Ke Taman Pintar Bersama Teman-Teman Pintar

Setelah dari Dieng, aku, Mbak Ribut, dan Mbak Al kan ke Jogja ya. Aku ditanya mereka, Jogja yang asik ke mana ya. Haduh, meneketehe. Wong biasanya ke Jogja juga cuma pindah tidur doang. Mbak Ririe kemudian menyebutkan Taman Pintar, boleh tuh ke sana, belum pernah juga. Pernah sih, cuma di depannya thok thil.

Sampai sana, Mbak Al yang ogah panas-panasan duduk di depan Gedung Oval, sementara itu aku dan Mbak Ribut mainan parabola berbisik, sembari menunggu Rivai. Itu loh, dua parabola, jaraknya agak jauhan, trus kami ngomong ke arah parabola, trus nanti temennya bisa ngedenger dari parabola yang lain. Gitu deh. Tau nggak kita ngomong apaan...

Aku: "Mbak Rie jelek."
Rie: "Una jelek."
Aku: "Mbak Rie jelek jelek jelek jelek."
Rie: "Una jelek jelek jelek..."
Aku: "... jelek jelek jelek!"

Narsis-narsis sik...
Begitulah dua wanita dewasa bermain parabola berbisik. Berisik kali, iya. Setelah Rivai datang, kami pun masuk ke dalam. Kebanyakan yang ke sana tuh rombongan anak-anak atau orang tua yang membawa anak-anaknya. Tapi... kami berbeda. Jeng jeng! Anyway, tiketnya 15.000, sedikit lebih murah dari PP-IPTEK Taman Mini, jika mau dibandingkan, mengingat tempatnya kan sejenis.

Yak, Gedung Oval yang kami masuki di Taman Pintar di dalamnya terdapat banyak alat peraga dan ekshibisi benda dan alat-alat yang berkenaan dengan IPTEK. Di Taman Pintar nggak cuma terdapat Gedung Oval, tapi juga ada alat peraga di luar, macam parabola berbisik, ada planetarium juga, ada Gedung Kotak, dan lain sebagainya. Gitu deh ah.

Mbak Ribut menaruh tangan di bawah permukaan yang terdiri dari paku-paku.
Di awal kami disuguhi terowongan berakuarium, macam di Sea World juga. Di awal pula kami-kami belum mood ngeluarin kamera, wuehehehe jadi ndak onok fotone. Kemudian ada dinosaurus-dinosaurusan nggak jauh dari sana ada manusia purba. Mirip di Sangiran, cuma ini lebih sopan bok, soalnya dinggoni rok. Di dinding-dinding terdapat penjelasan mengenai jenis-jenis dinosaurus.

Masuk lagi, semacam di atriumnya (dome area) gitu, berjejer alat peraga yang tak luput ditunggui mbak-mbak petugasnya. Ada peraga yang kalau kulit menyentuh paku yang banyak tidak akan sakit seperti yang Mbak Ribut coba di foto di atas, ada juga peraga lintasan kereta udara, makanya kereta lebih cepat jalannya kalau dikasih udara, trus ada bola Van de Graff, itu loh... bola yang kalau dipegang rambut kita bakal ikut njegrak. Si Rivai dah siap-siap aja nyobain, eh jare mbaknya, yang itu arusnya kecil, yang di atas aja mas... Okelah kalau begitu.

Profil ilmuwan-ilmuwan. Bahkan Stephen Hawking juga udah ada loh.
Sebuah mobil dengan pintu sebelah kiri terbuka menjadi peraga sistem apa gitu, dan disponsori sebuah perusahaan. Si Mbak Alaika kepengen foto di mobil itu, tapi apa daya, anak kecil yang naik mobil, kagak turun-turun. Sabar ya mbak, wokokokok... Kami pun naik plus di kanan ada suguhan biografi ilmuwan dari Newton sampai Hawking pun ada.

Di sana ada gambar mengenai bagaimana gerhana bisa terjadi dan wis tak delok-delok dengan seksama kok aku tetep ra dong ya... meh meh meh, mungkin harus ke Taman Pintar lagi biar aku jadi pintar. Trus ada simulasi gempa, wah ini seru. Kami berempat naik ke kotakan yang menyerupai ruang,  trus goncangan pun terjadi, langsung deh, pada akting... Tak lupa narsis-narsis. Di siapaaa fotonyaaaaaa!

