Hadiah Istimewa Untuk Budhe

Fiksi.

Percakapan di telepon sudah usai. Budheku akhirnya dengan senang mengiyakan ajakanku untuk plesir ke Bandung. Awalnya aku khawatir dengan usianya karena perjalanan dari Surabaya ke Bandung ini dengan menggunakan jalan darat. Rupanya beliau malah tertawa, "Ah, meremehkanku kamu ya. Tentu saja aku kuat seharian di mobil. Toh bukan aku ini yang menyupir. Hahaha..."

Budhe tak tahu maksud tersiratku mengajaknya pergi ke Bandung.


Aku menyetir sendiri ke Surabaya dari daerah perantauanku sekarang, Bandung. Aku sudah lama tak bertemu orangtuaku yang tinggal di daerah Menanggal, Surabaya. Lalu, sesuai perjanjian aku dan budhe, sekembalinya aku dari Surabaya, aku memboyong budhe untuk plesir ke Bandung. Pakdhe pun turut serta, apalagi ia katanya ingin kopi darat dengan teman-temannya di Bandung.

Belasan jam hampir sehari berlalu. Kami akhirnya tiba di Savoy Homann, tempat budhe dan pakdhe menginap, karena aku di Bandung hanya menyewa sebuah kamar kecil, tak enak tentu membuat mereka berdesakan di kamar kecilku.

Esoknya, aku mengajak mereka keliling Bandung sekaligus Cimahi. Namanya orang tua, mereka manut saja entah ke mana aku mengajak mereka. Hahaha, dasar orang tua. Melewati Asia Afrika, Braga, Pasirkaliki, Pasteur, masuk tol, dan akhirnya keluar di Cimahi. Aku pun mengeluarkan petaku. Baros. Daerah itulah yang ingin kudatangi.

"Mau ke mana kita ini?" tanya budhe.
"Adaaa dehhh, liat aja nanti," jawabku sambil senyum-senyum.

Gapura Pusat Pendidikan Polisi Militer pun sudah terlihat.



"Hahaha..." budhe tertawa.
"Hahahahahaha..." pakdhe pun ikut tertawa.

Aku segera memarkirkan mobilku. Aku mempersilahkan budhe dan pakdhe untuk turun.

"Dulu kita pertama kali ketemu di sini..." ujar budhe, "dulu aku suka lihat kamu push-up 500 kali tuh di situ!"
"Walah, lima ratus? Ngarang! Dua ribu kali kok push-upnya..." kata pakdhe.

Aku menguping pembicaraan mereka dari belakang. Seakan-akan, aku merasa jadi obat nyamuk.

Setelah mereka menyudahi nostalgia mereka, aku mengajak ke sebuah SMP tempat budhe pernah mengajar. Dan ketika sore menjelang, kami kembali ke Bandung, dan mengajak mereka makan sore. Aku memberi tahu pelayan untuk mengeluarkan gurame bakarnya tak lupa dengan lilin-lilin yang banyak.

"Selamat ulang tahunnn budheee!" teriakku, pakdhe, dan beberapa pelayan.

"Lho? Aku tuh sekarang ulang tahun ya... malah lupa sendiri aku."

"Lho... diajak ke Cimahi itu karena ulang tahun je budhe...," kataku.

"Oh gitu kah? Berarti hadiah ke Cimahi untuk nostalgia itu hadiah ulang tahun paling istimewa untuk budhe... makasih sekali ya... senang aku..."


Akhirnya, budhe tau maksud tersiratku.




"Artikel  ini dikutsertakan dalam Kontes Menulis Cerita Mini"



96 komentar:

  1. kocak nih tulisannya una,keren

    BalasHapus
  2. budhe ikutan juga yah cayo semangat kalo menang traktir baso yah :D

    BalasHapus
  3. Keren Una .. tapi ada yang aneh nih: ".... dan beberapa seorang pelayan."

