Wisata Belanja di Jantung Ibukota

GUEST POST

Jakarta, sebagai ibukota negara Indonesia tidak hanya terkenal dengan kemacetannya saja loh ya, tapi juga berbagai tempat perbelanjaan yang menarik untuk dikunjungi. Kota metropolitan ini merupakan surga belanja, maka dari itu buat kamu yang tinggal di luar ibukota Jakarta tapi gila belanja, kalau ada rencana untuk jalan-jalan ke Jakarta jangan lupa untuk belanja di tempat-tempat yang asyik. Salah satunya adalah Plaza Senayan.

Belanja Mewah di Plaza Senayan

Sesuai namanya pusat perbelanjaan ini berada di daerah Senayan. Tempat ini bisa dicapai hanya beberapa menit dari jembatan Semanggi. Mall ini terkenal karena toko-tokonya yang menjual berbagai merk mewah. Begitu pula restoran cepat saji yang sudah sangat terkenal di kalangan anak muda. Sasaran pengunjung mall ini memang untuk kalangan menengah ke atas.

Tidak heran jika banyak ekspatriat yang berlalu lalang di tempat ini untuk hangout. Fasilitas yang mendukung kenyamanan pengunjung benar-benar dikelola dengan baik dan sangat lengkap. Selain itu, lokasi mall masih berada di pusat kota.

Plaza Senayan merupakan mall berlantai tiga dengan dua departemen store ternama di kedua sisi sampingnya. Sebelah kanan untuk Metro Departemen Store, dan kiri untuk Sogo Departement Store. Di mall ini juga terdapat toko buku terkenal di dunia, yaitu Kinokuniya.

Keunikan dari mall ini adalah adanya jam raksasa yang disebut Marygold Clock. Jam ini merupakan jam musikal yang bisa memainkan musik setiap jam. Ada 6 patung pemusik yang menghias jam buatan Seiko Jepang ini. Masing-masing patung memainkan alat musik yang berbeda.

Marygold Clock Plaza Senayan (Sumber : hanningsindonesianadventure.blogspot.com)


Menjelajahi Senayan City

Tidak jauh dari Plaza Senayan terdapat pusat perbelanjaan lain yang tidak kalah mewah, yaitu Senayan City Mall. Tempat ini diresmikan pada 23 Juni 2006. Pusat perbelanjaan ini dikembangkan oleh Agung Podomoro Land.
Senayan City (Sumber : is.asia-city.com)

Ciri khas dari mall ini adalah adanya dua tower, yaitu Panin Tower dan SCTV Tower. Di SCTV Tower yang juga menjadi office tower berbagai program berita dan hiburan dari SCTV disiarkan ke seluruh penjuru nusantara.

Sebagai pusat perbelanjaan, banyak tenant yang mengisi tempat di mall ini. Misalnya Matahari Departement Store, Metro Departement Store, Lotte Departement Store, dan masih banyak tenant lain yang membuka butiknya di tempat ini.

Senayan City berada di Jalan Asia Afrika dan masih termasuk kawasan Tanah Abang. Sangat cocok bagi yang datang ke Jakarta untuk tujuan belanja.

Berbelanja di Blok M Square

Blok M Square (Sumber : www.agungpodomoro.com)

Satu lagi tempat belanja yang layak dikunjungi adalah Blok M Square. Dinamakan demikian karena berada persis di depan terminal Blok M. Tempat belanja ini sebenarnya pasar yang terdiri dari kios-kios yang menjual berbagai busana. Plaza Senayan dan Senayan City biasanya untuk kalangan menengah ke atas, kalau Blok M Square lebih cocok untuk kalangan menengah ke bawah.

Dulunya tempat ini adalah Pasar Melawai dan Aldiron Plaza yang selalu ramai pengunjung. Selanjutnya, pemerintah setempat mengembangkan tempat ini menjadi trade mall di daerah Jakarta Selatan. Berbagai fasilitas untuk menambah kenyamanan pengunjung dibangun, sehingga tempat ini semakin ramai pengunjung.

