Andai Kenyataannya Begini

Jam sembilan pagi yang cerah, seorang anak perempuan berumur 10 tahun ditanyai oleh seorang mbak-mbak petugas rumah sakit.

"Selamat malam ibu, ibu mau apa ya? Ada yang bisa saya bantu?"

Aku yang menemani anak perempuan itu sekonyong-konyong nyengoh. Lagi suka banget aku sama kata nyengoh. Nyengoh itu melongo. Seketika pula, nggak nyengoh lagi. Aku lupa aku lagi ada di Kidzania.


❤❤❤

Kidzania ialah tempat permainan anak usia 4-16 tahun yang seperti miniatur sebuah negara. Beli tiketnya saja seperti sedang check-in di bandara. Beberapa hari lalu, aku usai ke sana mengantarkan sepupuku. Berhubung umurku sudah jauh dari batas, nggak boleh ikut main dehhh, hueee! Karena minggu-minggu ini ialah musim liburan, Kidzania Jakarta mematok harga 165ribu per anak dan per orang dewasa. Kalau lebih dari 65 tahun, gratis...

Di meja check-in, si anak diberikan cek sebesar 50 Kidzos (mata uang Kidzania) untuk nantinya bisa dicairkan di Bank BCA Kidzania. Si anak bisa juga buat kartu ATM-nya. Ada beberapa mesin ATM yang tersebar di area Kidzania.



Di dalam, si anak bisa 'bekerja'. Bidangnya pun bermacam-macam. Bisa jadi peneliti, reporter, tukang roti, tukang cat, tukang bangunan, operator taksi, dokter bedah, dokter gigi, model, tukang salon, tukang jahit, apoteker, kasir, pramuniaga, pemain teater, dubber, sales, pemadam kebakaran, polisi, hakim, pramugari, pilot, banyak banget yak aku sebutinnya. Nantinya si anak akan dibayar sejumlah Kidzos tertentu. Beuh... gimana gue nggak pengen!!

Si Nimas, sepupu yang aku temani ini, pertama ia memilih menjadi dokter bedah di rumah sakit Pocari Sweat. Katanya, ia disuruh mengambil tumor dari orang-orangan. Sayang aku nggak bisa lihat, karena ruangannya agak ke dalam gitu.




Abis itu kupaksa dia jadi model di Pixy Gatsby Modeling School. Pas lagi sepi nggak ada yang antri, tak suruh aja masuk situ, ahahaha. Dia juga sempat jadi pramuniaga di Indomaret, tukang roti di Bogasari Baking Center, tukang cat di Dana Paint, peneliti di Lifebuoy Health Institute dan Art Director di advertising company-nya Love Juice.

Beruntung kami, meskipun musim liburan namun kami datang di hari kerja, jadi ramai tapi tidak terlalu ramai. Ramai tapi sepupuku tak perlu antri panjang untuk 'bekerja'. Waktu awal-awal Kidzania buka, seingatku antrian tiketnya saja tidak di depan Kidzania (di lantai enam Pacific Place) tapi di luar. Lima tahun berlalu, sekarang tak seramai pas awal.

Kalau hari kerja bukan musim liburan, Kidzania hanya buka satu sesi dari jam 09.00-16.00. Tapi karena liburan buka dua sesi jam 09.00-14.00 dan 15.00-20.00. Ah tapi menurutku lima jam itu udah kelamaan. Bosen. Yaiya deng wong aku nggak ikutan maen...




Menurutku sih 165ribu itu agak mahal, tapi kalau dalamnya seru macam Kidzania sih yaaa oke-oke aja lah. Ada harga ada rupa lah yau! Anak-anak bisa belajar bahwa untuk menghasilkan uang itu ya harus bekerja dan diberi pengetahuan tentang pekerjaan-pekerjaan tertentu. Enaknya di Kidzania ya, tinggal antre, bakal dapat pekerjaan. Nah kenyataannya?

Nyari pekerjaan itu susah... Aku pernah dua kali ditolak gara-gara interviunya nggak oke... kebanyakan mesam-mesem kayaknya sih. Nggak cuma baris antre doang bakal dapet pekerjaan. Ahahaha loh? Asik kali ya kalau realita di dunia tuh kayak Kidzania.

Jadi model nggak perlu tinggi dan langsing. Jadi kasir Indomaret cuma jawab pertanyaan langsung diterima jadi kasir. Jadi dokter bedah nggak perlu sekolah lama-lama.

Ahahaha maunyaaaa... *keliatan banget aku sirik sama sepupuku yang bisa mainan di Kidzania*



Beberapa menit sebelum sesi selesai, kami sudah keluar. Nggak tahu deh, mungkin sepupuku juga udah capek po piye. Keluar Kidzania pun lewat Kidzania Immigration Office. Gelang security yang dipakai aku dan sepupuku dilepas di sana... Keluar deeeh, balik ke Indonesia! *halah*

❤❤❤

84 komentar:

  1. kayaknya seru tempatnya, sayang ya di daerahku gak ada kayak gituan, kalau ada mah, aku mau ngamen, eh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya nggak ada ngamen deh, aku gatau hihi...

