Suci dari Kupang

Jadi, teman gue tercinta Kartika kerap sekali cerita tentang kupang. Kayaknya waktu itu percakapan dimulai gara-gara gue cerita gue makan belalang dan kepengen coba tutut, semacam keong yang banyak dijual di Bogor itu.

Kupang itu merupakan hewan cilik seperti kerang yang cangkangnya lunak. Kupang dimasak, direbus, dan diberi kuah yang berisi bawang putih, cabai, jeruk nipis, dan petis. Biasanya disajikan dengan lontong. Makanan ini populer di Sidoarjo dan Surabaya. Cerita Kartika sendiri, katanya kupang itu peternakannya di sungai dan merupakan hewan yang menjadi indikator perairan kotor. Oke, nggak masalah. Gue tetep pengen coba. Apalagi baca reviu-reviunya katanya enak.


Akhirnya, gue coba juga yang namanya kupang itu. Sayang sekali, lontongnya habis sehingga cuma nggado kupangnya thok. Sepiring kupang berkuah yang masih panas ditambah dengan lentho, semacam gorengan dari kacang-kacangan, tak lupa sate kerang dan segelas es degan. Gue liat tampilan kupang, oh gini tho. Hm, doyan nggak ya gue. Gue jadi ingat kata-kata si Aji, tampilan makanan tuh berbanding terbalik dengan rasa. Oke...


Lalu bagaimana rasanya?

Dari sendokan pertama gue sudah menyimpulkan untuk diri gue, kupang tuh nggak enak. Ada rasa amis-amisnya gitu. Plus pedas, hell yeah gue nggak suka pedas. Anehnya banyak yang bilang enak. Well, lidah masing-masing orang kan memang berbeda ya. Katanya, kupang itu beracun, sehingga kalau nggak kuat bisa mules dan murus, dan untuk menawar racunnya salah satunya dengan minum kelapa muda. Gue sih nggak mules, berarti perut gue kuat, yey yey!

Lenthonya gue sukaaa... sate kerangnya, biasa aja, ya mirip kupang sih rasane sakjane, tapi gue kok lebih toleran buat makan sate kerang ketimbang kupang. Oke, penasaran gue sudah ilang, nggak lagi-lagi coba deh, hahaha...



Kata Mbak Ribut, kupang itu potensi bakteri salmonella yang bisa menyebabkan masalah pencernaan, semacam diare, dan sebagainya. Trus pun pas di Surabaya gue ngobrol sama bapak-bapak yang menceritakan bagaimana cara memancing kupang. Katanya, bambu dianyam (sesek kalau nggak salah istilahnya), kemudian ditaruh di atasnya kotoran manusia di sungai, dan para kupang itu pun akan berkumpul di bawah anyaman bambu itu. Jarene...

Tapi baca-baca katanya itu hanya mitos. Katanya kupang diambil di lumpur air asin yang kemudian dibawa ke sungai, dipancingnya dengan lumpur. Ada yang bilang dengan dedak yang menyerupai kotoran manusia. Gue sih nggak ngaruh tahu begituan, wong juga rasanya gue nggak suka, hihihi...

Di sisi lain, katanya kupang tuh memiliki kandungan protein dan zat besi yang tinggi. Hmmm... ah tetep nggak suka gue...

Besokannya gue pun ketemu sama Kartika dan gue pun cerita, gue sudah makan makanan hasil rekomendasi dia dan nggak doyan gue (sebelumnya udah cerita di whatsapp seh). Si Aji pun nyautin, "Hah lo makan kupang Na? Gue pernah! Dan itu WORST DECISION IVE EVER MADE!" Lebee bener nih orang, hahaha...

Si Kartika sendiri meski dia yang cerita kupang pada awalnya, tapi belum pernah merasakannya. Huh, curang. Dia sendiri sudah geli duluan mengetahui fakta-fakta kupang yang entah benar atau tidak. Piye tho jare fakta kok entah... Dia pun bilang, "Yeee, gue doang yang suci dari kupang. Kalian sudah nggak suci dari kupang." Apa banget sih nih orang... hehehe...

