Tesmak

Abis ketemu sama Bu Monda dan Mbak Irni tadi pagi, aku pulang naik busway. Keingetan kalau tesmak alias kacamataku sudah mbaret-mbaret. Maklum, suka ngelap kacamata pake keset welcome cokelat. Pun, udah lama banget nggak ganti lensa/kacamata. Jadilah aku mampir ke ITC Kuningan dulu...

Eh, ternyata mahal. Tiga ratus ribu. Untuk ukuran lensa level biasa dan mutu tak terlalu terjamin itu terlalu mahal. Perasaan terakhir cuma 100 ribu deh... Ditawar nggak mau lagi. Yasudah, ke optik di pasar dekat rumah saja.

Mukaku lagi ndembik, jadi tak blur..0.
Optik di pasar nggak ada frame bagus, yowis ganti lensa thok. Dan cuma 120 ribu. Belum pakai nawar. Itu lensa yang paling biasa. Si yang jual bilang, ada yang lapisannya lebih bagus gitu, 160 ribu. Akhirnya coba yang itu, ditawar dapat 150 ribu.

Aku lali minusku berapa, tak kira enam. Ternyata kacamataku yang sekarang 5.50 dan 5.75. Silinder 1.50 dan 0.50. Pas dicek pakai komputer (auto-refraktometer), minusku sudah tujuh lebih dong... oh my sheep... Pas dicek manual, juga tujuh-an. Tapi coba pakai lensa yang ukurannya sama kacamataku sekarang, juga enak-enak aja dipakainya. Jadinya tetap 5.50 dan 5.75.

Mbaknya: "Bisa baca huruf yang baris terakhir nggak?"
Aku: "Bisa, sudah hapal dari tadi mbak."
Aku pikir sejam bisa jadi. Eh ternyata stok lensa silindernya abis... karena jarang yang silinder di atas satu. Jadi baru jadi besok siang. Mana perasaanku, aku nggak punya kacamata lagi di rumah. Yang terakhir frameless tak kasih ke bapakku framenya. Aaaahhh, alamat semalam ini nggak ngeblog... nggak main komputer... The Sims Social gimanaaa donggg... mimpiku nggak jelas nantiiiii... kayak tidur pakai kacamata aja.

Aku diantar Mbak Lis ke optik di pasarnya, yowis abis urusan kacamata, aku jalannya bisa dituntun Mbak Lis. Hehehe, abis burem... Ke Ramayana dulu bentar sama Mbak Lis. Ditanyain Mbak Lis, emang aku nggak liat banget apa kalau nggak pakai kacamata. Ya liat sih, tapi kayak ngeblur gitu... nggak enak.

Boleh nggak beli kacamata yang ini aja...?
Tiba-tiba aku liat sesuatu, tentu saja nggak jelas bagi mataku. Kupicingkan mata sedikit. Oh... Aku bilang sama mbakku, "Lah iklan tolak angin itu aja aku nggak jelas liatnya kok mbak." Ini nih fotonya...


Tak deketin lagi, eh ternyata bukan iklan tolak angin tho. Abis mirip sihhh sama bungkusnya...

Comot dari sini.
Aku lagi males nulis nih, pasang foto-foto aja ya selanjutnya.
Nah abis itu aku liat dua anak kecil kepo sama manekin wanita hamil.


Abis itu Mbak Lis beli bakso.


Mau liat nggak baksonya gimana? Niiihhh... ada Indomie di rebus juga euy...


Eh, fotonya ngeblur ya? Hehehe... kan ceritanya aku nggak pakai kacamata. Jadi yang kuliat ya ngeblur-ngeblur, hihihi...

Trus sekarang ngeblognya piye?

He he he, ternyata aku punya satu kacamata berbingkai pink, tapi patah... jadinya kacamatanya bingkainya berselotip. Lompat dikit, lensanya copot, hehehe... yang penting bisa liat deh.

Pernah aku tulis di Seminggu Tanpa Kacamata, bahwa kalau nggak bisa liat jelas itu nggak enak sekali. Jadi nggak konsenan lah... Bersyukur bersyukur sekali punya mata yang bisa melihat... Bersyukur juga ada yang invent kacamata, hehehe.

❤❤❤

Tesmak = kacamata

94 komentar:

  1. wah untung saya mata normal aja... sedih juga ya kalau minus gitu... apa apa burem.. itu foto aja sampe burem... tapi kalai indomie masih kelihatan tuh... hehehhe

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah punya mata yangmasih Normal..
    Yah TAnte Una temennya Olive tuh..
    Pake kaca mata juga..
    Tapi tetep cantiikk dooong, meskipun pake kaca mata juga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah Olive pakai kacamata juga...
      Tetep cantik dong :P

      Hapus
  3. Mang Una pake kacamata sejak kpan?

