Jirih

Membaca komen Mbak Imelda di postingan sebelum ini, aku geli dan cekikikan sendiri. Jam 12 malam.
"hahahaha elu tuh badan gede, hatinya kecil :D"
Hihihi dan emang iya... aku penakut. Kalau kata ibuku, "jirih." (Jirih = jw. penakut) Bahkan cuma sama foto jendela bangunan tua. Untung yang cekikikan aku sendiri. Coba orang lain, udah mana jam 12 pula... Takut juga deh aku...


Foto di atas, foto yang kuaplut di postingan kemarin, ialah foto yang paling kutakutkan. Aku merinding sendiri liatnya. Aku membayangkan kalau ada sesuatu muncul dibalik terali itu. Mana udah pada tidur semua di rumah. Makin takut.

Mungkin aku takut dengan bangunan tua, gara-gara ini. Beberapa tahun lalu, aku pernah masuk ke Museum Sejarah Jakarta alias Museum Fatahillah. Nah, aku menuju ke halaman belakang museum itu. Kalau pernah ke sana, di belakang ada Patung Hermes. Nah, di dekat penjara bawah tanah ada pintu masuk. Tapi bukan pintu masuk ke ruang utama.

Kaki patung Hermes Museum Fatahillah.
Pintunya pintu ukuran biasa. Ukuran satu manusia lah. Nah masuk ke situ, ada tangga kayu yang memutar. Naik ke atas, sampailah aku, adikku dan kakak sepupuku di ruang pamer peninggalan sejarah yang bercorak Cina. Jadi isinya ada piring, guci, mangkok bermotif Cina. Kami tak menemukan orang lain selain kami bertiga.

Kami melihat-lihat sejenak dan... tiba-tiba meja berisi piring itu bergerak-gerak sendiri seperti sedang ada gempa. Guci di lantai juga bergerak seakan ada vibrasi. Wuaaaa lantai kayu gonjang-ganjing, kami teriak, bruk bruk bruk lari turun tangga yang memutar. Huh hah huh hah!

Pas udah keluar, rasanya lega... dan aku beberapa kali ke sana setelah itu, tak pernah lagi menemukan ruangan itu. Hmmm...

Sebenarnya punya rasa takut itu kan normal. Sebisa mungkin sih dikendalikan. Kadang tiap dari kita punya rasa takut terhadap sesuatu yang sebenarnya nggak perlu ditakutkan. Kayak temanku ada yang takut sama kancing, atau takut balon. Ya macam-macam lah.

Kalau salah satu ketakutanku: takut baca sejarah malam-malam. Nggak cuma sejarah yang mengenai masa lampau, tapi juga misalnya, baca biografi orang... Nggak tahu lah rasanya merindinggg... Nyari-nyari sejarah Mandarin's House pun, sambil merinding karena aku ngeblognya malam-malam. Udah nemu situs resminya, rasanya pengen cepet-cepet nge-klik huruf X di pojok kiri atas. Mau baca rasanya deg-degan.

Kadang-kadang, ketakutan membawa petaka. Aku takut gelap, dan yeah itu normal kan ya? *nyari temen* Suatu malam, aku nglilir berasa ada orang lewat dekat kamar. Aku terbangun dong ya, ada bayangan hitam di dekat pintu kamar. Seketika, aku teriak-teriak histeris! Aku takut banget, dan yang bisa kulakukan adalah memformasikan tanganku menjadi gerakan cakar dan keluar dari kamar. Karena kehalang bayangan hitam itu pun, aku mencakar-cakarnya sambil teriak-teriak.

Aku keluar kamar, ke kamar ibu, sambil memanggil ibuku, "IBUUUU!"
Dan yeah, ibuku nggak ada di kamar. Panik panik! Tapi akhirnya aku nggak peduli, aku tertidur di kamar ibu.

Dan yang kucakar itu lengan ibuku...

Aku nggak tahu itu ketakutan atau kegelisahan. Tapi rasanya takut banget aja. Apalagi waktu itu jaman-jamannya aku sering tindihan... Wew, maap ya Bu... hihihi!

Kamu penakut bukan? Atau punya ketakutan tertentu?

