Cerita Anak SMA: Pelajaran Favorit

Huooo, aku juga mau nulis tentang ceritaku waktu SMA ahhh... Sekalian nulis diary gitchuuu...

Nah loh, kalau cerita tentang SMA aslinya aku mau nulis tentang cinta monyet gitu deh. Tapi kuingat-ingat, aku nggak punya pengalaman cinta-cintaan tuh pas SMA (duh kasian ya aku), akhirnya kubatalkan niatku. So, aku mau cerita tentang pelajaran favoritku waktu SMA ah!

Kurikulum di negara kita... setiap murid seakan-akan harus bisa menguasai belasan mata pelajaran. Sedangkan gurunya? Cukup satu pelajaran saja yang ia kuasai! Curang! Karena para murid dicekokin banyak pelajaran itu, oooh sudah tentu tidak semua dong ya pelajaran disukai masing-masing murid. Ya kecuali emang yang suka semuanya sih. Si anu suka Matematika, si nua suka Bahasa Inggris, dan si una, suka apa?

Waktu SMA, aku suka pelajaran Bahasa Jepang.

Mbak Lis pakai seragam SMAku.
Saat aku masuk SMA, tak terbayangkan sebelumnya kalau di jenjang SMA itu kita akan mempelajari bahasa asing yang lain selain Inggris. Di SMAku, dulu kami belajar Bahasa Jepang tiga tahun dan Bahasa Jerman dua tahun. Meski aku nggak mahir bahasa asing apapun, mempelajari bahasa itu menyenangkan menurutku. Tahu vocab baru, tenses aneh, amazing laa~!

Bukannya aku tak suka pelajaran Jerman, tapi mungkin karena belajar Nihon-Go lebih lama jadi aku lebih suka. Dan yeah kalimat Jerman yang aku bisa cuma: Ich bin hubsch sama du bist ein Hund. Oya sensei Bahasa Jepang SMA-ku dulu orangnya gaul, menyenangkan, baik pula, jadi aku senang sekali kalau pelajaran itu tiba...

Kamus Jepang yang kupakai pas SMA.
Pernah suatu saat Sensei bilang bahwa akan ada tugas berbicara Bahasa Jepang di depan kelas. Ya tentu saja kalimat sederhana. Namun kala itu aku kan tak tahu ya logat orang Jepang asline piye. Jadi demi aku bisa maju dengan bagus, aku bela-belain membeli film Jepang (yang aku sudah lupa apa judulnya) dan mempelajari bagaimana orang Jepang bicara. Aku nggak pernah cerita sama temenku, kalau aku ampe segitunya. Eh ternyata gak jadi dong tugasnya -____-"

Dari pelajaran Bahasa Jepang pula aku pernah memenangkan sesuatu, hihi. Jadi ceritanya waktu itu aku dan beberapa teman diajak Sensei mengikuti lomba Jepang yang diadakan oleh Akademi Sekretaris Don Bosco. Aku ikut lomba yang quiz Bahasa Jepang. Ada teman juga yang ikut karaokenya. Aaaah kenapa aku gak ikut yang karaokenya aja. *eh*

Tebak mana aku...
Quiznya berupa puluhan soal pilihan ganda pelajaran Bahasa Jepang gitu. Soalnya pakai hiragana dan tidak terlalu susah. Beberapa jam kemudian, pengumuman tiba. Ternyata kategori quiz Bahasa Jepang diambil cuma satu pemenang, dan aku menang yeee yeee! Nggak dapat piala sih, tapi dapat duit 500ribu sama piagam. Ahahaha dulu aku yang jaman kecil gak pernah ikut lomba, seneng banget lah dapet duit <3 <3 okane okane okane $_$

Hihihi, kalau ditanya sekarang, masih ingat gak dulu pelajarannya? Wuaaa wis akeh sing lali, rek...

