Monggo, Mari Ke Pabrik Monggo...

Nenek, bapak, dan adikku tinggal di Kotagede, sebuah kecamatan di Kota Jogja yang merupakan kota kuno karena dulunya pusat Kerajaan Mataram. Meski setengah keluargaku di sana, malas aku kalau disuruh muter-muter sana. Belok dikit kuburan, kesasar dikit kuburan, wedi aku...

Sudah tau Monggo katanya pabriknya di Kotagede, aku nggak tertarik liatnya. Hihihi, plus nggak gitu suka juga cokelatnya. Nggak tau deh, menurutku biasa wae ki. Monggo ini merupakan sebuah merek dagang cokelat buatan Jogja. Packagingnya pun kayak menggambarkan Jawa Jawa gitu... ketoke... Distribusi Monggo sudah sampai Jakarta, Bali, dan luar kota lainnya. Di kotamu ada nggak?


Pabrik sekaligus showroom-nya tak jauh dari Makam Raja-Raja Mataram Kotagede, ke selatan sedikit trus masuk ke Timur. Tempatnya kecil, dan pengunjung bisa melihat proses pembuatan cokelatnya dan pengepakannya dari kaca. Selain itu mbak-mbak showroom-nya ramah sekali, ditanya-tanya ia pun akan dengan sabar menjelaskannya.


Aku pergi ke sana sama adikku. Adikku pun bertanya macam-macam. Aku pun juga bertanya kenapa harga cokelat Monggo bisa larang pol gitu... Harga cokelat 40gram 13.500 dan yang 80gram 26.000. Nggak bisa ditawar lagi... hihihi... Katanya sih karena lemak kakaonya 100%. Makanya, cokelat Monggo lebih gampang leleh. Selain itu pembuatan sampai bungkusinnya pun manual. Yang masalah lemak kakao aku masih rada nggak paham... auk ah...




Bisa beli produk cokelatnya di showroom-nya. Tapi ketoke harganya sama aja kalo kayak beli di Circle-K. Hmmm... mbuh ding. Mbaknya pun menawari aku tester cokelat. Ada yang rasa chilli, jahe, sama apa gitu. Tak coba semua. Kucecap-cecap... nggak kerasa tuh chilli ama jahenya, wkwkwk... tapi tetep akhirnya aku beli juga ding. Aku suka sekali yang isi Marzipan. Rasa almond mirip rasa cherry gitu. Yumm!


Monggo yang didirikan oleh orang Belgia yang rindu lezatnya cokelat Belgia ini juga menyediakan servis custom packaging. Yaaa jadi bisa gitu, pesen cokelat tapi bungkusnya ada fotoku hihihi. Tapi ya mesthi banyakan pesannya.

Pernah coba Cokelat Monggo?

❤❤❤

162 komentar:

  1. blom pernah ke sono na
    dan sepertinya wajib kunjung deh klo ke jogja nanti
    btw ini yg pertamax dapet coklat monggo gak na? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha enggak... wis entek :P
      Hihi ke Kotagede dong mbak :D

      Hapus
  2. abis ini akan ada postingan kopdar juga kah na?
    kan di jogja juga banyak blogger hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi di Jogja malah gak kopdar jeh :D

      Hapus
    2. kalo saya masih di jogja, mungkin ente sudah saya samperin..

      Hapus
    3. Ya kapan2 kamu tak samperin ke Mataram mas, wkwkwk

      Hapus
  3. Weleh-weleh..MOnggo itu nama pabrik coklat tho? Tadi ta kirain Monggo ~ Mari/ayo ke Pabrik....

    Borong coklat dunk kamu di sana? Secara Coklat kan menu makananmu tuh....#PIss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama cokelat... :P
      Yeee cokelat tuh appetizer mbak wkwk

      Hapus
    2. jiahhh mba riri jadi baru tau ada coklat merk Monggo? Asli Indonesia lhooo *pamer padahal sendiri juga blon njajal hehehe*

      Hapus
    3. Hihi mbak rie tinggalnya di pelosok soale, wkwkwk

      Hapus
    4. ikutan nimbrong :p

      tuh kan ada coklat.
      aq kok nggak dksh kmarin?

      T.T

      Hapus
    5. Hihi...
      Ngaranku gak enak je.
      Masa ngasih kamu yang gak enak? :P
      Tak kasih SQ gak mauuu huuu...

      Hapus
    6. wah kalo Silper kuin aq bisa beli ndiri di toko.
      huw..
      fayah kau.
      yang special lah.

      Hapus
    7. Kalau yang ngasih aku kan semuanya jadi spesial mas, huokokok!

