Zenzazi Zangrandi

Setelah ketemu dengan Pakde Cholik di Sutos, sebenarnya aku bingung hendak ke mana ya... Pengen makan makanan aneh-aneh kok yo wis mangan, ke Tugu Pahlawan yo wis tau, ke kapal selam kok malesin, intinya mau ke mana bingung. Trus, aha! lampu kuning berpijar muncul di atas kepalaku. Ke Zangrandi ah...

Aku tanya sama si supir taksi Zangrandi cabangnya di mana aja selain di Jalan Yos Sudarso depan gedung DPRD. Dia bilang "Di TP..." TP itu Tunjungan Plaza. Emoh lah kalau di mall, tak ke tempat aslinya saja. Lah loh? Zangrandi ki opo se? Zangrandi itu nama toko es krim kuno di Surabaya, katanya sih paling tua. Berdiri sejak tahun 1930. Wawww, nenekku aja belum lahir tahun segitu. Padahal tadi bilang nggak mau makan makanan yang aneh-aneh. Hm, tapi kan ini dessert. Aku punya perut kedua untuk dessert! Woohoo!


Sampai di depannya, aku segera turun dari taksi. Turunnya itu lho, hampir lima menit. Bawaanku banyak banget. Mau liat? Ntar aku liatin. Aku masuk tokonya dan seorang mbak-mbak menghampiriku membawakan menu dan notes untuk mencatat pesanan. Bingung milih yang mana, akhirnya aku memilih menu 'Choco Twist'. Dua puluh tiga ribu. Lalu, aku menunggu eskrimku tiba sambil merapikan barang-barang yang aku bawa. Tak lama, eskrimnya datang. Disajikan dengan segelas air putih.

Sekilas mungkin tampilannya biasa saja. Di mana-mana bisa didapatkan eskrim semacam ini. Choco Twist. Dinamakan seperti ini karena di gelas eskrim, ditaruh lah selang-seling eskrim antara vanila dan cokelat. Aku nggak yakin itu rasa vanila, nggak terlalu signifikan rasanya. Agak nggak jelas. Tapi eskrim cokelatnya itu lohhh... zenzazional... Hm, kucecap-cecap, sepertinya di eskrim itu ditambahi sedikit liquor, makanya rasanya enak. Beda deh rasanya dengan eskrim cokelat yang ada di supermarket yang bisa dibeli literan itu.

Dannn, eskrimnya nagih. Sayang sekali uang di dompetku tidak sanggup membeli lagi gelas eskrim lain. Kapan-kapan musti ke Surabaya lagi kalau sudah punya uang banyak, hehehe... *atau malah pas udah punya uang malah wis gak doyan makan eskrim, hueee jangan sampe* Eskrim Zangrandi mengingatkanku dengan eskrim Tip Top di Jogja. Aku baru pernah sekali ke sana. Aku ingat dulu aku memesan menu eskrim yang namanya ada kata 'cinderella'-nya. Dan rasanya, mirip dengan eskrim Zangrandi ini.

Dengar eskrim kuno, ingatanku juga terlempar ke Jakarta. Di dekat istiqlal terdapat toko eskrim kuno bernama Ragusa. Enak sih enak. Tapi kok menurutku tetap enakan Zangrandi. Dan seingatku aku juga pernah makan eskrim di Toko Oen Semarang. Tapi yang ini aku lupa rasanya. Hm, atau sebenarnya aku nggak pernah makan eskrimnya? Tapi aku ingat kok aku pernah ke Toko Oen di Semarang. :)

Oh iya, tadi aku mau menunjukkan barang-barang yang aku bawa.


Bahkan kursi yang 'dipakai' barangku lebih banyak dari yang aku pakai. Hehehe, yaiyalah, masa' aku duduk di tiga kursi?!?!

91 comments:

  1. hasil fotonya keren ... kayak buku menu restoran tuh wkwkwkk
    sekarang dah di habitat semua ya mbak ?
    Semoga kelak bisa ketemu lagi ya .. tks
    Salam

    ReplyDelete
  2. Saya bolak-balik lewat zangradi tetapi belum pernah mampir blas.
    lain kali mau mencoba ach, Bella pasti histeris kalau diajak kesitu...hobi banget dia sama es.