Pas SMA, teman-teman suka mata pelajaran apa? Fisika suka? :D

❤❤❤

144 komentar:

  1. Balasan
    1. aseeq ,...pertamax...*lunjak2.... :D

      pake jilbab nduk,....ga salah liat tow....*njereng mata..haha

      Hapus
    2. *sodorin pertamax sejerigen*
      Hahaha yakinnn? :P

      Hapus
  2. wahhhhhh....Una! gue mesti mendekatkan mata gue ke monitor kompi! gue kira mbak Lis itu elo Na!
    ternyata image 3 yang dibawah itu elo. wew,..nomer dua (jokowi ya) wkakakakk!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak ajaaaa, aku gak segemuk itua! Hahaha...

      Hapus
    2. hahahhahaaa.....! makanya mata gue hampir copot ngeliatnya. padahal kompi gue layarnya cukup gede

      Hapus
    3. Woaaa, 30 inci ya?

      Hapus
    4. Mahal dong ya monitormu...

      Hapus
  3. Fisika suka??? gia gak suka tuh waktu jaman SMA =p

    wah ka Una dulu bahasa jepang ya... kalau gia jerman.
    Jepang sama Jerman susahan mana sih ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cie yang anak Fisika...
      Susahan mana ya... gampang semua. *murid SMA songong*

      Hapus
  4. paling suka akuntansi na, selain bahasa inggris tentunya :)

    BalasHapus
  5. Na...kamu dulu jilbabers tho? Sueerrrr...gak nyangka deh, kayaknya preman getu tiba'e pernah alim juga ya?
    hahahaha..

    Betewe, selamt ya pernh belajar bahasa asing lbh dr satu.
    Aku cm bljr Inggris duang..dan prnh belajar sndiri bahasa Jepang tapi udah lupa sekarang opo wae hurup hiragana-katana kui

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wooohhh preman dari Hong Kong? Aku pakai kerudung dari SD sampai SMA...
      Ya, selamat juga ya mbak :P

      Hapus
    2. aku sih ga heran jika kamu juara Na... sampe sekarang pun sering banget jadi juara dan ketiban hadiah2 kan? :)

      aku pernah belajar bahasa jepang dan perancis, tapi sayang, sekarang udah lupa sama sekali, tinggal bahasa Inggris doank yang masih lekat di kepala, itupun cukup2 untuk ga nyasar ajaa.. :D

      terpaksa nebeng di komen ini, kotak komennya ga kebuka Na....

      aku juga ga punya cinta monyet wkt SMA lho Na, tapi cinta gorillah, hahahaha

      Hapus
  6. shiranakatta! Mata nihongo wo benkyou shitekudasai yo ;)
    iya ya, kenapa kamu ngga ikut karaoke aja. Kan lebih mudah tuh
    Jaman aku SMA bahasanya cuma Jerman dan Perancis sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh sama yang jurusan bahasa belajar Jawa Kawi hahaha (untung aku IPA)

      Hapus
    2. Wekeke jawab apa ya, aku udah lupa...
      Nihongo o oshiete kudasai. Yoroshikuuu... *bungkuk*
      Iya padahal asik kali nyanyi Moonlight Densetsu...
      Woaaa Jawa Kawi @.@

      Hapus
  7. saya suka biologi. gurunyaa keren un.
    eh nihongo nihongo..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh kebalikan, saya gak suka biologiii >_<

      Hapus
  8. Woy kiraiin mau cerita cinta monyet.... :))

    mbie awakmu make kerudung na?

    BalasHapus
  9. Klo Fisika, gak doyan. Walaupun anak IPA, Ning rada kurang sreg sm Fisika. Hahaha... Bawaannya pusing, stress, depresi. Hehehe... Mending bljr bhs.Inggris. Bhs jepang ogah. Gak pinter2, Mbak Un. Hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha sama dong gak sreg fisika... kenapa coba ya ada fisika, wkwkwk!

      Hapus
  10. aku mah belajar tergantung gurunya klo cewe pasti semngat :)

    BalasHapus
  11. ternyata mental juaranya sudah terbentuk dari sejak SMA..... sekarang blogging lagi... salut ya..
    saya mah dulu bahasa inggris saja ga nyandak... waktu sma... mau ikutan nulis cerita anak sma ah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakaka mental juara opone mas :P
      Ayo ikutan mas :D

      Hapus
  12. ih seru banget SMA diajarin bahasa Jepang ama Jerman. Waktu jaman ku mah boro2, palingan bahasa inggris doang.. :D
    Dulu SMA dimana toh Un ?

