HRD dalam Sebuah Karya Seni

Liat-liat pameran seni buat gue tuh semacam membaca puisi orang, mendengar lagu bahasa asing, menonton ludruk, melihat teater atau datang ke pameran lukisan. Seringnya gue nggak paham, tapi tetep bisa aja menikmatinya.

Sabtu tepat dua minggu lalu, ketika sedang kelas, dosen gue menginformasikan kalau ada pameran seni berjudul 'Human Resource Development' di Ark Gallerie, Kebayoran Baru. Dia girang banget karena si senimannya, Ade Darmawan membuat instalasi seni berupa gambar yang disablon ke kanvas yakni gambar grafik Human Development Index (HDI) dan grafik-grafik ekonomi lainnya deh. Meh, eike nggak tertarik lah sama grafik ekonomi tapi mendengar info pameran seni, gue dan Aji pun kepengen ke sana.

Kayaknya gue sama Aji tuh punya semacam ikatan batin. Kami berdua kan hampir selalu bawa kamera saku. Kok ya ndilalahnya, kamera dia memorinya penuh, kamera gue baterainya abis. Jadilah pas di galerinya, pakai kamera dia tapi pakai kartu memori gue. Alhamdulillah, masih bisa narsis-narsis. *jadi itu inti ceritanya*


Pameran seni HRD ini semuanya menggunakan barang yang didapatkan dari pasar loak. Pasar loak yang merupakan pasar sekunder bisa menunjukkan sisi konsumsi manusia. Kata kurator ekshibisi tersebut, Agung Hujatnikajennong, ada tiga golongan konsumen pasar loak. Yang pertama ialah mereka yang ingin meningkatkan nilai guna barang bekas. Yang kedua ialah mereka yang ingin menaikkan strata sosial dengan modal minim. Yang ketiga ialah para kolektor.

Instalasi pertama yang kami lihat ialah Tournaments, yakni jejeran pajangan piala. Ini menunjukkan bahwa meski kemenangan ialah sebuah yang prestisius, lama kelamaan akan usang dan bahkan ada yang berakhir di pasar loak. Lucu-lucu pialanya, masak ada piala juara lomba suap-suapan...

Gue coba baca kuratorialnya... meh... tetep nggak ngerti!
Kemudian ada karya berjudul Bagaimana Mendjadi Kaya. Ada dinding yang bergambarkan grafik-grafik dan rumus yang biasa kita lihat di buku-buku. Misalnya, rumus SWOT, diagram yang di ESQ itu tuh, macem-macem. Di sebelahnya ada buku-buku loakan di atas meja kuno yang dibagi menjadi tiga kategori: agama, negara, dan kapitalisme. Tapi tetep aja maksudnya gue nggak paham, hahaha...




Ada instalasi berjudul Permutation di mana di sebuah ruangan terdapat 15 lampu chandelier dan 20 kotak kaca berisi barang bekas mulai dari mesin ketik, piano mainan, mesin kasir, dan lain-lain. Ada juga Carousel, berupa piano tua yang di belakangnya disusun papan-papan kayu yang digunakan untuk menggantikan layar. Sementara proyektor menyetel foto-foto yang dibeli dari pasar loak. Tokoh utama dalam fotonya ialah bapak-bapak setengah tua. Sayang, pas kami ke sana rusak lampunya apa ya, jadi nggak bisa disetel. Meh...

Permutation
Setelah itu pun kami melihat karya yang dimaksudkan si ibu dosen. Enam kanvas bergambarkan diagram-diagram statistik berjudul Men, Illiterate, Work, Education, Non Formality. Di sebelahnya ada gambar Volvox Globator, diagram yang ada pada tes psikologi, dan lain-lain. Gue pun mencoba mencerna dengan membaca buku kurasinya, kok tetep ra dong ya... Waduh, kenapa eike susah ngerti gini-ginian sih... Dasar nggak ada bakat seni kali ya, hihi!


Suka ke pameran seni nggak?

❤❤❤

81 komentar:

  1. dasar seniman yah...bagus2 ajaa semuanya...terutama yang permutation itu..keren juga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gak ngerti deh aku sama seniman hihihi...

