Ambrose dan Ambrosia

Katanya dalam pesan singkat, ia masih berada di Yixian Road, tak terlalu jauh dari tempatku sekarang duduk. Aku menunggunya sambil duduk di bangku taman tak jauh dari Taipei 101, gedung pencakar langit yang tertinggi kedua di dunia. Nama tamannya, Zhongxing Park. Di taman ini penuh bunga bermekaran, merah jambu, oranye, ungu, kuning, indah sekali. Di sebelahku persis, ada kumpulan bunga Ambrosia. Selalu, ketika aku melihat bunga yang menyerupai bunga kecubung ini, pikiranku mengarah kepada seseorang. Tiba-tiba aku mengingat percakapanku dengannya beberapa waktu lalu. Waktu itu, setelah ia pulang syuting, ia menraktirku semangkuk gongwan* dan suncake**.
 
Gambar ambil di http://freeimagegallary9.blogspot.com

"Namamu seperti perempuan ya," ujarku, sambil mengunyah suncake.

"Maksudmu? Aku tak paham," ia menaikkan alisnya.

"Seperti nama bunga. Ambrosia."

"Enak saja."

"Aku dengar istilah ambrosia juga ada dalam mitologi Yunani."

"Apa itu?"

"Tak tahu, google saja sendiri."

"Sepertinya aku juga pernah membaca hal itu. Tapi namaku bukan diambil dari situ melainkan nama seorang santo yang hidup di abad ke empat. Santo Ambrosius."

"Oh, aku kira..."


Meskipun sekarang aku sudah tahu asal namanya, tetap saja kalau melihat bunga ambrosia, aku selalu mengingatmu. Lagi berasyik dengan nostalgia, telepon genggamku bergetar. Ia meneleponku menanyakan aku ada di bagian taman sebelah mana.

"Kirsche, akhirnya aku menemukanmu," suaranya mengagetkanku, "ah... ambrosia..." ia melihatku sedang menatap bunga Ambrosia.

"Ah, Ambrose, lama sekali aku menunggumu... Kita pergi sekarang?"

"Tidak. Minggu depan," ia tersenyum dan meraih tanganku, "Ngomong-ngomong, aku pernah mencari kata 'ambrosia' di mesin pencari."

"Apa artinya?"

"Hidangan para dewa Yunani dan kalau memakannya tak akan mati."

"Jadi, kalau aku memakanmu aku tak akan mati?"

"Coba saja. Tapi yakin? Kau akan hidup selamanya tanpa aku? Yakin tak akan rindu padaku?"

Aku cuma menyeringai.



 Cerita di atas hanya sekedar fiksi belaka, ditulis dalam rangka meramaikan Kontes Flashfiction Ambrosia yang diselenggarakan Dunia Pagi dan Lulabi Penghitam Langit.




*gongwan = sup bakso daging babi.
**suncake = penganan penutup khas Taichung, Taiwan.

Ikutan GA Mbak Amel. Ini flash-fiction sekaligus fan-fiction mungkin. Ada yang tau artis Taiwan namanya Ambrose Hui? :D

Yang main At The Dolphin Bay ituuu... :D
Dan yeahh, aku berbekal google maps. Belum pernah keliling Taipei, hehehe...


68 komentar:

  1. hahahaha.
    tiwas tak woco tenaNAN mbak.

    tapi tulisanmu apik juga yow..
    ajari aq...
    :p

    BalasHapus
  2. @rivai

    komentar pertama!!!
    yes yes yes :p

    BalasHapus
  3. Eh na... ini fiksi dan wow! Km bisa yah nulisnya, walau gak klimaks tp beralur **jemfol**

    BalasHapus
  4. ahai... raja gombalnya keluar juga akhirnya
    sukses ya Un..

    BalasHapus
  5. Pantas lah jika setiap kali nulis selalu saja rapi dan aku suka sama itu gaya penulisannya^^

    BalasHapus
  6. bisa nulis fiksi juga toh... met ngontes na :)

    BalasHapus
  7. saya suka penutupnya...kalau dimakan tidak akan mati, namun apakah bisa bertahan hidup tanpanya...sungguh pilihan yang mengharubiru antara ambrose dan ambrosia....selamat ber-kontes ria...salam sukses selalu :-)

    BalasHapus
  8. penutupnya sukaaaa
    ahh Una ternyata kamu okee lho tulisan fiksinya, teruskan!! :D
    semoga menang ya kontesnya :D

    BalasHapus
  9. @mohamad rivai Gak dapet hadiah ini mas... :D

    BalasHapus
  10. @Syamatahari Wkwkwk, aku iseng nyoba nulis fiksi kok mbak. :D

    BalasHapus
  11. suncake (kue matahari) ??? puuaaannaaass sekalii dong.....

    BalasHapus
  12. @Tiesa Okee piyeee mbaaak, aku jarang begini nulis fiksi hehe :D

    BalasHapus
  13. Unaaaa... jd ambrosia itu artinya begono ya *baru tau* mihihihi.... keren deh ambrose Hui-nya, eh salah, FFnya :D

    btw, sorry ya neng, kmrn2 aku tuh entah knp ga pernah bs komen di mari, cuma bs baca doang :(

    BalasHapus
  14. @Orin Nggak apa, mbak santai saja ^^

    BalasHapus
  15. UNa? bikin cerpen? Kok apik? wew ... multi talented arek ki yo ekekeke
    joss tenan Na
    nek ngene ki aku ra sah melu GA ne Amel, wess kalah ae hiihihihih

    good luck ya Na

    BalasHapus
  16. @nicamperenique Hoalaaah, FFku lugas begini... Melu mbak...