❤❤❤

114 comments:

  1. Pertamaxxx ga ya? *hoamzz *sambil nguap

    ReplyDelete
  2. aku melu wedi.. huaaaaaaa ibuuuuuuu!! T.T

    ReplyDelete
  3. kalo aku sih pemberani Na... pemberani kalo ada yang nemani! hihi...

    ReplyDelete
  4. betul ruangan bawah tanah di fatahillah memang serem... saya lumayan seneng foto disana... hehehehe ... rumah akar juga cukup menyeramkan juga sih...

    ReplyDelete
  5. Weh, itu serem juga pengalamannya Na. Bukan karena ruangannya bergetar sih, tapi kok tiba-tiba ruangannya sekarang jadi ga ada gitu, hmmm...

    Yang namanya takut akan sesuatu itu wajar kok. Yang penting adalah bisa mengelola rasa takut itu aja :P *sok 'tinggi' ini komennya*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi sebenarnya masih ada... cuma kayaknya akses pintu ke sana kok pada ditutup... hmmm...

      Delete
  6. dadi wedi tenan aku ....


    Blogwalking Rutin ^ ^

    ReplyDelete
  7. Orang yang pemberani itu sebenarnya juga penakut kok. tapi mereka bisa menguasai rasa takutnya. Akhirnya oleh orang-orang sekitar, disebutlah dia berani. Saya juga jirih (jerreh) pada ketinggian. Sampai pada kelas dua SMA, ada teman yang ngajak mendaki gunung. Akhirnya ya belajar memberanikan diri. Tapi sampai sekarang masih jirih sama cindil (anak'e tikus) dan anaknya kucing :)

    ReplyDelete
  8. Penakut ?
    mmm ... saya rasa tidak ...
    Namun jujur saja ... ada satu hal yang bisa membuat saya bergidik ...

    Apa itu ?
    Ular !!!

    Salam saya Siti Untje

    ReplyDelete
  9. nahlooo.. nahllooo.. jangan-jangan.. kamu berada dalam salah satu episode harry potter, the chamber of secret! #plaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha Hogwarts pindah ke Batavia dong :D

      Delete
  10. saya takut sama jalanan miring yang tinggi. tapi bukan gunung ya.
    kyk jalanan di benteng rotterdam itu loh. miring jalannya terus tinggi (pas sadar ternyata yang saya jalani itu bukan jalanan tapi tembok benteng hahaha)

    ReplyDelete
  11. sgla yg menyangkut kuno n sepi sering gawee jireh :p

    ReplyDelete
  12. Kayaknya yang ruangan piring2 Cina ma guci2 masih ada pas aku ke sana tahun 2009.

    Kadang2 aku juga penakut soal yang mistis2 gitu. Tapi, biasanya kualihkan mikirin hal lain. Yang tadinya mikirin jin, dkk, dialihkan jadi mikirin cowok ganteng :D Ini lumayan ampuh, lho :p
    Trus ya kadang berusaha mikir positif, selama aku gak ganggu 'mereka', ya gak bakal diganggu sama 'mereka'.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi emang masih ada, tapi entah kenapa kok pintunya selalu ketutup ya kalau aku ke sana... hmmm...

      Cowok ganteng ya... oke, hahaha... Mario Maurer aja deh @.@

      Delete
  13. aku juga penakut un...tapi aku seneng nonton film horor...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, gak nutup mata kan tapi nontonnya :D

      Delete
  14. Takut itu wajar kok Una, tapi semoga someday Una bisa mengendalikan rasa takutnya yaaa :)

    ReplyDelete
  15. cuma takut jarum suntik huhu
    klo cerita serem mimi punya Na..dlu waktu kecil. mimi prnh liat penampakan yg akhirnya mimi tau itu kuntilanak. ketika mau jalan dr ruang tengah ke dapur kan ada pintu. nah disitulah dia berdiri smbl bentangin tangan...baju putih pudar rambut panjang dan semuanya menutupi muka. diselang selingi bunga bunga putij rambutnya...mimi teriak histeris sampe lama. jd diputuskan mlm itu diadakan yasinan biar rasa takut dan histeris mimi ilang..pas acara mimi tidur d kmr..kembali mimi histeris krn pas bangun si kunti tryt duduk di samping ranjang mimi. ...lari mimi ke org rame yg sdg yasinan. akhirnya sama pak ustad , mimi didoa doakan. biar ga trauma. hiuffttt dari sejak itu mimi jd penakut. tp stlh punya anak bkn penakut lg tp jd yg ditakuti hihuhi

