Culinary Shock: Gado-Gado vs Lotek

Waktu hari pertama aku sekolah di Jogja, duluuu... balik sekolah ditawarin mau makan apa. Aku bilang aku mau gado-gado. Tante yang menjemputku pun mengajakku ke tempat jualan gado-gado. Sampai piringnya disajikan ke depan mukaku, ewh kok beda ya. Aku coba, huweeee bedaaaa, ini bukan gado-gadoooo... Karena dulu masih kecil dan nggak paham arti penting makanan, ya akhirnya nggak kuhabiskan.

Sejak itu aku baru tahu kalau gado-gado di Jakarta beda dengan gado-gado di Jogja. Ingatanku kembali ketika sepupuku dari Jogja datang ke rumah ke Jakarta. Dia bilang dia mau beli 'lote' dan yang kubayangin adalah permen karet. Aku udah berniat mau minta beliin aja. Eh ternyata maksud dia lotek itu ialah gado-gado. Berarti istilah lotek di Jogja means gado-gado kalau di Jakarta, tapi sama sekali gak kepikiran kalau gado-gado di Jogja tuh juga beda... wew...

Lotek di Wirogunan, Jogja, lupa nama tempatnya.
Gado-gado Jakarta dan lotek di Jogja hampir sama, ada bayam, tomat, timun, tauge, tahu, tempe dan lain-lainnya dicampur dengan ulekan bumbu kacang langsung dari cobeknya. Di gado-gado, ada pare, labu siam, dan jagung. Kalau di lotek Jogja kadang bisa ditambah bakwan. Kalau gado-gado di Jogja, bumbu kacangnya terpisah, dan nggak diulek dan dicampur saat itu juga. Sayurannya ada selada, kentang, kubis, dan nggak ada bayam, kangkung, dan sayuran hijau lainnya. Jaman kecil sih aku nggak suka gado-gado versi Jogja, jadi ya tukune selalu lotek. Tapi makin gede aku, ya enak juga tuh...

Gado-gado Bumbu Desa, Bekasi
Pernah baca bahwa asal lotek itu dari Jawa Barat, tapi aku malah nggak pernah coba/perhatiin ya apa beda lotek di sana dan di sini. Beli gado-gado atau lotek ini bisa rikues mau pakai kupat/lontong atau enggak. Dan... menurutku, tanpa kerupuk, gado-gado dan lotek ini, rasanya kurang gimanaaa gituuuu...

Ah... jadi kepengen gado-gado.

88 comments:

  1. aku paling suka gado2 ibuku yang bikin pake selada, kentang, kacang panjang,timun disirim kuah kacang...... huweeenakkk!!

    Jadi pingin :D tapi kalau aku bikin meski udah tanya2 resep samaibuku rasanya teteup beda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huaaaa jadi ngilerrr...
      Wahihihi enak dibikinin ya... :D

      Delete
    2. enak gilak.

      bedanya ntu apaan sih kalo di jakt sme solo Un?
      gado gado n lotek?
      aq kok asih gag donk yow?
      kyknya perlu mencoba yg namanya gado gado di jkt?

      Delete
    3. Hambuh,
      aku ratau mangan gado-gado nang Solo...
      Tar kapan2 :P
      Makanya sini, tak traktir gado-gado mas... mekdinya gak sido ya... :P

      Delete
    4. Tau, kamu mau nraktir aku gado-gado mas?

      Delete
  2. kalo aku sukanya rujak, sayurannya sama kaya pecel tapi bumbunya bumbu lotek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rujak mana tuh mbak... aku malah baru tau...

      Delete
  3. kalo aq bilang, itu lontong pecel :D

    ReplyDelete
  4. Lotek itu memang dari jawa barat, enak... sayurannya direbus, kalo gado2 mah seger2 semua.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi di sini gado-gado direbus juga...

      Delete
    2. kalo lotek sunda, ada campuran kencur di bumbunya. Sementara gado2 jakarta (kayaknya) ngga pake.
      Lotek sunda juga ngga pake tahu tempe, cuma sayuran thok.

      Delete
  5. aku juga suka banget sama gado gado entah aku tahu di jogja nih malah berbalik nama menjadi lotek beda sih dikit antara gado gado dan lotek

    ReplyDelete
  6. hihi ternyata beda daerah beda ya nyebutnya..:D
    dan bener banget kalo ga pake kerupuk kurang manteeppp gado2 / loteknya yaa..:D

    ReplyDelete
  7. gado2 paporiitt bgtt...aplg pake emping..bawang gorengnya yg banyak..hhmmmmm..suppeerr maknyooss.. :D

    ReplyDelete
  8. slmat sing knjungan siang di ksimkanan mantap,ni heheh

    ReplyDelete
  9. saya eneg makan gado2 ato lotek..
    pecel juga..

    *apa mungkin kebanyakan kacangnya ya..?