Kurang naikan dikit, Jeng...
Kasian listriknya nggak ngikutin tanganmu mas T.T
Rivai ditonton wong akeh rek...
Generator Van de Graff kami temukan lagi di lantai 2. Kata mbak yang di bawah kan arusnya lebih besar. Trus kata mas-mas yang di lantai 2, yang nyoba harus yang rambutnya panjang. Tanpa dibilang gitu juga Mas Vai yang nyobain. Banyak orang datengin soalnya pada penasaran kan bakal njegrak kek apa. Yak, saklar generator dinyalakan.

Eh? Eh?

Mana rambut yang berdiriiii!!!!!

Masnya, "Ini mbak, berdiri... " sambil tangannya ditaruh di atas kepala Rivai.

Ah, ngapusi. Kecewa deh yang nonton. Padahal gambar di contohnya, oke banget rambutnya.

Oh jadi warna bahan bakar tuh kek gitu tho... Baru tau eike... cocok lah aku ke Taman Pintar, dasar bego.
Wayang mbuh, lalalalala...
Gedung Oval ternyata lebih luas dari ekspektasiku. Lumayan capek juga jalannya, apa karena sebelumnya dah jalan kaki banyak kali ye. Di sana terdapat zona-zona yang disponsori perusahaan besar, misalnya replika pembuatan susu bubuk, lalu mengenai minyak-minyak yang disponsori Pertamina, komputer yang disponsori Windows, ada zona yang membahas mengenai motor juga.

Selanjutnya, ada mengenai budaya, ya miniatur rumah adat, keris, wayang, batik, dan lain-lain. Yang paling lama kami singgahi ialah zona yang disponsori Aqua. Mengingat ada lomba blog yang diadakan Aqua, langsung deh kami bertiga fotoin semua pajangan, semua info yang ada di zona itu. Bertiga? Yeah... karena ternyata si Rivai ora dong kita tuh ngapain. Dan... dia udah post duluan aja, fufufu...

Zona nambahi...
Ada zona matematika, biologi, dan fisika yang mengakhiri perjalanan kami di Taman Pintar. Tapi kulihat ada Zona Nambahi... ah becanda nih nama zonanya. Soalnya di zona itu masih kosong, apa memang nggo nambah-nambahi wae... eh ternyata dinamakan itu karena Taman Pintar itu perwujudan petuah Ki Hajar: Niteni (memahami), Niroake (menirukan); Nambahi (mengembangkan). Ooooo...

Ya ya ya, 15.000 untuk tiketnya itu itungannya murah karena ternyata banyak banget yang bisa dilihat di sana. Plus luas banget... Bagus kalau anak-anak ke sana, iso nggo sinau ben pinter. Tapi kok ya, menurutku, tampilan koleksi-koleksi dan peraganya masih nggak menarik ya. Elek menurutku. Opo yo... mbuh. Ya sama PP-IPTEK bagusan Taman Pintar sih... tapi, tapi, tapi au ah... Menurutku contoh tampilan koleksi yang bagus itu macam di Museum Ullen Sentalu, Museum Sampoerna, dan Museum Bank Indonesia. Tapi kan itu museum... Tapi kan sama aja kalau masalah tampilan koleksi -____-" *debat dewe*

Anw, berminat ke Taman Pintar?

❤❤❤

Taman Pintar
Alamat: Jejer Taman Budaya Yogyakarta, jejer shopping, ngarep SMP 2 Yogyakarta. Nggak jauh dari Vredeburg, Bank Indonesia, dan Kantor Pos.

Jl. Panembahan Senopati No. 1-3

196 comments:

  1. He he.... akhirnya tayang juga post ini ya Na.....,
    Aq jd geli ingat kekecewaan kita krn rambut Rivai ga berdiri saat nyobain it, pdhl penonton udh high expectation.... haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aq juga kecewa mbak T.T
      soalnya rambutnya udah mau dipotong.
      huaaaaaa. :p

      Delete
    2. Lha pas kemarin rambutmu masih acak - kadut getu lhoh? MAng dipotong seberapa itu?

      Delete
    3. Hooh aku udah siap-siap mau moto Rivai versi njegrak... heh, jebule...
      Udah mau, kan berarti belom dipotong jeng :P

      Delete
    4. huaaa T.T

      kita dikibuli mbak2 yang dibawah.
      dan ditipu abis2 an tanpa rasa malu di lantai atas.
      mas2 nya langsung maen kabur aja T.T

      oh rambut q T.T

      Delete
    5. Hahaha kamu kan memang tanpa rasa malu...
      Udah potong? :P

      Delete
    6. aq pemalu kalik..

      belum potong :p

      Delete
    7. Pemalu ya ya :P
      Semoga gak potong ya hahaha :P

      Delete
    8. Ana arek lanang...
      Koyo uwong edan...
      Ngadeg ning ngisor wit...
      Nganti koyo dhemit...

