Leher Kalung Usus

Sekarang aku lagi ngabisin novel Gadis Kretek. Di salah satu bagiannya, ada tokoh bernama Mak Iti' berkata, "Walah... kelilit usus, Nduk, bayimu. Ra po-po, mengko dadi bocah sing pantes nganggo klambi opo wae." Intinya dia memberitahukan bahwa bayi lawan bicaranya terlilit usus dan tidak apa-apa karena bakal jadi anak yang pantas memakai baju apa saja. Nggak ada unsur lucunya di situ, tapi aku nyengir sendiri.

Soalnya, leherku juga kalung usus. Kalau gambar yang di header sih, sengaja sama yang nggambar dioperasi plastik, jadilah leherku bebas kalung usus, wehehehe! Ya pokoke ada lekukannya gitu deh leherku. Awalnya kukira itu turunan, soalnya ibuku pernah bilang, simbah dari bapakku lehernya juga begitu. Ternyata belakangan kutanya lagi ibuku, itu bukan turunan, ya memang karena terlilit usus beneran.

Woh, kirain kalung usus tuh konotasi doang. Karena ngebaca bagian di novel itu, aku keingetan waktu ikut sebuah organisasi di Cilandak, ibu-ibu yang biasa jaga administrasi pernah bilang ke aku, "Wah jarang loh yang kalung usus. Asik dong kalo pake baju apa aja pantes." Meh, hooh po? Lha aku selama ini make bajunya, celana kaosan atau daster, ya pantes-pantes aja sih selama ini.

Mau sate usussss T.T
Berarti mau pake Versace, Dior, Prada, Gucci, Victoria's Secret, Chanel, wah semua cocok dong. Aseeekkk...

Nah, aku penasaran dong nek punya leher kalung usus tuh kepiye. Dan ternyata banyak mitos-mitos yang mewarnainya. Aseeekkk...
  • Bakal pantes dan luwes pake baju apa saja. Mbuh ya.
  • Istilah bayi yang lehernya terlilit usus Bahasa Jawanya: bayi tiba sampir.
  • Dan katanya harus diruwat T.T
  • Nek berkalung usus, jare disukai banyak orang. Ah, boong nih kalo ini.
  • Mitosnya lagi, kalau perempuan jadinya cakep dan mudah memperoleh pasangan. Wah, boong lagi ini!
  • Katanya, selalu berkecukupan karena mendapat kalung dari langit. Ah, mbuh. Tak amini aja deh. Hehehe... ^^
Punya leher kalung usus juga? ^^

90 comments:

  1. pokoke mitos2 sing apik2 tak amini ajah.. soale leherku jg kalung usus.. hihihi.. toss ah ama una
    eh eh.. tp bener kan aku cakep.. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss!
      Iya cakep. Aku juga loh mbak, muahahaha...

      Delete
    2. ayo ngguyuuuuuuuuuuu.
      wakakakakaka.
      ngguyu maneh.....
      wakakakaka.
      yen ngguyu yo ojo seru seru....

      perut q kalungan BAN :D

      Delete
    3. Klok berkalung usus n kaki duluan
      Gimana kak

      Delete
  2. untung udah makan, jadi gak terganggu sama gambar diatas...

    Kalung Usus, saya baru tau Mbak :(

    ReplyDelete
  3. wah, kata orang orang sih begitu, kalau punya leher kalung usus hidupnya lebih mudah begitu,.. masa dirimu tidak percaya sih hehehehehe

    ReplyDelete
  4. aku kalungan monel mbak hihi
    tapi sate ususnya enak tuh ^^
    setauku kalungan usus memang bukan keturunan, kaya posisi nyungsang gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kalungan choker berlian.
      Yuhu, kelibet usus hihi ^^

      Delete
  5. Replies
    1. kak..loh nek aq kalungan rante sepur ...iku piye gakgakgak

      Delete
  6. hihi yang bagus2 sih diamini aja na...

    Apalagi mitos yang terakhir..hihihi

    ReplyDelete
  7. wekeke, iya mamaku dulu pnh ngomongin mitos itu

    tp wlo aku gak kalungan usus pake baju apa aja ttp bagus #pret :D
    jd pngen sate usus :D

    ReplyDelete
  8. terus genahe kalung usus itu sing piye tho mbak blitser?? cuma mblenuk-mblenuk gitu ta?

    ReplyDelete
  9. Hahaha... maklumlah mbakyu, orang jawa itu penuh dengan mitos. Dan aku tidak suka dengan anggapan2 yang tidak sesuai kenyataan, termasuk ngalor ngulon dan lusan :'(

    ReplyDelete
  10. Yup, soal mitosnya. Emang gitu kok. Konon, pake baju apa aja cocok.
    Saya dulu sungsang dan kalung usus.
    *toss mbak*
    Tapi ga terlalu kelihatan sih kalo difoto. Hahaha, wes to apik-apik.

