Makassar dan Saya

"Statistics Summary for sittirasuna.com
There are 1,131,845 sites with a better three-month global Alexa traffic rank than Sittirasuna.com. This site has a relatively good traffic rank in the cities of Singkawang (#26) and Makasar (#211)."
Beberapa hari lalu liat Alexa.com, kok ada keterangan di atas. Yang bikin aku tersenyum yaitu karena ada 'Makassar'-nya. Lho kenapa? Karena sejak kecil aku punya ketertarikan khusus sama Makassar dan Sulawesi Selatannya.

Waktu aku berumur lima tahun, aku punya kaset lagu daerah dan sering banget kuputar. Dari 25 lagu daerah nusantara yang paling berkesan cuma Anging Mammiri dan Pakarena. Sampai sekarang aku masih hapal, tapi yang Pakarena cuma hapal versi satu. Kalau anging mammiri itu artinya AC. Lho? Air Conditioner? Bukan, bukan. Angin cepoi-cepoi huehehe, bukan ding kata Mbak U sih angin berhembus. Kalau pakarena dari googling artinya bermain. Meski aku hapal lagu itu mana bisa aku ngartiin lagunya -,-

Di bawah ada video lagu Pakarena kalau belum pernah dengar. Anging Mammiri pasti udah tahu dong.

Ketertarikanku sama Sulawesi Selatan bukan cuma itu, tapi aku juga berkesan sama baju bodonya. Dulu pas kecil mikirnya, halah, baju kok bodo. Yang pinter nggak ada apa?! Pernah ada karnaval Kartinian, aku malah pakai baju bodo padahal keturunan Jawa asli.

Aku juga pernah ke Makassar (kala itu namanya Ujung Pandang) bulan Desember 1996. Inget? Ya nggak lah, ahahaha... Waktu itu aku, ibu, dan omku sekalian ke Toraja. Yang aku inget cuma bagian dekat hotel kami menginap di Toraja ada kuburan. Udah itu thok, lainnya nggak inget. Ubek-ubek rumah, aku nemu fotoku di Ujung Pandang di Fort Rotterdam.
'Barbie' Makassar





Ehehehe, udah dulu deh. Cuma kepengen nostalgia aja hihi, anginggg mamiriii kupasanggg~ Wondering kapan aku bisa ke sana lagi. Pasti bisa!
Btw, tarima kasih le'baki baca, komen maki'...



Thanks buat Mbak Maya Cinderella for the translation hihi.

76 komentar:

  1. wah wah wah ^____^

    mantap mentong :) ewako makassar~

    hahahahaha :p

    kalau ke makassar lagi, singgah ke rumahku yaa ^^

    BalasHapus
  2. Okeee hihihi sip sip! :)
    Makassar mantap mentong~ hihihi...

    BalasHapus
  3. hihihihihi ^___^

    eh eh eh, fort rotterdam-nya skrg lagi direnovasi loh ^^

    BalasHapus
  4. Makin bagus apa makin jelek mbak? *pertanyaan apa ini*
    Tapi pas tetep horornya... :D

    BalasHapus
  5. ini sa mau komenki dulu,

    baru tahu klo Una hafal lagu Pakarena sama Anging Mamiri, saya cuma tau dikit lagu Anging Mamiri *padahal lahir d Ujung Pandang aka Makassar :D

    BalasHapus
  6. hahahaha "iya tetep horornya"
    *jawaban apa ini*

    BalasHapus
  7. @ Mbak Diah: Waaaa payahhh ahahaha :p

    @ Mbak Maya: Jiahhh... :D

    BalasHapus
  8. ikut komen *kebtulan ttg makassar loh. hihi
    uhm ttg benteng rotterdam, tidak horor kok. saya kkn di sana 2 bulan. biasa aja, hehe.

    ttg pakarena, hebat loh kamu tau artinya pakarena, saya saja tidak tau. *hiks malu

    BalasHapus
  9. He? Serius? Hantunya takut sama mbak kali...
    Wkwkwk aku cuma googling kok :D

    BalasHapus
  10. jadi pengin ke makasar lagi, ke pulau samalona dan toraja
    btw foto yg paling bawah sok dewasa bgt ya duduknya wkwkwkwk
    peace ^^

    BalasHapus
  11. Waaa aku belum ke pernah ke Samalona.
    Ahahaha biasa anak kecilll :D

    BalasHapus
  12. Saya kira una org makassar, haahha... tertipu judul.