      Delete
    9. itu dari gambar manusia purba ya. itu pasti nenek moyangnya hulk. bener kan. pinter donk sayah

      Delete
  2. He he.... akhirnya tayang juga post ini ya Na.....,
    Aq jd geli ingat kekecewaan kita krn rambut Rivai ga berdiri saat nyobain it, pdhl penonton udh high expectation.... haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwkwkwk ... lagian kennapa jg gak del sama adminnya :())

      Delete
    2. Huehehe biar bisa bales iseng ajeee :P

      Delete
  3. Asyik jalan-jalan ke Yogya Taman pintar dengan orang-orang yang pintar. Sambil nyoba alat-alat pintar, putar-putar, dan kelar. Mantap. Jadi seru kalau blogger-blogger yang pintar melakukan traveler.

    Sukses selalu
    Salam Wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya...
      Tapi sayang saya gak pintar je...

      Delete
  4. wah ane ndak pernah nih sudah di jogja 4 tahun belum pernah masuk ke taman pintar jogja kapan nih kopdar an di taman pintar yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak papa, ane juga 7 tahun di Jogja baru ke sono sekali...

      Delete
  5. Una elek, aq njaluk poto potone..
    hueeeee..
    aq ra dikirimi dewe.
    yoh.

    ReplyDelete
  6. wong wis narsis koq diburemke to fotone, piye to Mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. EHEHHEE....ya demikian Una Pak:)

      Delete
    2. Ya biar gak terlalu narsis gitu om...

      Delete
    3. Ini ciri mba Una ngeblurin foto dirinya sendiri. Perlu dipatenkan

      Delete
  7. wakakak kuwi musti di blur jeh fotone, padahal lag seksi, xixixi :p

    hehe penonton kuciwa rek ndak isok liat rambut jabrik, kurang akeh paling teganganne :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seksi? Oooo pastinyaaa...

      Hooh, kudune megang sutet apa ya...

      Delete
    2. buset megang sutet sing ada yoo jabrik sak uwong2 e :p

      Delete
    3. Ra mung jabrik, gosong barang :P

      Delete
  8. Poto yg di simulasi gempa itu di kamera sapa ya? di punyaku gak ada je

    ReplyDelete
    Replies
    1. tersangka pokoknya kalian berdua..

      ato jangan2 kemarin mas2nya tipu2 motret..

      Delete
    2. Jangan-jangan pake kamera mas-masnya, wkwkwk...
      Ketoke di Mbak Rie... kekamuflase ama foto foto narsisnya aje tuh

      Delete
    3. nggak mungkin kali kameranamas nya...

      paling ra kwe yo mbak ribut..

      Delete
    4. Ya gak mungkin. IHHH!
      Mbak Ribut kuwi... du aku og...

      Delete
    5. ojo dirasani, ge sibuk maklumi wae lah :D

      Delete
    6. Ben wahing wahing terus wae dirasani...

      Delete
  9. wah saya mah sering ke taman pintar mbak, lumayan nggak jauh2 lah dari rumah. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Whahaaa, tau gettu kemarin kita mampir deh:)

      Delete
  10. berkunjung mlm nymak'j D: trmkas,ni infonya mbk

    ReplyDelete
  11. mbok aku dijak.. huhuhu..

    Una jelek, jelek, jelekkkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalian berdua sama sama jelek...

      mak jleg, dadi duit....

      Delete
    2. Kamu juga jelek...
      ing jroning golek duittt okeeeheee resekso...

      Delete
    3. ana bocah wadon..
      katon pinggir dalan rebutan rambutan..
      ana arek lanang..
      nanggap sapa ae, ketemu cah wadone mau.
      ditukokno rambutan ben cah wadone ra rebutan :p

      Delete
  12. bukan berarti gak kesitu gak pinter kan ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoa, kalo udah pinter kan gak perlu ke situ :P

      Delete
  13. daftar jd followers ke 508.. dibales yo rpp koq.. hehehe

    ReplyDelete
  14. taman pinter masuk dlm itinerary aku untuk ke jogja akhir tahun ini.
    Tujuane ben Samara pinter. Amin...:)

    Dadi ora sabar ngenteni hari H, arep nostalgia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah udah rencana ke sana tho mbak huehehe...

      Delete
  15. koleksinya banyak juga ya ...
    kalau pas pulang main ke sana ah ...

