Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bukan Taman Lawang

Dohhh, aku sering banget keserimpet kalau cerita tentang Lawang Sewu trus bilangnya malah Taman Lawang. Padahal jauh banget. Taman Lawang tempat nongkrong bencong, Lawang Sewu tempat nongkrong... ... hm, nggak jadi deh. Karena lama di Jakarta sering denger Taman Lawang kali ya.

Sering banget slip of the tongue (eh bener gak sih make istilahnya?), kayak gini nih:
Aku: "Apik banget sumprit Taman Lawang, pintunya nggak nyampe seribu sih..."

atau...

Aku: "Nyesel aku gak wisata horor di Taman Lawang!"

Padahal sih maksudku Lawang Sewu. Wuuu!

❤❤❤

Ada kabel pating tlolor...
Suatu kebodohan yang amat sangat ketika aku pergi jalan malah bawa lensa fixed. Aku nggak bisa moto dengan lebar leluasa. Huh! Aku nggak bisa moto Lawang Sewu dari luar juga. Tapi lumayan sih, bisa narsis-narsis di dalam pake fixed lens.

Ke Semarang sih udah lama, tahun lalu. Berhubung belum ditulis lengkap, tulis ah... Oiya, sebelum aku ke sini, malamnya sudah lewat Lawang Sewu. Waktu itu aku jalan kaki jam 10 malam di Jalan Pemuda dari dekat Hotel Novotel sampai lampu merah dengan santai. Eh sampai perlimaan (lupa per-berapa-an), nengok kiri, aku baru sadar itu Lawang Sewu.

"Huaaa Lawang Sewuuu!" Akhirnya aku dan Affi ngibrit memutar balik. Siapa sih yang mem-brainwash dan memberi mindset kalau hantu itu menyeramkan. Jadi takut deh...

Esok sorenya, kami masuk ke sana. Bayar juga. Tapi pun kayaknya nggak resmi. Disediakan pemandu pula. Entah kenapa kami lagi nggak pelit jadi nyewa guide juga. Bisa jadi fotografer pribadi juga. Multitalented!

Gara-gara fixed lens... T.T
Waktu itu kami rada nggak beruntung karena Lawang Sewu lagi renovasi. Jadi banyak yah gitu-gitu deh besi-besi gitu. Sama catnya pun belum selesai. Dan menurutku jadi aneh, nggak cocok aja warna catnya menurutku. Jadi wagu ngunu... Wagu apa lagi Bahasa Indonesianya.

Gedung Lawang Sewu aku kurang tahu jenis arsitekturnya ini, yang jelas arsitektur Belanda wkwkwk... aku suka sekali sama arsitekturalnya, mirip-mirip gedung Immigrasie Dienst yang sekarang jadi kafe di Jakarta Pusat. Dinamakan Lawang Sewu karena pintunya banyak sekali (lawang = pintu, sewu = seribu). Tapi sih nggak sampai seribu. Waktu aku ke sana, pintunya dikasih angka gitu. Katanya lagi dihitung. Kata mas pemandunya sih jumlahnya 600-an.

Karena diantar sama pemandunya, jadi sih kami nggak bergidik ngeri. Eh boong deng, tetep takut juga aslinya. Tapi mendingan lah... dan untungnya kami nggak menemukan hal aneh di sana.

Asik buat poto poto ada perspektifnya...
Letheg pol, belum mandi dua hari... 
Meh, gue gak kayak orang Indonesia ya hahahaha~
Di sana juga terdapat wisata malam. Terdapat penyewaan sepatu boots untuk menelusuri lantai bawah tanah yang airnya menggenang dan katanya horor itu. Namun sayang, baru dibuka jam 7 malam. Jadi kami pun ogah menunggu terlalu lama. Boong deng, aslinya juga takut masuk-masuk situ...

Meheheh, ada yang berminat wisata horor di Lawang Sewu? :P

❤❤❤

113 komentar untuk "Bukan Taman Lawang"

  1. Rumah saya 35 km Baratnya Lawang Sewu itu...
    Meski kamu nggak nanya, tapi tetep saya kasih tau...

    Kalau Lawang Sewu keliru Taman Lawang sich masih dimaklumi, karena masih sama2 mengacu nama tempat.

    Asal nggak keliru Minyak Kayu Lawang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inilah bukti bahwa Lawang Sewu deket dengan rumah saya, maka saya jadi pertamax disini...

