Jakarta, wah rame sekali. Sampei lomba Blog pun ada yang bertemakan Jakarta. Oala Jakarta. Kangen sayah sama dirimuh. Hiks hiksssssss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe nemu musik juga nari2 kok aku mas...
      Hahaha balik dong Jakarta :P

      Hapus
  18. tiang lampu di alun2 ya..?
    yang terakhir, paling2 di parangtritis.. :D

    BalasHapus
  19. Aku suka semua fotonya...terutama yg ke-4, serat-serat awanya so cute.

    kasihan ya yg tinggal di Jakarta jarang2 bs lihat birunya langit. KAlau aku tiap hr bisa menikmati indahnya langit..kalau malam bisa beradu pandang dengan gemintang lho..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cute kayak aku...
      Gemintang apaan sih mbak...

      Hapus
    2. gemintang kata puitisnya utk bintang-bintang euy

      Hapus
  20. Senang ya lihat langit biru....
    Apalagi foto yang terakhir itu "Siluetnya Una"... :)

    BalasHapus
  21. Sama dengan Ririe, aku suka foto ke 4

    Itu namanya, semburat merah saga, iya nggak Na?

    Puisi Gelombang Mozaik begitu menyatu dengan foto2 langitnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm saga biji yang merah banget, bukan deh kayaknya hihi :D

      Hapus
  22. Memang langit Jakarta tak pernah biru Na. Saya waktu tahun 99, 2001, 2002 mampir di Jakarta dan memperhatikan langit Jakarta. Penuh "awan" tiap hari. sepertinya memang polusi ....

    Untung langit Makassar masih biru walau jalan2nya sudah mulai macet.

    Met lebaran ya Na. maaf lahir batin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata dari dulu ya hahaha, pas kecil aku gak perhatiin :D
      Maap lair batin juga...

      Hapus
  23. hmmm... jadi pengen lihat langit pontianak.. biru atau putih yak?

    btw.. foto.di bawah itu paling fenomenal deh un ;)

    BalasHapus
  24. wow.. nampak langsing banget ya model siluetnya.. :)

    BalasHapus
  25. Foto-fotonya keren banget.. jadi Iri aja, Apalagi foto yang ke empat sama yang ke lima. beuhhhhh

    BalasHapus
  26. Balasan
    1. Kameranya yang keren, bisa nangkep gambar...

      Hapus
  27. Dua foto terakhir paling kusuka... keren abis...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya semburat kayak gitu jarang lihat hmmm

      Hapus
  28. Bener juga ya, keknya aku sulit menemukan lagit biru di Jakarta. Oh iya, bagaimana kalau setelah hujan? Bisakah birunya langit terlihat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetep gak biru soalnya itu bukan awan tapi polusi yang nempel pada atmosfer, hahaha! *ngarang*

      Hapus
  29. kok?
    yang poto paling bawah editan tuh.
    pasti ditarik2 kebawah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di-rotate dikit ama crop doang.
      Kurusan ya keliatannya? Ahahaha...

      Hapus
  30. Selalu suka poto langit dan potonya keren2. :)

    BalasHapus

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!