    ReplyDelete
  16. itu kenapa kok sampai nggak jadi sih mbak rambutnya mas rivai berdiri??? hmmm
    kesalahannya kira2 dmana itu mbak...
    kok g ad yg berdiri gtu :-P

    klo k jogja lagi pngen juga pergi kesini dih,,,aku tu ktempat kyk gini bru yang di trans studio,,cuma alatnya udh ada bbrapa yg rusak... :-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin salah aliran ke rambut ketek mbak...
      gak tau tuh, kita ditipu masnya -___-"

      Walah di Trans Studio yo ono tho, aku juga mau ah ke sana, lalalala

      Delete
  17. waaa.. deket rumah gue nih.. ckckck.. udah sering lah, tapi baru tau ada "astornout" gitu.. -__-"

    ReplyDelete
  18. aku malah belum pernah ndono, un...
    tapi jadi tertarik juga liat posemu di foto kedua..

    ReplyDelete
  19. wah, jadi ceritanya jalan-jalan sambil kopdar nih Mbak? ada mbak Alaika juga :)

    ReplyDelete
  20. Wow! Taman pintar! <~ tiba-tiba punya ide buat taman bego...

    ReplyDelete
  21. oalah vai kae dolan karo sampean to? hahaha pantes di rewangi muleh nang solo jare terus gak melu ngerjakne skripsi, em tibae ngedate karo sampean yo hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya... ojo cemburu yo mas :P

      Delete
    2. mosok kwe cemburu mbi aq nir?

      wingi tak jak ngedate nyang wapo malah gak gelem.

      Delete
    3. Kalo gelem kasian Mbak Ribut nya mas... tar jadi obat nyamuk :P

      Delete
    4. nggak juga, wong maren ana bocah wadon katon pinggir dalan...

      Delete
    5. tapi ra rebutan rambutan dadi ra ana arek lanang..

      nylorot nylorot lintang gumebyar,
      tibaning nyambar sirahmu, ambyar Un
      wkwkwkwkwkwkwkwk...
      koplak.

      Delete
    6. Tak kiro kowe arek lanang mas...
      Dudu ta...

      Delete
  22. Berminat Naaaa.. Btw kenopo to potomu kudu diburemi? padahal kan yo wis tenar se jagad raya dirimu Na...

    ReplyDelete
  23. yah kecewa ya rambutnya gak bisa berdiri2 kayak di pilem2 kalo orangnya kena listrik ya? hahaha

    ReplyDelete
  24. wah asyik juga kopdar sekaligus berwisata bersama rekan2 blogger. Bikin aku iri saja nih Una.. :(
    Apalagi aku belum perrnah ke Taman Pintar sampai sekarang.

    Seneng banget bisa mampit kesini lagi. :)

    ReplyDelete
  25. Hmm.. kapan-kapan pengen kesana..
    Kayaknya seru deh.. ^^

    ReplyDelete
  26. ndak nyoba jadi penyiar di situ Una?

    ReplyDelete
  27. Ho'oh pembaca pun berharap rambutnya beneran berdiri, apanya yg salah tuh kok bs gagal na??
    Terus aja posting2 tempat2 yg asyik buat dikunjungi di yogya ya na, jd ntar kalo mau ke yogya tinggal intip kesini udah tau tujuannya kemana aja hahahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha gak ngerti, kurang tinggi arusnya atau tegangannya mbuh... arus ama tegangan kan berbanding terbalik *ngomong dewe*
      Hihihi rumah simbahku asyik mbak :P

      Delete
    2. Wkwkwkwkkk kalo kerumah si mbah sekalian dapet penginapan gratis dong :D *ngarep*

      Delete
  28. waaaa seru sekaliii.. ke jogja 3 kali, cuman lewatin doang taman pintarnya u,u

    ReplyDelete
  29. hhooaaeemmmmmm....ada yg bilang jelek ..jelekkk...jeleeeeeek
    ini pada kenapa ? kok saling memuji sih....hhooaaeeeemmmnnn

    ReplyDelete
  30. kapan kopdar karo aku ? wis nang Jok Teng kulon aee..pie ? :)

    Una...knapa wajahmu di bluuurrrr ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, di Jakarta ra ono Jok Teng jeee :P
      Iseng aja wkwkwk

      Delete
  31. kok bukan Una aja yang nyobain generator itu ? Kalo Una, pasti percobaannya berhasil tuh ... :D

    ReplyDelete
  32. Wah baru tahu aku kalau di Jogya ada taman pintar. Boleh juga tuh ntar kalo kesana disamperin. Salam.

    ReplyDelete
  33. Mbak una kapan ke taman pintarnya?
    aku mah udh sering banget kesitu :D

    ReplyDelete
  34. kebanyakan tuh rambutnya, jadi gag berdiri. dulu saya nyoba berhasil hlooo :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masak... rambutmu tapi udah jegrak dari sononya?