    BalasHapus
  13. Nggak lahhh orang Amrik saya mbak :D

    BalasHapus
  14. ow, seseram itukah diriku. ah tergantung orangnya mba. hehe.. btw itu t4 duduk yg mba duduki perasaan tdk pernah kuliat lagi, udah dimusnahkan kali ya.

    yuk ke makasssar yuk.... yang komen orang makassar semua ya??

    BalasHapus
  15. Hahaha piss mbak.
    Heee? Jangan-jangan tempat duduknya... ahaha. Iya mungkin kan katanya lagi renovasi.

    Hihi Mbak Ria doang yang bukan orang Makassar. Dan saya hehe.

    BalasHapus
  16. Pengen main ke Makassar, asik ya kayaknya disana. Mabak masih punya foto-foto jaman dulunya ya.

    BalasHapus
  17. annyeong haseyo.. minna san. nah loh gado-gado deh jadinya.. :D salam kenal saya hima-rain dari makassar. rain bukan karena kehujanan loh bukan juga karena penggandrung rain korea. yah rain ji saja. *keluar deh logat makassarnya
    -numpang promosi diri.

    BalasHapus
  18. @ dinneno: Yang foto sekarang malah punya dikit. Hihi ayo ke makassar!

    @ Hima R ain: woooo promosi di sini bayarrrr hahaha

    BalasHapus
  19. waaa.. jadi ga enak, karena terkesan dengan saya jadi nlis postngan ini... #eh #ditimpukpakeshirley
    hahahaha.....

    waaa... sudah pernah ke rotterdam, saya saja seumur umur disana belom pernah masuk, cuma lewat depannya doang :)) :))

    BalasHapus
  20. Apaaaannnn?? Huekkk,.,

    He ? Belum pernah? Payahhhh ahaahhaha

    BalasHapus
  21. Itu photo kecil mbak una ya? kok gak mirip ya :P

    BalasHapus
  22. wahhh una kecilnya kerenlah :p
    kayaaaa
    hmm hmm hmm

    gak jadi deh :))

    BalasHapus
  23. unaaaaa, kecilnya kurus sekali :D cantik.

    BalasHapus
  24. Makassar ??? kalau Mahallus tau gg Un ???

    BalasHapus
  25. kak una tau gak,kalau angingmammiri.org bekerjasama dg blog detik ngadain lomba blog dg tema "makassar tidak kasar" .
    Kayak nya post di atas bisa tu?

    BalasHapus
  26. pingin denger suaranya Una nyanyi dong :)

    BalasHapus
  27. @ Kak Rin: Kenapa? Sekarang lebih cantik ya? Wkwk...

    @ Asep: Yaiyalah keren b-)

    @ Sheno: Wataaww thanks x)

    BalasHapus
  28. @ Paska: Enggak, aku taunya Ferdinand Pascanata Driyarkara :p

    @ Gunawan: Iya po? Oke thanks infonya, cek dulu ah~

    @ Mbak Lidya: Mendingan jangan mbak ;)

    BalasHapus
  29. kota idamanku kok masih tetep jogja dan balikpapan un
    makasar kok ketoke piye yo..?

    BalasHapus
  30. saya malah dah bolak-balik ke makassar dua tahun ini. sampe apal jalannya, dan hampir semua tempat wisata di kota udah kena sentuh. mallnya juga. tuuh banyak di postingan saya di tag di makassar. kalo kangen, baca aja.. siapa tau tambah kangen. #eh

    BalasHapus
  31. Hihi aku aja bahkan ga inget Makassar kayak apa.
    Oke nanti aku meluncur ke blogmu mas :D

    BalasHapus
  32. @ Om Eko: Ketoke piye piye?