      Mana gambarku duluuuu huuu ngapusi :P

      Hapus
    8. whaaa..

      ntar kalo udah jadi tak posting..
      :p

      Hapus
  4. Waah, ndak ada tuh di Makassar Na. Jadi cokelatnya asalnya dari Belgia atau prosesnya ala Belgia?
    Rasa chili dan jahe? Aneh ya .... belum pernah merasakan cokelat rasa itu ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahli cokelatnya orang Belgia. Prosesnya mbuh gimana, hahaha...
      Aneh... wkwkwk...

      Hapus
  5. belum. bagi dong yang ada bungkusan wajahku

    BalasHapus
  6. Una....dari mana aza loe? koq baru nongol!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari sini aja kok :P
      Kangen ya bro? Wkwkwk...

      Hapus
  7. dikampung mah kagak ada pabrik yg kayak ginian. makanya kami2 ini makan hasil impor dari daerah ato dari negara lain. itupun kalo punya duit buat beli hehehee...

    BalasHapus
  8. Saya ada teman yang baru pulang trip di radio Netherland. Namanya Heriyanto, dan dia salah satu wartawan kami di Pontianak Post. Walau saya kerja di tempat yang sama, saya bukan wartawan hehehe. Nah Heri bilang coklat Belgia itu enak dan nyaman rasanya. Ah masa sih..............

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, lha mbuh... Kamu gak nyoba mas?

      Hapus
  9. Aku pernah Un. Aku belinya yg kemasan angka 69 itu, mengandung aprodisiak..tapi hehehehe..Una mah jangan ya..

    BalasHapus
  10. Mbak un, kota gede juga pusat e perak2 itu bukan?? :D

    Pernah dikasih ami coklat monggo nyel coklat e ancen enak tenan kok, satu bungkus tak bagi berdua sama adek rasane eman, enak banget :D

    Bagi dong mbak un :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali!
      Wkwkwk, biasa aja ah :P

      Hapus
    2. mbak un, sudah puas belumjalan2nya di jogja, niar yoo pingin jalan2 ke jogja, hiks, belum libur :D

      eeh mbak un,ym ora aktif jeh :p

      Hapus
  11. berhubung mahal, jadi kalau pulang malah mbawain oleh2 org Jepunnya coklat silverqueen aja :D

    BalasHapus
  12. Maaaauuu Mauuuuu gia bagi dong =p ka Una..

    BalasHapus
  13. aku belum pernah nyoba un...soale larang sih...hihi

    BalasHapus
  14. hmmmm harus tahan puasanya... ngilerrrrrrrrr

    BalasHapus
  15. Coklat sing Abang ono ora Na?

    BalasHapus
  16. Nek wis gosong ndang balik Jakarta wae...

    BalasHapus
  17. Beloom Una..
    Di Tempatku belom Nemu..

    Cuma Pernah lihat Liputannya aja Di TV.

    BalasHapus
  18. pendiri orang belgia nama pabrik jawa :)

    BalasHapus
  19. bagus banget yaa
    seneng ngeliatnya, jogja punya coklat semacam ini
    bisa dijadikan tujuan buat grup grup tur luar negeri gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya... seneng ngeliat ada produk yang maju gitu hihi...
      Ya meski yang punya orang asing @.@

      Hapus
  20. Aku belum pernah mencobanya Una Maya..tapi kalau menurut cerita Una koyok'e ngiler pingin ki :)

    BalasHapus
  21. Aduhhh ... yang lagi puasa bisa ngiler berat nih :P

    BalasHapus
  22. waaa, puasa2 jadi pengen coklat >.<

    BalasHapus
  23. Kayak belum kenal ama coklat Monggo?? *emang bukan penggemar coklat* huehehe

    BalasHapus
  24. pernah coba coklat monggo ini,... memang sedikit lebih mahal... tapi rasanya lebih original gitu ya.... seneng bener bisa mengujungi pabriknya langsung....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya agak mahal...
      Hm, original ya... gak tau deh, hihihi...

      Hapus
  25. aku suka coklat monggo...opo meneh bojoku, doyan banget yang dark chocolate rasa macadamia nut.

    Dulu waktu aku kuliah di sana belum ada coklat monggo.
    Huaaa...dadi kangen jogja :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah aku belum pernah coba yang dark... beli ah hihihi...
      Ke Jogja dong mbak :D

      Hapus
  26. blom pernah cobaaa..hiks.. kata temen2ku sih lumayan enak. Tadinya aku juga pas pertama kali liat dicircle-K, itu coklat kayak merek dari luar gitu. Ealah tenyata buatan jogya.. :D

    Tapi kreatif sih packagingnya..

