SIPA Memang Sip!

Jum'at lalu (28/9), aku menonton Solo International Performing Arts (SIPA) 2012. Infonya kudapat Mbak Fera beberapa hari sebelum ke Solo dan waktu lihat jadwalnya, SIPA diadakan tiga hari berturut-turut dari 28/9-30/9, dan jadwal hari Jum'at-nya ada Sujiwo Tejo, ye ye ye! Sujiwo Tejo berjodoh denganku! Ndilalahnya, kalau hari Sabtu dan Minggu aku nggak bisa lihat SIPA karena sudah di Jogja.

Gerbang Mangku saat siang. Penuh banner SIPA 2012.
Jam 18:57, aku dan Mbak Fera berjalan dari Kemlayan menuju lapangan Pamedan Mangkunegaran, tempat di mana panggung SIPA berada. Jadwalnya sih mulai jam 19:00, tapi saat kami sampai sana, belum mulai apa-apa di panggung. Hanya video teaser SIPA 2012 dengan lagu Jawa yang bernuansa horor disetel berulang-ulang ditampilkan pada layar.


Baris kursi penonton ada tiga section, bagian tengah untuk para undangan, sayap kiri dan kanan untuk para bukan undangan. Awalnya kami sudah mau masuk ke bagian tengah, eh sama mbak official-nya dibilang itu khususon undangan. Akhirnya kami berdiri di tengah, eh nggak boleh berdiri. Harus duduk. Mlipir deh ke sayap kanan, itu pun dapat kursi belakang banget. Jangankan orang di panggung, panggungnya dewe we nggak ketok! Semprul!

Eh nggak tahunya beberapa menit kemudian, section tengah dibebaskan untuk siapapun. Kayaknya para undangan yang datang nggak sebanyak yang diundang. Jadilah pada lari-larian untuk mengambil tempat duduk. Aku pun pegangan ama Mbak Fera biar nggak ilang, dan puji Tuhan dapet tempat duduk bagus, agak depan meski nggak depan-depan banget. Muchos betteros than sebelumnya!


Dan... tau gak seeeh, sampai jam 19:40 pun, ntu acara belom mulai-mulai. Si Mbak Fera udah bilang gini aja, "Ini kayaknya bakal jadi penyesalan." HUEEE, jaanggaaan! Aku masih mau nonton Sujiwo Tejo! Beberapa saat kemudian kami dibagian kembang api dan dinyalakan deh. Pembukaan SIPA 2012 ditandai dengan pukulan genderang oleh ketua panitia SIPA 2012, wakil walikota Solo, dan lain-lainnya. Kemudian, dihiasi fireworks yang rasanya nggak selesai-selesai. Polusi udara tuh.

Kembang api gue dan Mbak Fera.

SIPA tahun ini bertajuk Save Better World For Our Future. Sepuluh ribu bibit tanaman dibagikan pada acara ini. SIPA dibawakan oleh sepasang pembaca acara yang memakai baju khas Solo. Baju apaan sih itu namanya... doh nggak tau eike. Nah, bajunya itu abis menang di mana gitu, hahaha... piye ki nulis infonya nggak komplit. Dan si Mbak Fera demen banget sama yang dipakai si MC ceweknya. Emang keren amat bajunya sih! Bahkan Mbak Fera bilang kalau nikah mau pake kayak gitu. Aih, visioner amat mbak... Nek aku nikah aku maunya pake jeans atau daster aja dah...

Ituuu baju MC ceweknya, namanya apaan yah? Yang sebelah kanan Paramitha dan Ully Sigar Rusady.
SIPA hari pertama menyuguhkan The Dream Engine, perusahaan tari yang akan menampilkan tarian seolah-olah terbang. Si penari diikatkan pada balon helium dan menari seraya terbang (The Heliosphere). Si Mbak Fera pengen banget nonton itu. Dan kami amazed sama ntu penari. Cool! Kemudian ada Ully Sigar Rusady dengan kelompok Nyanyian Alam-nya. Di kelompok itu ada tiga generasi, dari Ully Sigar, anak, hingga cucunya. Ada Paramitha Rusady, adik laki-laki Ully yang lain, dan personil lain. Lagu-lagu mereka bertema alam dan lingkungan.