      Hapus
    2. menarik banget tuh Un, benar benar sangat.
      jika memang di beri kesempatan kan kuluangkan beberapa setengah detik dari waktu ku untuk menyempatkan mengeplak temen mu,
      sumpah, ekspresinya kemeplak

      Hapus
    3. Wikikikik, gak boleh, dia tuh warisan budaya, heritage :P
      Tak kenalke po piye? Hihihihi

      Hapus
    4. siap.
      tapi aq pendiem n pemalu :(

      Hapus
  2. janjane nek kowe tetap berdiri disitu, karyane ketok lebih nendang un
    pas banget dikau jadi obyek pelengkap karya
    hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayangnya aku udah ditag sama museum manusia purba je...

      Hapus
    2. jadi pithecantropus unaensis bukan sekedar hox tho..?

      Hapus
    3. Pastinya, kurang lengkap: unakerenensis, sip.

      Hapus
    4. cara motong kata asale piye..?
      una kere nensis opo unake renen sis..?

      Hapus
    5. unakeren dong ah... gitu aja ditanya...

      Hapus
  3. aku belum pernah ke pameran seni un....hehehe...

    Eh..si aji fotonya serius bener un.....:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak serius mbak, emang tampangnya gitu aja...

      Hapus
  4. Sama donk sama sayah mba Una. Kalaw ada pameran SENI lebih banyak melongonya secara saya nda ngerti makna filosofis segala macam. Yang penting datang, duduk, liat liat atau baca atau dengerin aja. Bener bener banged, yang penting asyeeeeeeeeeeeeekkk

    BalasHapus
  5. piala lomba suap-suapan??
    suap"pan apaan tu??
    eh, mb' Aji ngga berekspresi gitu ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya lomba 17-an gitu deh.
      Itu emang ekspresinya kek gitu :P

      Hapus
  6. Apalg eikeh un...mana pernah pergi2 ngliat pameran seni ky gituh :p
    Tp bagus ya pameran seninya...kalo disini ada aku juga mau kok ngliat2, ah sayang ya piala2 yg akhirnya jd brg loak itu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi ternyata piala tuh 'gak penting' juga :D

      Hapus
  7. Melihat kamu dalam fotopun, bagi saya seperti melihat karya seni...
    Sumpah!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku gak ngerti ni maksud tersirat Pak Mars apaan, fufufu...

      Hapus
    2. Itu bukan tersurat atau tersirat tapi terseret

      Hapus
    3. terseret pesonaku ya, Pak?

      Hapus
    4. asli ngakak baca komen Pak Mars

      Hapus
  8. ke pameran seni itu pas kalau di tempat les di CCF atau LIA buat pameran,
    abis selesai les datangi pameran di hari pembukaan, suka ada kue2nya, wk..wk...
    pura2nya serius lihat pameran lukisan pdhal ngincer kue2...., itu jaman dulu lho ya...he..he...

    BalasHapus
  9. Suka. Tp udah ga pernah lagi :(

    BalasHapus
  10. Karya seni emang selalu susah dimengerti ya Mbak..
    saya juga gak ada bakat seni, hehe

    BalasHapus
  11. kuwi pialane pada di lem apa yah un? jajal didudut siji digawa bali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gah ah, pialaku wis akeh. Ngebak-ngebaki omah ngko...

      Hapus
  12. aku jarang ke pameran seni, ora dong. mending nonton konser musik ha.ha.ha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha konser musik lebih asik yooww~

      Hapus
  13. aku sebenernya suka ke pameran seni, cuma kadangkala otakku suka ga sampe mengartikan karya-karya tersebut... hahahahaha

    BalasHapus
  14. Permutation!!! Serem iku Un lek bengi. Haduuuh...... bayangin mesin ketik malem-malem catak cetik sendiri.... hauuuuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Auoooo... trus uji nyali di situ, wow!

      Hapus
  15. Saya sependapat dengan Una di paragraf pertama tulisan ini hihihi. Tapi saya sukaaa sekali tema2 begini Na. Sayang ya ndak ada di Makassar. Kalo ada di Jakarta, saya mau pergi ke pameran ini bareng Una.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa sih gak ada pameran seni di sana? Pasti ada no...

