Makassar dan Saya

"Statistics Summary for sittirasuna.com
There are 1,131,845 sites with a better three-month global Alexa traffic rank than Sittirasuna.com. This site has a relatively good traffic rank in the cities of Singkawang (#26) and Makasar (#211)."
Beberapa hari lalu liat Alexa.com, kok ada keterangan di atas. Yang bikin aku tersenyum yaitu karena ada 'Makassar'-nya. Lho kenapa? Karena sejak kecil aku punya ketertarikan khusus sama Makassar dan Sulawesi Selatannya.

Waktu aku berumur lima tahun, aku punya kaset lagu daerah dan sering banget kuputar. Dari 25 lagu daerah nusantara yang paling berkesan cuma Anging Mammiri dan Pakarena. Sampai sekarang aku masih hapal, tapi yang Pakarena cuma hapal versi satu. Kalau anging mammiri itu artinya AC. Lho? Air Conditioner? Bukan, bukan. Angin cepoi-cepoi huehehe, bukan ding kata Mbak U sih angin berhembus. Kalau pakarena dari googling artinya bermain. Meski aku hapal lagu itu mana bisa aku ngartiin lagunya -,-

Di bawah ada video lagu Pakarena kalau belum pernah dengar. Anging Mammiri pasti udah tahu dong.

Ketertarikanku sama Sulawesi Selatan bukan cuma itu, tapi aku juga berkesan sama baju bodonya. Dulu pas kecil mikirnya, halah, baju kok bodo. Yang pinter nggak ada apa?! Pernah ada karnaval Kartinian, aku malah pakai baju bodo padahal keturunan Jawa asli.

Aku juga pernah ke Makassar (kala itu namanya Ujung Pandang) bulan Desember 1996. Inget? Ya nggak lah, ahahaha... Waktu itu aku, ibu, dan omku sekalian ke Toraja. Yang aku inget cuma bagian dekat hotel kami menginap di Toraja ada kuburan. Udah itu thok, lainnya nggak inget. Ubek-ubek rumah, aku nemu fotoku di Ujung Pandang di Fort Rotterdam.
'Barbie' Makassar





Ehehehe, udah dulu deh. Cuma kepengen nostalgia aja hihi, anginggg mamiriii kupasanggg~ Wondering kapan aku bisa ke sana lagi. Pasti bisa!
Btw, tarima kasih le'baki baca, komen maki'...



Thanks buat Mbak Maya Cinderella for the translation hihi.

76 comments:

  1. wah wah wah ^____^

    mantap mentong :) ewako makassar~

    hahahahaha :p

    kalau ke makassar lagi, singgah ke rumahku yaa ^^

    ReplyDelete
  2. Okeee hihihi sip sip! :)
    Makassar mantap mentong~ hihihi...

    ReplyDelete
  3. hihihihihi ^___^

    eh eh eh, fort rotterdam-nya skrg lagi direnovasi loh ^^

    ReplyDelete
  4. Makin bagus apa makin jelek mbak? *pertanyaan apa ini*
    Tapi pas tetep horornya... :D

    ReplyDelete
  5. ini sa mau komenki dulu,

    baru tahu klo Una hafal lagu Pakarena sama Anging Mamiri, saya cuma tau dikit lagu Anging Mamiri *padahal lahir d Ujung Pandang aka Makassar :D

    ReplyDelete
  6. hahahaha "iya tetep horornya"
    *jawaban apa ini*

    ReplyDelete
  7. @ Mbak Diah: Waaaa payahhh ahahaha :p

    @ Mbak Maya: Jiahhh... :D

    ReplyDelete
  8. ikut komen *kebtulan ttg makassar loh. hihi
    uhm ttg benteng rotterdam, tidak horor kok. saya kkn di sana 2 bulan. biasa aja, hehe.

    ttg pakarena, hebat loh kamu tau artinya pakarena, saya saja tidak tau. *hiks malu

    ReplyDelete
  9. He? Serius? Hantunya takut sama mbak kali...
    Wkwkwk aku cuma googling kok :D

    ReplyDelete
  10. jadi pengin ke makasar lagi, ke pulau samalona dan toraja
    btw foto yg paling bawah sok dewasa bgt ya duduknya wkwkwkwk
    peace ^^

    ReplyDelete
  11. Waaa aku belum ke pernah ke Samalona.
    Ahahaha biasa anak kecilll :D

    ReplyDelete
  12. Saya kira una org makassar, haahha... tertipu judul.