    ReplyDelete
  11. Cie... Una buat Novel toh! Asik nih :))

    ReplyDelete
  12. Uwahhh mitosnya byk bgt..blm yg dr daerah lain,kl q sih nyimak aja...kl buruk lewattt tp kl baik diamini wae hehe..nmany jg mitos xixixi

    ReplyDelete
  13. Mbak un gawe opoh wae luwes, urung tau ndelok mbak una gawe dress lho, nyoba pake dress ben ketok kalungan usus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daster ki termasuk daster kan yah :p

      Delete
    2. duduk, dress yang kayak di pilem2 sinderella itu lho mbak :D

      Delete
  14. saya sih enggak :D
    dan mitos sih saya gak percaya ^^

    ReplyDelete
  15. Aq yo pernah dengar mitos itu....
    temenku kemarin bayinya kalungan 3 usus, harus di caesar lho. Soale bisa membahayakan bayinya katanya.... *eh oot ya??* ehehe

    ReplyDelete
  16. ono maneh una, katanya suaranya bakalan bagus..
    *ngelirik anakku disik seng kebulet tali pusarnya sampai dua kali lilitan*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciyus @.@
      Mitos yang itu juga gak terbukti di aku...

      Delete
  17. Mbak,ini ngajak makan sate usus atau ngajak cerita leher kalung usus? #akibat iri karena ga punya leher kalung usus.
    hehehehe...,

    ReplyDelete
  18. aku kalung usus, tapi nganggo opo wae rak ono sing cocok. cocoke sarungan tok ae

    ReplyDelete
  19. kayak-kayaknya sih cocok semua Na. *amiiin dan terima lima puluh rebuan*
    Etapi aseli baru tahu istilah dan artinya dari sini Na. MAkasih yoo :)

    ReplyDelete
  20. Berkalung tali pusar nih maksudnya Na. Di sini juga ada yang bilang terlilit usus. Tapi bukan usus. Koq serem ya kalo usus si ibu nembus dalam rahimnya sampai meliliti bayinya :D

    Anak2ku ketiganya punya riwayat mirip. i Affiq terlilit tali pusar di lehernya, tercekik malah, sebanyak 3 kali sampai2 dia agak lama di jalan lahir.

    Athifah, lahir berkalung tali pusar sebanyak 2 kali. Dan Afyad juga berkalung tali pusar, seingat saya hanya 1 kali (apa 2 kali ya? lupa). Tapi yang lehernya paling unik anak bungsuku. Lehernya tuh agak jenjang dan kayak pake kalung gitu lho, ada garis2nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahihihi iya tali pusar, tapi bilangnya kelilit usus. Katanya kalo tali pusarnya dikeringin, bisa jadi pengikat rejeki, muahahaha...

      Wah berarti leherku mirip kek Afyad dong :D

      Delete
  21. pertama, saya baru tau ada istilah leher kalung usus, karena belom pernah nemu na 'kasus' leher usus gini

    kedua, berhubung baru tau ttg leher usus, saya pun tak tau ada mitos2 yg menyertainya

    ketiga, pengen liat dong, kayak gimana sih leher usus itu? ayo kasi liat fotomu berleher usus na :D

    ReplyDelete
  22. Un un, anakku Naeema juga kelilit usus. Iya ya jd ada bekas sedikit dileher gitu ya.....soal pantes pake baju apa aja kayanya iya ya eh apa faktor turunan ya itu......hehehehe

    ReplyDelete
  23. saya pernah punya kerabat yang sering dipanggil tante, tapi sudah almarhumah,,,juga dijuluki leher kalung usus, dan kata orang sich...leher kalung usus itu hidupnya nggak pernah susah,,selalu berkecukupan..dan memang benar. dalam kenyataannya beliau selalu berkecukupan makmur sentosa...kalau disukai banyak orang juga benar kok, karena semua orang yang pernah berjumpa dengan beliau, suka dengan beliau...walau suaminya hanya satu...dan orangnya setia loh sama suami satu-satunya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciyusss?
      Huwaaa semoga aku kek tantemu om ^^

      Delete
  24. percayalah pada mitos yg baik-baik saja..
    :)

    ReplyDelete
  25. iya, katanya katanya katany... kalo kalung usus itu special loh
    tapi ya itu... katanya katanya katanya

    ReplyDelete
  26. hmmm enak kalungnya.. eh satenya :D

    ReplyDelete
  27. Amiinnn..
    pokoke sing apik2 pecoyo.
    sing elek tak buang jau :D

    aku ndak suka sate usus, maunya sate kambing aja

    ReplyDelete
  28. Tapi mitos2 biasanya suka bener tuch Mba !
    Percaya ga percaya dech !

