Telisik Triwindu

Kayaknya emang sering banget aku datengin suatu tempat, eh tempatnya tutup. Nasib... Kayak kemarin ke Pasar Triwindu di Solo awal Agustus lalu, ceritanya mau liat Pasar Triwindu tuh kayak apa, eh ternyata bukanya nggak sampai sore. Eh ternyata aku mengulangi lagi ke sana akhir September lalu pas siang-siang, jadinya buka dehhh...

Tak liat-liat mukaku tuh lucu ya... ngookk...
Di sekitaran Pasar Triwindu, menurutku, trotoarnya cool banget. Kalau jalan dari arah Singosaren, di dekat Triwindu ada lampu-lampu yang dikurungi sangkar, lalu di pinggirnya ada banyak patung pria bermain alat musik Jawa. Plus di lingkar pohon-pohon di trotoar itu ada tempat duduknya. Cool deh... Desain luar Pasar Triwindu juga cool abis. Gilak aku lagi hobi banget bilang 'cool'... Yeah because I'm cool!

Kayak kenal... hihihi... ini pas Triwindu tutup jadilah foto-foto di depannya thok thil. 

Pasar Triwindu ini kalau di Jakarta mungkin semacam Jalan Surabaya kali ya. Sama-sama jualan barang jadul nan antik. Bedanya di Jalan Surabaya bentuknya kios-kios sepanjang jalan, kalau Triwindu kiosnya dalam sebuah bangunan pasar. Aku sendiri bukan pengkoleksi barang antik, wong aku sendiri juga sudah antik, tapi nek cuma liat-liat, aku suka. Dan mungkin kalau aku sugih, aku juga bakal beli tuh barang antik... Punya gramofon kayak keren tuh.

Aku pun masuk ke pasarnya, liat-liat doang sih... dan, nggak ada yang nawarin ke aku dan Mbak Fera. Maksudku, waktu kami ke Klewer aja ya, pedagangnya terus-terusan menyahut ke kami menawarkan barang dagangannya, nah di Triwindu kok enggak ya... Apa kami nggak ada tampang kolektor kali yeee... atau kami tampang nggak ada duit ya... hueee!


Padahal aku naksir ituuu tas.... T.T Sayang sekali yang punya kios bahkan nggak ada. Jadi nggak beli deh. Padahal emang ra duwe duit... Si Mbak Fera ngojok-ngojoki untuk membelinya... duit sopo mbak, hahaha... Kayak keren gitu kalau sekolah pake tas gituan. Iya, keren, tapi hantu si pemilik tas itu ntar gentayangan.


Barang antik di sana ya macam-macam. Dari setrika arang, uang kuno, botol obat jaman dulu, sampai barang-barang Keraton pun ada. Tapi ya itu, katanya sih ada yang barang pura-pura antik gitu. Kayak antik, padahal dudu. Mesti teliti kali ya... Aku juga gak paham wong bukan kolektor.

Aku pun ke lantai dua. Di dinding dekat tangga ada jejeran piring motif Cina gitu. Eh bener kan ya itu Cina? *gak yakin dewe gini* Ada beberapa bule kulihat di sana, seneng kali ya mereka lihat barang kuno-kuno gitu. Mbak Fera pun duduk di kursi dan tak ikut memutari Triwindu lantai dua. Kayaknya kakinya udah mau putus kebanyakan jalan kaki.

Tebaaakkk yaaa! Itu ada foto di tengah itu foto siapa!

Old school banget. Simbahku ketoke punya teko motif kayak gitu... 
Money money money~
Kayak cool gitu kalau punya rumah isinya barang-barang kuno. Tekonya kuno, punya gramofon, kursinya jati semua, trus di dinding di tempelin kaca yang dalamnya ada uang Indonesia kunonya gitu, trus punya telepon yang nomornya diputar, trus lampu-lampunya antik gitu, trus tambah punya Volkswagen kodok kayak seru tuh... trus hantunya metu kabeh...

Kalau sedang di Surakarta dan seneng barang antik atau cuma sekadar pengen liat-liat, mampir aja ke Triwindu, di Kawasan Ngarsopuro, nggak jauh dari rumah Paundra fufufu alias Pura Mangkunegaran, sebelah persis Omah Sinten milik Jokowi...

❤❤❤

92 komentar:

  1. Kalo di Semarang Pasar Johar juga ada, tapi sedikit lapaknya. Tapi kal ada pameran Kota Lama banyak yang jualan barang2 gitu lho Un.. ;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah belum pernah ni aku ke Pasar Johar...

      Hapus
  2. Aku tebak...itu foto pak harto sm ibu tien bukan na?
    Punya rumah isinya brg antik semua, bs jd tuh hantunya dateng semua hahahaaa :D eh nenekku juga punya teko motif begitu tp udah bocor2 parah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, kok tau sih :((
      Hihihi kayaknya teko jaman dulu semotif yak...

      Hapus
    2. teko, baskom, piring kaleng jaman dulu ya motif gitu deh ...

      Hapus
    3. Hihihi... gak ada yang polkadot apa ya...