    BalasHapus
  4. hiks aku gak bisa ikutan Una,maklum tugas negara menanti :)

    BalasHapus
  5. Aku juga begitu Un, copot kaca mata berarti dunia jadi gak jelas..Wah repot banget kalau mata sdh cacat begini..Gimana jaman dulu ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya hihi gak ada kacamata... tapi mungkin orang jaman dulu yang minusnya dikit, gak sadar kali ya kalau itu gak normal...

      Hapus
  6. Wih, minus.nya tebel, ya, Mbak Na.
    Aku juga minus, Mbak *gag ada yg tanyak, y -___-*

    Katanya, ada kacamata terapi minus yang bolong2 itu, Mbak..
    Katanya, sih, bisa ngurangin minus..
    Klo Mbak Na berhasil, aku mau nyobak juga :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, minus berapa?
      Terapi apaan tuh... kamu dulu dongg yang mudaan :P

      Hapus
  7. wakakakaka...
    jangan2 pas lihat timnas Brazil dikira tolak angin berjalan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeee...
      Liat bendera spanyol kayak tolak angin berkibar-kibar...

      Hapus
  8. Eh, minusmu lumayan juga ya? Kok gak nyoba pake soft lens sesekali?

    Trs tuh kaca mata yg bingkainya pink gak diikutin di pajang di sini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan, naiknya drastis... emoh medeni.
      Hihihi kapan2 aja dipajangnya :D

      Hapus
  9. wah, ketika baca judulnya gue kira'in maksudnya Test..Mak! (ngetest si emak) tetapi ternyata tentang kacamata hehehee..!
    dari mulai pertama mengenal elo Una, ju2r deh kalo gue salut banget ama web sittirasuna ini. tau kenapa?
    karna menurut gue, jarang banget orang yg lagi periksa serius kayak gitu mau ikutan di poto2in. ntar dikira elo mo investigasi aza. tapi kamunya tetap aza nyempat ngambil imet gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kalau bawa kamera, apa-apa aku difoto mas, wkwkwk!
      Mau makan aja, makanannya difoto dulu hihihi!

      Hapus
  10. Wah, sempet ketemu sama mba Irni, akyu cemburu :(

    Eh bener juga ya mba, kalo yang keseringan tes mata gitu bisa aja udah hafal apa yang bakal di tes, harusnya jasa optiknya punya media khas mereka sendiri biar ga sama dengan yang laen XD

    -- salam dari saya yang pas kelas 4 SD udah divonis minus 0,5 dan sampe sekarang masih belom pake kacamata karena pas nanya ke dokter katanya ga enak pake kacamata \o/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, beda-beda kok tiap optik kertasnya...
      Cuma sebelumnya aku udah liat hurup ma angkanya yang itu, jadi udah apal hehehe...
      Bagusss, kalau gak perlu pakai kacamata, gak usah, gak enak hihi. Cuma minus setengah ini :D

      Hapus
  11. banyak juga minusnya ya Una

    ndembik iku artine opo yo Una ?

    BalasHapus
  12. Emang seperti itu Una, kalo udah nyaman pake kacamata dengan minus yang biasa kita gunakan, walaupun minus kita nambah, tetep aja kurang enak dipake. Saya juga udah nambah, tadinya pengen tetep pake yang minus 6, tapi lama kelamaan terbiasa juga kok pake kacamata yang minusnya baru :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe tapi aku bandingin, ngeliatnya, pake kacamata lama ama ukuran baru, sama aja... Masih bisa ngeliat yang kecil2 juga hehe...
      Emang kamu minus berapa?

      Hapus
  13. huhu sedihnya kalo sedang tidak pake kacamata ya un. tidak bisa nonton, tidak bisa jalan-jalan (takut ditabrak mobil), tidak bisa menjahit, tidak bisa makan, tidak bisa minum. ehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi bisa ya kalau makan minum :P

      Hapus
    2. saya susah makan un, soalnya kalo makan ikan tidak pake kacamata bs bahayya. eh saya barusan ke rs loh tadi.

      Hapus
  14. Lha koq mataku juga ngeblur liat bakso itu mbak :D
    Saya terakhir membeli kaca mata sekitar 2-3 bulan yang lalu. Tapi sampai sekarang kepakai baru 3-5 kali. Males makainya, berat di mata. Untungnya kalau pas di depan monitor bisa ngelihat dengan jelas sampai titik komanya.