    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  3. senengnya jalan2 ke surabaya, ke suramadu gak?
    aku pernah nyobain ragusa, tapi zangradi blom

    ReplyDelete
  4. Waaaaahh...mba Unaaa,, makan ais kliimm gak ajak2 Nay -___- #ngilleerrrrrr.... :D

    ehem...mukenye mba Una yang kecapean bawa belanjaan mana ya? kok gak nampaakk siih...hihiiii

    ReplyDelete
  5. hwaaaa.. zangrandii.. sudah lama pengen kesana tapi gak jadi-jadi.

    es krim oen jugak. pengen nyobaakk.. *pengen doank, gak pengen bayarnya. hahaha

    ReplyDelete
  6. @umahnya fityanakifah Suramadu udah pernah, yang kemarin nggak ke sana lagi.

    ReplyDelete
  7. @Naya Elbetawi Wkwkwk sini kuajak mbak, tapi ongkosin ke sanaaa...

    ReplyDelete
  8. @armae Whe lha, padahal Gresik -Sby kan deket :D

    ReplyDelete
  9. ^Una..Eskrim Zangrandi mengingatkanku dengan eskrim Tip Top di Jogja. Aku baru tau - kapan2 kesitu ahhh :D

    ReplyDelete
  10. wah, asik banget ya Na, makan es krim jadul kayak ragusa gituh , pasti nagih deh :)
    salam

    ReplyDelete
  11. Gak ngerti ameh komen opo, lagi radang tenggorokan soale...

    ReplyDelete
  12. @21inchs Coba makan eskrim mas, langsung sembuh tuh...

    ReplyDelete
  13. wah...kalo ke Surabaya saya belum pernah...
    ke Ragusa udah pernah nyobain dan rasanya enak..ini di Surabaya ada yang rasanya lebih enak dari Ragusaa...ahhh...mau nyobain deh..
    :ngiler:...

    ReplyDelete
  14. waah kok jd kayak blognya mas gaphe...
    cerita jalan-jalan dan makanan....
    :P

    tp dengan gaya bahasa yg beda....
    mungkin ini lebih feminis...
    :P

    ReplyDelete
  15. @zone Ya karena kebetulan kemarin abis jalan aja. Aku malah belum lihat tulisan mas gaphe yang tentang makanan :D

    ReplyDelete
  16. arrgh, unaa. fotomu bikin aku ngiler. sumpah, aku tu sukaa banget es krim!!
    Wuaah, pengeen!!!

    ReplyDelete
  17. Hyaaa.... asli bikin ngeces ice creamnya

    ReplyDelete
  18. Itu barang2nya buanyak amat Ntje?

    Es Creamnya mau dong...

    ReplyDelete
  19. eh eh itu yang gambar bunga dompet kamubukan na?;))

    kamu buat ngiler aja nih :D

    ReplyDelete
  20. Baru tahu neh Zangrandi #kuper deh.

    Oke, tengkyuu impormasinya jadi sewaktu ke sby ada alternatif baru utk kuliner.

    ReplyDelete
  21. aku sering lewat tapi ga pernah mampir. mahal sih. tapi katanya enak banget. ah saya kan anak kos hemat! :))

    ReplyDelete
  22. wah es krim nya emang benar-benar menggoda ya....

    ReplyDelete
  23. mb' Una serakah~
    kursinya dipenuhin semua~aku g kebagian tempat ...
    padahal mau minta traktiran doang ^^

    ReplyDelete
  24. ah sebel waktu ke surabaya semua orang nyuruh ke zangrandi tapi ga sempet :( kayanya enak banget yaa eskrimnya..

    ReplyDelete
  25. melihat fotonya...jadi kebayang dech sensasi ice cream-nya :-)

    ReplyDelete
  26. Jadi laper liat gambar ice creamnya.... :)

    Eh, mau nanya. Boleh gak?
    Gimana caranya supaya komntarnya bisa kayak blogx ini, mbak?

    ReplyDelete
  27. @jiah al jafara Sini ke jakarta mbak, tak traktir aqua gelas wkwk

    ReplyDelete
  28. @Ian Konjo Makan lah... Oke aku kopikan linknya ke blogmu ya...

    ReplyDelete
  29. lah itu fotom propilnya kok jadi gitu??? haaa.... selalu saja ada yg brubah... haaa

    #blum baca postingan
    #lg curi2 waktu di kantor soalnya :p

    ReplyDelete
  30. @Syam Matahari Foto profil menyesuaikan nama. Masak namanya udah sok jadul tapi fotonya enggak ahahaha...