      Maka lunaslah, kamu sering pertamax di blog saya, dan ini saya lunasi dengan jadi pertamax disini

      Hapus
    2. Aku dari tadi mikir nama orang yang belakangnya Lawang Lawang kok gak nemu ya wkwkwk...
      Opo hubungane meneh Lawang Sewu cedhak trus dadi pertamax :P

      Hapus
    3. Lha saya kan jarang pertamax disini
      Biasanya sampai kesini yg komen sudah jentrek2

      Hapus
    4. rumahku 35 km disebelah timur lawang sewu... tapi aku belum pernah ke lawang sewu.. jian

      Hapus
    5. @ Pak Mars: Wkwkwkwk...

      @ Mas Huda: Huuuu!

      Hapus
  2. wah seru nih foto fotonya.. jadi mau kesini nih.. ada wisata malamya juga mirip di fatahillah ya...

    ngeri juga kali ya.... lensa fixednya mantep juga ya... lebih fixed yang 24mm dong..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah di Fatahillah ada tho. Baru tau aku... Hiii gak horor apa ya...
      Hihi aku gak make fixed 24 mm. Cinta mati sama 10-24 deh wkwk padahal makenya juga gak maksimal :D :D

      Hapus
  3. Itu horror banget na lorongnya O_O''
    \

    Kamu potong rambut na? :))

    BalasHapus
  4. Unaa.. saya bantu jawab deh ya, barangkali Una gak ngerti jawabannya :P
    Taman Lawang tempat nongkrong bencong, Lawang Sewu tempat nongkrong pocong
    Uh gitu aja gak bisa jawab #siul-siul# hehe

    BalasHapus
  5. Unaa.. Lawang sewu tempatnya biasa ah, gak ada horor-horornya.. kalaupun ada setan itu sih hanya perasaannya Dek Una saja.. #benerin krah baju# hehe
    Waahhh saya pengen..pengen..pengen.. lewat jalan becek itu.. seru banget kayaknya.. itu masuknya bayar berapa ya Una?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba mbak uji nyali di situ :P
      Lali nek ra salah 20 ribu apa ya...

      Hapus
  6. sebenernya horor an mana lawang sewu atau taman lawang? huahaha

    BalasHapus
  7. Ada penampakan!!!!

    tuh yang di lorong!!!
    pake baju pink.

    setan kribo!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heh sesama kribo gak boleh ngata2in...
      Eh kamu dah rebonding deng ya...

      Hapus
    2. blum.

      mbok kamu aja Un, :p
      ahihihihihi.

      ntar lak lucu jadinya.
      di model kayak kangen band.

      Hapus
    3. Hihihi ngaku ae...
      Kowe kepengen tho rambute koyo vokalis kangen band...
      Yeaaaahhh!

      Hapus
    4. njijik i UN.
      huek.

      YM q error :((

      Hapus
  8. duh, kapan ya nyampe taman lawang... pingin banget deh

    BalasHapus
  9. lawang sewu sama grojokan sewu, jauh ya ?

    kan sama sama sewu...

    oh ada lagi, SEWU KUTHO

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi lebih deket lagi sama nyuwun sewu :D

      Hapus
  10. taman lawang lebih banyak pengunjung yaaa hahahaha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan kamu telah mengtaman lawangkann hatiku jhahahahahaha :D ( garing ) banjet yaa hahaha !!

      Hapus
  11. eh..tuh lawang 1000 dulu di pakai utk apa Na? penjara opo piye kok lawange nganti sewu?

    Trs 2 hari gak mandi itu lho? Apa di jkt lg krisis air..? Ayuukk mandi di bengawan Solo saja ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wihiw lali tak tulis. Dulunya bekas kantor maskapai kereta api.
      Gak sih... gak mandi karena males aja... wkwkwk...

      Hapus
  12. semoga ga da yg ngikut saat una pulang yak... *sumpahbukannakutin un

    BalasHapus
  13. lawang sewu itu kan jadi lokasi syutingnya film darah garuda kan?
    eh ya, jepitnya manis tuh...

    BalasHapus
  14. ada apa dengan lawang sewu??? *penasaran
    una ikut wisata malemnya gih biar bisa ceritain ntar ...