      Hapus
  2. wah, asyik juga ternyata arena Kidzania itu ya Na.... tapi sayang utk orang dewasa ga boleh ikutan main2 spt itu ya? padahal asyik juga tuh ilangin stress. wlkwkwkwkwk......

    Terus org dewasa bayar 165 rb, bisa ngapain aja tuh disana Na?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk aku juga mauuu hueee...
      Nontonin doang :|

      Hapus
  3. Seumur-umur belum pernah ke KidZania >,<

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa kecil saya kurang bahagiaaaaa :(
      sudah 18 tahun, udah ga bisa ikut main2annya :(

      Hapus
    2. Hahaha... ada lho yang ngaku lebih muda...
      Tapi sih kayaknya kamu gak bisa deh :P

      Hapus
    3. Kan cuma sampe 16 tahun katamu, bukan kayaknya lagi, emang udah gabisa. Ngga usah kasih harapan palsu deh wkwkwkwk

      Hapus
    4. Kan cuma sampe 16 tahun katamu, bukan kayaknya lagi, emang udah gabisa. Ngga usah kasih harapan palsu deh wkwkwkwk

      Hapus
  4. Dih baru tau, tempatnya OK banget yah mba ;)

    BalasHapus
  5. pasti kliatan dr jambi muka mupengnya ya Dichan (adik chantik).
    cip cup cop cap....ntar radial di ajak klo ke jkt yaaay hihi

    BalasHapus
  6. Dadi pengen dolan ning Kidzania. Ngaku umur 15, penjagane percaya gak ya?

    BalasHapus
  7. Baru denger, baru liat lewat image hari ini. sebelumnya...Gak Pernah. wkakakakak!..
    review lewat cerita ini cukuplah buat modal gue ketika ditanya ntar sama orang lain "eh, elo pernah gak ke KidZania?", gampang aza gue jawab "ya jelas pernah donk, itu tempat bermainnya anak2 yg bisa jadi reporter, tukang roti, tukang cat, tukang bangunan, operator taksi, dokter bedah, dokter gigi, model, tukang salon, tukang jahit, apoteker, kasir, pramuniaga, pemain teater, dubber, sales, pemadam kebakaran, polisi, dll". (biar gak dibilang udik, hihiiii..) Tengkyu Una

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahaha...
      Ayo mas ke sana :P
      Mainan :P

      Hapus
  8. 65 tahun geratis ? kok bisa ya ..hehheh

    BalasHapus
  9. aku masih 16 lbih 4 tahun masih bisa keknya ya mbak una

    BalasHapus
  10. sayang belum ada yang bisa diajak kesana..

    BalasHapus
  11. sayang di sini ga ada kidzania, na. hihi. kalo ada pasti adekku bakal ngajak kesana mulu XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi... semoga di Tegal cepat ada :P

      Hapus
  12. Wah! Pocarisweat juga ada rumah sakit. Baru tau :)

    BalasHapus
  13. seru ya ke kidzania, pascal juga sudah kesana tapi belum semua bisa dimasuki karena sudah habis waktunya. nanti kesana lagi ah kalau Alvijn sudah agak mengerti. oh ya ATM & SIMnya bisa disimpan loh nanti kalau kesana lagi gak usah bikin lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi kalau terlalu kecil emang kasian ya mbak...

      Hapus
  14. wah...kalau bisa main di sana, aku pengen jadi astronot..ada kan pilihan jd astronot di sana? Impian masa kecilku tuh jd astronot..

    Jd tiket 165ribu utk org dewasa hanya dapat kesempatan jadi 'penonton' ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya nggak ada... nggak tau deng, akeh banget ra apal...
      Hooh mending nonton bioskop dapet lima kali nonton...

      Hapus
  15. bagus bangeet Kidzania.. kalo punya modal pengen deh bikin Kidzania versi saya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin kalo mbak punya, aku main boleh ya...

      Hapus
  16. Hahhh?
    Andai saja, jadi dokter tanpa harus belajar, kuliah dan sebagainya... waduuuh, pasiennya pada takut dong, Na :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyengoh ki "e"nya kayak satE, memblE, apa...
      kayak buah apEl, goglE, apa...
      kayak E'ek ??? :D

      Hapus
  17. boleh juga nih, kalau ada di Makassar :D

    BalasHapus
  18. Baru 2x ditolak Na, maju terus pantang munduuuur hehehehe. Tapi

    BalasHapus
  19. Belum pernah kesana Na,

    Anak2 pasti senang ya kalau kesana :), sayang tiketnya mahalll...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe yang gak anak anak aja aku seneng kok mbak...

      Hapus
  20. Besok-besok ajak Nadya dong, Na :D
    Etapi adikku kok pernah bisa masuk ya, padahal dia ud 20 tahun. Atau ada waktu-waktu khusus buat orang gedenya bisa ikutan masuk, ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau masuk doang sih bisa masuk. Kalau main, kalau udah 20 tahun berarti nipu umur mbak...