Dari wakil Jepang ada Eisa Dance, tari-tarian Buddha dengan permainan memukul gendang dipadu dengan nyanyian puji-pujian Buddha. Enam orang menari memukul gendang yang terdiri dari dua jenis. Ada yang  bernama Paranku, gendang kecil bernada rendah dan Shime-Daiko, gendang berukuran sedang bernada tinggi. Kalau nggak salah... *ditoyor* Kemudian... yang ditunggu-tunggu tiba! Sujiwooo Tejooo! Etapi lama banget nunggunya. Persiapannya lama gitu... jadi si MC dua ntu ngoceh mbulet muter-muter ampe si Sujiwo Tejo siap.

Aku sendiri komat-kamit, plis jangan ndalang, jangan ndalang, nyanyi wae. Eh di panggung ada gedebog pisang, gamelan, dan layar buat wayang gitu (Basa Jawane apa yoh?). Eh ternyata nggak ndalang, tapi nyanyi. Mulanya ia menyanyi Gambang Suling, keren! Trus dia ngomong-ngomong gitu lah, macam stand-up comedy, cerita-cerita dan dipadukan sama cerita wayang. Yang menggerakkan wayang bukan dia, dia hanya yang ngomongnya gitu.


Aku ingat beberapa hal yang dia omongkan, ia menyayangkan sikap orang yang marah karena agamanya dihina, kitab sucinya dirusak, sampai berani dengan pisau segala. Tapi dengan koruptor yang sejatinya menginjak esensi kitab suci, mana ada yang marah-marah memberontak plus berani ngacungin pisau ke koruptor? Iya juga ya... Trus juga ia membahas tentang yang mati karena tawuran. Apa beda brutalnya sama yang mati karena kejeglong jalanan yang rusak karena duit jalan dikorup? Podo brutalnya...

Ada lagi yang kuingat, ia bilang, "Buat para jancukers laki-laki, jangan terpikat oleh wanita, tapi pikatlah wanita." Sontak, riuh terdengar di SIPA 2012. Aku sendiri, karena aku wanita ya, nangkepnya 'jangan terpikat laki-laki tapi pikatlah laki-laki'. Ah tapi secara natural aku memang memikat hati siapa saja, muahahaha ngok! Selain Gambang Suling, ia juga menyanyikan Zen-Die, Zaman Edan, Anyam-Anyaman Nyaman, Titi Kala Mangsa, dan Jancuk. Keren semua!

The Dream Engine pun tampil untuk kedua kalinya pada malam itu, tapi jam sudah menunjukkan waktu jam sebelas malam. Kami pun keluar lapangan Mangkunegaran. Kalimat terakhir di teaser video SIPA 2012 masih terngiang-ngiang di otakku: SIPA, Solo International Performing Arts, SIPA!

SIPA memang sip dah! Pengen nonton lagi yang 2013...

❤❤❤

85 comments:

  1. saya mau datang kekawinan (eh nikahan ya) una kalau pake daster dan jeans doang... pasti keren banget tuh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, ya nanti tak undang... kayak iya aja mau nikah wkwk...

      Delete
  2. eh, emang baju yang di pake MC nya kayak apa sih un...jadi penasaran...itu baju daerah atau gimana..?

    ReplyDelete
  3. ralat un...tadi gambar baju mC nya belum keluar gara-gar sinyalnya ndat ndut.....

    itu kayak baju pengantin jawa to un...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, kayak baju manten gitu.
      Itu khas Solo ya?
      Aku ra paham, hahaha...

