Disemprit Tentara Vietnam

Hujan makin deras, aku dan temanku Bellita melintasi jalan di tengah kota Ha Noi untuk menuju ke musoleum mantan pemimpin Vietnam, Ho Chi Minh. Jasad beliau diawetkan dan dipajang di sana. Sudah terlihat bangunan musoleumnya, meski hujan membuat pandangan kami menjadi abu-abu alias nggak cetho. Ada banyak orang berjalan antre masuk ke sana. Kemudian, kami pun menyeberang melewati sela taman di depan musoleum.

Di gang sela taman rumput itu aku jalannya...

"Priiiittt... priiiittt..."
Duh, kaget. Ada apa yak kok ada tentara Vietnam nyemprit-nyemprit. Kami pun jalan bergegas supaya sampai ke depan musoleum.

"Priiittt... priiittt..."
Hm, curiga nih eike. Pas nengok ke sekeliling, ternyata seorang tentara di dalam sebuah pos melihat kami dan menyuruh kami minggir dari area situ. Tangannya mengarahkan seperti berkata, "lewat sini neng, kagak boleh lewat situ."

Oalah, ternyata nggak boleh lewat situ. Salahnya papan 'dilarang lewat sini'-nya cuma ada di pinggir, kan nggak ketok. Kami pun menghampiri tentara itu dan bertanya bagaimana cara masuk ke dalam musoleum. Ternyata lewat dari samping.

Penjagaannya ketat sekali, pos tentara di sana-sini. Masuk pun tidak diperbolehkan membawa tas yang besar. Tulisannya sih telepon genggam, kamera, dan barang elektronik lainnya nggak boleh masuk juga. Tapi nggak seketat itu sih, asal nggak dikeluarin aja pas di gedung musoleumnya. Di depan ada penitipan barang, dan tasku ransel. Namun sama petugasnya dilolosin soalnya ora ono isine.

Gedung Musoleum. 
Masuk bareng anak piyik piyik.
Hmmm...
Kemudian baris, antre buat masuk melewati metal detector. Selanjutnya, aku dan Bellita masuk ke dalam barisan anak-anak kecil yang sepertinya tur dari sekolahan gitu. Berisik banget, ndesel-ndesel. Dan yang baris jumlahnya banyak banget. Heran, cuma liat mayat saja ramai gini. Jumlah visitor Borobudur yang rata-rata lima ribu per hari kalah jauhhh...

Masuk ke dalam musoleum, kirinya ada tentara. Kemudian terlihatlah jasad Ho Chi Minh tidur dalam peti kaca. Nggak kayak orang, kayak patung lilin gitu, wehehehe... Jalan di sekeliling peti itu, kepalaku nggak berpaling dari melihat mayatnya. Di bawah petinya berjagalah empat orang tentara. Cuma sebentar, ya abis itu keluar...

Wealah, cuma liat mayat gitu aja ribet ya wehehehe. Tapi aku masih terkagum-kagum sih sama Ho Chi Minh. Sudah meninggal lama, tapi masih dielu-elukan dan dicintai rakyatnya. Beliau merupakan tokoh revolusioner yang mendirikan Partai Komunis Indo-China dan kemudian membuat Vietnam mendeklarasikan diri sebagai negara komunis pada tahun 1945. Kalau ngeliat dari foto-fotonya di museum sih, dia pemimpin yang down to earth gitu... Sayang, ketika puncak keganasan Amerika di Vietnam (Perang Vietnam-Amerika) dia sudah mati T.T

Sekompleks dengan musoleumnya, terdapat rumah tinggal, tempat kerjanya jaman dulu, serta museumnya.

56 komentar:

  1. iyo, ojo mung posting tok. oleh-olehe sing jelas dhisik.