    ReplyDelete
  29. wah mbak una makannya diangkringan terus gorengan dan usus ususnya heheheh

    ReplyDelete
  30. Lama nggak mampir ke sini mbak una. Baru tau malah kalau yang seperti itu istilahnya leher kalung usus. Yang penting sehat dan selalu bahagia ya mbak, biarlah mitos-mitos berlalu :D

    ReplyDelete
  31. Waaaah...berarti besok2 kalo posting, fotonya gak bakal di blur lagi donk
    Kan panteeees aja gtu qiqiqi

    ReplyDelete
  32. serem amat ya Un, pake ruwat2an...hihihi

    ReplyDelete
  33. maksudnya apa toh Na? *gak mudeng*

    tapi selama ini gpp kan dengan lehermu Na?

    ReplyDelete
  34. Leher kalung usus itu kayak ada garis dan semacam ruas-ruas samar gitu ya dileher ka Un ?
    Oh baru tau mitos"nya

    ReplyDelete
  35. wew, baru nyaho gue soal ginian jeng ... hmmm ternyata ada ya ...

    ReplyDelete
  36. leher kalung usus tu yng kayak apa to mbak ? wkwk #ngga mudeng

    ReplyDelete
  37. makan sate usus temannya bubur ayam enak ya una :)

    ReplyDelete
  38. Dikalung usus saja sudah begini, apalagi dikalungi berlian.
    Semoga una mendapatkan yg terbaik sebagai yg dikalung usus...... :)

    ReplyDelete
  39. hadohhh....gbrny bikin eneg aja. kalungan usus itu yg lahir kelilit plasenta ga ???

    ReplyDelete
  40. Halo mbak, salam kenal ya :)

    Mau nanya nih, bisa bantu saya review produk oleh2 khas bali? Kalo bisa tolong hubungi kembali ya.

    Saya tunggu kabar baiknya :D

    ReplyDelete
  41. Wah mau dong mitos yang baik-baik, konon aku juga kelilit usus.. :D
    Tapi walaupun gak kelilit usus klo pke produknya Versace, Dior, Prada, Gucci, Victoria's Secret, Chanel pantas-pantas aja sih, Na.. apalagi klo belinya pke voucher gratisan trus dapat diskon lagi.. :D

    ReplyDelete
  42. Wuihh, aku baru tau. Mungkin maksudnya leher jenjang kali ya,k karena biasanya kalau leher seseorang jenjang akan terlihat bagus dalam pakaian apa aja. Tapi gak tau juga deh :D

    ReplyDelete
  43. Kowe ancen ayu koq. .
    Wis di ruat kan, Dora? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahaha, ketoke wis deh, mba. dadi ayu lho fotone una ono sing paesan. :D

      Delete
  44. Tali pusat kali maksudnya ya, Na. Si Nadya dulu juga kelilit lehernya, makanya dicesar :)
    Semua orang juga bilang gitu, bakal pantes pake baju apa aja :D

    ReplyDelete
  45. tapi kenapa gambarnya usus? mana kalungnya?
    wasiat alias petuah tentang kalung usus kok doanya bagus-bagus ya? dulu aku kalung usus apa enggak ya?

    ReplyDelete
  46. menu khas angkringan yang sederhana tapi sangat ngangenin :)

    ReplyDelete
  47. un, tp aku setuju kok sama mitos sing iki : ' Nek berkalung usus, jare disukai banyak orang' buktine byk yg sk km un, termasuk aku ki.

    ReplyDelete
  48. emang bekase ki ketok kepiye, na? aku ga ngeh nek ono mitos iki :D nembe ngerti malahan, hihi. nek mitos andeng-andeng mbe tahi lalat kuwi yo ono :P

    ReplyDelete
  49. Alhamdulillah, anak-anak dulu "kalung usus" juga mba...
    biar berkulit item tp pake baju warna apa aja, tetep pantes malah kelihatan manis
    hehehe...

    ReplyDelete
  50. Aku baru dengar dengan istilah ini un..

    ReplyDelete
  51. Hohohohooo... Sama. Aku juga gitu waktu lahir. Bahkan gak hanya di leher yang kebelit, paha kaki kanan dan lengan kanan juga. Akhirnya Ibu ku cesar.
    Pas lahiran ada ibu - ibu asli orang Jawa yang nengokin saudaranya ngotot mo beli aku sama ibu ku, tapi gak di kasihin. Soalnya aku anak pertama dan telat 7 tahun. :p
    Leher ku dari tengkuk sampe depan ada garis putih sampe 2. -__-"
    Juga sensi terhadap hal - hal yang berbau 'gothic'sengaja gak sengaja. Hahahaa... Hikzz...

    ReplyDelete
  52. leher kalung usus ?? baru denger nama itu, jadi selama ini kemana aja wkwkwk
    btw makasih sharingnya

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!