      Hapus
  3. waaa ada koin kuno.. mbok aku belikan barang sekeping lah Un..

    BalasHapus
  4. Kalo teko ntu mah masih banyak di solo :((
    yee....

    trus kemarin beli apa Un disono?

    aq ketok gantheng yow?? :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti gak kuno ya... wkwkwk...

      Gak beli apa-apa.

      Ada satu lagi yang ketok lebi ganteng.
      Kamu kayak susah payah senyum gitu deh, muahaha kayaknya udah kukasih~

      Hapus
    2. nggak kuno, masih banyak tuh kalo ada acara buat bikin teh..

      hmmmm, kalo yang ntu jelek :((

      Hapus
    3. Acara bikin teh paan tuh...

      Ih... gak jelek kok, yang itu manis mas... muahahaha... *kedipkedip*

      Hapus
    4. Mbok yo pisan2 mase dibilang ganteng to Na
      Ngko gak dikancani malku2 lo :P

      Hapus
    5. Katanya boong itu dosa je mbak... T.T

      Hapus
    6. acara nikahan dsb. biasanya buat mbikin teh buat tamu tamu sekalian...
      huw.

      ye ye ye, makasih mbak esti...
      aq ndwe bolo :p

      Hapus
    7. Ooo, baru tau... :P Di Jakarta jarang liat jeee...

      Pihhh... padahal tadinya Mbak Esti tu boloku T.T

      Hapus
    8. jakarta terapung, jakarta punya mono rail.

      asik2 \:D/

      Hapus
    9. Apa sih maksudmu mas?

      Hapus
  5. wah, bahkan duit kuno juga ada dagangannya ... ?
    total kuno ya pasarnya ..
    tapi sayangnya aku hanya sampai pasar singosaren saja tahun lalu. haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada dooonggg...
      Pasar Singosaren deketnya donggg~

      Hapus
  6. wow .. jadi pengen ke sana Una, itu piringnya cantik cantik ya motifnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bagus... nek pecah nangis dah tuh wkwkwk

      Hapus
  7. fotomu yg awal jan koyo turis mb'.. :D
    wah, brge kuno" tenannnn ^^

    BalasHapus
  8. barangnya antik2 ya Mbak Un.....

    suka yg tas kulitnya...

    BalasHapus
  9. saya tertarik yang uang kuno di atas. di sana ada yang bisa dihubungi, Mbak Una?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh gak nanya je, kalo yang toko per aku punya kontaknya hahaha~
      Kalo di Jakarta kayaknya jejer GKJ kan ada tuh jualan perangko + uang kuno...

      Hapus
  10. baranga antiknay serem gak ? hehehe

    BalasHapus
  11. Bangunane apik ya Na dari luarnya.
    Kalo jalan ke jalan Surabaya di Jakarta kesannya gimanaa gitu, romantis gitu deh.
    Berasa mengenang kembali masa lalu *padahal disambi pacaran jaman dulu*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo jalan sih iya,
      nek naik kendaraan enggak...
      Grenjel2 Jalan Surabaya ki marai mumet...

      Hapus
  12. Huihihihi ... emang ada barang pura2 antik? Una ... Una ... baru tahu saya ada barang belagu begitu :D

    Una di blog saya jg sempat bilang "COOL" ya ... iya sih .. emang Una COOL ABIS :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muahahaha ada dong mbak... :P
      Aku juga pura pura cool abis :P

      Hapus
  13. wah gue suka liat koleksi duit bahula Na.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Punya gak mas? Kalo punya mbok buatku, hahaha...

      Hapus
  14. Na.. barang2 antik gitu kalo disini pasti udah diselametin masuk museum lho.. wong perasaan tengak-tengok sama kayak di Ina kok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wihihihi nek di sini yang dimuseum ada yang bisa diperjualbelikan wkwk gak deng :D

      Hapus
  15. Na, itu si mug loreng, bunda masih punya lho, bekas alamarhumah nenek buat ngopi dulu , di eman eman .... :)

    mestinya kalau barang2 antik jadul gitu, harganya mahal2 ya Na....

    keren deh Una,lan jalan terus.......udah gitu, dapet aja foto2 yg bagus2 .
    salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha se Indonesia motifnya kayak gitu ya Bun :D
      Ini karena males kuliah jadi jalan2 hahaha... :D

      Hapus
  16. alih alih mengomentari foto patung lelaki perempuan itu, menurutku seolah mewakili keegoan lelaki perempuan :)

    rasanya gimana gitu

    BalasHapus
  17. aku inget dulu ibuku punya gelas motof kaya gitu.. gelas kaleng kaya gitu praktis loh na, kalo mo bikin kopi atau teh tinggal rebus airnya di gelas trus tinggal masukin kopi sama gulanya aja... trus tangkai gelasnya disiram air dingin biar bisa dipegang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku baru tau dimaskanya langsung gitu hihih i:D