      Delete
    2. aq yang ari solo aja nggak tau Un.
      hhaa.
      kayake kalo di buku rpul ada deh, coba di buka lagi.
      hahaha

      Delete
    3. Kamu kan dari Blora mas :P
      Hahaha rpul, sekarang mah wikipedia~ :P

      Delete
    4. aq asli solo tau :p

      rpul sama pepak boso jow :))

      Delete
    5. Aku pengen punya pepak boso jowo :((
      Di Gramedia sini gak ada coba, kwkwkwk...

      Delete
  4. Ehhh..... sangar yo Un. Bintang tenare akeh tapi kok nggak rame ki pie critane. Apa karena promonya kurang, yah?

    Ehh (maneh), penari yang mabur-mabur pake balon helium itu gimana ceritanya kok bisa tetep di area panggungnya? Balone diiket gitu ya?

    Ehhh.... aku ga demen sama Sujiwo Tejo soale dee suka misuh-misuh j*nc*k kui. *okesip, info ga penting

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rame mbak tapi undangannya yang gak rame hihi :D
      Diiket ke dua orang gitu, gak di panggung, dia terbang di atas lapangannya...
      Hihihi, tapi lagunya enak enak lohhh mbak :D :D

      Delete
  5. Pancene dirimu memikat hati lelaki Na.
    Prinsip yang okeh bbnget tuh
    btw penari yang diiket balon itu ga direkam Na?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lelaki maksud loh T.T
      Nggak, memori kameraku terbatas, hihihi :D

      Delete
  6. Solo keren ya Na ... bakalan ada terus acara2 seni kayak gini ..., katanya emang niat mau jadi kota seni gitu ya...
    baguslah biar nggak semua2nya di pusatkan di Jakarta ...
    tapi sayangnya jadi susah nontonnya ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seminggu sebelumnya ada Solo City Jazz. Ada Matah Ati juga.
      Ditinggal Jokowi makin keren, wkwkwk...
      Iya susah TT

      Delete
  7. dari kemaren mejeng terus mbak una ini, hehe

    saya baru tahu info ini ya dari mbak una, sepertinya di tipi jga nggak ada ya

    ReplyDelete
  8. Sebagai penggemar berat Pak Jiwo Tejo, kamu wajib mendalami Bahasa Jawa klasik, biar nggak Njenggirat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya ni kan lagi sinau sama bapak :p

      Delete
  9. wuidiiii acaranya keren banget mbakkk...saya jadi ngebayangin gimana seandainya kalo saya berada disana......ckck
    toppp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iya mbak yang perform, aku pasti bela belain maju depan panggung persis hihihi

      Delete
  10. senang donk akhirnya melihat idolamu muncul ya Na.... kebayang gimana asyiknya berada disana itu Na.... apalagi saat dibagikan kembang api, #bilang WOW tapi ga sambil koprol hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang banget!
      Pas dibagiin kembang api biasa aja, males megangnya aslinya hihihi...

      Delete
  11. kalau Una nikah, tamu undangannya dikasih dresscode juga ya :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi jangan yang mbingungin Mbak Una, khawatirnya nanti banyak tamu undangan yang salah kostum. :)

      Delete
    2. Pake daster dreskodnya, muahaha...

      Delete
  12. kenapa mbak Una nggak kepengen mas Tejo ndalang,, padahal aku seneng lho mbak ndalangnya menggelitik :D

    ReplyDelete
  13. duduk manis di bangku plastik gitu?
    ga ada yg jejingkrakan toh?

    ReplyDelete
  14. yg pk balon2 itu kayanya keren bgt ya..

    ReplyDelete
  15. wah pake baju daerah! mantap2 gue suka nih! meriah banget ya Na. ada balon gede lagi...asyik banget tuh! oke deh...Solo emang maknyusss!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meriah dong... maknyusan Jakarta, muahaha...

      Delete
  16. reportasenya menarik, khas Una ... siiip ...

    ReplyDelete
  17. 10 ribu bibit tanaman dibagikan wow ...