    BalasHapus
  15. kedua tempat sama2 horor un.hehehe

    BalasHapus
  16. lawang sewu tuh emang konotasinya udah serem. Tapi kalo diliat dari gedung2nya, emang syerem sih, karna udah lama bgt kan berdirinya.
    Semua gedung2 lama jaman belanda tuh emang syerem..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wondering ada gak ya gedung Belanda yang gak nyeremin :D

      Hapus
  17. ketemu sama yang horor2nya gak mba?? :D

    BalasHapus
  18. Wah kalau bagi saya lebih menyeramkan Taman lawang dari pada lawang sewu mbak (padahal kesana aja blm pernah), saya takut sm bencong soalnya. hehe

    Tapi sayang bgt milihnya wisata siang mbak

    event ngeblog: menulis di blog dapet android, ikutan yuk!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh tapi cucok boo wisata horor di taman Lawang :D

      Hapus
    2. Hahaha... panggilin bencong ah~

      Hapus
  19. aku berminat...
    eh btw dungaren enggak kabur wajahnya embak yah
    *kabuurrr*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mehehe soale neng kene aku ra ayu dadi ratak blur... hahahaha

      Hapus
  20. una, rambutnya kereen :)) :))

    BalasHapus
  21. Kalo kata suamiku, lebih horor taman lawang drpd lawang sewu lho una..hihihi

    BalasHapus
  22. bangunan Belanda.....sedikit seram juga....

    BalasHapus
  23. Aku sempet dadi wong Semarang tapi durung tau mrono, Na. Wediii :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Weeee hantune yo wedi ro kwe mbak :p

      Hapus
  24. Wah klo aku dulu pernah nyobain wisata malam di lawang sewu ini, dari rombongan 8 org cuman 2 org aja yang mau ikut, padahal dah bela2in banyak foto di dalam, mksdnya biar ada penampakan gitu..taunya juga ndak ada apa-apa, udah takut dulu kali ya setannya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaaaah wkwkwk gak wisata horor dong ya~

      Hapus
  25. Wkt itu gak ketemu yang aneh2 kan, Una ? hehe...

    BalasHapus
  26. una....coba datangnya malam mesti sensasinya laen atau masuk ke ruang bawah tanahnya #not recomended

    q dapat bonus pas photo2 disana lho....

    kata juru kuncinya sih lawangnya g nyampe sewu, tapi ada lawang yang tak kasat mata katanya
    lawang apakah itu?? apakah lawang-lawang yg bisa terbang. entahlah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk bonus apa tuh mbak? Hueeeeeee!

      Hapus
  27. Wisata horor? hedeeehhh...skip aja keknya Na, tapi emang seru ya buat putu2 narsis hehehehe

    BalasHapus
  28. Wah, memang lawang sewu selain ada sisi horornya. ada juga sisi INDAHNYA. I liKE LAWANG SEWU wkwkkwk...

    BalasHapus
  29. taman lawang mungkin berhubungan dengan masa lalu ente sist, jadinya inget terus. hehehe =)) atau ente punya pengalaman mengasikan, makanya ingat terus di taman lawang. :p

    tapi di alenia terakhir ente ga keliru tu nyebutinnya, bagus. sedikit kemajuan.

    aku juga lagi di semarang nie, deket padahal ya ke sana. ehm, tapi aku orang nya males jalan jalan, jadinya ga keman mana. kira kira masih di renovasi ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. YEEEYYYY! Enak aja huuuu! Bisa jadi sih... di kehidupan sebelumnya wkwkwk. Jadi pohon tapi :P
      Enggak mesthinya wong sudah setaun kepungkur...

      Hapus
  30. Ntar kalo aku k semarang deh baru jalan2 k sna....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seppp, beliin aku mochi juga ya :p

      Hapus
  31. sms ku gak pernah dbls.. km napa? sehat kan?

    weiishh.. 7thn lebih aku d smrng,lum brani kesana :(

    BalasHapus
  32. sudah sering melewati sana aku Una dulu, tapi nggak berani ah masuk sana , soalnya pernah baca byk hantunya

    BalasHapus
  33. nyasar kesini nih ane kayaknya, kenalan dulu deh :) koomentar pertama ane nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, salam kenal...

      Hapus
    2. di tempat ane juga ada lawang sewu, tapi lawang sewunya masjid gitu. Gelap banget pas masuk kedalam, udah gitu kecil banget lagi tempatnya :/

      Hapus
  34. Waktu ke semarang cuman lewat aja lawang sewu, ga sempat mampirrr.