    BalasHapus
  33. wow... ternyata ada juga ya.. Barbie' Makassar.. ckckckck.. unik!!!

    BalasHapus
  34. Hehehe boneka wanita sih cuma pake baju makassar :D

    BalasHapus
  35. Baju ko bodoh ya...

    aku banyak orang makassar disini mereka pinter2 ko dan jiwanya fighter (perantau) pokoknya..

    BalasHapus
  36. Hehe gatau deh arti bodo itu apa.
    Iya kayaknya memang begitu b-)
    Kalo mas baha fighter ga? :p

    BalasHapus
  37. una toh itu hahaha
    lucu banget

    BalasHapus
  38. Waaah.. ngeliat foto jadul lucu juga ya una ^_^ ada gimana2nya gitu #eh

    BalasHapus
  39. kalau denger makasar pengen ke Maros..

    kok linkwithin nya bisa muncul 4?

    punya q ma punyane gaphe malah ndak berhasil.

    BalasHapus
  40. wah makasar ya, pasti keren..
    tapi jauh banget mbak dari surabaya..

    BalasHapus
  41. Itu una sapa siapa, mba? foto yg di bawah lho, hehe

    BalasHapus
  42. oh gitu toh lagu makasar, jadi pengen ke sana. apalagi liat suasana2 rumah adatnya gitu

    BalasHapus
  43. jadi terharu membaca postingan ini, walau tidak berdomisili di Makassar, tapi punya kenangan dan berbagi kisah di dunia maya :)
    tidak semua blogger Indonesia bisa berbagi kisah tentang kenangan tanah air Indonesia, jangankan kisah tentang tempat yang pernah dikunjungi, bahkan terkadang tempat domisilinya-pun terlupakan, padahal dunia maya adalah wadah luarbiasa untuk memperkenalkan jatidiri sebagai orang Indonesia :)
    kalau bukan kita yang memperkenalkan Indonesia ke seluruh dunia, lalu siapa lagi,
    kalau bukan sekarang, kapan lagi :)
    btw- tabe' ki, pamopporang rong cappo krena sudah kepanjangan koment, mari ki' di :)

    BalasHapus
  44. Ternyata punya banyak kenangan masa kecil di Ujung Pandang a.k.a Makasar ya hhe... klo aku kayanya kenangan masa kecilku masih diseputeran Solo dan Yogya haha... tapi harus kuakui Makasar juga salah satu tempat indah di Indonesia kok, entah kapan bisa kesana lagi, padahal banyak teme bloggerku yg tinggal disana :)

    Aku ikut Follow (DJ Site)...

    Happy Sunday...

    BalasHapus
  45. @ Mas Rivai: Opo kuwi maros... bisa donggg, soale do letheg sihhh...

    @ Soca: Lebih jauh kalau dari Jakarta hehe.

    @ Mbak Ila: Hehe om aku. :D

    BalasHapus
  46. @ Mas RusydI; Rumah adatnya apa ya :-s Hehehe...

    @ Om Hariyanto: Hihihi mau tak kasih tisu ga om? Yappp, sudah seharusnya blog jadi tempat berbagi cerita.
    Itu artinya apa yaaa rrr...

    @ Ferdinand: Hihi aku kecilnya di Jogja kok. Cuma pernah main ke makassar aja. Ok segera difolbek.

    BalasHapus
  47. 'barbie' makassar
    itu maskotnya orang sono kah???