    BalasHapus
  13. Baru tau Una pakai jilbab, sip Una :) I Lek Dis hehe

    Makanya pinter nyanyi Jepang,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pinter nyanyi Jepang dong, tapi fals fals gitu :D

      Hapus
  14. matematik sama akutansi dong :)) biar ahli ngitungin duit *matre*

    Un yg sebelahmu lucuk ih, ganteng :P *jawil dagunya*

    BalasHapus
  15. Kalaw saya sih ada 2 pelajaran yang sering membuat saya panas dingin adalah "Matematika" ,"Agama Islam" dan "Bahasa Inggris". Entah kenapa mungkin saya aja yang kurang fokus kus kusssss. Tapi untuk "jam istrirahat" serta "jam pulang" sangat saya sukai hiehiehiehiehiehiehiee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuuuu! Aku juga suka kalau itu!
      Pelajaran BK juga suka :D

      Hapus
  16. una...itu mbak lis mau di foto pake seragam SMA pasti setelah di rayu-rayu sama una to...hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha dia make inisiatif sendiri :D

      Hapus
  17. Fisika?
    Unaaaa...itu pelajaran yang paling saya bensci sedunia...selain susah ngapalin rumusnya, saya juga suka tiba-tiba hilang ingatan kalo berhadapan dengan banyak angka...
    :D

    Eh, ngomong-ngomong, saya suka banget pelajaran bahas Inggris, biarpun bahasa Inggris saya sekarang gitu deeehhh...tapi waktu SMA itu satu-satunya pelajaran yang bikin nilai rapot saya ada 9-nya...hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah hebat dong Mbak Bahasa Inggris 9... Susaaah bahasa Inggris tuuu @.@

      Hapus
  18. pelajaran yang paling aku suka waktu sma itu masak karena kebetulan aku ambil jurusan Tataboga :D
    Fisika? enggak deh,, guru nya suka ngiler, jadi ilfeel banget sama fisika terutama sama guru nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waw... asik dong masak-masak... :D

      Hapus
  19. wah... sejak kapan pake domain .com? baru ngeh... selamat yaa.. :D
    btw, pelajaran favorit saya itu komputer.. :D
    saya pernah sampe nginep di lab komputer 3 hari lebih loh.. haha

    BalasHapus
  20. Wah, jaman SMA sudah belajar bahasa Jepang ya? Huebat! ^_^

    BalasHapus
  21. kalu saya suka sekalim dengan matematika ama TIK kalau bahasa bahasa saya yang paling tidak suka
    lam kenal mbak,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. TIK komputer kan ya? :D
      Salam kenal... :D

      Hapus
  22. Pelajaran favorit saya, umm, Matematika dan Sastra Indonesia :D

    BalasHapus
  23. Dulu aku seneng pelajaran apa ya? Kelas I aku suka Kimia tuh.. Kelas dua, karena ganti guru aku jadi nggak suka karena gurunya galak. Kelas III ganti guru lagi, aku jadi antara suka dan enggak karena gurunya hot sendiri. Kita ngedengerin apa enggak dia nggak peduli. Nyerocooooss.. aja! :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha...
      Ya gak usah didengerin mbak :P

      Hapus
  24. Kalo aku sukanya sama pelajaran Matematika.
    Eh, dulu ka Una berjilbab toh :p

    BalasHapus
  25. Hebat euuyy Una, Bahasa jepangnya pernah menang :)

    Nebak yak, Una yang duduk pake kacamata dan jilbab, *tertegun, maniiizzzzznyeeee....