    Terimakasih ^^

    BalasHapus
  17. waw cerpen,
    bisa bikin novel gak yah?

    Tahu gak novel bekisar merah

    BalasHapus
  18. @haris widodo Bikin cerpen aja aku gak bisa, apalagi novel.

    Gatau... :D

    BalasHapus
  19. Un, tak akuin. Tulisanmu makin keren aja lho, sekarang alurnya rapi dan pemilihan katanya apik.
    Yap, dicatat sebagai peserta, tunggu hasil penilaiannya abi ya..
    Makasi partisipasinya :)

    BalasHapus
  20. slamet! moga sukses buat khontesnya... ;)

    BalasHapus
  21. Sukses buat kontesnya ya Na..:)
    Hebat euy..bikin kontes tapi juga ngikutin kontes..keren-keren..emang sakti nih #ehh

    BalasHapus
  22. Hwaaaa.. baru ini baca fiksi nya mbak Una. Kereeeennn. Aku sangat menikmati alurnya mbak.
    dan ini kontes??? Whaooww.. Good luck yaaa!!! :D

    Eh eh, ada fotonya Ambrose Hui, iya tuh, yang di at the Dolphin Bay. Aku sukak bangeet serial ituu. hihihi

    BalasHapus
  23. begitu liat judulnya langsung teringat Ambrose Hui :D

    Baru tau kalo Ambrose itu nama bunga. cantik ya bunganya. pengen metik dan makan itu suatu saat #eh

    Semoga menang ya. Una bakat banget jadi penulis novel. serius.

    BalasHapus
  24. @rana musika Ya memang tentang Ambrose Hui, hihihi... :D

    BalasHapus
  25. @armae Aku gak suka serialnya, tapi suka orangnya :x :x

    BalasHapus
  26. @Juwita Hsu Hahaha... karena pake daster, mungkin.

    BalasHapus
  27. @Amel Kalau pemilihan kata kayaknya nggak deh mbak, aku pake kata yang lugas-lugas aja. Nggak bisa yang ngawang-ngawang... :D

    BalasHapus
  28. eccieh, ternyatooo kirain asli kesana, ikut mintak oleh oleh tuh kalau ke taipei :P

    BalasHapus
  29. begitu baca ambrose atau ambrosia, aku juga jadi ingat sama seseorang. Personilnya Pearl Jam, namanya juga mirip-mirip gitu.

    Tau Pearl Jam gak?
    goleki dhewe ae ning google.

    BalasHapus
  30. Bagus Na... cerpennya... ^^d

    BalasHapus
  31. ramean kene timbang jurnal sebelah yo un..?

    BalasHapus
  32. ambrose/ambrosia nama yg cantik namun kejam - ituloh kesanku loh :D

    BalasHapus
  33. Walah, tak kirain beneran. Tulisan fiksi to. Manteeep deh. Layak masuk nominasi utama nih...

    BalasHapus
  34. @Una

    kok punya q ndak bisa di reply reply ya comentnya?

    T.T hiks hiks

    BalasHapus
  35. @rivai Udah dicoba belum ini http://artistutorial.blogspot.com/2011/09/threaded-comments-for-blogger-comment.html ?

    BalasHapus
  36. @Rawins Di sebelah kan kancane mung kowe om...

    BalasHapus
  37. waaa, udah duluaan. gua kapaan?? :D

    BalasHapus
  38. bagus. dirimu berbakat nulis2 ternyata.

    BalasHapus
  39. halah, padahal tadi kirain beneran lho, huahahahaha.... .

    Sukses ya buat kontesnya. Bagus nih cerita dan gaya penulisannya :)

    BalasHapus
  40. @Una
    kok aq ndak bisa mbuka blog ea?
    yang domainnya blogspot.com?
    ada pakah dengan blogspot.com?

    BalasHapus
  41. @mohamad rivai pake .id atau .au kaleee... tadi abis baca baca tentang blogspot.au, mbuh ra dong~

    BalasHapus
  42. @cindy wijaya Walahhhh @_@ Aku jarang nulis fiksi kok mbak :(

    BalasHapus
  43. oo, yang di at the dolphin bay ya, na? dulu aq suka film itu :D

    fanfic nya keren! :D

    terutama bagian ini :

    "Coba saja. Tapi yakin? Kau akan hidup selamanya tanpa aku? Yakin tak akan rindu padaku?"

    mengingatkanku pada sesuatu. hihii

    BalasHapus
  44. waktu baca judulnya sudah inget si ambrose hui, Mbak. ternyata di ujung memang begitu adanya. hihi...
    simpel tapi manis sekali...
    Good luck giveawaynya, ya Mbak.. :)

    BalasHapus
  45. @Una

    iya wie, ndak bisa wie..

    hmm..

    pensiun ah..

    BalasHapus
  46. @Ila Rizky Nidiana Iyaaa, ganteng yahhh. Pada apa mbak? :P

    BalasHapus
  47. @mohamad rivai Nak pensiun, ngko ra kangen ta ro aku mas? :P

    BalasHapus
  48. waaaaaaaaaah
    japanese Name : Amuburoshia
    English Name : Ambrosia
    Arti bahasa bunganya adalah pious (alim)

    Hanakotoba

    semoga menang una. . .
    ganbatte :D

    BalasHapus
  49. Ambrosia, saya baru dengar kata itu lho.
    Kalau Warung Prambos sih sudah tahu sejak dulu.
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  50. Sepupuku jenenge Ambrosius :D

    Sukses kontesnya, yo, Say :D

    BalasHapus
  51. wah saingan berat nih:-)
    bagus banget nih cerita, kalo dia jadi makan ambrosia entar jadi sumanto ke 2,hehe

    BalasHapus

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!