    BalasHapus
  48. Bukan... cuma ada yang jual bonekanya aja pake baju adatnya. :)

    BalasHapus
  49. itu una waktu kecil hehe lucu :P
    ternyata suka bgt ya kamu sama makassar :D

    BalasHapus
  50. Kalau nanti udah kesampaian ke Makasaar bikin event GA hadiahnya coto makassar ya....hahahaaa

    BalasHapus
  51. Unaa... wlo telat, tp pengen kasih una PR juga. haha... silahkan kapan mau dikerjakannya.:d

    http://ilarizky.blogspot.com/2011/11/sebelas-fakta-diri.html

    BalasHapus
  52. una... ciluk... baaaaa... :D

    BalasHapus
  53. @ Mbak Ririe: Di sini juga banyak kalo coto makassar :p

    @ Mbak Ila: Sip sudah ke sanaaa...

    @ Mbak Annesya: Apa sihh mbak, kayak maissy aja :p

    BalasHapus
  54. makasar??
    saya masih ingat sama lagu anging mamirinya.. ehe
    kalau pakarena, ga tau,,, :D

    BalasHapus
  55. Wow, ada ikatan dengan Makassar ya? :D
    Semoga 'dapat' orang sana ya, Una. Hehe...

    BalasHapus
  56. wah, una.. waktu dulu pas kartinian aku juga pernah pake baju bodo, hihihi. btw, kamu waktu kecil kok ga pernah senyum kalau difoto? :)

    BalasHapus
  57. kok sy lebih suka lihat foto kamu waktu kecil ya na,,ya udh balik jd kecil aja lg

    BalasHapus
  58. @ Mas Mabruri: Hihi kalau anging mammiri gatau baru parah hehe. Enak ya lagunya~

    @ Kakak Akin: Hahaha ga ah maunya sama orang bule...

    @ Mbak Indi: Wah sama kita... Iyaaa mungkin masa kecil kurang bahagia aku mbak. :D

    @ Mas Amri: Hemmm maksudnya apa tuh :p

    @ Mbak Susi: Thanks mbak linknya. :)

    BalasHapus
  59. Aku temen Makassar juga, dan mereka keren banget! Sumpah!

    BalasHapus
  60. Maksudnya gimana mas? Aku temen makassar? o_o

    BalasHapus
  61. Baru tahu kalo masa kecil Mbak Una itu di Makassar :))
    kenapa gak diikutin di lomba ngeblognya komunitas blogger makassar aja mbak postingannya ini?
    Lumayan kan dapat 2 tiket gratis masuk trans studio (lumayan buat saya tiketnya...qiqiqiqi)

    BalasHapus
  62. Bukannn, hihi waktu kecil aku pernah ke Makassar.
    Kecilnya di Jogja.
    Temanya kayaknya ga cocok hihi, waaa ada maksudnya :p

    BalasHapus
  63. Una: Pokoknya sesuatu banget gitu hahaha :D

    BalasHapus
  64. Di sana tau Syahrini juga to :p

    BalasHapus
  65. aku umur 3 th an juga pernah tinggal di makasar, papa tugas disana kala itu.

    BalasHapus
  66. Unaaaaaaaaaa.. foto kecilnya imut bangeeeeeeeeeeeett.. xD
    Insya Alloh suatu hari nanti bisa deh ke Makassar, amin.. ^___^

    BalasHapus
  67. @ Mbak Pu: Pas gede pernah ke sana lagi ga mbak?

    @ Mbak Della: Amiinnn pastiii. Pasti aku imut *loh*

    BalasHapus
  68. Jadi ingat anak sulung saya.
    Ttg baju bodo itu, dia pernah tanya, "Kalau baju gila ada ya, Ma?" hahaha.

    BalasHapus
  69. Permisi bu, saya mau nanya tentang makanan, colo-colo itu kata teman saya ada dijual di makassar juga. Benarkah itu bu?
    Mampir juga ke belog saya bu Cara Memasang Widget Responsive di Blog

    BalasHapus
  70. Mungkin kalau dibilang ke makasaar lama saya belum pernah, tapi kalau di tanya pernah ke makassar saya jawab iya. Terakhir kali "ngintip" pantai Losari. Kereeennn...

    BalasHapus

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!