    BalasHapus
    Balasan
    1. haikkkkkkkkkkkk haikkkkkkkkkkkkk

      Hapus
    2. Hai juga :P
      Sekali doang itu mbak menangnya :D

      Hapus
  26. waktu sma pelajaran fav itu bahasa inggris
    gak ada fisika karena jurusan akuntasi :D
    pelajaran fav lainnya itu apa ya?
    gak ada deh xixixi
    biasa aja semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi emang semua pelajaran tuh biasa aja. *eh*

      Hapus
  27. waktu SMA saya suka duduk di pojok, pelajaran apa aja sama aj tuh :D

    BalasHapus
  28. Wuiiiiiiiiiiih, 500ribu boooooo. . .bisa buat karokean sepuasnya, Mba Un. hihihihii
    Aku syuka matik tik tik tik. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jiaaah karaokean ampe mabok itu mah :D

      Hapus
  29. Kamu pasti yang ngacungin dua jari itu.... #Sotoy

    BalasHapus
  30. Mba Una lulus sma thn berapa tho?
    klo di SMA aku suka Antropologi sama Sosiologi. ketahuan yah di sma jurusan apa? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada deh, rahasia :P
      Jurusan akuntansi?

      Hapus
  31. Hihihi... makanya pas ke hongkong ga bgt roaming bahasanya yaa... (sama ga tuy bhs-nya??)

    BalasHapus
  32. wekekekeke kirin mbak lis itu waktu una lagi muda hahahaha ternyata cuma minjem baju nya toh.. :D
    hahahahahahahahahahahah

    BalasHapus
  33. wah hadiahnya bisa buat belanja-belanji ...
    mmm, waktu SMA aq sukanya pelajaran Matematika dan Fisika, tp suka tinggal suka doang, kemampuan ga memenuhi xixixi ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Etapi udah suka aja tuh udah keren :D

      Hapus
  34. Aku dulu SMA sukanya matematika, Una...hihihi...

    BalasHapus
  35. suka mata pelajaran produktif... ^^ :hehe berhubung jurusan listrik, ya tentang kelistrikan pokoknya.. :D

    tapi ngga tau kenapa kok sekarang malah nyasar ke dunia komputer,,, wkw :D

    BalasHapus
  36. Enakeeee! Jaman aku sekolah nggak ada pelajaran bahasa asing selain Bahasa Inggris. Alhasil, mupeng kalo liat orang jago Bahasa Jerman atau Bahasa Jepang.

    BalasHapus
  37. Aku paling suka matematika,,
    makanya muka aku unyu - unyu gini kayak aljabar,,
    hahahhaah...

    Kalimat ini maksudnya apa na?
    Di SMAku, dulu kami belajar Bahasa Jepang tiga tahun dan Bahasa Jerman dua tahun.

    SMU nya jdi 5 tahun gitu?
    atau dari kelas 1 smpe kelas 3 blajar jepang trus
    bahasa jermannya diajarin pas kelas 2??

    #MuridMatematikaKritis..
    hhahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak mukamu mirip akar pangkat tiga...
      Jiaaah murid matematika kelewatan bab Logika ya? :P
      Ya gitu bener... Jerman baru kelas dua...

      Hapus
  38. paling suka bhs inggris ^_^

    BalasHapus
  39. sorry gw gak pernah SMA, jadi gak punya pelajaran favorite, wew :p

    BalasHapus
  40. Fisika?
    Dulu aku dapat 5 :(

    BalasHapus
  41. Aku SMA terus, tapi nggak ada pelajaran yg suka.
    Lebih suka murid SMA nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pas SMA gak suka guru SMA, hihihi :P

      Hapus
  42. Ealah ..
    kok gak jadi bahas Cinta monyet kak Un... Bang "Stupid MOnkey" udah penasaran tuh, kamu cinta gak ama dia .. haha
    oh gitu ya.. berarti guru yang asik itu berdampak lurus dengan minat siswa
    ampe menang lomba gitu lagi lo kak ..
    eh, dulu lo pake kerudung yaak ?? *liat poto*
    ahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cinta dong... sama kamu lebih cinta lagi Es. Hahaha... opo iki...
      Hihi iya lah kalau gurunya gak menyenangkan ya males... :D

      Hapus
    2. hiakakakak
      kok gue gak Ge'er kalo lo yg ngomong kak Un.. wakakakakak

      btuul betul betul :)