Gue nggak suka sih, tapi menyesal juga enggak. Udah ilang penasarannya. Lalu, what's next? Bintang laut goreng? Kecoak? *kayak berani aja*

❤❤❤

Maap ya belum bisa komen plus BW banyak. Mau ngilang lagi ah...

121 comments:

  1. Kalau aku sih biasa aja sama kupang Na. Demen banget enggak, nggak demen juga enggak; netral dah, hahaha...

    ReplyDelete
  2. pinteran,...kupang d jadiin menu diet una... :p

    uiyy curang nii k kesesi tok,...k tempatqu kpn...??
    *ngarep d kunjungi seleb blogger :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menu diet opo...
      Ahahaha kapan aja boleeeh :P

      Delete
    2. wkwkwkwkwk... mulane mbak yuni kudu lebih GAWUUUL duonk :p

      Delete
  3. um, kupang itu kan nama kota. yang bemana tuh hewan, gak pernah liat sih. ngeri ya un, ada belalang, kerang, keong, saya suka yang normal-normal saja secara saya kan orang normal hohohoho

    ReplyDelete
  4. Bhahaha, gue kira kupang nusa tenggara? Lupa gue ntb atau ntt! Ternyata keong mirip remis, di kendal namanya bukur! ;-)

    ReplyDelete
  5. hah iyo ta Un? kataku kupang lontong itu ueeeeeeenak nak nak nak.
    Cuma aku sekarang mbatesi makan kupang soale kolestrolku langsung nyaut kalo dipakani kupang. T_T

    ReplyDelete
  6. kayaknya makanan penuh kolestrol tuuuuh...
    minyaknyaa..
    :P

    ReplyDelete
  7. aku liatnya kupangnya juga syereem deh Un.. hihihi

    ReplyDelete
  8. hiiiii..
    nggilani Un koyo ngunu dimaem.
    huek.
    njijik i :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yang habis sepiring dalam dua menit gitu deeehhh...

      Delete
    2. masak?
      laper tuh mungkin.
      ato doyan gitu deh..

      kalo gue mah nggak doyan yang begituan :p

      Delete
    3. Iya gak doyan, tapi makanan favoritmu kan mas... :P

      Delete
  9. halahh..piye tohhh temenmu na? kasih riviu, tp lom pernah nyobain...wakakkaak....sesat dehhh...yakssss, mancingnya pake kotorannn ( manusia )...wewwww

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk emang dasar tuh orang, menyesatkan manusia...

      Delete
  10. kalo baca asal-usulnya kok rada-rada serem gitu ya Mbak..

    ReplyDelete
  11. tak kiro ameh ngomongke cwek jenenge suci seko kupang

    ReplyDelete
  12. Kukira 'kupang' nama wilayah di Nusa Tenggara ...

    Berarti kupang itu macam kikil atau bukan tuh?

    ReplyDelete
  13. mbak una tahu gak kupang itu hidupnya dimana hehe, eh dulu ada beberapa aktivis lingkungan larang makan ini lo soalnya ini bentos dan hidupnya di dasar air payau dan sebagian besar air payau di SBY dan sidoarjo udah tercemar .... katanya sih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku masih muda ya mas, jangan panggil mbak T.T
      Tahu hihihi, biarin aja tercemar juga :P
      Suka gak kamu mas?

      Delete
  14. Jadi itu ya penampakan lontong kupang yv digilai dan sering dikangeni Arman hehehe
    Blom pernah njajal tp dengar ceritanga kok jadi ga pengen yak hehehe tapi klo sate kerang sih doyan banget hehehe

    Btw mo ngilang kemana Na? Boleh ikut ga :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dong mbak... :P
      Ngilang ke ada deeehh...

      Delete
  15. kerang yg kecil kayak lidi kan?

    ReplyDelete
  16. koyoe nikmat men , Na..
    hahaha..

    ternyata kamu suka juga ya jajan di pinggiran jalan :p

    #ehh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ora, iki pertama kali jajan di pinggir jalan je...

      Delete
  17. saya yang di surabaya jarang makan kerang...
    bukan masalah apa2 sih cuman gak suka aja
    biasanya kalau sate kerang dimakan bareng lontong balap..

    Una...
    Media Robbani Mengucapkan Selamat Tahun Baru 1434 H
    semoga kebahagiaan dan keberkahan selalu bersama Una dan Keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi tos dong kalo gak suka :D
      Terimakasih.