    Wooo paraaah nih mbak syam wkwkwk

    ReplyDelete
  31. jadi ngiler nih lihat es kyim nyaaa...hhhuuuaaa pengen donkkk

    ReplyDelete
  32. heheh emang enak yaw itu eskrim (pura" insomnia)
    keknya enak tuh gelasnya #hadeuh

    eh mbak salam kenal ya, barusan mampir soalnya
    ijin follow juga :)

    ReplyDelete
  33. @naspard Emang enak... Oke thanks, akan segera kufolbek x)

    ReplyDelete
  34. Una es krim nya bkin ngiler..
    tanggung jawab niihh..

    ReplyDelete
  35. @Nchie *sodorin tisu* Wkwk tanggung jawab kan?

    ReplyDelete
  36. Ngiler deh Un liat es krimnya *lap iler*

    ReplyDelete
  37. eh replynya mirip sama wordpress, itu gimana bikinnya? mauuuuuuu

    ReplyDelete
  38. Unaa.. kantorku aja yang deket di Zangrandi gak pernah aku hampiri, bukan males cuma sayang sama harganya :P

    ReplyDelete
  39. @yuniari nukti Emang mahal sih mbak itungannya, tapi enakkk :(

    ReplyDelete
  40. Zenzazional.. Haha! Ternyata ngomongin eskrim.

    ReplyDelete
  41. Kirain siapa, ganti nama sih. Ternyata una :-/

    Ini lagi kopdar ya?

    ReplyDelete
  42. gagal Una sayang, tapi ya sudahlah nggak bisa ngutak atiknya :P

    ReplyDelete
  43. @[L]ain Ahahaha, iya ganti nama :D
    Bukan, sebelum ke tempat eskrim ini kopdar :D

    ReplyDelete
  44. @Honeylizious Rohani Syawaliah Wah iya ya?
    Gatau mbak kalo itu, aku juga awalnya gagal. Trus ulangi lagi bisa :D

    ReplyDelete
  45. waduh, so sweet sekali es krim nya, mau mau dong, ehehehee :D

    ReplyDelete
  46. @Ladida Kalo ga sweet ya ga eskrim, emangnya ada eskrim pahit hehehe.

    ReplyDelete
  47. wah enaak amat. ragusa aku pernah rasain juga.

    ReplyDelete
  48. Inilah salah satu tempat kuliner yang membuat saya bangga menjadi orang Surabaya. *sombong*
    Es krim legendaris, Zangrandi. :D

    ReplyDelete
  49. @Asop Jiahhh, ahahaha... :P Di Jakarta juga ada loh Zangrandi :D

    ReplyDelete
  50. Yuhuu... aku dong, udah pernah makan disitu...
    Hehe... #siapa yang nanya :D
    Ckckck... membayangkan posisimu saat mengambil foto kursi2 itu...

    ReplyDelete
  51. es krim tip top lokasinya dimana sich? payah nich tinggal di yogya ga tahu, tp sy lg batuk dink jd ga blh makan es krim.

    ReplyDelete
  52. @kakaakin Gimana posisinya? :P
    Itu aku duduk kok ngambilnya, wlekkk...

    ReplyDelete
  53. ya udah pakde cepetan ke sana duluan sama Bella, nanti klo enak, bilang2, siapa tau beda rasa sama lidah Una kan, jadi pas saya yg dolan ke Sby, langsung deh diajak mangan es krim hahaha

    ReplyDelete
  54. Una, cerita mu ini kok memberi saya inspirasi untuk khusus berkuliner es krim ya hehehe ... cuma ngatur waktu jalannya yang zuzah zuzah zampang hahaha

    ReplyDelete
  55. @nicamperenique Apik itu mbak... Bikin aja blog khuzuz ez krim. Tak dukung!
    Ayooo! Hihihi...

    ReplyDelete
  56. hmmmm yummi es krimnya, aku nelen ludah aja deh disini :)

    ReplyDelete
  57. Waaahhh kalo Zahia liat es krimnya pasti langsung minta dibeliin sama Budndanya :-)

    ReplyDelete
  58. aku gak tau eskrim kuno
    kenalnya sama es thung thung sama es puter doang...

    ReplyDelete
  59. Hm.... jadi pengen deh Na.... tp baru kali ini dgr ttg eskrim yang satu ini.... zangrandi.... keren namanya...

    ReplyDelete
  60. Seingatku Es krim Oen di Malang dech

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!