Selain itu, tampilan Blok M Square mengalami peremajaan seiring dengan tujuannya sebagai pusat belanja terjangkau di daerah ramai. Lokasi mall ini memang berbatasan dengan kawasan pemukiman penduduk.

Tempat ini mengakomodasi pedagang skala kecil untuk barang-barang elektronik, telepon selular, perhiasan, busana, dan makanan. Sedangkan, tenant besar yang bergabung di tempat ini adalah Carrefour dan Cinema 21.

Yang menarik dari tempat ini adalah lantai 3 yang menjual berbagai koleksi mainan. Selain menjual barang-barang hobi, tempat ini juga menjadi tempat berkumpul komunitas tersebut. Berbagai action figure bisa didapatkan di sini. Tidak hanya mainan luar negeri, produk buatan dalam negeri juga meramaikan pasar ini.

Akomodasi murah yang dekat dengan tempat-tempat tadi?

Nah, itu tadi 3 tempat yang asyik dikunjungi untuk belanja. Gimana? Kamu tertarik untuk ke Jakarta dan mau belanja di sana? Kalau mau gampang, sebaiknya kamu cari hotel yang dekat dengan 3 tempat tadi.

Kalau kamu tidak mau menginap di hotel berbintang karena harganya yang mahal, solusinya kamu bisa coba booking hotel murah di Airy Blok M Melawai 18 Jakarta.

Kamar Hotel Airy Blok M Melawai 18 Jakarta (Sumber : www.airyrooms.com)

Lokasinya dekat dengan ketiga tempat di atas, jaraknya dari Blok M Square Cuma 400 m, kamu bisa jalan kaki ke sananya. Jarak ke Plaza Senayan hanya 2,3 km dan jarak ke Senayan City hanya 2,1 km, kamu bisa naik Gojek tuh biar murah.

Sumber: www.airyrooms.com

Selain itu harga hotel Airy Blok M Melawai 18 Jakarta juga murah, cuma 377 ribu per malam, dan fasilitas kamarnya cukup memadai. Ada TV flat screen, AC, air minum gratis, dan wifi gratis. Luar biasa kan? Kamu tidak perlu menyiapkan dompet yang tebal untuk biaya akomodasinya.

10 comments:

  1. kak Una.. apa kabar?
    he, sudah lama ga komen di sini.. ^^
    aku jarang ke Jakarta kak, paling kalau ada pameran buku aja..
    tapi baca artikel ini jadi penasaran deh sama Kinokuniya itu, selama ini aisyah cari buku cuma di gramed atau al-amin aja..

    ReplyDelete
  2. itu jam dindingnya ukuran berapa mba gede banget. :)

    ReplyDelete
  3. minta duitnya donk kak Unaaaa, buat belanja di mall-mall mewah ituuuu *hihi #mintadigampar

    ReplyDelete
  4. wah niat banget wisata belanja ini :D

    ReplyDelete
  5. Moll di jekarda banyak banget, di sby juga makin menjamur moll nya, baik target nya menengah keatas atau kebawah semua nya ada..

    Jadi airy rooma di sby ada kah?

    ReplyDelete
  6. Mall di Jakarta buanyaaaak dan aku suka jalan jalannya doang, belanja teteeep di pasar

    ReplyDelete
  7. Saya tinggal di pinggiran Jakarta dan mall terdekat (Plaza Cibubur & Plaza Pondok Gede) jaraknya 7 km dari rumah, berbanding terbalik dengan mall di pusat kotanya yang jarak antar mall cuma selemparan batu hehe.
    Btw, Dari 3 mall itu, yang pernah saya masuk cuma blok M hehe.

    ReplyDelete
  8. males kalo blanja di mol mah, mending di tanah abang atau cipulir banyak pilihan murah hargaya, kualitas gak jauh beda.

    ReplyDelete
  9. Mayan terjangkau lah tarif hotelnya. . .

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!