    #sorry ya Na..mimi bikin post disini huehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huaaa alhamdulillah aku baca komennya siang bolong :D
      Serem banget sih Mi...x_x

      Delete
  16. hahahaha una, pasti mbacanya sambil bayangin apa2 jadi bisa parno gitu, kayanya bisa dilatih untuk ngilangin dari suatu ketakutan >.
    yaaah, hidup tentang mengendalikan apapun #hasikk (komen ngawurr)

    ReplyDelete
  17. waaah, kok serem ya ceritamu yang pas lagi di museum fatahillah?? -___-

    aku juga takutan kalo masalah yang serem2 ato ttg hantu2 gitu, apalagi kalo pas malem2 liat tivi dan gag sengaja pindah channel yg acaranya 'dunia lain' ~ aaaaaahhh, pengen cepet2 ganti channel lagi --"
    jadinya aku di bilang takutan sama temen2ku -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huehehe cuma gerak doang sih, untung gak liat apa-apa, hiii!
      Wkwkwk waaah aku dulu suka tuh Dunia Lain :D

      Delete
  18. namanya bangunan tua dan bersejarah itu pasti ada sesuatu yang mistik Na. ngeri juga liat jendela gede kayak gitu! hihiiiiiiyayayaya..

    ReplyDelete
  19. Sik Na, pas adegan kamu nyakar Ibukmu...katamu lari mencari ibukmu dengan gerakan mencakar. Trs gak ketemu Ibukmu...tp ternyata ibukmu kena cakaranmu? Itu ketakutan pas mimpi ya dan pas tdr di kamar bareng ibukmu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini fiksi kak..

      hahahhahhaa....

      Delete
    2. Aku tidurnya di kamarku, ibuku pas masuk ke kamarku... auk mau ngapain. Trus aku pindah deh ke tempat ibu.
      Yeee!!! Enak aja fiksi >,<

      Delete
  20. Yang umurnya uda kepala dua tapi masih penakut mana suaranya?????
    hahahahhaha....

    #COment melecehkan..

    ReplyDelete
  21. Itu ruangannya beneran nggak ada lagi mbak? kok bisa? nggak adanya secara akal sehat kan ya? masa tiba-tiba ngilang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan nggak ada... tapi kalau dari ruang utama gak ada jalan ke sana, trus pintu yang belakang kayak gak pernah dibuka gitu...

      Delete
    2. eumm.. mungkin ada renovasi kali ya..
      tapi teteup sereum juga sih

      Delete
  22. aku juga penakut parah lho kaa, kalau malem ke wc aja dianterin hehe

    ReplyDelete
  23. aku kalau bilang penaku nggak juga siiih malahan aku seneng banget liat film horor...

    ReplyDelete
  24. hoaaaaaammmzzz *_*
    aku juga penakut :P

    ReplyDelete
  25. Ealah, sama deh Un. Aku juga paling wedi kalo disuruh jalan-jalan (apalagi sendirian) ke bangunan tua. Horor ngunu deh rasanya

    ReplyDelete
  26. aku pernah un dirumah sendirian dulu waktu awal nikah, pas tengah malam mati lampu aku langsung pura2 tidur... biar setannya ngira aku tidur hihihi.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahaha hebattt aku sih tetep ketakutan meski pura2 tidur :D

      Delete
  27. aku takut juga tuh sama bangunan2 kuno tapi kalau dirumah tidaktakut

    ReplyDelete
  28. aku juga agak penakut na, tapi kata bapakku, yang namanya manusia dan jin itu ada frekuensi masing-masing. kalo frekuensinya ga cocok, ya ga bakal ketemu..

    trus bapakku juga bilang, kalo aku bukan tipe orang yang peka. Mau diusahain apapun, entah dibuka mata batinnya biar peka or apalah, itu tetep gak akan berhasil. So, sekarang aku berusaha untuk ga penakut lagi. toh, aku ga akan lihat apa2 hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi cool...
      Aku juga gak bisa liat, tapi tetep aja takut >,<

      Delete
  29. Kalau "ketindihan" usahakan dalam mimpinya itu membaca surat Ayat Qursi, dan ini selalu saya lakukan. Kata tetangga saya yang juga aktifitas masjid jika mengalami "ketindihan" dan dalam mimpinya itu membaca ayat Al Quran itu sudah bagus sekali. Wallahu Alam

    ReplyDelete
  30. Ra popo jirih, sing penting awake gedhe! #piss

    ReplyDelete
  31. Rasa takut tu wajar, namun jangan terlalu dipelihara, mantapkan saja hati, pasti semuanya aman-aman saja

    ReplyDelete
  32. wah serem amat pengalamanmu itu. Hiiiy....