      Delete
  35. Taman Pintar? Perlu itu untuk dikunjungi anak-anak sebayamu nduk.
    Kok fotonya ada yang di blok sih, ayu2 kok isin
    Kapan ke Surabaya lagi nak ?
    Salam sayang selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan aku memang pemaluuu :">
      Hihihi nunggu ada yang ngajak ke sana...

      Delete
  36. Una pintar main ke taman pintar bersama orang2 pintar. Asyiik juga koq menambah dan merefresh pengetahuan. Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, berasa belajar IPA di sekolah gitu :D

      Delete
  37. Aih ngiri deh, kalian sering banget kopdar. Kopdar sama saya kapan ya ???

    Eh, ngapain fotonya disamarkan gitu wajahnya lha ketahuan kalo itu Una koq :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak ke sini dong... :P
      Namanya juga iseng...

      Delete
  38. lebih murah 15rb ya Na?
    Tapi klo ditambah ongkos, lebih mahal dunk :P
    aku blom pernah ke taman pinter, jadi pengen mampir, nge-guide ponakan sih tepatnya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di PP IPTEK 16500...
      Iya dong, tapi kan kepuasan yang didapat lebih besar :P
      Bisa mlaku mlaku di Jogja :P

      Delete
  39. mirip2 seperti d bobo fair kemarin ya beberapa percobaannya

    ReplyDelete
  40. haphaphap. . .

    lha jare di taman pintar manggung.
    ndi fotone?

    Apa pas sing nandi sing manggung? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udu nang taman pintar...
      Ada deh di mana :P

      Delete
    2. Aku wis ngerti, pas ketemu sama mba ratna.

      wewewekwewekkkkkkkkkkkkkkkk. . .

      Delete
  41. Ooo....nambahi itu mengembangkan toh.... *manggut2*, jadi Una udah tambah pinter dunk ya hihihih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nambahi tuh menambahkan, sama aja kek Bahasa Indonesia :P

      Delete
  42. wiih keren juga gedung oval. Seneng baca2 petualangan Una kesana kemari, jadi banyak info tempat2 yang aku tadinya ga tau... :D
    Una..kapan2 ajak aku doong..;p

    ReplyDelete
  43. Sing wis pinter koyo Una dijamin tambah pinterrrrr...

    ReplyDelete
  44. kok jadi inget film Mr Bean ya?

    ReplyDelete
  45. Una mukanya kemana tuh ? *itu pasti akibat tambah pinter

    ReplyDelete
  46. kl rambutnya RIvai berdiri pasti yg nonton bakalan makin byk deh :D

    ReplyDelete
  47. Heee rambutnya yang unik jadi susah untuk naik mbak heee

    ReplyDelete
  48. Eyyy.. bagus kok disana... Aku juga pernah kesana Na... Tp pas lom ada Athar... Ternyata lom berubah ya, lom ada yg zona yg baru... Ehhh, ada zona Nambahi tp lom ada yaaa??? *bingungndiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho, berarti gak ada perubahan ya... kirain para zona itu baru baru hehe :D

      Delete
  49. keren-keren! tapi kenapa imagenya di tutup Na?....!

    ReplyDelete
  50. keren ah... semoga besok desember kalau ke yogya bisa mampir kesini nih...

    ReplyDelete
  51. 15rb mah murah ya untuk masuk museum. semoga dengan banyaknya orang yang kesana setelah baca blognya Una, bisa makin bagus juga displaynya Na.. ya ga? ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. 15 ribu masuk museum di sini mah mahal abeeesss mbak...

      Delete
  52. yah...harga tiketnya pun cuma murah sih Una ya, jadi wajarlah kalo alat2 peraganya kurang begitu bagus. Mudah2an nanti2 ada peningkatan ya Una, jangan sampe malah alat peraga yang udah gak terlalu bagus makin jelek lagi karena udah kelamaan dipake di situ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mahal mbak... kalo dibandingin tempat lain di Indonesia. :D

      Delete
  53. tempat wisata Jogja banyak mbak
    wah sama mbak Ririe Khayan juga ya
    salam kenal

    ReplyDelete
  54. seumur2 saya dijogja ya, saya tidak pernah sekalipun masuk ke taman pintar...

    ReplyDelete
  55. selalu di blur mukanya... -"
    taman pintar.. :wew perlu di bookmark nih tempatnya... :D

    ReplyDelete
  56. Ya ampun.. ini blogger berapa lama kebersamaannya?

    ReplyDelete
  57. wah ternyata di dalamnya lengkap ya....

    ReplyDelete
  58. sepertinya seru dan menyenangkang

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!