      Hapus
  18. udah jarang banget ye barang kayak gitu, terutama gelas motip yang mirip tentara gitu ..
    eh barang keraton emang ada yang asli dijualin ya ? bukannya itu gak boleh diperjualbelikan ka U ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.... di Jawa masi banyak :D
      Yang dijual biasanya yang dikasih ke abdi dalem gitu, bukan colongan :D :D

      Hapus
  19. aku naksir teleponnya warna ijo ituhh...:D
    itu kira2 masih bisa berfungsi apa cuma buat hiasan aja ya? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya masih bisa berfungsi deh mbak *kayaknya*

      Hapus
  20. aku pernah tuh lewat depannya pasar itu pas malam. hahahhaa...
    kepinginnya sih masuk ke dalam, apa daya.. sudah tutup.
    jadi cuman jalan jalan di pasar yang di depannya itu.. semacam bazaar

    BalasHapus
  21. waaa seru banget :O aku mauuu uang kunoooo!!! itu harga uang kunonya brapa un???

    BalasHapus
  22. itu uang kunonya kalau ditukerin ke uang sekarang, dapat berapa yah? *mata duitan*

    :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung hehe, makin uncirculated makin mahal :D

      Hapus
  23. fotonya cool! ( menular nihh )
    itu piring2nya cakep juga yaa na..mahal gak?

    BalasHapus
  24. waduh hantu terus bilangnya..emang setiap barang antik ada penunggunya apa, oalah una una
    eh keren tuh patungnya pake glasses

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang gak setiap barang antik ada?
      Patungnya minus :D

      Hapus
  25. wah teko motif itu masih ada ya... masih inget jaman kecil dulu. hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha di mana mana tekonya kek gitu ya :D

      Hapus
  26. eh iya lho Na, itu tasnya keren beud, brapaan ya kira2 *ngacay*

    BalasHapus
  27. Nek omah koyo bayanganmu itu medeni, Na. Ra wani turu dewe :P

    Aku naksir teko lorengnya itu. Lucu yaa :D
    Itu telpon yang masih diputer, yang dionthel ada gak, Na? aku pernah ngalami lho :D

    Una emang lutju kok. Pengen tak jadiin gantungan kuntji deh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya harus ada temennya terus, hahaha...
      Dionthel ki diapake tho mbak @.@
      Haduuh emangnya aku beruang apa dijadiin gantungan kunci :((

      Hapus
  28. saya suka teko belang-belangnya tuh, kemarin saya juga baru beli gogok (tempat air minum yang dari tanah itu), ya saya pengin punya prabotan yang model dulu semua biar beda sama orang2 yang selalu mengikuti perkembangan jaman.

    BalasHapus
  29. Ke SOlo ya. Wah wah sudah nda bisa liat Mas Jokowi donk. Kan sudah resign karena sudah terpilih jadi Gubernur DKI Jakarta. Soal ke Pasar tapi masih tutup saya juga ada pengalaman sedikit. Tepatnya di Pasar Bering Harjo, Jogjakarta tahun 2005 lalu.

    Saya , orang tua, dan paman dan tante ke Pasar Bering Harjo awal sekitar jam 7 pagi, dan ternyata pasarnya masih tutup. Walhasil kami jadi bengong tralala. Samil nunggu pasar Buka, ya kami wisata kuliner dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kerajinan ke pasar jam 7 :P
      Etapi kalo pasar barang sehari2nya kan dah bukak...

      Hapus
  30. nenek aku masih punya tuh teko yang seperti itu gelas nya juga ada .. tapi ga di pake, cuma di jadiin pajangn di lemari xixixi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jiahhh... mending buatku sini mbak :P

      Hapus
  31. Ngebayangin kalau rumah isinya banyak barang-barang kuno... bisa dijadikan setting di dalam sebuah cerita hisfik nih :))

    Salam kenal, kunjungan perdana tampaknya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hisfik apaan tuh mas x_x
      Salam kenal juga...

      Hapus
  32. Wah ada uang kunonya juga ya kak. Perasaan jalan-jalan melulu mbak una. Hobinya traveling apa??

    BalasHapus
  33. Ih barang-barangnya keren habis deh Un. Nani kalau ke Solo lagi aku mau datang ke sana ah...

    BalasHapus
  34. Saya paling suka yg teko motif blirik itu Na, karena Ibuk saya masih menyimpannya...

    BalasHapus
  35. Barang2nya memang cool, Na...
    tapi kalo rumah kita penuh dengan benda2 kuno kek gitu, kok ya syerem rasanya... :((

    BalasHapus
  36. xixixi...tulisan yg cool abizz...

    BalasHapus
  37. koleksi piringnya itu sy suka deh.. btw, itu kacamata siapa yg di patung? :D

    BalasHapus
  38. saya mau tas itu.... keren banget ya.... wah hergane piro? saya juga suka barang kuno gitu...

    BalasHapus
  39. cool ...*melu-melu ae aku ki ...
    tp fotone ncen apik2 ...

    BalasHapus
  40. wah aku ga kesini waktu ke Solo saat itu... asyik banget pastinya ya Na, main ke pasar barang antik. Una ini jalan2 melulu... iriiii aku. hehe

    BalasHapus

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!