    ReplyDelete
  33. Una... kok kayaknya di gambar jendela ada penampakan yaaa???

    ReplyDelete
  34. Una, beneran itu piringnya gerakgerak sendiri??? eeww horor >___<

    kalo aku paling ngga bisa tidur yg mana jendelanya keliatan, ada bayangan daun gerak dikit terus keliatan mata pasti kabur pindah tidur :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iyaa serem ya >_<
      Wkwkwk sama banget tuh mbak!

      Delete
  35. aku juga dulu penakut. apalagi kalo abis nonton film2 horor.

    beuuhh


    pipis aja nggak berani


    HAHAHAHA

    tapi akhirnya aku gak nonton2 lagi deh.
    udah bertahun2

    akhirnya aku gak begitu penakut lagi.
    hehehe

    #elus poni

    ReplyDelete
  36. sy juga kadang2 suka penakut kok... :D

    ReplyDelete
  37. kalau aku sich sebenarnya pemberani..berani kepada sesuatu yang tidak berani :D

    ReplyDelete
  38. takut juga kl pas subuh jemur baju di luar
    Masih gelap daun goyang2, imajinasi mulai main, tapi tetap berusaha diam di tempat biarpun celingak celinguk nggk jelas

    ReplyDelete
  39. untuk ukuran seorang perempuan. berani pergi kemana2 sendirian menurutku itu sudah bukan penakut lagi

    ReplyDelete
  40. haha...ngaku deh..aku juga termasuk yg jirih begini...sekarang2 saja sudah agak mendingan.. :)

    ReplyDelete
  41. Yo lumrah mbakyu yen arek wedhok jirih :D

    ReplyDelete
  42. wah keliling dunia keliling indo pun gw lum

    ReplyDelete
  43. Awalnya mau baca lagi postinganmu Na, mau lihat lagi potonya. Etapi kok ya males setelah selesai baca semuanya. Serem postingan ini.

    ReplyDelete
  44. waktu itu lagi gempa kali di jkt hehehe.
    Hmmm apa kamu sebetulnya bisa melihat yang halus2 gitu? Aneh, biasanya kalo bisa lihat bukan penakut tuh :D
    Aku belum pernah lihat tapi adikku Lagi di villa di gunung pernah lihat kunci di tengah meja jatuh ke lantai sendiri :D Langsung pada minta pulang hehehe
    Kalau anak-anak yang bilang takut, biasanya emang bener ada, jadi aku langsung keluar dr tempat itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak bisa makanya takut :D
      Waaah pas kecil ya itu mbak @.@

      Delete
  45. jangan jangan ruangan itu...rungan hantu?????
    heheheheee

    ReplyDelete
  46. hmmm saya takut apa ya?? takut bunyi sesuatu tengah malam, takut rampok dan sejenisnya takut hantu juga, sama takut jarum suntik, xixix

    ReplyDelete
  47. Takut sih itu hal yang manusiawi, tapi klo takut sama balon kok ya aneh ya hehe

    Ngomong-ngomong soal tindihan aku juga pernah ngalamin, dan ternyata ada penjelasan ilmiahnya, dan sempat bikin tulisan juga tentang itu, kalo mau mampir una bisa buka dari
    disini

    ReplyDelete
  48. hah? Ruangan dimana tuh un? Aku juga pernah ke Fatahillah, tapi udah lupa dinnk bagian-bagiannya semua kecuali bagian yang ada jualan es dawetnya itu.. hihihi..

    btw, aku termasuk orang yang gak penakut loh, apalagi kalau tempat sejarah, tapi kalau aku disuruh ketempat horor seh ogah..

    ReplyDelete
  49. wah ruangnya menghilang kali ya, ga bisa ditemukan lagi ... metafisikakah ...

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!