Kestresan Baru

Suatu pagi beberapa minggu lalu...
Ibu: "Un, kowe kudu ngurokke awak lho. Nak ora mesakke awakmu, balungmu ra kuat nyonggo abotmu kuwi. Isa-isa mengko metu jengger-e, lara banget iku." (Un, kamu harus ngurusin badan. Kalau nggak, kasian badanmu. Tulangmu nggak kuat menyangga badanmu yang berat itu. Bisa-bisa keluar jengger (tulang rawan), sakit banget itu.)
Aku: *naikin alis*


Yak, percakapan (sebenarnya monolog ibuku sih) itu yang membuat kestresan baru buatku. Apa pasal? Ya itu tadi, aku dipaksa harus menguruskan badan. Mana berat badan idealku sebenarnya 20 kilogram lebih rendah dari berat badan sekarang pula. Gimana dong gimana dong >.<

Aku mikir-mikir memang itu harus aku lakukan. Karena aku punya kekurangan minyak sinovial di semua sendiku dan itu tidak bisa diobati. Dari kecil tulangku memang selalu kretek-kretek, dari tangan leher, kaki aaaa, tapi siapa kira itu merupakan keanehan. Aku baru tahu ketika SMA dan aku mengunjungi dokter bedah tulang. Yeah yeah, dan suntik minyak pun tak bisa mengobati. Apalagi suntik sinovial katanya kebanyakan dilakukan oleh orang tua. Apa iya aku juga mau suntik, nanti temannya orang tua semua. Dan oh ya, ngomong-ngomong katanya keanehan ini banyak diderita oleh wanita keturunan Tionghoa. Tapi aku orang Jawa sih... dan kata dokternya itu genetik. *demo ke ibu*
Nah itu tuh sinovial! Hehehe... Gambar di ambil di sini.

Jadi, karena keanehan itu lah tulangku selalu kretek-kretek kalau digerakkan. Kalau mau pegang lenganku pasti takut deh karena bakal kerasa gerak-gerak gitu dalamnya. Aku juga tidak bisa mangap terlalu lebar karena tulangku harus klek dulu biar terbuka lebar. Kalau pakai baju sempit aku juga agak susah mengangkat tanganku ke atas dengan lurus, karena suara tulangku... aduh, beneran deh kayak besi tua. Tapi harus bersyukur juga, kalau disuruh angkat berat-berat tinggal bilang, "Duh maaf aku ngga bisa kalau angkat barang berat." Padahal sih sebenarnya nggak apa-apa, wkwkwk...

Trus, apa hubungannya ini sama ngurusin badan? Aku terbiasa ngretekin tulangku, seringan di lengan kanan, dan ternyata itu nggak bagus. Karena kalau keseringan melakukan itu, tulangku akan menumbuhkan tulang rawannya dan itu rasanya (katanya) sakiiitttt banget... Makanya aku disuruh menguruskan badan supaya beban yang disangga tulangku tidak terlalu berat. Yang jadi masalah, aku nggak pernah niat diet, wkwkwk... pernah seminggu makan teratur, abis itu... makan McD, makan nasi nambah mulu. Ckckck...

Karena itu nggak bisa sembuh, aku cuma bisa mengurangi dampaknya dengan minum glukosamin. Sebenarnya setiap manusia memproduksi ini, tetapi karena dalam diriku produksinya kurang, aku harus minum tambahan glukosamin. Hmmm... semoga harus aku makin niat mengurangi makan aja deh, semoga harus... Hiks... semoga harus makin kurang berat badannya dan semoga harus aku selalu sehat sampai aku tua nanti. Woo-hoo!

50 comments:

  1. Wooooo-hoooo!!!

    sehat selalu yaaa dinda zel ^^ InsyaAllah

    ReplyDelete
  2. ngapain diet?? biar gini aja kamu una, seksi... :3

    ReplyDelete
  3. tak ada sakit yang tak bisa teratasi, semua ada obat-nya, dengan senantiasa berikhtiar menjaga kesehatan dan berdoa mendekatkan diri pada Allah Sang Khaliq :)
    semoga sehat dan bahagia selalu kawan :)

    ReplyDelete
  4. Una keadaan sekarang di foto dong, ntar saya pengin lihat hasil setelah melakukan program diet. Seperti apa sih jadinya

    ReplyDelete
  5. @ Om Hariyanto: Terimakasih... amiiinnn... :)

    @ Mas Jier: Ah enggak ah, nanti naksir lagi wkwkwk. *kabuurrr* Nanti aja mas kalau berhasil jadi 40 kiloan~

    ReplyDelete
  6. Ya eyalaaah na... gimana mau ga kretek2 coba tulangnya, lha wong dirimu sering banget nimpukin adek mu pake buku dan adek mu nyerang pake kayu... Jelaslaaah, ahahaha :P