    ReplyDelete
  10. mosok beda ya Na?
    kupikir isi lotek dan gado2 itu sama aja lho
    gak pernah merhatiin sedetil itu

    emang Na, makan lotek / gado2 / kredok tanpa kerupuk kurang seru ... gak ada bunyi kriuk2 soale hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di Jogja beda banyak,
      kalo antara lotek di Jogja ama gado gado sini, beda dikit.
      He em, setujuhhh~

      Delete
  11. ya ya.. setujuh.. tp klo aku lbh suka lotek di kampungku. Itu lauk andalan klo ibuku pas ga masak.. beli di tetangga sblh.. tambah tempe gembus.. haha

    ReplyDelete
  12. podo un, aku mari moco iki dadi pengen gado2 :D

    ReplyDelete
  13. kok jadi mirip rujak ya mbak Un???
    cuma isinya agak beda sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. lha lek rujak cingur, cingur iku mosok buah hayo???
      :D

      Delete
  14. milih gado2ne mbak un, seger rasane, kalau di sidoarjo bumbune tinggal tuang, wong bumbu kacang e yang blenderan halus gitu kok :D

    ReplyDelete
  15. lotek,ketoprak,pecel,gado2....lak semarga :D

    ReplyDelete
  16. Gado-gado versi Jakarta mirip dgnyg di Samarinda. Mungkin inilah gado-gado versi nasional (yg default, gitu..).

    ReplyDelete
  17. aku senang lotek yang di Baciro, eunaak tenan tapi kudu sabar ngantri :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah opo mbiyen aku mangan sing kuwi ya, soale sekolahku gak jauh dari sono. Mbuh ding x_x

      Delete
  18. mantab sekali,, kalau ditempat saya kaya kupat tahu tuh hehhehe :D

    ReplyDelete
  19. Intinya lagi pingin gado2. . .

    Ngesuk tumbas bareng2 ya?
    Nang alun2 Banjar enak mbanget. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Idah tuh ambil intinya salah terus :P

      Adoooohhhh

      Delete
    2. hahah. ..
      Untje van Wiebs ternyata membaca komenanku dengan baik ya? :P

      Aku tuh seneng komen disini, Sitt. . .
      Bisa buat kamu kesel kan? :P

      Delete
    3. Oiya, benerna wis. . .
      daripada aku dikira gak lihat sepring lotek. :D

      Postingan ini intinya ya karena perbedaan penyebutan antara gado2 dan lotek.
      Penyebutan ala jogja vs jakarta. . .wislah kaya kui. :D

      Delete
    4. Biasa... aku lebih kesel komen di tempatmu.
      Abisnyaaa masuk spam muluk.

      Delete
  20. yg foto paling bawah malah sy kirain karedok.. sy lebih suka karedok drpd gado2 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahihihi sejenis juga, karedok kan mentah kan ya...

      Delete
  21. oalah lotek itu rujak to. eh una barudapat IPAD rek ayo traktiran

    ReplyDelete
  22. jadi pengen makan gado2,, syaang bgt aku alergi kacang, jd jarang makan gado2 :(

    -dev-

    ReplyDelete
  23. motonya mesti pake kameramu ya, Na..?
    ono ada samsung kelihatan secuil di poto pertama :p

    ReplyDelete
  24. Ternyata gado2 ada beberapa 'versi' ya. Pasti aku gak bisa ngebedainnya tuh :D
    Yang jelas aku cukup suka gado2, tapi lebih suka gado2 yang bumbunya baru diulek. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya kalo diblender kurang gemanaa getoh...

      Delete
  25. kayanya itu foto karedok dhe una yang bawah, lotek bahasa sundanya itu gado-gado. kalau karedok sayurannya mentah beda dengan gado-gado yang sayurannya matang

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju ama Lidya...
      bingung sendiri ngeliat banyak istilah

      Delete
    2. Oh itu karedok ya, kwkwkwk...
      Seingetku gado-gado :P

      Delete
  26. Sama enaknya, tapi aku baru sekali makan lotek, hiaaaaa...

    ReplyDelete
  27. Kalau di Jogja kan memang beda Na, hehehe :D Aku seh lebih suka lotek deh daripada gado-gado :D

    ReplyDelete
  28. jadi yang disebut gado2 di jogja itu apaan na?

    ReplyDelete
  29. Wah..... Pagi2 bikin ngiler nich... paraaaaah... hehehe :D tapi kalo ane lebih senang lotek, karena lebih murah harganya.... (Maklum anak Kost) hahahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha cuma selisih 1000 2000 juga ama lotek :P

      Delete
  30. Secara umum sich hampir sama ya...
    Dan setau saya, istilah gado2 itupun datang dari Jakarta...

    ReplyDelete
  31. Iya Na, kirain lotek teh basa sunda, ternyata di yogya jg namanya lotek toh..

    ReplyDelete
  32. gado2 depan kantor gue
    rasanya tiada duanya
    tapi bener lo baru kali ini denger istilah "lotek"

    -_-"

    ReplyDelete
  33. Kalau digado lain lagi Una, lauk yang dimakan tanpa nasi. Nah mau nggado gado-gado? Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau mau aja... pake nasi bikin gemuk wkwk :D

      Delete
  34. Ide buat makan siang hari ini.. !! # ngelek idu aku NA..

    ReplyDelete
  35. Di pontianak gak mirip dua duanya un. kalau disini gado gado itu ada lontong dikasih mie kuning plus sayuran semacam kacangpanjang kankung sama mentimun terus ditambahin tahu.

    Bumbunya kacang diulek dan dicampur sama bahan2 yg laen..

    Beda daerah beda bentuk ya :D

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!