      Delete
  18. iyyyy,,sapa tau emg betul Na,,tu kupang cara ngambilnya begitu hiiiiiiiii.

    tapi mimi terpana loh liat jeans yg membesar ituh hahahahahahah

    ReplyDelete
  19. dari pada saya spend money untuk hal2 yang saya tidak ketahui, lebih baik saya beli tahu tempe dan sebotol sambel merk terkenal untuk sekedar colek2.. :D

    ReplyDelete
  20. lontong kupang di Gedangan Sidoarja ya Una, lunas sudah ilang penasaran kan ya. salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Surabaya tapi belinya. Yap udah ilang :D

      Delete
  21. Kemarin kita tlisipan yak na... Aq di jakarta kamunya di Surabaya. Belum jodoh ketemu Seleb Blog kali ye... ehehehe

    Kayaknya belum pernah lihat makanan ini ya, meskipun pernah tinggal di Surabaya hampir setaun :)

    ReplyDelete
  22. bagi-bagi nuw.....kayake wuenak banget

    ReplyDelete
  23. hai un, aku blom pnh coba kupang. liat tampilane emang koyon gak nak un.. aku dl pnh makan belalng goreng, wah enak lho. oh ya lentho jg uenak un, hikks jd pengen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung sing masak sih, nek enak yo enak hehe :D

      Delete
  24. kok kupang sih..
    suer anyar krungu un..

    ReplyDelete
  25. Diriku juga tidak pernah coba.. kalau dari review dirimu, bisa ragu ragu nih mau cobanya.. hehehe

    ReplyDelete
  26. Kupang..aneh ya namanya! ada contoh yg belum dimasak gak Na? pengen liat kayak apa bentuknya.

    ReplyDelete
  27. wah my fave tuhh... kupang lontong pake lento dan sate kerang!!! slllrrppp....

    ReplyDelete
  28. Jadi setelah tahu beberapa fakta ttg kupang, kayaknya gak ada yg perlu saya penasarin deh Un :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk, belum tentu bener kok itu mbak :P

      Delete
  29. Klo makanan aneh gini aku nyerah deb na.. >_<

    oia.. mana kiriman fotonya¿¿ ditunggu loh ;)

    ReplyDelete
  30. Knapa baca review kamu malah semakin ga minat utk mencoba ya Un.... 😛😛

    ReplyDelete
  31. mba un, serius saya ngga tergiur sama itu makanan.. ngeri saya
    :(

    ReplyDelete
  32. aku belum pernah mencoba, dan tidak berminat mencoba setelah membaca ulasanmu Un ... :D

    ReplyDelete
  33. Menurut kabar yang beredar *halah lebay* kalau yang masak ahli kupangnya ga amis *nyiahaha* coba kalau Cheff Juna yg masak, siapa tau ga amis XD

    ReplyDelete
  34. Be... ternyata ane juga orangnya SUCI dari KUPANG, tapi penasaran juga kepingin nyicipi.. hehehe :) kira2 di JOGJA dimana ya ada yang jualan kupang ??

    *SaHaTaGo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belom pernah liat di Jogja... Sahatago...

      Delete
  35. Aku juga suci dr kupang hwahahahaa :D disini namanya 'remis' kalo gk salah ye...aku sih emang gk doyan kalo sejenis kerang2 gitu meski banyak yg bilang enak tetep gk penasaran pengen nyoba

    ReplyDelete
  36. Ternyata kamu mengenal "lentho" juga ya
    Kirain cuma ada di desa saya...

    ReplyDelete
  37. dah, emang gue tau kupang itu makannya apa, wahahaha
    kena dah lo ka un

    ReplyDelete
  38. heh kupang? itu makanan itu hewan. entahlah sepertinya itu monster asing yang menyeramkan sekali

    ReplyDelete
  39. Kalo tutut aq dh pernah coba Na.... dan itu pun ckp sekali aja deh... :)
    Ih, kalo bener mitos itu, dipancing dg kotoran manusia..... amboi... onde mande.... tak kuat sayah...... ampun dije deh Na.... hi hi

    Kecoak goreng? Msh kurang mantap itu Na...., mending kecoa guling aja....... hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengen tututtttt...
      Jiah, kecoak kamar mandi gimana mbak? :P

      Delete
  40. hahahaha
    kayak radityadika aja lu mbak un.
    padahal saya aja suka tu kupang terlepas dari gimana cara buatnya dan cara mancingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah Raditya Dika emang kenapa?
      Wah orang aneh suka kupang...