    Ehm, sepertinya kamu WAJIB minum susu dech naaaa *ngomporin*

    ReplyDelete
  7. Hahahaha... bener juga ya. Tapi sebelum adekku lahir udah kretek-kretek tuh :p

    Aku gasuka minnumm susuuu bikin mencreettt :(( lactose intolerance mbak aku :(

    ReplyDelete
  8. @ Mbak Annesya: Buahaha seksi dari HongKong mbak wkwk. Mbak gatau beratku berat dan tinggiku berapa sih T__T

    ReplyDelete
  9. sehat itu mahal, makanya hidup yg sehat adalah yang sesuai petunjuk dari dokter. Moga cepet sembuh mbaaak :)

    ReplyDelete
  10. oowwwh... pantes rambutmu kriwil na... *lho hubungannya?? -ga ada, iseng aja ngomong... =))


    diet untuk sehat aja dulu na... jadi hindarin junk food ma porsi nasi dikurangi.. pelan pelan aja *ikut ngingetin diri sendiri* =P

    ReplyDelete
  11. hayooooo. hati hati loh... hehehehehe

    ReplyDelete
  12. ayooo semangattt diettt demi kesehatannnn

    ReplyDelete
  13. Hayoo...harus manut apa kata ibuk :) semangat sistaaa,, kamu pastii bisaaa ^^

    ReplyDelete
  14. kalau mau diet,jangan diet ala orang kalap mba,soalnya kebanyakan orang diet makanan tapi kagak tahu diet yang baik tuh gimana ?
    jangan banyakin makan obat suplemen,lebih baik makan buah & minum air putih secara teratur biar tulang bisa makan supply gizinya

    ReplyDelete
  15. Olahraga atuh Una...tiap minggu jogginggg :D

    ReplyDelete
  16. ngurangin makan???waduuuh ...kalo q paling berat soal itu.
    eh...bagi ke q aj deh dagingny kamuuu
    =D

    ReplyDelete
  17. Tom Cruise mgkn perlu bikin film baru...

    karena ngurusin badan adalah salah satu mission impossible :D

    tp tetap semangat...

    ada kok yg berhasil...cuma itu...harus disiplin :D

    ReplyDelete
  18. hahahahahahahahaha.
    kapok ra.

    mulne nggagaso mbak.

    ReplyDelete
  19. baru tahu tuh na, kalo kretek kretek tulang itu penyakit, aku pikir biasa aj bawaan masing-masing, glukosamin apaan yak?
    soal berat badan, kayanya senasip, baru kemarin nyadar kalo overweight sampe 25 kilo ^^

    ReplyDelete
  20. makanyaaa minum cucu dooong.. *eh, susuuu..

    minyak sinovial itu mungkin bisa dicoba dengan mencoba susu rendah laktosa.. coba aja ya... :D

    ReplyDelete
  21. Na.... diet khusus sih ga perlu atuh... mungkin diatur aja pola makannya ke yang lbh healthy.. (dan porsinya diperhatikan dunk Na..).

    Niatkan aja dalam hati agar berat badannya tuh ga NAMBAH, ga bisa turun (saat ini) ga papa, pelan2 aja, asal jangan biarkan dia Nambah.

    semoga sehat selalu dan yakin segala penyakit pasti ada obatnya, walau ga mudah nemunya mungkin ya?

    ReplyDelete
  22. Stres nya dipelihara ajah.. Kan bisa kurus ntar. ghehehe

    ReplyDelete
  23. @ Mbak Uchi: Yang dihindarin kok yang enak sih... wkwkwk.

    @ Kira: Iyaaa musti hati-hati.

    @ Mbak Nia: Semangat! *lemes*

    @ Mbak Nay: Makasih mbak, pasti pasti bisa!

    @ Mas Andy: Iyaaa, yang penting makan teratur aja... sip sip makasih.

    ReplyDelete
  24. @ Mbak Deva: Hehehe males olahraganya~ lalala...

    @ Mbak Rezka: Kalo bisa ditransfer mau deh :(

    @ Skydrugz: Wkwkwk itu sih nanti yang bikin film aku...

    @ Mas Rivai: Tak dongakke lemuuu lan tambah letheg kowe mas!

    @ Mbak Epay: Glukosamin tuh mineral yang diproduksi sendi. Seriusss 25 kilo? Ada temennyaaa *toss*

    ReplyDelete
  25. @ Mbak Ayu: Hehehe iyaaa... sip sip.

    @ Mbak Alaika: Yups, healthy dan teratur. Tapi kok susah ya, wkwkwk.

    @ Mbak Tutus: Duh kalo aku stres bawaannya makan mulu :-"

    ReplyDelete
  26. Wah..baru tau aku sama masalah kek beginian.