    'Dan beberapa seorang pelayan'? Diperbaiki gih. Jadi kurang kekerenannya :D

    Moga menang yah :)

    BalasHapus
  4. @Mugniar Hihih makasihhh mbak xD
    Edit satu kata gapapa ya pakde @_@

    BalasHapus
  5. @jay boana Emohhh~ aku mau nya nraktir mcdonalds~

    BalasHapus
  6. @jay boana

    Hah ... Una dibilang budhe?
    #Geleng2 kepala#
    :D

    BalasHapus
  7. @Mugniar Gatau, kenthir itu, ahahaha~

    BalasHapus
  8. duieleeehhhh....si budhe pasti terharu hikhikhik
    sukses y Una

    BalasHapus
  9. Unaaa,, jago ih bikin CERMINnya..

    good luck ya Una, hikkss ketinggalan lagi saya ikutan nulis2 cerita ini.

    BalasHapus
  10. kok di blogrollku ada yg judulnya sama ya... ternyata ada kontes toh...

    BalasHapus
  11. mba Una curaaaaangg, kemaren Nay ultah gak di ajak2 ke Bandung #eehhh :p

    gud luk sistaaa :)

    BalasHapus
  12. Postingan yang berbeda dari tulisan serentak lainnya nih. keren Una

    BalasHapus
  13. Oleh-oleh nya mana dong habis dari Cimahi.. Pakdhe ke Badnung kopdar? kok gak ngajak saya sih..

    BalasHapus
  14. very nice!

    good luck!
    semoga menang :)

    BalasHapus
  15. akhirnya Una ikutan kontesnya juga hihihi
    sukses Una, semoga menang trus dapet duit bakso :D

    BalasHapus
  16. Emangnya ketemuan Pakdhe dan Budhe beneran di situ ya, Na? Kok Una tau? :)

    BalasHapus
  17. lho...budhe nya malah nggak tau kalo dia lagi ultah hari itu to...hehe...sukses kontesnya una...kalo menang bagi2 ya...hihi...

    BalasHapus
  18. Wah, kalau Una beneran nyetir BAndung- surabaya..hal terindah juga tuh...ok, sukses deh GAnya ya..

    BalasHapus
  19. dah pengumuman kan, na! menang gak, menang gak? ha? hah?

    BalasHapus
  20. Kok ra katutan misuh iki...
    Ben kon push up PakDhe

    BalasHapus
  21. Selamat ultah ya buat budhe-nya. Semoga sehat selalu. Una mmang selalu punya cara untuk membuat sesuatu yang lain-daripada yg lain....

    BalasHapus
  22. wuihh sepertinya una tau sejarah pertemuan pakdhe dan budhe heheh...smoga menang di kontes ini.....

    BalasHapus
  23. @@yankmira Beda... soalnya jelek sendiri ahahaha~

    BalasHapus
  24. @yuniari nukti Ngapain ngajak-ngajak mbak, ahahaha...

    BalasHapus
  25. @DewiFatma Maksudnya pakde cholik? Kalo beliau dan budhe ipung aku gak tahu...

    BalasHapus
  26. @Ririe Khayan Ngeceee, sebenernya aku gak bisa nyetir sih~

    BalasHapus
  27. @eksak Sekarang udah 27 Februari yah...

    BalasHapus
  28. @Nia Aku gak tahu mbakkk... itu cuma fiksiii~

    BalasHapus
  29. Apik tenan ceritane iki. Juara satu deh.