    BalasHapus
  27. Di Circle K ada ya? Hmmmm.. Penasaran :D

    BalasHapus
  28. kotagede ya..
    kok aku malah ga tau sih un..?
    katrok...

    BalasHapus
  29. Gampang leleh ya? Gak bisa buat oleh2 dunk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hm, bisa... kayaknya maksudnya mbaknya, lebih gampang leleh dari cokelat biasa.

      Hapus
  30. belum pernah :)

    aku g suka coklat Una :)

    pabriknya bagus ya

    BalasHapus
  31. Aku kok kurang suka coklat ya? Udah coklat nih soalnya..hihi..

    BalasHapus
  32. wah aku jarang keluar kota, nanti deh kalau ke jogja sekalian mampir heheee

    BalasHapus
  33. Udah pernah n menurutku juga biasa aja
    Cepet leleh nya itu lo, jadi gak bisa dibuat sangu :)

    BalasHapus
  34. kapan apdet nih una..
    kok gak kelihatan dibloglistnya..


    hmm, pengalama saya terhadap cokelat monggo : eneg je..
    tampilannya kok bagaimana gitu rupanya...
    tak perhatiin pas temen bawa itu cokelat ke kampus.. :D

    mending silverqueen.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru tadi pagi... aaa blogku kamu hapus to...
      Aku yo gak gitu seneng. Eneg sih nggak tapi ya gitu @.@
      Hahaha hooh enak SQ...

      Hapus
  35. ooo.. monggo itu sjenis cokelat ?? :D

    BalasHapus
  36. "Di kotamu ada nggak?"

    Di Delft nggak ada nih Na coklat Monggo (ya iyalah), wkwkwkwkw :D

    Btw, lucu juga ya bisa custom packaging gitu. Jadinya beli yang custom packaging gak Na? hahaha....

    Kalo coklat chili itu aku juga pernah liat disini. Waktu itu liatnya di toko oleh-oleh di Lisbon, Portugal; dan itu ceritanya memang coklat produknya Belgia gitu sih, huahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi biasanya Belanda malah banyak produk dari sini kan...
      Enggak laaa, mau beli satu doang gak bisa sih. :D
      Hihi Lindt juga ngeluarin yang cabe... tapi aku ndak pernah coba...

      Hapus
  37. kalau mau kirimin aku cokelat Yogya itu, yo Monggo Un dengan senang hati kuterima :p

    BalasHapus
  38. wah ini lanjutan tulsanku waktu itu un..
    ini kan ya coklat yang menyaingi belgian :)

    BalasHapus
  39. Sudah mendengar cokelat Monggo ini dari beberapa waktu yang lalu.. Katanya sih enak. Tapi kok katamu biasa aja ya? Jadi penasaran, seleraku sama seperti Una atau orang-orang kebanyakan.. Hmm..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurutku biasa aja hihi... Enak SQ.
      Coba aja mbak :P

      Hapus
  40. blm pernah nyobain.. malah sy baru tau nih namanya ^^

    BalasHapus
  41. rasane enak ora ...
    aku dadi pengen rasakne ..... tapi kadohan. Hahaha :D


    Mengundang sahabat blogger dalam rangka Persembahan Menulis Untuk Semua
    Giveaway Sahabat Blogger

    BalasHapus
  42. haloo una kangen nih lama gak mampir keisi, baru mampir udah disuguhi coklat tapi sayang gak dipaketin soklatnya kesini ya hehehe

    BalasHapus
  43. servis custom packaging, ide baru utk ngasih kado ke teman2. hoho

    Keren Keren.. Mampir diimari dong Una.

    Cheer

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi oke, seminggu lagi ya mampirnya... aku mau menghilang T.T

      Hapus
  44. apa coklat ini cuma masuk circle K aja ya, belinya di situ juga
    rasanya mirip coklat jaman dulu, merk windmollen atau apa gitu, yg gambar kincir angin
    jadi kami kasih nama baru buat Monggo, coklat jadul

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi gak tau deh, di foodhall juga ada kok Bu Mon...

      Hapus
  45. Wering denger dan temen yg kuliah di jogja sering bawa ke pontianak.. tapi blm pernah makan deh..