    Diet untuk sehat,bukan diet untuk langsing loh una...wkwkkwkwk,semoga sehat terus ya ^^

    ReplyDelete
  27. sama banget. aku makan nya juga harus di kurangin nih. bandan udah ngak enak. perut udah kemana mana. ayooo sama sama diet kita

    ReplyDelete
  28. una,, kadang mas yo bingung dan sedikit stress sesuai dgn judul postingan mu kalau masuk ke blog ini selalu di sambut eror blog tdk terkoneksi,,sampai berulang2,, ini sepertinya sdh mengulang masuk yg ke 10,, :) baru berhasil,,

    ReplyDelete
  29. Nggak bisa mangap besar2? Dulu aku pernah loh, waktu itu aku dan temanku iseng mangap, yg paling besar menang, ternyata malah bunyi "klek", langsung gak bisa di buka mulutku, itu sampai seminggu, jadi makan aja tersiksa banget.. dasar mainan anak kecil waktu dulu aneh2 yaah hahaha
    Una, Semangat yah!

    ReplyDelete
  30. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  31. haha kalau saya malah kekurusan..
    berat badan saya harusnya 15 kg lebih dari sekarang..
    hehe peace mbak :D

    ReplyDelete
  32. Yang penting sehat aja deh mbak. Kunjungan perdana n lam kenal ya.

    ReplyDelete
  33. Dooh... jadi teringat, kalo aku rada overweight :(
    Kalo memang demi sendi, keknya mesti dilakuin deh, Na. Aku mendukungmu dari belakang, hehe...
    Semoga dietnya sukses (gak pake coret) :D
    Oiya, bukunya udah nyampe di rumahku tadi siang. Makasih banget ya...
    Komplit dengan surat cintanya juga. Aku juga suka menuliskan surat cinta untuk pemenang kontesku :D

    ReplyDelete
  34. @ Mas Bayu: Perutnya udah ke mana aja? Wkwkwk...

    @ Mas Amri: Hueee... :( Kalo gabisa ga usah stres mass :p Terharuuuu~

    @ Basith: Kayaknya itu mainanmu doang deh, wekekeke. Untung ga geraknya mingkem, kalau mangap? Hahaha...

    @ Soca: Huaaa, sirikkk!

    @ Kasep Tenan: Duh, emang njenengan kasep? Wkwkwk...

    @ Kaka Akin: Terimakasih mbak... Waa alhamdulillah. Iyaa aku suka nulis surat lampiran (halah), soalnya berkesan hihi~

    ReplyDelete
  35. Bila diet, sebaiknya dengan diet yang teratur dan selalu berkonsultasi dengan dokter akhli gizi Mba.

    Agar tidak memilikiefek pada tubuh kita.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    ReplyDelete
  36. heheee... tuh tulang, engselnya perlu pelumas kali ya :) AKan lbih baik selain olahraga dibiasakan jga puasa senin kamis. good luck, salam knal :)

    ReplyDelete
  37. Mungkin saran sang mama harus mulai dipikirkan deh... Walau tak bisa langsung dilakukan, setidaknya sekarang harus kuatkan niat dulu :)

    ReplyDelete
  38. Terus terang nih, aku baru tahu tentang hal kekurangan minyak sinovial ini..

    ReplyDelete
  39. Wah, ada-ada aja ya penyakitnya. Olah raga juga repot dong kalo 'engsel body' bunyi-bunyi mulu. Diet kalo cuma ngurangin makan kan doang kan agak susah, ya? (Udah turun berapa kilo, Una?)
    Tapi kalo Una-nya enjoy aja ya syukurlah...
    Keep the spirit, Sistaaa........ :D

    ReplyDelete
  40. @ Ejawantah: Iyaaa hihi terimakasih. Efeknya tambah langsing :p

    @ Gaelby: Thanks tipsnya!

    @ Mbak Reni: Iyaaa musti niat banget hihi.

    @ Mas Nando: Wkwk, iyaaa. Serem denger suaranya kadang-kadang. Susah banget! Wkwkwk... baru turun sekilo :p
    Sip sip terimakasih :)

    ReplyDelete
  41. sinih kasihin aku separo deh...
    makanya belajar makan ati dong
    tar juga langsing...

    ReplyDelete
  42. Nak iso wis tak kekke kowe mbiyen mbiyen om,
    hahaha yang ada stres makin tambah makannya om :)

    ReplyDelete
  43. semua temen kampusku rata2 mengurus dengan cepat pascalulus una... soalnya malu minta uang sama ortu hehehe nyari kerja butuh banyak dana ngabisin tenaga juga
    tapi kayaknya gak enak aja ya lhawong sudah lulus masa kudu banyak biayanya
    hehe
    pengangguran terdidik :P

    ReplyDelete
  44. Ehem.... *batuk* Perihal bobot badan, saya ga usah komentar. :D

    Sebagai pemilik tubuh, Sitti udah tahu, kan, dampak bobot itu ke tubuhmu? :)

    ReplyDelete
  45. yang penting adalah semangat untuk tetap bahagia walaupun perut tak mau kecil lagi hohohohoh....

    Nitip lapak kumendan http://jabungleopark.blogspot.com

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!