      Hapus
  43. gue suka pelajaran menggambar..
    menggambar keindahan wanita, dalam ingatan
    haha
    gak deng
    Akuntansi dong

    BalasHapus
  44. Wah keren rek jaman sma dah belajar bahasa jepang, sekolahku dulu di kampung un, jadi ndak diajari bahasa jepang..tapi tau sih beberapa kata bahasa jepang tapi dari iklan tv "Watasiwa Indomie ga suki" hehehe

    Aku pelajaran Fisika suka, matematika lebih suka, tapi yang paling disuka ya pelajaran kimia hahaha

    BalasHapus
  45. Kunjungan pagi. Blogwalking. Ditunggu selalu postingan Una ya. Hiheiheiheiieie. Pisssssssssssss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jiaaah makasih sudah berkunjung :D

      Hapus
  46. una, dipoto koq kayak mbak lis?

    *kaburrrr

    kamu hebat una!!!

    BalasHapus
  47. Kok enak ada pelajaran Jepang, Mbak :'(
    Aku dulu juga sempet ada pelajaran Jepang, tapi cumak setahun..
    Aku suka plajaran Jepang juga ^^
    .
    Mbak Na sragamnya krudungan, ya :D, kita sama, Mbak ^^

    BalasHapus
  48. Huaah jepang pernah suka pas nyanyi doraemonya mbak un :D

    Fisika, big no, suka praktrek na tok :D

    BalasHapus
  49. Waktu kelas 3 smp aku paling suka pelajaran bahasa Indonesia karena gurunya demen bener bahas novel-novel Indonesia macam layaer terkembang, cintaku di kampus biru, siti nurbaya, dll. Secara aku demen bangetttt baca nopel.
    Waktu kelas 1 SMA demen pelajaran matematika karena gurunya nyentrik dan smart walopun udah 60 tahunan.
    Waktu kelas 2 SMA aku suka pelajaran bahasa Indonesia lagiiiii! karena gurunya suka kasi proyek drama kecil-kecilan.
    Waktu kelas 3 SMA aku paling suka pelajaran akuntansi!!! Karena gurunya keibuan dan enak dicurhatin.
    Intinya: pelajaran favoritku tergantung guru yang ngajar. Wkwkwkwkwk....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... nek gurune gak enak yo males sih mbak :D

      Hapus
  50. paling suka pelajaran komputer, karena harus ke lab yang dingin... hahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jiaaah emang di kelas gak ada AC? :p

      Hapus
  51. waktu sma aku sukanya bahasa kocak, sip deh

    BalasHapus
  52. ga suka semuaaaaaaa....hihi

    BalasHapus
  53. Aku paling suka jelas matematika doong, ini kuliah aja sampe ambil matematika sampe sekarang kan, hehehe :P

    Eh, enak ya Na di sekolahnya dulu ada pelajaran bahasa asing selain Inggris gitu. Pas angkatanku dulu nggak ada deh, baru beberapa angkatan di bawahku ada tambahan pelajaran bahasa asing itu. Yang wajib kalau nggak salah sih Jerman; trus ada bahasa Mandarin juga, hahaha...

    Aku sempet sih belajar bahasa Jepang 1 semester pas kuliah S1 dulu :P

    BalasHapus
  54. yaaa..aku kan di STM yang full maatematika, mana ada yang kusenangi. Untungnya ada pelajaran bahasa Inggris..ya itulah yang adaku nikmati karena gak pakai hitung2an.

    Waktu SMA langsing dan cantik yo wuk

    Salam sayank selalu

    BalasHapus
  55. hahahah, bisa ketebak, bener ngga sih una, kucek mata dulu ah.. >.<
    aku suka kimia una :D, ngga pernah dpt jerman atau jepun...