    Ya sepertinya emang disuruh balik ke jogja lagi neh aku :))

    BalasHapus
  46. aku belum pernah coba coklat monggo mbak...tapi kalau dikasih gratis mau lah aku mencobanya :)

    BalasHapus
  47. ni ke sana karna mau PKL atau apa ni Na? :p

    BalasHapus
  48. berbagi kata kata motivasi gan
    Ketika satu pintu kebahagiaan tertutup, pintu yang lain dibukakan. Tetapi sering kali kita terpaku terlalu lama pada pintu yang tertutup sehingga tidak melihat pintu lain yang dibukakan bagi kita.
    salam kenal sukses selalu, semoga dapat di terima dan ku tunggu kunjungan baliknya ya :D

    BalasHapus
  49. Sampai hari ini saya belum pernah nyoba merasakan coklat merk ini,lha wong baru tahu juga di sini. Tapi sepertinya beberapa hari ke depan saya bakal mencicipi, karena Mbak Una akan mengirimkan sebagian ke alamat saya kan? hehehe....

    BalasHapus
  50. Saya tahu tempatnya, karena saya dulu hampir tiap minggu apel di kota itu. Kota yang padat tapi tampak indah, bangunannya masih terjaga keasliannnya dan terawat dengan apik. Makanan jajan banyak ciri khas dan banyak rasanya.

    BalasHapus
  51. Coklat Monggo? kirain bentuk coklatnya kayak sarang laba2 gituh, Na...

    Enak ra kuwi?

    BalasHapus
  52. Wah, enak, ya, bisa beli cokelat monggo langsung di tempatnya >.<
    Enak kyknya, ya, Mbak..
    Mau, donk, nyicip2 :P
    .
    Mbak mbak, adain give away "coklat monggo", donk..
    Ak ikutan :D

    BalasHapus
  53. belum pernah nyobain...
    tapi udah sering banget denger. hebat ya coklat monggo ini jadi terkenal sekarang...

    BalasHapus
  54. aq malah baru tau kalo di Jogja ada yg namanya coklat Monggo...
    #katrok
    kebanykan tidur dan hidup di rantau kali ya...
    :P

    BalasHapus
  55. Kog ane baru tau ya di Jogja ada yang beginian... hehehe :D dasar katrok ane.... hehehe

    BalasHapus
  56. Aku malahan baru tahu ada cokelat Monggo -_-

    BalasHapus
  57. Pernah dapet tuh dari temen. Baru tahu bisa custom packaging. Sayangnya gak boleh satu. Masa beli yang ada fotonya sendiri mesti banyak. Emang kalo dijual lagi bakal laku gitu? Gak kan ...

    BalasHapus
  58. Kalau nggak salah dulu pernah tayang di tv. Dan cokelat itu kini menjadi oleh2 khas jogjakarta.

    BalasHapus
  59. awas mbak una, jangan banyak bnayak makan coklatnya.. ntar ompyong loh,,, Giginya :D

    BalasHapus
  60. Oh begono ..
    Gue Belom pernah nyoba coklat monggo ini kak Un..
    tapi kalo gue liat dari potonya kayaknya si enak tuh ..
    Kok sama harganya ya? padahal kan langsung beli di tempat shwroom ?
    yaudah gue beliin satu ya :P

    BalasHapus
  61. ah mau, lempar coklat satu boleh tuh mba :D

    BalasHapus
  62. eumm enakk nichh kayanknya .. tapii sayangg belum ernahh coba coklat monggo .. :)

    BalasHapus
  63. Sudah lama ga ke Kotagede.... Baru tau kl pabriknya juga disana...

    BalasHapus
  64. kak unaaa, pesen coklat belgia satu yooo :p

    aaahhh pengeeenn >,<'

    BalasHapus
  65. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  66. udah pernah na, deket rumahku :D

    BalasHapus
  67. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  68. Wah kelihatannya lezat (astagfirullah, puasa)
    Tapi di kota Medan kayaknya enggak ada yang jual. :(

    BalasHapus
  69. padahal barangkali asal bahan cokelatnya dari Gunungkidul, hehe

    tapi ya tetep saja mahal :)

    BalasHapus
  70. Na, kan enak bgt coklat monggo, aseli coklatnya (ternyata karena 100% kakao yah?) menurutku, ga kebanyakan gula gituh. sini lemparin buat aku kalo ga suka :P

    BalasHapus
  71. berbagi kata kata motivasi gan
    Ketika satu pintu kebahagiaan tertutup, pintu yang lain dibukakan. Tetapi sering kali kita terpaku terlalu lama pada pintu yang tertutup sehingga tidak melihat pintu lain yang dibukakan bagi kita.
    semoga bermanfaat, dapat di terima dan salam kenal ku tunggu kunjungan baliknya :D

    BalasHapus
  72. Mumpung yang punya lagi makani sapi.

    ayo kita nypam..
    hehehehe.

    jangan lupa ya UN kunjungi blog q yang masih sepi.
    biar rame ntar..