    Sayang sekali, di fotonya ga ada penampakan......... *ah sudahlah* :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mampir dong... trus foto2 kali aja ada penampakan :D

      Hapus
  35. ngeri ah, walaupun siang-siang pikiran saya saat melihat foto tadi adalah mengerikan, hehe :D

    BalasHapus
  36. kayanya mengasikkan sekaligus menyeramkan ngga sih?..belum pernah berkesempatan kesana euy.
    salam kenal dari desa

    BalasHapus
  37. woww.. mantep banget bangunan lawang sewu ini ya. wuizz.. asyik loe Na bisa nangkring and photo'an segala.
    salut juga ya sama Una. biasanya ditempat yg ada mistiknya orang2 pada takut ambil image!

    BalasHapus
  38. Xixixiixi... kabele sing pating tloolor kenek opo kui un :D
    Belum pernah ke lawang sewu, kalo ke grojokan sewu sering un :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Grojogan sewu di mana ya.... lali...

      Hapus
  39. Ada niat untuk wisata malam disana? sekalian uji nyali lah kali aja bisa ketemu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ada yang nemenin mau mau aja wkwkwk

      Hapus
  40. klo masuk ke lawang sewu berarti tantangan dong .. dan saya suxa tantangan :) hhiihi :)
    mbakk salam kenal ..

    BalasHapus
  41. Kok posting-anmu sing iki ra mlebu dashboard-ku ya?

    Kayaknya seru tuh, Na, yang jam tujuh malem. Kali aja ketemu hantu londo sing ngguanteng.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ra ngerti jeh, aku gak follow blogku lewat dasbor. Tapi di bloglist nongol sih...
      Coba aja sono mbak uji nyali wkwkwk

      Hapus
  42. aku pas ke sana masih renov Dan dipagari seng semua ya nggak jadi masuk

    BalasHapus
  43. kl ke Taman Lawang aku senaaang, bukan liatin bencongnya dong, emang masih adaaa ?
    banyak jualan anjing lucuuuu kalau siang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi emang gak? Di atas jam 10 pernah liat beberapa bencong berdiri sih di situ.
      Iyaaa ada Anggora jugaaa~

      Hapus
  44. uji nyali ....?
    hhhmmm....berani gak yaaa....?

    dulu pernah sih ikutan jerit malam di kampus ITB
    sumpah ngeri tapi seruuuu.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwk...
      Menguji adrenalin ya mbak :D

      Hapus
  45. Lawang sewu juga banyak bencongnya kok, un! Dari yg manusia ampe yang jin! Itu kata Kadiv Humas Disbudpar Kota Semarang, lho! Bhahaha, o ya dpt salam dari Kadiv Humas Disbudpar Sleman! :-P

    BalasHapus
  46. lawang sewu itu apa yo, aku baru tau dari post mu ini kak Un ..
    tapi mirip" gitu kali ya sama kota tua di jakarta, dari poto bisa jadi lawang sewu jauh lebih serem (soalnya kota tua kayaknya gak serem sama sekali) hhehehe

    kapan-kapan gue mau main ke (taman) lawang sewu ah ..
    wkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuuu sana ke Lawang Sewu, coba uji nyali Es :p

      Hapus
  47. Asyik tuh uji nyali...kapan aku coba deah mbak

    BalasHapus
  48. Kunonya tempatnya tuch mbak.. lw malam pasti seram ya kesannya

    BalasHapus
  49. aku mau aja sih kesana, pas pagi atau siang terang benderang ya. pasti banyak objek foto bagus disana. asal gak ada 'mbak-mbak rambut panjang' yg ikutan nampang di hasil jepretane, wkwkwkwkwkw.....

    BalasHapus
  50. Lawang Sewu Unaaaa.... *ygpunyakotaikutbicara

    BalasHapus
  51. baca tentang lawang sewu plus music dari blog lo jadi berasa gimana gitu ya un >.<

    BalasHapus
  52. uji nyali ...heheh uji nyaliii takut ahhh gan

    BalasHapus
  53. lawang sewu apaan tuh ...bisa dijelasin gak...heu

    BalasHapus
  54. dulu pernah dengar cerita teman" jadi pengen main kesituh

    BalasHapus