    ReplyDelete
  13. ow, seseram itukah diriku. ah tergantung orangnya mba. hehe.. btw itu t4 duduk yg mba duduki perasaan tdk pernah kuliat lagi, udah dimusnahkan kali ya.

    yuk ke makasssar yuk.... yang komen orang makassar semua ya??

    ReplyDelete
  14. Hahaha piss mbak.
    Heee? Jangan-jangan tempat duduknya... ahaha. Iya mungkin kan katanya lagi renovasi.

    Hihi Mbak Ria doang yang bukan orang Makassar. Dan saya hehe.

    ReplyDelete
  15. Pengen main ke Makassar, asik ya kayaknya disana. Mabak masih punya foto-foto jaman dulunya ya.

    ReplyDelete
  16. annyeong haseyo.. minna san. nah loh gado-gado deh jadinya.. :D salam kenal saya hima-rain dari makassar. rain bukan karena kehujanan loh bukan juga karena penggandrung rain korea. yah rain ji saja. *keluar deh logat makassarnya
    -numpang promosi diri.

    ReplyDelete
  17. @ dinneno: Yang foto sekarang malah punya dikit. Hihi ayo ke makassar!

    @ Hima R ain: woooo promosi di sini bayarrrr hahaha

    ReplyDelete
  18. waaa.. jadi ga enak, karena terkesan dengan saya jadi nlis postngan ini... #eh #ditimpukpakeshirley
    hahahaha.....

    waaa... sudah pernah ke rotterdam, saya saja seumur umur disana belom pernah masuk, cuma lewat depannya doang :)) :))

    ReplyDelete
  19. Apaaaannnn?? Huekkk,.,

    He ? Belum pernah? Payahhhh ahaahhaha

    ReplyDelete
  20. kecilnya kurusan tapi kok gedenya gendutan? :p

    ReplyDelete
  21. Itu photo kecil mbak una ya? kok gak mirip ya :P

    ReplyDelete
  22. wahhh una kecilnya kerenlah :p
    kayaaaa
    hmm hmm hmm

    gak jadi deh :))

    ReplyDelete
  23. unaaaaa, kecilnya kurus sekali :D cantik.

    ReplyDelete
  24. kak una tau gak,kalau angingmammiri.org bekerjasama dg blog detik ngadain lomba blog dg tema "makassar tidak kasar" .
    Kayak nya post di atas bisa tu?

    ReplyDelete
  25. pingin denger suaranya Una nyanyi dong :)

    ReplyDelete
  26. @ Kak Rin: Kenapa? Sekarang lebih cantik ya? Wkwk...

    @ Asep: Yaiyalah keren b-)

    @ Sheno: Wataaww thanks x)

    ReplyDelete
  27. @ Paska: Enggak, aku taunya Ferdinand Pascanata Driyarkara :p

    @ Gunawan: Iya po? Oke thanks infonya, cek dulu ah~

    @ Mbak Lidya: Mendingan jangan mbak ;)

    ReplyDelete
  28. kota idamanku kok masih tetep jogja dan balikpapan un
    makasar kok ketoke piye yo..?