      Hapus
  16. jadi mau gak mau.. sadar gak sadar, secara gak langsung, semua gambaran hirarki yang terdapat di alam ini, mau dari agama apaun, sepertinya semua sama, berbentuk segi tiga :)
    seniman... pencerahan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tadi aku mencerna maksud segitiganya, hahaha ternyata itu :P

      Hapus
  17. Lama gak mampir, tenyata bhs elo udah prokem, na! Mantep! Hehehe, seumur idup liat pameran cuma liat pameran filateli waktu smp dulu! ;-)

    BalasHapus
  18. kayanya kalau aku datang pun gak paham, una :p aku sukanya cuma ke pameran buku sama elektronik aja, hahahaha :D

    BalasHapus
  19. kereeennn jeng ... tp gw malah gak ngerti apa yg coba lo jelasin, hahahahhaa ... pisss :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huuu elek kamu mas T.T

      Hapus
    2. saake si Mon Una mbok arani elek :D

      Hapus
    3. Hahaha cen elek kok mbak :p

      Hapus
  20. gue gak bisa ngapa-ngapain lagi Na. berkomentar juga gak bisa banyak. cuman bisa bilang "WOW"...!

    BalasHapus
  21. haha pas banget yang satu batere abis, yang satu memori card penuh. mantap... :)

    BalasHapus
  22. Igh kayaknya lucu tuh pameran seninya... Aku juga suka ga mudeng Na kalo liat seni2 gitu.. Makanya lebih suka ke museum daripada pameran seni.. Kalau museum setidaknya bisa dengerin cerita dibalik karyanya.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya setuju, museum meski gak mudeng tetep bisa baca ceritanya :D

      Hapus
  23. hahaha, masa ada si lomba suap-suapan?
    Kayaknya yang menang yang nyuapinnya banter lho, yang cepet habis. :D

    Pernah liat pameran seni, seni lukis dan ukir. PAs ada di sasana adipura. :) Kaya2 para seniman, apapun kreasinya kalau diliat tuh emang selalu menarik. :)

    Un, mengapa oran gkaya semaikn kaya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada, lomba 17an kale :P
      Yoi... namanya juga seniman hihihi...
      Hambuh :P

      Hapus
  24. Nontonnya sambil mikir ya Na? hehe...
    Ngomong2, tumpukan buku2 agama, negara dan kapitalisme..mana yg paling tinggi, Na? *pertanyaan iseng ga jelas ya..hehe..*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak mikir, kalo mikir aku paham :P
      Embuh... sejajar semua :D

      Hapus
  25. astagaaa (-____-) aku pusing mbak, baca posting mbak yang ini. ngeliat gambarnya aja dan berusaha ngerti pun jadi pusing.. hahahaha

    BalasHapus
  26. Tanggal 17 November aku mau liat pameran Seni Artis2 Jepang Un...
    Tunggu postinganku ya hehehe

    BalasHapus
  27. Kalau aku gak pernah ke galery seni gini na. lagian aku gak ngeh juga seh kalaupun diajak.. :P

    BalasHapus
  28. wah rame nich....wah kerren2 gambarnya,,,saya masih baca sebagian,,,beneran nich semuanya dari pasar loak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap... barangnya dari pasar loak...

      Hapus
  29. wak mbak e kalo bagian posting yg ini saya ROAMING alias ra ngerti :D

    BalasHapus
  30. kayaknya itu artinya bangga, yang di dinding itu gambarin anak ... dengan sejuta prestasi dan yang di kursi itu adalah orang tua yang gambarin kalo di lagi melihat anaknya bisa berprestasi haha......... aku ngawur

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah elu rinem anak ITS ya? kenalin gua VINO... tonton film gua yg dibuat di ITS ya? ...... kayaknya elu bakat jadi artis dah nantinya

      Hapus
    2. wah wah wah, aq ikutan eksis saja...
      beda sama artian q ya Un??

      Hapus
    3. Sama bukan sih...
      Ckck ternyata munir sama rivai sepikiran :P

      Hapus
  31. Keren Naaa. terharu liat karya instalasinya. sing penting dinikmati pancen Na..

    BalasHapus
  32. Pameran seni kadang ada yang oke dan menarik banget, tapi kadang ada juga yang "kok gini doang sih?", huahahaha :P

    Menyebalkannya kadang masuknya itu bayar (mahal) trus isinya 'mengecewakan' kita karena kitanya kurang cocok sama jenis seni yang dipamerkan gitu deh Na, hehehe :D

    Tapi seni HRD ini sepertinya menarik juga ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huahahaha...
      menarik sih tapi mengecewakan juga soalnya gak ngerti :D

      Hapus
  33. keren banget,,, sangat menakjubkan!!

    BalasHapus

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!