    BalasHapus
  30. Isinya bagus banget, mengenang masa-masa indah ya mbak una

    BalasHapus
  31. @Della Ga usah dibayangin mbak @_@

    BalasHapus
  32. unaaaaaaaaaaaaaa.. hix hix, dhe tadi kesiangan bangunnya.. trus sibuk wara wiri, jadi gagal deh ikutan.. haduuuuhh.. :(

    tapi fiksi kamu keren na.. tak doain menang.. kalo menang, kita bagi dua.. kan dhe udah bantu doa :p

    BalasHapus
  33. heh? belakangan di jagat maya banyak postingan yg setema yak... solitare, sotoji, sama ini nih... ketinggalan deh sy :p

    BalasHapus
  34. @dhenok habibie Amin amin lalalala~ kasian deh lo bangunnya sianggg, rejekinya dipatok ayam lohhh~

    BalasHapus
  35. Oh... Aku gak engeh sama kata 'fiksi' wkwkwk, kirain iah Una udah kesana! Ternyata blum, aku ketipu.

    BalasHapus
  36. Wuihhhh...baik tenan Una sm Budhe-nya inih...

    Pakdhe hebat bener ya push up segitu banyak qiqiqi

    BalasHapus
  37. @Faizal Indra kusuma Udah pernah. Sengaja kujawab belum. Satu paket yang tidak bisa dipisahkan, penulis yang baik pasti pembaca yang baik. Baca yang baik ya ^^

    BalasHapus
  38. @Orin Iya wkwk, ada gak ya Pakdhe kayak gitu @_@

    BalasHapus
  39. @Una

    Asli uaapiiik tenan ceritane.
    Romantise puoll...

    BalasHapus
  40. Dengan ilustrasi foto, tambah keren ih ceritanya Mbak Una. Semoga sukses di kontesnya :)

    BalasHapus
  41. walah...mau jadi militeris po mba un??

    BalasHapus
  42. kosek kosek. . .kuwi kok enek fiksine??

    BalasHapus
  43. Biografi pak de dan bu de ini kan Un
    keren deh
    Semoga terpilih Un,

    BalasHapus
  44. Wah, bisa juga kamu bahagiain orang tua.. ^^ Eh, Un kok ada kontes gak bilang2 sih, kan aku jadi telat ikut, miscol kek! ^^

    BalasHapus
  45. @Monda Wkwk dengan sedikit fiksi xD

    BalasHapus
  46. @Fahrie Sadah Gak punya pulsa! Minta miskol kok gak ngasih pulsa... ahahaha, kayak punya nomormu aja @_@

    BalasHapus
  47. Mana mau ke monas na, klo ke bantar gebang kayanya sih mau tuh... iyakan bel?@Una

    BalasHapus
  48. Met ultah buat mantan pacarnya pakdhe ya....

    BalasHapus
  49. sukses yah Na buat kontesnya :)

    BalasHapus
  50. Cimahi kan kampung sayaaaaaaaa T_T

    BalasHapus
  51. angle lain dari cerita budhe... beda.. top

    BalasHapus
  52. hehehe, apik, na. romantis ala una. keren deeh! XD

    hari ini ikutan BBC, na? ;)

    BalasHapus
  53. Ha ha ha ha ha....kamu kok tahu Pusdikpom segala sih nduk..elek..kriwil....tak sun deh....
    Terima kasih telah membawa saya ketempat pertemuan kami dulu. kamu tanya siapa soal itu hayoooooo...? Sandy ya ..

    Salam sayang untukmu .

    BalasHapus
  54. Wah, selamat ngontes, ya Budhek ... Moga menang uang basonya :D

    BalasHapus
  55. @Ayu Welirang Woalaaah, sebenernya mbak orang mana sih...

    BalasHapus
  56. @Pakde Cholik Wuuu ngatain elek lagi @_@
    Ahahaha, ini butuh riset yang amat dalam pakdhe...

    BalasHapus
  57. Selamat ya mbka, telah menjadi juara III

    BalasHapus
  58. hihihi mantep na..
    selamat ya wes menang.
    btw, najjah iku anaknya sahabat temenku waktu di indosat dulu. tulung dibantu ya kalo ada rezeki berlebih. makasihh

    BalasHapus
  59. jalan2 yang mengesankan. selamat udah jadi pemenang ya :D

    BalasHapus

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!