    ReplyDelete
  29. saya malah dah bolak-balik ke makassar dua tahun ini. sampe apal jalannya, dan hampir semua tempat wisata di kota udah kena sentuh. mallnya juga. tuuh banyak di postingan saya di tag di makassar. kalo kangen, baca aja.. siapa tau tambah kangen. #eh

    ReplyDelete
  30. Hihi aku aja bahkan ga inget Makassar kayak apa.
    Oke nanti aku meluncur ke blogmu mas :D

    ReplyDelete
  31. wow... ternyata ada juga ya.. Barbie' Makassar.. ckckckck.. unik!!!

    ReplyDelete
  32. Hehehe boneka wanita sih cuma pake baju makassar :D

    ReplyDelete
  33. Baju ko bodoh ya...

    aku banyak orang makassar disini mereka pinter2 ko dan jiwanya fighter (perantau) pokoknya..

    ReplyDelete
  34. Hehe gatau deh arti bodo itu apa.
    Iya kayaknya memang begitu b-)
    Kalo mas baha fighter ga? :p

    ReplyDelete
  35. Waaah.. ngeliat foto jadul lucu juga ya una ^_^ ada gimana2nya gitu #eh

    ReplyDelete
  36. kalau denger makasar pengen ke Maros..

    kok linkwithin nya bisa muncul 4?

    punya q ma punyane gaphe malah ndak berhasil.

    ReplyDelete
  37. wah makasar ya, pasti keren..
    tapi jauh banget mbak dari surabaya..

    ReplyDelete
  38. Itu una sapa siapa, mba? foto yg di bawah lho, hehe

    ReplyDelete
  39. oh gitu toh lagu makasar, jadi pengen ke sana. apalagi liat suasana2 rumah adatnya gitu

    ReplyDelete
  40. jadi terharu membaca postingan ini, walau tidak berdomisili di Makassar, tapi punya kenangan dan berbagi kisah di dunia maya :)
    tidak semua blogger Indonesia bisa berbagi kisah tentang kenangan tanah air Indonesia, jangankan kisah tentang tempat yang pernah dikunjungi, bahkan terkadang tempat domisilinya-pun terlupakan, padahal dunia maya adalah wadah luarbiasa untuk memperkenalkan jatidiri sebagai orang Indonesia :)
    kalau bukan kita yang memperkenalkan Indonesia ke seluruh dunia, lalu siapa lagi,
    kalau bukan sekarang, kapan lagi :)
    btw- tabe' ki, pamopporang rong cappo krena sudah kepanjangan koment, mari ki' di :)

    ReplyDelete
  41. Ternyata punya banyak kenangan masa kecil di Ujung Pandang a.k.a Makasar ya hhe... klo aku kayanya kenangan masa kecilku masih diseputeran Solo dan Yogya haha... tapi harus kuakui Makasar juga salah satu tempat indah di Indonesia kok, entah kapan bisa kesana lagi, padahal banyak teme bloggerku yg tinggal disana :)

    Aku ikut Follow (DJ Site)...

    Happy Sunday...

    ReplyDelete
  42. @ Mas Rivai: Opo kuwi maros... bisa donggg, soale do letheg sihhh...

    @ Soca: Lebih jauh kalau dari Jakarta hehe.

    @ Mbak Ila: Hehe om aku. :D

    ReplyDelete
  43. @ Mas RusydI; Rumah adatnya apa ya :-s Hehehe...

    @ Om Hariyanto: Hihihi mau tak kasih tisu ga om? Yappp, sudah seharusnya blog jadi tempat berbagi cerita.
    Itu artinya apa yaaa rrr...

    @ Ferdinand: Hihi aku kecilnya di Jogja kok. Cuma pernah main ke makassar aja. Ok segera difolbek.

    ReplyDelete
  44. 'barbie' makassar
    itu maskotnya orang sono kah???