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi emang mending gak pake kacamata ya :D

      Hapus
  15. saya juga seringnya ngelap kacamata pake kain katun alas meja. justru kain itu lebih gampang mbersihin daripada kain di kotak kacamata. saya kalo jarak deket masih bisa gak pake kcamata. tapi kalo berkendara naik motor terutama jarak jauh dan malam hari saya mesti pake, karena jalanan jadi ngeblur banget dan bikin pusing. bisa bahaya ntar.. :S

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gampangan pake kaos mas :P
      Hehehe, coba mas sekali-kali naik motor gak pake kacamata, wkwkwk...

      Hapus
  16. Iklan tolak angin ya mbak :p
    ehehehe
    alhamdulillah minus saya masih 1.5 mbak :)
    *curcol

    BalasHapus
  17. Wah, kok minusnya bisa bertambah gitu Na?? Aku sih minusnya (untungnya) sejauh ini tetep-tetep aja gitu, huehehehe :D

    Dan itu iklan buah segar emang sekilas mirip Tolak Angin kok, hahahaha.

    Btw, mana cerita kopdarannya? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kok bisa gak berubah-berubah gitu sih minusnya? :P
      Hehehe mirip kaaan... asikkk...
      Hihi beluuum ntar mungkin postingnya :D

      Hapus
  18. ealah, pantes dong kebaret, wong pake keset welcome yang coklat ngelapnya .. buset ..
    btw, silinder lo gede juga ya kak Un..
    gue juga silinder nih ..
    Silinder kalo lagi gak punya duit doang tapi .. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha itu kan boong Es :p
      Gede Es...
      Hahahahaha...

      Hapus
  19. kenapa foto foto di posting una selalu disensor dan dikaburin, iiiiiiih

    grrrrrrrr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas lagi jelek, wkwk. *biasane yo elek sih*

      Hapus
  20. 7? Tos dulu kita! Aku paling takut periksa mata. Takut menghadapi kenyataan kalo minusku nambah T__T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalau nambah gitu rasanya sediiihhhhh~

      Hapus
  21. Kalaw yang dilihat Cowok Ganteng atau Duit Segepok kira kira blur juga nda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duit masih bisa liat, cowok ganteng kaga! Hehehe...

      Hapus
  22. kacamata yg unik di jamin di toko g' ada hehe...
    semoga minumnya g' nambah y..

    BalasHapus
  23. hiihi bisa aja potonya dibikin blurr.. lumejen juga ya minus matanya. Aku yang baru min setengah aja, kadang suka blur juga kalo liat plang no. bis, sampe itu bis deket sekitar 10 meter, baru jelas nomornya. Apa udah nambah ya minusnya? udah lama ga check juga.. ;p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi aku kira kalau minus setengah, liat jauh masih bisa mbak.. apa jangan2 nambah :p

      Hapus
  24. Wah, wis okeh minesnya ya mba un?
    Silindris juga. . .
    kalau disuruh garis di buku kalah sama anak TK ya mba, soale menceng terus. :D

    Aku juga berkacamata, alhamdulillah sekarang minesku turun mba. :)
    Walaupun minesnya banyak, lihat Bakso tetep jelas kan mba? :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, pasti kalah lah :P
      Aku liat bloglist lurus aku kira melengkung, hehehe...
      Jelas... liat cowok ganteng kaga tapi :D

      Hapus
  25. wah udah lumayan juga ya minusnya ...
    semoga ga nambah lagi,syukur2 bisa turun ...

    BalasHapus
  26. Waahh..klo jalan musti dituntun krn gak pake kacamata ya repot yah mba..hihi
    aku sih matanya bermasalah klo ngeliat tivi..udah gak jelas..

    eh mba gak coba kacamata gratis dr Firmoo?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi sebenarnya gak dituntun gak apa, cuma gak konsen kalau gak pake kacamata, jadi pernah tuh aku nabrak spion x_x
      Waaah periksain tuh mbak...
      Hihi ni aku lagi coba... :D

      Hapus
  27. ternyata mau cerita tentang kacamata toh.. :D

    hahha.. :D
    betul tuh kata mbak melly.. kok gak jajal nang firmoo wae..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi promosi firmoo nih yeee ini aku lagi coba :D

      Hapus
  28. alahamdulilah mata saya ga minus wlopun tiap hari depan monitor hehe :D
    coba kacamata gratis Firmo aja na ?

    BalasHapus
  29. dhe juga silinder Na, tapi gk separah kamu.. eh Na, ndembik itu apa yaa??