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://www.kempor.com/2012/08/kacamata-gratis-free-eyewear-from-firmoo.html

      update foto un

      Hapus
  73. lebaran aku ke jogja moga wae bisa mampir heheh

    BalasHapus
  74. oi Na? Mabok coklat Monggo ya?
    KOk blom update lagi? :D

    BalasHapus
  75. Coklat dari gunung kidul? kek nya gak ada dah he he he. penghasil kakao terbesar adalah sulawesi. dan believe it or not hampir 80% pengasil coklat di indonesia sudah di kuasai alias di monopoli perusahaan Ceres dan Malaysia





    '

    BalasHapus
  76. Baru tau tuh Una, ada coklat yang namanya Monggo. Benarkah pendirinya seorang berkebangsaan Belgia ? sayang sekali kalau benar, emang tidak ada orang indonesia yang punya ide dan modal untuk buat coklat ?

    BalasHapus
  77. Udah pernah dengar coklat ini, tp belum pernah coba ...
    Sekali waktu ingin mencoba juga ...

    BalasHapus
  78. una aku liat fotonya aja pakai wide yach..masih kumpulin biar bisa beli wide heeee

    BalasHapus
  79. Pernaaaah dapat oleh-oleh :D
    Eh, nek menurut aku enak Chocodot Garut lho, Na. Terutama yang dark coklat. Duh, rindu rasanya. Entah bisa didapat di mana di Jakarta ini :(

    BalasHapus
  80. coklat ya... Hmmm... Minimal pesen brapa biar bisa di kasik foto kita sendiri? Klo di kasik gambar logo atau domain blog kita bisa juga kan. Kan wenak. Bagi2 coklat sambil promosi alamat blog kita

    BalasHapus
  81. kemarin waktu ke Jogja sempat beli juga coklat Monggo ini.
    hmm rasanya keknya sama aja ama silverqueen gitu, tp klo Una mau bagi ke saya dengan senang hati loohh Na saya terima ;)

    BalasHapus
  82. Aku bagi-bagi coklat Monggo pas kopdar di Jogja dan Jakarta Una... memang enak dan spesial banget

    BalasHapus
  83. Coklatnya enak Na. Cuman cepet banget leleh gitu Na. Pernah beli 3 yang bisa dimakan cuma 1. yang lain leleh.... T.T

    BalasHapus
  84. Monggooo un hahahaa... kangen aku lama gak pethuk un :D
    Kotogede jadi inget wiro sableng un :p

    BalasHapus
  85. mbak una lemak kakao??? heheeee

    BalasHapus
  86. waaa pengen kesitu ... :)

    BalasHapus
  87. monggo..monggo..mba Una.. mauuuuuuuuuuuuuuu... >,<

    BalasHapus
  88. Unaaaaaa, kemana aja? kok belum update

    BalasHapus
  89. wah jadi penasaran, kemaren pas mau mudik dapet coklat dari temen mereknya "langka" dengan kandungan 60% kakao, lumayan lebih pahit tapi enak..
    Una, jangan dihapus ya,, ikutan GA ku dunk.. mudah dan singkat aja.. ditunggu ya..;D

    BalasHapus
  90. kenapa coklat monggonya nggak bawain buat aku, Naaa???????????????

    BalasHapus
  91. Cukup lama artikel ini bertengger. Mungkin sudah saatnya diturunkan dan diperbaharui hiehiehiehiehie. NgaRep Dot Kom. Kunjungan menjelang sore sore sambil NgabuBurit hiehiehiehiheiheiheieee

    BalasHapus
  92. dikotaku kayaknya belum ada deh Na.....
    tapi harganya itu, kok mahal banget ya? saingan berat sama produk2 coklat yang lain?

    Nona kriwil ini yaaaa.... jalan2 teruuuus! hehe, ayo ke Aceh Na...

    BalasHapus
  93. di sini juga ada coklat monggo mba...
    larang yo, hehehe

    BalasHapus
  94. laporan di kota ku Ponorogo kayak'e belum ada
    bisa jadi agen nya mungkin di mari hehheheh :D

    BalasHapus
  95. wah baru tau ada pabrik coklat monggo, kok ga pernah liat ya di sini?

    BalasHapus
  96. ada lowongan ndhak yuaaaaaaaaaaaaa ,salah satu pecinta cokelat nuiiiiiiiiiii :)

    BalasHapus
  97. mbak / mas ijin kopi gambarnya mau ditulis di blog ane.. makasih sebelumnya

    BalasHapus
  98. Thanks for the best blog.it was very useful for me.keep sharing such ideas in the future as well.
    Visit to pacman games play happy wheels games and little pony games . see more games unblockedgames or unblocked games

    BalasHapus

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!