    ReplyDelete
  45. Bukan... cuma ada yang jual bonekanya aja pake baju adatnya. :)

    ReplyDelete
  46. itu una waktu kecil hehe lucu :P
    ternyata suka bgt ya kamu sama makassar :D

    ReplyDelete
  47. Kalau nanti udah kesampaian ke Makasaar bikin event GA hadiahnya coto makassar ya....hahahaaa

    ReplyDelete
  48. Unaa... wlo telat, tp pengen kasih una PR juga. haha... silahkan kapan mau dikerjakannya.:d

    http://ilarizky.blogspot.com/2011/11/sebelas-fakta-diri.html

    ReplyDelete
  49. @ Mbak Ririe: Di sini juga banyak kalo coto makassar :p

    @ Mbak Ila: Sip sudah ke sanaaa...

    @ Mbak Annesya: Apa sihh mbak, kayak maissy aja :p

    ReplyDelete
  50. makasar??
    saya masih ingat sama lagu anging mamirinya.. ehe
    kalau pakarena, ga tau,,, :D

    ReplyDelete
  51. Wow, ada ikatan dengan Makassar ya? :D
    Semoga 'dapat' orang sana ya, Una. Hehe...

    ReplyDelete
  52. wah, una.. waktu dulu pas kartinian aku juga pernah pake baju bodo, hihihi. btw, kamu waktu kecil kok ga pernah senyum kalau difoto? :)

    ReplyDelete
  53. kok sy lebih suka lihat foto kamu waktu kecil ya na,,ya udh balik jd kecil aja lg

    ReplyDelete
  54. @ Mas Mabruri: Hihi kalau anging mammiri gatau baru parah hehe. Enak ya lagunya~

    @ Kakak Akin: Hahaha ga ah maunya sama orang bule...

    @ Mbak Indi: Wah sama kita... Iyaaa mungkin masa kecil kurang bahagia aku mbak. :D

    @ Mas Amri: Hemmm maksudnya apa tuh :p

    @ Mbak Susi: Thanks mbak linknya. :)

    ReplyDelete
  55. Aku temen Makassar juga, dan mereka keren banget! Sumpah!

    ReplyDelete
  56. Maksudnya gimana mas? Aku temen makassar? o_o

    ReplyDelete
  57. Baru tahu kalo masa kecil Mbak Una itu di Makassar :))
    kenapa gak diikutin di lomba ngeblognya komunitas blogger makassar aja mbak postingannya ini?
    Lumayan kan dapat 2 tiket gratis masuk trans studio (lumayan buat saya tiketnya...qiqiqiqi)

    ReplyDelete
  58. Bukannn, hihi waktu kecil aku pernah ke Makassar.
    Kecilnya di Jogja.
    Temanya kayaknya ga cocok hihi, waaa ada maksudnya :p

    ReplyDelete
  59. Una: Pokoknya sesuatu banget gitu hahaha :D

    ReplyDelete
  60. aku umur 3 th an juga pernah tinggal di makasar, papa tugas disana kala itu.

    ReplyDelete
  61. Unaaaaaaaaaa.. foto kecilnya imut bangeeeeeeeeeeeett.. xD
    Insya Alloh suatu hari nanti bisa deh ke Makassar, amin.. ^___^

    ReplyDelete
  62. @ Mbak Pu: Pas gede pernah ke sana lagi ga mbak?

    @ Mbak Della: Amiinnn pastiii. Pasti aku imut *loh*

    ReplyDelete
  63. Jadi ingat anak sulung saya.
    Ttg baju bodo itu, dia pernah tanya, "Kalau baju gila ada ya, Ma?" hahaha.

    ReplyDelete
  64. Permisi bu, saya mau nanya tentang makanan, colo-colo itu kata teman saya ada dijual di makassar juga. Benarkah itu bu?
    Mampir juga ke belog saya bu Cara Memasang Widget Responsive di Blog

    ReplyDelete
  65. Mungkin kalau dibilang ke makasaar lama saya belum pernah, tapi kalau di tanya pernah ke makassar saya jawab iya. Terakhir kali "ngintip" pantai Losari. Kereeennn...

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!