    ReplyDelete
  18. Wa..wa..wa.., seru buanget nih. sayang waktu itu saya ndak bisa datang.

    Sepakat Mbah Sujiwo.

    ReplyDelete
  19. Yowes nek gitu aku ngado bantal guling wae yo. Ben matching karo Wedding Daster mu :P

    ReplyDelete
  20. trus akhirnya ditanam ga bibit tanamannya Un?..:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku gak ngambil mbak hehe, masak dibawa ke Jakarta :D

      Delete
  21. Aiiihh...Una nih jalan2 terus yak *ngiri* acaranya keren ya na, aku juga suka loh kalo ada pagelaran tari2an gitu...kostum MC nya emang keren, aku dulu kawin pake baju adat banjar krn gk ada keturunan njowo ya gk pake dong baju njowo pdhl aslinya aku sukka banget apalg yg dodotan macam kawinan putri2 sultan itu loh :D
    Hah...nikah pake daster?yaolo na...ky pajamas party ajah hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pesta nikah lagi aja mbak hihihi, diulangi pake baju jawa :P
      Yoi pajamas party :D

      Delete
  22. bagus blog dan foto-fotonya..semoga bisa maju terus
    minta dukungannya ya..ni aku ikutan lmba blog lokal.
    kunjung balik ya....

    ReplyDelete
  23. tahun ini saya malah ngga nonton SIPA, padahal media temapt saya bekerja jadi salah satu media partnernya, hehehe,, kalau yang saya lihatsih semakin kesini gaung SIPA semakin meredup dabandingkan SIPA pada beberapa tahun lalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti lebih oke yang dulu ya... tapi kemarin juga oke hihih :D

      Delete
  24. keren tu yang pake balon helium. mantep abis. pasti mahal ni pertunjukan. asiklaah, menghibur warga solo banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Costnya mungkin mahal,
      yang penting nontonnya free :P

      Delete
  25. MC nya itu kayak pake baju pengantin jawa yak :).
    Keren banget acaranya ini, sayang di Madiun kayaknya ga pernah ada hikz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kayak baju manten gitu,
      hihi sabar ya :P

      Delete
  26. Pertunjukannya pasti seru terutama pas ada om Sudjiwo Tedjo

    ReplyDelete
  27. keren mba un..
    itu acaranya njawani banget..

    ReplyDelete
  28. Keren bgt yaa yg balon2 ituu....ada yg unguuuuu.... :D

    ReplyDelete
  29. pingin ketemu Sudjiwo Tedjo juga ahhhh, kalau Una mmantenan pake daster pengantin prianya pake apa dong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suka suka penganten prianya, muahahaha...

      Delete
  30. Dari foto panggung pertama, keliatannya acara indoor, eh ternyata outdoor XD

    Btw hebat mba bisa dapet tempat duduk di acara serame itu \o/

    ReplyDelete
  31. un.. kok iso seneng sm sujiwo tejo to un? aku aja kl dgr dia bcr suka mumet ha..ha..

    ReplyDelete
  32. Weww.. acaranya keren ya un.. pengen kesana deh.. btw lo kok sering jalan jalan muluk? mau ikutan!!

    nitip pesan aja yak.. klo nikah jangan kupa ngundang.. siapa tahu aku ada rejeki mau lihatan dirimu pake kaos oblong dan celana jeans ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mumpung masi muda mbak, jalan jalan~
      Huakakaka, oke, iya kalau nikah :p

      Delete
  33. SIPA taon ini agak sepi.. bagusan yg pertama n sebelum2e Na
    kmrn ntn Matah Ati ma Solo Jazz Festival tok >,<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huaaa kepengen aku nonton Matah Ati... sayang ooo sayang~

      Delete
  34. JANCUKERS???
    waaah kereeeennn... kosakata baru nih
    hahahaaaa

    ReplyDelete
  35. kenapa aq blum pernah melihat sipa uN??
    coba tebak..

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!