      Delete
    2. radutya dika gak seneng kupang mbak un.
      mending orang aneh mbak makan kupang daripada orang pintar minum tolak angin Hahaha

      Delete
    3. Woalahhh fansnya RD ya...
      Hahaha...
      Boleh tuh jadi tagline iklan kupang...

      Delete
  41. Aku baru tau malahan kalo ada makanan Kupang ini.. >___< Tapi kayaknya ga nyoba deh kalo ditawarin juga.. :(

    ReplyDelete
  42. aku belum pernah nyoba.. tapi kalau melihat itu sebangsa keong atau kerang rasa amis-amis itu mungkin pasti ada yah Un ?

    ReplyDelete
  43. Keknya aku ga akan berani nyoba deh Na heuheu

    ReplyDelete
  44. belum pernah nyoba..

    banyak yg baru ternyata..udah lama benget gak main kesini..

    ReplyDelete
  45. seumur umur, meskipun tinggal di jawa timur...
    aku gak berminat nyobain lontong kupang.

    ReplyDelete
  46. Assalamualaikum kak Una..
    masih inget Aisyah gak? ini akun baru aisyah..
    Btw aku gak pernah denger nama makanan 'kupang' gitu.. tapi kalau diliat-liat kok kayak tutut (kerang kecil-kecil) ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe bukan tutut sih :D
      Masih inget dong...

      Delete
  47. jadi udah gag suci dari kupang niyee :p

    aku malah penasaran blusukan ning suroboyo karo sopo toh mbak un :p #kepo deh niar :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karo mase sing paling nggantheng, cuh... :P

      Delete
  48. dari judulnya dikiraiin nama tempat, rupanya nama kerang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo saya ngirain UNA kedatangan teman bernama Suci dari Kupang. hehehehhe

      Delete
  49. Replies
    1. Kkkk .... sebanyak itu abis separo ... lumayan. Manyun gak setelahnya? :D

      Delete
    2. Lagi makan juga dah manyun je mbak...

      Delete
  50. yee~
    tak kira kupang nusatenggara....
    hihi~
    belalang goreng pernah g mb'??? :D

    ReplyDelete
  51. kalo dari penampakan emang rada-rada "kurang sopan" gitu. akkkk,
    tapi sepertinya saya berani nyobain. *dikit aja tapi-ujung lidah :D

    ReplyDelete
  52. namanya kupang ya mbak..
    disini juga ad kerang kecil2 yang dijadiin cemilan..namanya pensi,rasanya enak :-)
    tapi cangkangnya ttp keras,,sebelum dimakan musti direbus dulu biar cangkangnnya kebuka..
    makannya pun pakai kuah2 gtu mbak..itu kira2 sama gak ya sama kupang...??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pensi, wah baru dengar...
      Beda keknya... hmmm auk dah :D

      Delete
  53. Padahal sudah ada Plang dilarang berjualan di depan kampus ya. Masih ada yang jualan. Dicabut aja papan larangannya, diganti tulisannya menjadi "Dilarang ada kampus di depan orang jualan"

    ReplyDelete
  54. Liat gambarnya tetep ra mudeng. Mana yang kupang, mana lentho. Kupangnya yang ngrembuyung warna coklat keabuan itu, Na? Trus lentho sing endi?

    Aku juga masih suci lho... :P

    (so what?)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa yang banyak itu kupang, lentho yang gorengan, yang warnanya lebih kuning :D

      Delete
  55. Aku juga masih suci dari kupang....hahaha..

    Kupang apaan sih? Aku nggak kenal bentuknya, tapi klo diliat dari penampakan di piring Una, aku rada ragu untuk mencobanya.. :D
    Biarlah, kan kupelihara kesucianku ini hingga detik darah terakhir... :P

    ReplyDelete
  56. ih ga banget deh makan yang aneh2 kaya gtu, huekkk

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!