    BalasHapus
  30. Ternyata kowe ngerti istilah "tesmak" Na...
    Tak kiro aku dowang sing paham

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tau dong, aku kan pintar pak wkwkwk

      Hapus
  31. huahahaha gak pake kacamata jadi fotonya ikut ngeblur ya... berarti kameranya kudu pake kacamata juga... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kameranya harus periksa mata wkwk :D

      Hapus
  32. Una minus dan silindernya udah lumayan parah ya, kebayang gimana gak enaknya ya Una kalo gak pake kaca mata. Aku sih bisa kebayang karena udah ngeliat hasil fotonya yang ngeblur-ngeblur gitu..hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha sebenarnya ya ngeblurnya gak gitu, tapi yaaa anggep aja gitu, wkwk :D

      Hapus
  33. yg T*l*k A*ng*n itu bukan iklan titipan kan? hehe..
    btw.. Pak Jokowi itu pake kemeja kotak2 produk Zalora ya? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha enggak lah :P
      Di bawah ada iklan zalora kemeja kotak2 po? Gak tau :D

      Hapus
  34. Eh eh, jadi ceritanya Una ketagihan kopdar yaaaaa..??? Kapan dong giliran Tante Della? Hehehehe..
    Kok nggak ada foto kacamata pink-nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha ayuk kapan mbak :D
      Gak kufoto :D

      Hapus
  35. oww...oww...silinder ... :0

    BalasHapus
  36. kalau mata burem tapi kantong tipis bisa cari alternatif di pasar kaget. banyak optik keliling yang menawarkan lensa dengan harga yang murah. yah, paling kualitas beda.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pernah lihat cuma 75ribu juga...

      Hapus
  37. anakku silinder 3 lho un...tapi herannya dia kok bisa lho main sepeda tanpa kacamata....hehe...aneh to...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi gede juga ya silindernya...

      Hapus
  38. Luar Biasa bu.. salut sama postingan anda...

    BalasHapus
  39. berarti harus sedikit berhati-hati kalo baca komentar ya? :D

    BalasHapus
  40. Owalah, Una iki onok-onok ae. ke tukang kacamata juga masih sempat moto ya, Jreng? yang moto siapa, bok?
    Motoku ya ada silindernya, Un. Kecil sih, tapi kalo ga ada kacamata juga suka kelabakan kayak kucing kehilangan ekor. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbakku yang motoin hihi, sempet dong :D
      Hahaha, emang kucing kehilangan ekor tuh gimana sih reaksinya, hahaha...

      Hapus
  41. Kayaknya aku juga harus ganti lensa kacamataku juga nih, soalnya minusku kayaknya nambah :(

    BalasHapus
  42. Maasya Allah gede juga minusmu una.. minusku 'cuma' 3,sekian sekian kalo gak salah *gede juga sih ya, tapi gedean minusnya una :p

    BalasHapus
  43. Alhamdulillah saya ga pake kacamata, klo pun pake kacamata paling buat gaya2an aja dan menghindari debu masuk ke mata kalo naik motor. Jujur sampe saat ini ga ngerti maksud silinder,minus, positif.

    BalasHapus
  44. aku udah 2 tahun pake kacamata minus 8. ditamabah silinder eh silindris 1,5. ndak kebayang aku berapa minusku sekarang ditambah bertambahnya aktivitas ngeblog di depan laptop terus

    BalasHapus
  45. ah alhamdulillah aku normal :)

    BalasHapus
  46. hahaha.. mau ganti kacamata juga na.. tapi belom sempet (alias belom menyempatkan diri)
    hahaha.. semangat beli baksonya!

    BalasHapus
  47. jadi ikut merasakan
    soale fotone ngeblur

    BalasHapus
  48. Saya juga sudah mulai ngeblur Mb, klo baca. Maklumlah faktor "U" tapi kadang saya menggunakan kacamata yang beli dari kaki lima, ada 3buah masing2 harga 20rb jadi ada di rumah, di kendaraan, di tempat kerja.....he3x.
    Yang bagusnya, dipakai kalau lagi mau bergaya aja...he3x

    BalasHapus
  49. gara gara sering mandengin si imek mbak ya.. :D

    BalasHapus
  50. Sumpah Una... Ketawa ngikik dari mulai tolak anginnya. Hahaha. Mana potonya diblurin gitu lagih.
    Bwuahaha..

    Sori ya ketawa terus, Seneng banget deh sama blognya.

    BalasHapus
  51. kalau gak pake kacamata beneran ngelihatnya ngeblur kayak gt kah un? aaahh gak enak.bangrt yak.. bersyukur deh aku bs masih bisa baca sambim baring guling gulingan di kasur.. hohoho

    BalasHapus

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!