      Hapus
  21. Kidzania itu bertolak belakang sama dunia fakta..
    hehehe iya lah dunia anak-anak..

    BalasHapus
  22. ini betul kayak miniatur sebuah negara.... kita akan dibuat kan account juga jadi kalau di sana sudah sering bisa punya uang cukup banyak juga ya... itu kata orang orang yang berkunjung kesana... saya sendiri belum pernah ngajak anak kesana.. belum cukup umur... semoga suatu hari nanti ya....:)

    BalasHapus
  23. oo mengantar sepupu.. kirain lu yang main na... huahahhaa

    kidzania emang keren banget dah!!!

    BalasHapus
  24. asek diajak jalan jalan ke Kidzaniua sama mbak unaaaaaa...... ^^

    BalasHapus
  25. wow, keren nih Kidzania ...

    BalasHapus
  26. hehe kalo muka ku di olesin biar jadi 65 tahun..kira2 bisa g' y? biar gratis gitu hehe...

    BalasHapus
  27. ea.. kwkw jadi kepengen juga nih gue nya..

    tapi sayang kan gue udah gede..

    wkwkekekw

    happy blogwalking :D

    BalasHapus
  28. media belajar yang baik untuj anak-anak nih

    BalasHapus
  29. waaaa seru yaa.. !!
    mau cobain ah kesitu ngakunya aja umur 15th huaaaaaaaaa :D hahaha
    ya ngga lahh
    tempat yang cocok buat anak2 bermain ! selain bermain mereka bisa belajar juga !

    BalasHapus
  30. Yaahh, pingin main ke kidzania juga :(

    BalasHapus
  31. asik ya main di kidzania, sayangnya jaman aku cilik kidzania rung buka.....hehe

    BalasHapus
  32. dunia permainan anak anak kian seru saja, saya dulu waktu kecil mana sempat begituan.

    BalasHapus
  33. asyik juga nih di Kidzania. Berasa jadi pengen balik lagi ke masa kecil hiehiehiehiehiehiehiehiehiee

    BalasHapus
  34. ahahaha... waktu itu gw juga pernah ngomongin ini ni na sama jati dan jati yang berpura2 menjadi anak umur 16 tahun. hahaha...

    BalasHapus
  35. Kalo Raja udah cukup umur, pokoknya harus kubawa ke Kidzania, seru banget keknya di situ :)

    BalasHapus
  36. Asyik ya Kidzania itu. Dulu pas aku umur segitu belum dibuka nih, hahahaha :P

    BalasHapus
  37. sayang jaman sy kecil gak ada yaaa.. jd kalo skrg ke kidzania paling cuma nemenin anak2.. :D

    BalasHapus
  38. aaarrggghhh >,< seandainya masih mudah dan unyuu unyuu gia juga pengen banget ke kidzania.. ehmm

    BalasHapus
  39. klo skulnya pindah k kidzania....seruuu x yee...hihihik :D

    BalasHapus
  40. jadi anak kecil lagi aja mba.. :D

    BalasHapus
  41. Agrrhh... saya mau banget ke situ (T^T ...
    Ngajik adik ke situ... (T^T

    BalasHapus
  42. Itu seriusan ada yang mau kerja jadi kasir minimarket gitu? Padahal kan banyak kerjaan lain yang lebih "keren" -_-

    BalasHapus
  43. lho ...kamu bukannya gratis ??? kan udah lebih dari 65 thn ??? hahahahahay :p

    BalasHapus
  44. larang tapi pantas...
    Tapi jek larang Dufan yo...

    BalasHapus
  45. seru ya,, sayang ya una gak bisa ikutan main

    BalasHapus
  46. asyik ya mbak!
    pengen nyoba, tapi kurasa umurku udah kemepetan. nanti kalo ga ada temene. hehehe

    BalasHapus
  47. dari dulu penasaran pengen masuk, tp nunggu anak umur anak dulu aahh.... Bisa kebayang gmn sakit hatinya km Na, bisa masuk tp ga bs ikut maen... *cupcupcup...

    BalasHapus
  48. asik nya....
    5 jam gak terasa y mba...

    BalasHapus
  49. wah aku belum pernah lho ke kidzania. pengen juga sih. hehee

    BalasHapus
  50. kakaknya Dija gak mau pulang waktu ke kidzania...
    minta lagi lagi dan lagi

    BalasHapus
  51. Jadi inget, 4 tahun yang lalu, pas kelas 6, pernah ke sanaa :D asikk juga ! ka Una ga boleh envy. hha :p

    BalasHapus
  52. aaaahhhh,,, aku juga pengen neh kesana... cuma karena gak ada anak kecil yang bisa diajak jadi gak bisa deh >.<

    ntar aja deh,, 10 tahun lagi kalau udah punya anak sendiri :P

    BalasHapus
  53. Sudah ngebayangin ngajakin Aaqil kesinih. *padahal masih 2.5 bulan* Obsesi! HEhehe

    BalasHapus
  54. baru up date yahh mbakk .. hihi :)
    seruu nichh klo bisa maen kayak sepupu mbak .. hihih :)

    BalasHapus

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!