    BalasHapus
  2. woalah sing gek nang vietnam disemprit semprit karo polisi vietnam....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya masak disemprit polisi Indonesia :P

      Hapus
  3. Mbak Una ke luar negeri pake uang dari mana ? *pertanyaan polos*

    BalasHapus
  4. masuknya aja kayaknya ngatri gitu ya, ujan2 pula keliatannya.. :D

    Una sy udah daftar buat GA ya.. Daftarnya di postingan yg Ngguyu-ngguyu dewe #2 abis di postingan GA gak masuk2 komennya *cerewet bener ya saya.. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa ujan-ujanan T.T
      Iya makasih mbak, maaf aku juga gak tau cara 200+ komen biar bisa kelihatan T.T

      Hapus
  5. sayang foto mayatnya gak sempet di jepret, apa memang gak bolah di ambil gambarnya yah hehe... kayaknya seru deh jalan jalan nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak boleh mas hihi
      Tapi ada di gugel sih :D

      Hapus
  6. gak ketok, gak ketoro opo gak ngerti artine na? Kakakaka mesti tulisane "OJO LIWAT KENE NDES" #kakakabor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huwaaaa enak ajaaa
      Emang gak keliatan tauukk T.T

      Hapus
  7. disemprit gitu dikira kamu bu guru nyasar ditinggal murid yang piyik2

    BalasHapus
  8. ngelencer reeee adoh men mbak

    BalasHapus
  9. syg banget ya pas ujan,, pasti mayatnya ga boleh dipoto yah? pdhl penasaran 0__0

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihih gak boleh tapi ada tuh di google :D

      Hapus
  10. wah, sampai sejauh ini perjalanan kamu Na. tidak semua orang bisa sampai disini. sungguh malang nasib gue Na huhuhuhu..!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak jauh cuma 2000 km, dua kali ke Kalimantan hihihi :D

      Hapus
  11. Bangunannya keren ya Na, hehehe :D

    BalasHapus
  12. tentarane ga tau kalo bawa ransel kosong niate buat nyolong mumi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Arep nyolong tentaranya yang ganteng...

      Hapus
  13. mbayangkeun kok serem ya Na. pas dilihat sama banyak orang tiba-tiba matanya melek. hiiiyyy....
    eh suwun Na dah diposting. :'D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahaha iya, aku juga ngebayangin gituh :D

      Hapus
  14. Kita apa kalah promosi ya Na, kok obyek wisata kita pengunjungnya rendah...
    Mungkin karena faktor keamanan dan kebersihan.
    Kita memang kalah

    BalasHapus
  15. Wah gk boleh difoto ya Na...meski rada serem penasaran juga pengen liat mayat yg diawetkan itu, keren euy Una travelling mulu.

    BalasHapus
  16. Pengen ke Vietnam.. Jalan2 mulu nih Una.. hihi

    BalasHapus
  17. Pengen lihat mayatnya kayak apa. Kok rame banget pengen ngelihatnya. Pakai kamera mini kak biar bisa foto mayatnya. Ntar pasti jadi berita hot.

    BalasHapus
  18. Tante Una, kalo segitu dibilang piyik,
    trus Dija apa dong?

    BalasHapus
  19. takjup sama taman bunganya yang tertara rapi
    vietnam aja bisa, kok kita gak bisa bikin kayak gitu ya

    BalasHapus
  20. Mungkin di kira mau mencuri kali ya.. keren ya ada tokoh yang di elukan seperti itu ya...

    Di Indonesia saking banyaknya jadi ga ada yang terawat seperti itu kali ya.... malah seringnya dikasi sajen disana....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyuri mayatnya hihihi :D
      Hooh dikasi sajen, didoa doain gituh

      Hapus
  21. pasti waktu kemaren lama ga ngeblog karna ke vietnam ini yaa.. hihihi *sotoy*

    BalasHapus
  22. wong jowo ki? asline endi mbak? :D
    salam kenal, nek iso follow balik yo.. matur nuwun :p

    BalasHapus
  23. wah mlaku mlaku meneh rek arek e, oleh2 e endi?

    BalasHapus
  24. iiihhh,,, asyik banget ke vietnam >.<

    BalasHapus

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!