    BalasHapus
  56. dulu sih sukanya english sama kimia... tapi sekarang, kuliahnya nggak ada yang berhubungan dengan keduanya...

    paling nggak suka biologi sama PPKn

    BalasHapus
  57. haloo una :D una awet muda loh :D

    fisika? baru mulai , bawaannya mata langsung beraaat bgd :(

    ga ada mta plajaran favorit wktu sma dulu :p

    BalasHapus
  58. Hahaha,,, tenan ta mbak?? AYoo di translate posting ini ke Bahasa Jepang... *hahaha

    BalasHapus
  59. assalamualaikum, minta tajil dong :p :3
    wuihh mata pelajaran paporit ya??? maunya una apa? #loh malah balik nanya

    apa aja saya suka koq na', apalagi kalo gurunya ga jadi masuk ke kelas. gahahaha #ketahuan yang malas

    BalasHapus
  60. masa SMA. masa penghabisan. kalau gagal nganggur. berhasil, insya allah dapat kuliah bagus, dapat kerja juga

    BalasHapus
  61. waaa ... una cantik ya waktu SMA-nya, jilbaban gitu :D
    pelajaran bahasa Jepang yang saya inget cuma aisiteru ... gimana donk? -___-"

    BalasHapus
  62. Suka kan nggak berarti harus nilainya bagus kan, Na? Aku dulu suka fisika soalnya gurunya selalu ngejelasin pake hal-hal yang ada di sekitar kita. Eh begitu masuk ke soal, keder juga. Jadinya nilai mah jelek, tapi tiap pelajaran fisika aku selalu semangat. Aneh kan :D

    BalasHapus
  63. hahh FISIKA ?? ga suka sama fisika..
    bahasa asing pun di sekolah ada nya bahasa jerman males banget blajar nya susah bisa xixixxi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahasa Jerman saya cumanya bisa bilang Ich liebe dich bener ya tulisannya?

      Hapus
  64. Wuih keren jaman SMA wes mahir bahasa Jepang :D

    Lah koq mburine malah boso Jawa :D

    BalasHapus
  65. Suatu nilai lebih bisa menguasai bahasa jepang. Siapa tahu jadi pemandu wisata atau malah guru bahasa jepang. 500 ribu kalau dulu ya lumayan banyak tuh mbak Una.

    BalasHapus
  66. Foto una yang pis itu ya ? Kalau saya pelajaran yang paling disukai adalah Matematika.

    BalasHapus
  67. Wis wayahe update Na, ojo turu wae

    BalasHapus
    Balasan
    1. pak mars, orangnya lagi di jogja.. di PELOSOK.. :D

      wkwkwkwkw

      Hapus
  68. SMA dulu, bahasa asing nya Jerman. Enak tuh belajar bahasa Jerman. Rada gampang dibanding Inggris yg tenses nya bertingkat2..**tapi saya tetep ga bisa Jerman**

    BalasHapus
  69. fisika suka!
    bahasa inggris lebih sukaaaa!

    hehehe

    di SMA ku sih bahasa jepang sama bahasa arab kak ;)

    BalasHapus
  70. jaman SMA lebih suka pelajaran fisika
    daripada pelajaran biologi
    soalnya ga suka pelajaran yang menghapal mba...
    hehehe

    BalasHapus
  71. Enggak suka fisika. Enggak doyan mikir yang ribet-ribet hehe. Kuliah pun akhirnya nyari jurusan yang jauh dari urusan hitung-menghitung.
    Pelajaran favorit? Hmm, Pendidikan jasmani dan kesehatan Haha. Soalnya seringnya praktik lapangan, asyik, gak perlu belajar teori-teori yang njelimet. :)

    BalasHapus
  72. Fisika adalah musuh besarku! Paling suka biologi, terutama sing bab perkawinan silang hahahahaha :lol:

    BalasHapus
  73. unaaaaaaaa jadi kangeeeeeeennnn aaaaaaaa
    kapan kita ikut lomba lagi ya kayak gini? huhuhu

    aaaa samaaa mat pel fav ku BAHASA JEPANG! dan korea sekarang hahaha :D

    BalasHapus
  74. Thanks for the best blog.it was very useful for me.keep sharing such ideas in the future as well. Thanks for giving me the useful information. I think I need it!
    friv4 | friv 4 school | kizi4 | kizi 4|unblockedgames unblocked games for kids

    BalasHapus

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!